Nusron-Nasyirul Dicopot, RI Maju 2045, dan Kasus Data Pemilu Masih Misterius

POLITIK

1. Nusron Wahid dan Nasyirul Falah Amru dicopot dari posisi Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) masa khidmat 2022-2027, karena rangkap jabatan dengan jabatan di partai politik. Ketua PBNU, Ahmad Fahrurrozi, hari ini menjelaskan pencopotan itu sesuai aturan organisasi bahwa pengurus harian PBNU tidak boleh rangkap jabatan di Parpol. Nusron adalah kepala Badan Pemenangan Pemilu Partai Golkar, sedangkan Nasyirul merupakan Sekretaris Umum Pengurus Pusat Baitul Muslimin Indonesia PDIP. Nusron mengaku tidak tahu alasan diberhentikan dari ketua PBNU.

2. Hasil jajak pendapat Litbang Kompas periode 29 November-4 Desember 2023, menunjukkan kepuasan publik terhadap kinerja Pemerintahan Presiden Jokowi-Ma’ruf Amin dalam penegakan hukum dan ekonomi menurun. Peneliti Litbang Kompas, Andreas Yoga Prasetyo, hari ini menuliskan citra penegakan hukum pemerintah merosot 3,6% dari 61,9% pada Agustus 2023, menjadi 58,3% pada Desember 2023.

Menurut Andreas, publik banyak menyoroti kinerja Pemerintah dalam pemberantasan suap dan jual beli kasus. Kepuasan pada indikator ini turun 4,9%. Di sisi lain, kepuasan publik terhadap kinerja di bidang polkam naik tipis, dari 79,3% pada Agustus lalu menjadi 80,2% pada Desember ini.

Hasil survei itu juga menemukan tingkat keyakinan masyarakat terhadap upaya pemerintah dalam menyelesaikan berbagai persoalan bangsa menurun menjadi 70,7%. Padahal, dalam survei Agustus 2023, angka keyakinan mencapai 74,6%. Sebaliknya, angka ketidakyakinan membesar dari 25,4% menjadi 29,3%.

Rasa puas terhadap kinerja pemerintah itu banyak diungkapkan masyarakat yang tinggal di desa, berlatar pendidikan rendah, dan dari kalangan kelas sosial menengah-bawah dan bawah. Presiden Jokowi merespons hasil survei tersebut, akan dijadikan bahan evaluasi. Sedangkan Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, mengatakan meskipun ada sedikit penurunan tapi angka tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi masih tetap tinggi.

3. Menurut penilaian konsultan komunikasi publik, Muhammad Sufyan, dari aspek verbal, voice, dan visual dalam debat capres perdana, capres nomor urut 1 Anies Baswedan dan nomor urut 3 Ganjar Pranowo lebih bisa memperlihatkan orisinalitas gagasan dan rencana kerja yang akan dilakukan. Pertanyaan panelis dijawab dengan tenang dan fokus oleh Anies dan Ganjar. Menurut dosen Telkom University Bandung itu, tampilan keduanya dalam debat sesuai dengan tampilan yang dikenal publik selama ini.

Sebaliknya, capres nomor urut 2 Prabowo Subianto, tampil cenderung berbeda dengan imaji masyarakat akan kapabilitasnya selama ini, terlebih apa yang ditampilkannya saat Debat Capres 2014 dan 2019. Alih-alih banyak menampilkan ide otentiknya, Prabowo Subianto seperti ‘tersandera’, seperti ada semacam beban berterima kasih pada jasa Presiden Jokowi. Karena tak beranjak karakter diri itu, maka voice dan visual terlihat diselimuti emosi. Suara bergetar karena terpancing amarah, demikian pula dengan bahasa tubuh yang menunjukkan ketidaksenangan atas pertanyaan dan respons dari dua capres lainnya. Bahkan dalam satu kesempatan, ada ekspresi wajah meledek ketika salah satu kompetitornya sedang menjawab pertanyaan darinya.

4. Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) menilai, dari debat capres perdana pada Selasa malam, diskursus penanganan hukum kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) berat masih belum jelas dimunculkan oleh semua capres. Menurut Koordinator Badan Pekerja Kontras, Dimas Bagus Arya, hari ini, setiap calon juga gagal memunculkan gagasan dan strategi penuntasan kasus pelanggaran HAM berat masa lalu. Dibandingkan dua capres lainnya, Kontras menilai capres nomor urut 2 Prabowo Subianto, tidak memiliki ketegasan untuk menuntaskan kasus pelanggaran HAM berat, khususnya kasus penculikan aktivis 1998.

5. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Mataram (Unram), Lombok, Nusa Tenggara Barat, menolak praktik dinasti politik karena merusak kehidupan demokrasi di Indonesia. Ketua BEM Unram, Martoni Ira Malik, melalui keterangan tertulis hari ini, mengatakan salah satu praktik dinasti politik yang begitu halus adalah putusan MK Nomor 90.

Menurut Martoni, putusan itu merupakan intervensi penguasa untuk memuluskan langkah sang putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, menjadi cawapres. Segala cara dilakukan oleh penguasa untuk melanggengkan kekuasaan, dan 2024 menjadi momentum yang strategis. Sikap senada disuarakan Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Teknologi Sumbawa (UTS), Muhammad Nashih Ulwan. Dia menyebut tudingan praktik dinasti politik yang mengarah kepada Presiden Jokowi bukan sebatas dugaan.

