Survei Litbang Kompas: Elektabilitas Prabowo-Gibran Unggul, Firli Bahuri Laporkan SYL, GoTo dan TikTok Bangun E-commerce

POLITIK

1. Berdasarkan hasil jajak pendapat Litbang Kompas yang dirilis hari ini, elektabilitas Prabowo-Gibran 39,3%, unggul cukup jauh dibandingkan Anies Baswedan-Muhaimin 16,7% dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD 15,3%. Survei dilakukan pada 29 November-4 Desember 2023, melibatkan 1.364 responden yang dipilih secara acak di 38 provinsi di Indonesia, dengan tingkat kepercayaan 95% dan margin of error ± 2,65%.

Hasil survei Litbang Kompas mendapat data sebanyak 28,7% angka pemilih bimbang _(undecided voters)_, yakni yang menjawab tidak/belum punya pilihan dan tidak menjawab sama sekali. Angka tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan angka pada hasil survei sebelumnya, sebesar 15,4%. Pemilih bimbang umumnya adalah mereka yang tidak memiliki ikatan ideologis maupun emosional dengan capres maupun cawapres tertentu.

Kelompok ini umumnya diidentifikasi sebagai pemilih Presiden Jokowi di Pilpres 2019 dan sebagian lagi merupakan kelompok yang tidak menggunakan haknya atau merahasiakan pilihannya. Kebanyakan mereka juga diidentifikasi merupakan kelompok generasi tua dengan rentang usia 41-60 tahun atau masuk generasi X.

Menurut survei ini, penetrasi politik Prabowo-Gibran lebih banyak menimbulkan efek negatif pada elektabilitas Ganjar-Mahfud. Dibandingkan dengan survei periode sebelumnya, nyaris separuh, lebih dari 10%, pendukung Ganjar menyusut. Beralihnya dukungan ini tak lepas dari faktor Presiden Jokowi yang kini termanifestasikan dalam putranya, Gibran, yang menjadi cawapres Prabowo.

2. Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, mengaku tidak berkecil hati dengan hasil survei Litbang Kompas itu. Dia mengatakan, hasil survei itu menjadi pemicu agar lebih gencar meningkatkan elektabilitas di sisa waktu masa kampanye. Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, meyakini masih banyak peluang PDIP memenangkan Ganjar-Mahfud, salah satunya melalui kekuatan 18 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP yang menang pada Pemilu 2019. Sedangkan capres nomor urut 1, Anies Baswedan merespons, hasil survei itu menunjukkan narasi perubahan mulai diminati oleh masyarakat. Sedangkan Gibran Rakabuming Raka mengatakan, tetap akan bekerja keras di sisa waktu masa kampanye ini.

3. Berdasarkan hasil survei tersebut, pengamat politik Adi Prayitno menilai, pasangan Prabowo-Gibran masih belum mampu memenangkan Pilpres 2024 dalam satu putaran. Direktur Parameter Politik Indonesia (PPI) itu mengungkapkan, untuk menang telak satu putaran, maka pasangan ini harus menambah suara sekitar 12% lagi dalam kurun waktu 2 bulan sebelum pemungutan suara pada 14 Februari 2024. Namun, memperoleh tambahan suara 12% dalam kurun waktu 2 bulan bukan hal yang mudah.

Adi Prayitno menilai melesatnya elektabilitas Prabowo-Gibran menunjukkan, isu-isu negatif yang menerpa keduanya hanya berkembang dan berkelindan di kalangan elitis secara ekonomi dan pendidikan, sedangkan masyarakat kelas menengah ke bawah justru tidak terpapar banyak informasi mengenai isu negatif tersebut. Isu negatif yang mengemuka adalah politik dinasti dan putusan MK yang digarap oleh eks Ketua MK, Anwar Usman, yang adik ipar Jokowi sehingga Gibran yang belum memenuhi syarat usia 40 tahun bisa maju sebagai cawapres. Menurut Adi, isu-isu itu tidak terlampau berpengaruh pada pilihan masyarakat kelas menengah ke bawah.

4. Lembaga survei LSI Denny JA hari ini merilis hasil survei periode 20 November-3 Desember 2023, melibatkan 1.200 responden di seluruh Indonesia, dengan margin of error survei ini sebesar 2.9%. Survei dilakukan wawancara tatap muka (face to face interview) dengan menggunakan kuesioner. Berdasarkan hasil survei Prabowo-Gibran tertinggi di angka 42,9%, Ganjar-Mahfud 24,9% dan Anies-Muhaimin 24,0%. Sebesar 7,7% belum memutuskan/rahasia/tidak tahu/tidak jawab.

5. Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud melakukan penggalangan dana melalui penjualan merchandise. Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN), Arsjad Rasjid, hari ini mengatakan proses kreatif dan pembuatan merchandise melibatkan UMKM. Hasil penjualan akan digunakan untuk dana kampanye Ganjar-Mahfud, dan akan dilaporkan secara jujur dan terbuka.

6. Presiden Jokowi lebih setuju gubernur Jakarta kelak dipilih rakyat secara langsung. Pendapat Presiden tersebut, menanggapi proses yang tengah berlangsung di DPR dalam mengodok Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ). UU DKJ diperlukan tahun depan untuk menggantikan status DKI setelah ibu kota RI resmi pindah ke IKN. Draf RUU DKJ mencantumkan bahwa gubernur-wakil gubernur DKJ ditunjuk dan diberhentikan oleh Presiden. Namun sebagian besar parpol di DPR menolak sistem penunjukan, dan menginginkan dipilih rakyat secara langsung sesuai asas demokrasi.

7. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, kemarin mengungkapkan PAN dan Gerindra sudah memberikan surat rekomendasi kepadanya untuk kembali maju pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2024, dan ada beberapa parpol lagi yang sudah memberikan komitmen dukungan secara lisan. Parpol yang sudah memberikan komitmen lisan akan segera membuat surat rekomendasi diantaranya Partai Demokrat, Golkar dan PSI. Masa jabatan Khofifah akan berakhir 31 Desember 2023. Dalam Pilpres 2024 nanti, dia dikabarkan akan mendukung Prabowo-Gibran.

8. Menkumham, Yasonna H Laoly, kemarin mengatakan para pengungsi Rohingya di Aceh merupakan korban mafia tindak pidana penyelundupan orang (TPPO). Pelaku TPPO tergabung dalam sebuah sindikat yang saat ini sebagian dari mereka telah ditangkap pihak kepolisian Aceh. Dalam sebulan terakhir datang bergelombang pengungsi Rohingya ke Aceh menggunakan kapal kayu, dengan jumlah mencapai sekitar 1.200 orang. Mereka ditolak warga setempat, namun pemerintah terpaksa harus menolong mereka atas nama kemanusiaan. Menurut Yasonna, Indonesia kini menampung sekitar 13.000 pengungsi dari Afghanistan, Iran dan Rohingya.

9. Presiden Jokowi menilai kritik BEM KM UGM yang menabalkannya sebagai ‘Alumni UGM Paling Memalukan’ sebagai proses demokrasi yang biasa saja. Namun, dia memperingatkan ada etika sopan santun ketimuran yang harus diperhatikan. Kritik BEM KM UGM itu ditunjukkan menggunakan baliho bergambar Presiden Jokowi dengan dua sisi wajah dan tulisan Alumni UGM Paling Memalukan, yang dipasang di area bundaran kampus UGM, Jumat pekan lalu. Pemasangan baliho itu bersamaan dengan digelarnya Diskusi Publik dan Mimbar Bebas bertajuk “Rezim Monarki Sang Alumni: Amblesnya Demokrasi, Ambruknya Konstitusi dan Kokohnya Politik Dinasti”.

HUKUM

1. Ketua KPK nonaktif, Firli Bahuri, menyebut eks Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) membuat laporan dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK ke Polda Metro Jaya karena takut dijadikan tersangka. Firli menyebut hal itu sebagai perlawanan balik dari SYL. Pendapat Firli itu disampaikan tim pengacaranya dalam sidang praperadilan di PN Jaksel, hari ini.

Firli meminta majelis tunggal praperadilan memerintahkan Kapolda Metro Jaya, Irjen Karyoto, menghentikan kasusnya karena dinilai tidak diusut sesuai dengan aturan yang berlaku. Firli ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan gratifikasi dan pemerasan terhadap SYL oleh Polda Metro Jaya, namun belum ditahan hingga kini.

2. KPK hari ini tidak menghadiri persidangan perdana praperadilan eks Wamenkumham, Edward Omar Sharif Hiariej (Eddy Hiariej), di PN Jaksel sehingga sidang ditunda. Jubir KPK, Ali Fikri, menyebut pihaknya masih menyiapkan kelengkapan dokumen dan masih ada agenda lain di luar Jakarta. Ali menyebut, tim biro hukum KPK sudah menyurati hakim untuk menunda persidangan dan akan hadir dalam sidang berikutnya.

