Jokowi Diagendakan Hadir di Harlah NU, OTT KPK di Sidoarjo, Hingga Rencana Impor 3 Juta Ton Beras di 2024

POLITIK

1. Presiden Jokowi diagendakan menghadiri peringatan hari lahir (harlah) Nahdlatul Ulama di Yogyakarta, yang genap berusia 101 tahun pada 28 Januari 2024. Kegiatan harlah akan dibuka dengan istighosah di Pondok Pesantren Sunan Pandanaran, Sleman, Yogyakarta, pada hari Minggu besok, 28 Januari 2024. Ketua Panitia Pelaksana Harlah Ke-101 NU, Syarif Munawi, hari ini mengatakan, istighosah akan dipimpin Katib Aam PBNU, KH Akhmad Said Asrori, dan diisi mauidhah hasanah oleh Rais Aam PBNU, KH Miftachul Akhyar.

Dalam peringatan harlah tersebut, NU menggelar serangkaian acara pada hari selanjutnya, yang diakhiri dengan puncak peringatan Harlah ke-101 NU, di Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta pada Rabu, 31 Januari 2024, yang diagendakan akan dihadiri Jokowi juga.

Ormas agama terbesar di Indonesia tersebut, sedang menjadi ‘rebutan’ dalam kontestasi Pemilu 2024. Meski Pengurus Besar NU (PBNU) menyatakan bersikap netral, namun sebagian kalangan NU memprotes sikap pengurus PBNU yang mengarahkan dukungan kepada paslon pilpres nomor urut 2. Sekjen PBNU bahkan sudah mengimbau warga NU, supaya tidak mendukung paslon yang didukung oleh Abu Bakar Baasyir dan Amien Rais. Paslon yang didukung dua orang tersebut adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

2. Pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, hari ini berkampanye akbar di Subang, Jawa Barat dan Bali. Prabowo-Gibran dinilai tengah mencoba menggempur basis PDIP di dua wilayah tersebut. Direktur Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno menilai, Prabowo-Gibran sedang jelas-jelas ingin merebut suara di kandang ‘banteng’. Adi menilai wajar Prabowo-Gibran menggempur basis PDIP, guna menggenjot elektabilitasnya. Namun, Adi Prayitno mengaku pesimis Gibran mampu mengalihkan suara, karena loyalitas para kader PDIP di kandang banteng relatif tinggi.

3. KPK menyebut, Kementerian Pertahanan (Kemhan), yang dipimpin Prabowo Subianto tidak menyerahkan data pegawai yang akan dipilih sebagai responden Survei Penilaian Integritas (SPI) 2023 secara acak. Akibatnya, Kemhan tidak ada dalam data hasil SPI 2023 di lingkungan Kabinet Indonesia Maju yang dirilis KPK. SPI merupakan survei yang dilakukan KPK, untuk mengukur tingkat atau risiko korupsi di suatu kementerian/lembaga dan pemerintah daerah.

Responden yang mengisi survei ini adalah pihak internal suatu lembaga, pihak eksternal yang terdiri dari penerima layanan, perizinan, vendor pengadaan dan lainnya. Kemudian, pemangku kepentingan seperti auditor BPK, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Ombudsman, asosiasi pengusaha dan lainnya. Sejumlah indikator yang dinilai dalam SPI adalah transparansi; pengelolaan SDM yang meliputi jual beli jabatan; jual beli pengaruh; suap, gratifikasi dan pemerasan. Juga tentang pengelolaan pengadaan barang dan jasa yang meliputi pengaturan tender dan penggelembungan hasil penghitungan sendiri (HPS), pengelolaan anggaran dan efektivitas sosialisasi antikorupsi.