6. KPU RI belum bisa menyimpulkan dugaan kebocoran data daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024 yang sudah terjadi dua pekan lalu, apakah memang bersumber dari data mereka atau bukan. Koordinator Divisi Data dan Informasi KPU RI, Betty Epsilon Idroos, hari ini mengatakan pihaknya masih berkoordinasi lintas lembaga dengan BIN, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), dan Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Mabes Polri.

EKONOMI

1. Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk RI dan Timor Leste, Satu Kahkonen, menyarankan tiga kunci bagi RI untuk menjadi negara maju pada 2045. Pertama, menghalau hambatan struktural dengan melakukan reformasi dan meningkatkan efisiensi produktivitas negara, melakukan reformasi perdagangan, termasuk dengan mengenyahkan batasan perdagangan. Kedua, penguatan kebijakan ekonomi makro, baik dari sisi fiskal maupun moneter. Ketiga, fokus dalam pengendalian perubahan iklim.

Merespons saran Bank Dunia untuk menjaga performa perdagangan, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, mengatakan RI sudah mengambil langkah antisipasi terkait potensi pelemahan ekspor. Salah satunya membuat satgas peningkatan ekspor yang dibentuk untuk memecah batasan perdagangan dan memperkuat suplai ekspor. Satgas juga diharapkan memberikan opsi untuk diversifikasi pasar ekspor ke negara non-tradisional, juga untuk mempromosikan barang usaha mikro kecil menengah (UMKM).

2. Presiden Jokowi menjanjikan akan menambah alokasi pupuk bersubsidi. Saat mengumpulkan para penyuluh pertanian dan Babinsa se-Jawa Tengah di Pekalongan, hari ini, Jokowi mengatakan penambahan masih dihitung oleh Kementan. Dia juga berjanji mempermudah pembelian pupuk bersubsidi. Pembelian akan tidak lagi hanya mengandalkan Kartu Tani, tapi bisa dilakukan dengan menunjukkan KTP yang menyebutkan pekerjaan petani. Pada acara itu, Jokowi didampingi Menko PMK Muhadjir Effendy, Mentan Amran Sulaiman, Panglima TNI Agus Subiyanto.

3. Presiden Jokowi mengklaim RI masuk daftar lima negara dengan perekonomian terbaik dunia. Di depan para penyuluh pertanian dan Babinsa se-Jateng, Jokowi mengatakan saat perekonomian negara lain runtuh pasca-pandemi Covid-19, bahkan 96 negara jadi pasien IMF, sedangkan RI justru masuk lima besar. Namun dia tak menjelaskan data dan sumber klaim itu. Demikian juga dia tak menyebut negara mana saja lima besar tersebut.

BPS mencatat pertumbuhan ekonomi RI tahun 2022 sebesar 5,31%. Saat status pandemi dicabut, Juni 2023, pertumbuhan ekonomi kuartal II-2023 tercatat 5,17% dan kuartal III-2023 sebesar 4,94%. Pasca-pandemi, IMF menerbitkan prediksi 10 negara dengan ekonomi terbaik yakni AS, China, Jepang, Jerman, Inggris, India, Prancis, Italia, Kanada, dan Korea Selatan.

4. Kepala Bapanas, Arief Prasetyo Adi, meminta importir segera merealisasikan impor gula sesuai persetujuan impor (PI), agar harga gula bisa dikendalikan. Harga gula melonjak di akhir tahun ini. Angka per 11 Desember 2023, menyebutkan harga rata-rata nasional telah tembus Rp 17.331 per kg. Di acara National Sugar Summit 2023, Arief mengatakan tingginya harga gula saat ini tidak lepas dari faktor kenaikan harga produksi di hulu dan hilir. Diperparah restriksi ekspor oleh negara penghasil gula terbesar dan penurunan produksi akibat El Nino.

TRENDING MEDSOS

1. #DebatCapres trending di X (Twitter), warganet seru membahas debat capres. Mulai dari aksi saling serang Prabowo-Anies, meme Ganjar yang menonton perdebatan tersebut, putusan MKMK, hingga Budiman Sudjatmiko.

2. Ahok trending di X (Twitter) setelah debat capres antara Prabowo dan Anies yang membahas mengenai oposisi. Kala itu Prabowo menjadi pendukung Anies dalam Pilgub Jakarta 2017 melawan Ahok. Warganet pun menyangkutpautkan mengenai kepemimpinan Ahok saat menjadi gubernur DKI Jakarta.

HIGHLIGHTS

1. Dari debat capres yang digelar KPU, Selasa malam, sudah mulai terlihat kapasitas setiap capres dalam merumuskan dan menyampaikan gagasan, serta merespons pertanyaan/masalah. Acara tersebut jelas bermanfaat bagi para calon pemilih untuk membuat penilaian.

2. Sudah dua pekan kasus kebocoran data pemilih Pemilu 2024 berlalu, tetapi tak kunjung ada kejelasan di mana bolongnya ‘benteng’ pelindung data. Padahal KPU sudah menggandeng lembaga-lembaga yang selama ini disebut kompeten. Yang menjadi pertanyaan, mengapa belum juga ketemu di mana bocornya? Apakah si pembobol sedemikian canggih sehingga tak meninggalkan jejak? Ataukah ada kendala dalam penyelidikan yang dilakukan lembaga-lembaga itu? Masyarakat menunggu hasilnya, karena data yang bocor adalah data masyarakat.

sumber

BRIEF UPDATE
Kerjasama MAKPI dengan BDS Alliance
Rabu, 13 Desember 2023

Makpi Support
Makpi Support
Articles: 187