KPK telah menetapkan empat tersangka dalam kasus dugaan suap dan gratifikasi itu antara lain Eddy dan Dirut PT Citra Lampia Mandiri (CLM), Helmut Hermawan. Eddy diduga menerima Rp 8 miliar dari Helmut untuk mengurus sengketa status kepemilikan PT CLM, penghentian perkara di Bareskrim Polri, dan keperluan pribadi untuk pencalonan Ketua Pengurus Pusat Persatuan Tenis seluruh Indonesia (PP Pelti). Total uang tersebut belum final.

3. Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW), Kurnia Ramadhana, meminta Komisi Yudisial (KY) mengawasi sidang praperadilan penetapan tersangka dugaan korupsi Ketua KPK nonaktif Firli Bahuri dan eks Wamenkumham Edward Omar Sharif Hiariej (Eddy Hiariej). Keduanya mengajukan praperadilan ke PN Jaksel. ICW meminta KY mengirimkan tim untuk memperhatikan setiap agenda persidangan tersebut.

Kurnia menyebut, praperadilan merupakan hak setiap tersangka namun, kerap kali menjadi jalan pintas para tersangka untuk bebas dari jerat hukum. ICW menyoroti PN Jaksel sebagai pengadilan yang banyak mengabulkan gugatan praperadilan tersangka korupsi, antara lain praperadilan eks Ketua DPR Setya Novanto.

EKONOMI

1. Gojek Tokopedia (GoTo) dan TikTok resmi mengumumkan kerja sama membangun e-commerce. Bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah PT Tokopedia dimana TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia. TikTok menginvestasikan lebih dari USD 1,5 miliar (setara Rp 23 triliun). Namun, investasi itu tak akan membuat dilusi lebih lanjut atas kepemilikan GoTo di Tokopedia. Nantinya TikTok akan menggenggam 75,01% saham PT Tokopedia, sementara GoTo memiliki 24,99%. Dengan begitu TikTok akan menjadi pengendali baru Tokopedia. Transaksi tersebut diharapkan akan selesai pada kuartal I-2024.

2. Apindo berharap besar terhadap capres 2024, khususnya dalam transformasi ekonomi RI ke depan. Saat membuka Dialog Apindo-Capres 2024, hari ini. Ketua Umum Apindo, Shinta W Kamdani, mengatakan 72% pengusaha mengalami perlambatan penjualan. Di sisi lain 4 dari 10 pengusaha terbebani kurs dan suku bunga tinggi akibat tekanan global.

Untuk itu Apindo menawarkan 4 kunci sukses transformasi ekonomi RI ke depan. Pertama, kolaborasi pengusaha-pemerintah untuk antisipasi perubahan. Kedua, memanfaatkan peluang yang muncul dari perubahan. Ketiga, meningkatkan investasi, produktivitas, daya saing dan diversifikasi sumber pertumbuhan. Terakhir, menciptakan iklim yang kondusif untuk inovasi dan kepastian berusaha.

TRENDING MEDSOS

1. Litbang Kompas trending di X (Twitter), setelah merilis hasil survei elektabilitas 3 pasangan peserta Pilpres 2024, dengan hasil Prabowo-Gibran 39,3%, Anies-Imin 16,7%, Ganjar-Mahfud 15,3% dan 28,7% belum menentukan pilihan.

2. Lebih dari 10.000 pencarian Tiktok Shop di Google Trends. TikTok Shop akan kembali hadir lewat Tokopedia mulai besok.

HIGHLIGHTS

1. Hasil survei Litbang Kompas dan LSI Denny JA menunjukkan elektabilitas Prabowo-Gibran jauh melampaui dua pesaingnya, tapi belum sampai pada posisi di atas 50% untuk bisa menghasilkan kemenangan satu putaran kelak. Dari hasil tersebut, untuk sementara dapat menggambarkan bahwa Pilpres 2024 berpeluang dua putaran, sementara sisa hari menuju Pemilu 14 Februari 2024, masih memungkinkan terjadi perubahan hasil.

2. Dua praperadilan yang sedang berlangsung menyangkut dua tersangka yang menjadi perhatian publik: Firli Bahuri dan Eddy Hiariej, diharapkan dapat terselenggara dengan seadil-adilnya. Hakim tunggal praperadilan harus benar-benar cermat dalam menangani perkara ini, karena yang dipertaruhkan adalah kredibilitas penegakan hukum di Indonesia yang sedang dalam keadaan tidak baik-baik saja.

Sumber

BRIEF UPDATE
Kerjasama MAKPI dengan BDS Alliance
Senin, 11 Desember 2023

Makpi Support
Makpi Support
Articles: 187