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan kemarin menjelaskan, Kemhan beberapa tahun lalu mengikuti survei tersebut, namun tahun 2023 tidak menyerahkan responden untuk di survei, sementara kementerian lain taat mengikuti survei KPK tersebut. Berdasarkan hasil SPI 2023 pada lingkungan kabinet, Kementerian Keuangan mendapatkan skor paling tinggi dengan angka 83,18, Kementerian Koordinator Bidang pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menempati urutan kedua dengan skor 82,11 dan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), mendapatkan skor paling rendah 64,69.

Dari data SPI 2023 itu, provinsi pemilik anggaran terbesar yang meraih SPI terbaik adalah Jawa Tengah dengan skor 77,9 dan paling rendah Jawa Barat dengan skor 66,3. Selanjutnya, kota pemilik anggaran besar dengan SPI tertinggi adalah Surakarta yang meraih skor 83,8, sementara terendah adalah Padang di angka 64,9.

4. Wapres Ma’ruf Amin menyebut, ada dua opsi yang bisa diambil Presiden Jokowi jika Mahfud MD mundur dari Menko Polhukam, yakni menunjuk seseorang sebagai Menko Polhukam definitif atau pejabat sementara. Ma’ruf kemarin mengaku, tak masalah Mahfud mundur dari kabinet, karena merupakan hak pribadinya, sedangkan keputusan penggantinya merupakan hak prerogatif Jokowi. Mahfud MD mengabarkan rencana mundur pada 22 Januari lalu. Alasan mundur dari kabinet cawapres nomor urut 3 itu antara lain, supaya lebih leluasa untuk membuka data jika berada di luar pemerintahan, selain juga atas permintaan Ganjar Pranowo.

5. Capres 03 Ganjar Pranowo, menyinggung soal korupsi, kolusi, nepotisme (KKN) saat berbicara di acara Hajatan Rakyat di Kota Cirebon, hari ini. Menurut Ganjar, integritas pribadi itu yang utama, jabatan itu bukan selama-lamanya, ada batasnya. Menurut Ganjar, haram hukumnya bagi pemegang kekuasaan menyalahgunakan amanah. Pemegang amanah, kata Ganjar, harus anti-KKN dan harus melaksanakan amanah konstitusi itu dengan baik.

6. Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto, menyebut akan menjadikan Indonesia sebagai negara muslim dan kekuatan dunia, jika dia terpilih dalam Pilpres 2024. Hal ini disampaikan Prabowo dalam wawancara eksklusif dengan media asal Amerika Serikat, Newsweek, yang bertajuk “Exclusive: The Ex-General Who Plans To Make the Largest Muslim Nation a World Power”. Pada wawancara itu, Prabowo mengungkap rencananya untuk menegaskan peran RI di panggung dunia, termasuk dalam mengatasi konflik global di Gaza, Ukraina dan kawasan Asia Pasifik.

7. Perkumpulan Indonesia untuk Buruh Migran Berdaulat (Migrant Care), menemukan banyak pemilih ganda dalam Daftar Pemilih Tetap Luar Negeri (DPTLN) New York, Amerika Serikat. Temuan ini dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI, Jumat (26/1/2024). Direktur Eksekutif Migrant Care, Wahyu Susilo menjelaskan, temuan ini diawali dari aduan salah satu warga negara Indonesia (WNI) di New York. Setelah didalami, Migrant Care menemukan ada 374 pemilih ganda dalam DPT New York, yang mungkin jumlahnya akan lebih besar jika ditelusuri lebih jauh. Menurut Wahyu Susilo, kesalahan pada DPT itu, membuka ruang kecurangan dan pelanggaran pemilu.

HUKUM

1. Bareskrim Polri menangkap Putra Wibowo (PW), tersangka kasus investasi ilegal robot trading Viral Blast. PW ditangkap di tempat pelariannya, Bangkok. Wadir Tindak Pidana Ekonomi Khusus, Kombes Samsul Arifin menjelaskan, nilai kerugian investasi ilegal itu mencapai Rp 1,8 triliun dari 11.930 korban. Dalam kasus investasi dengan modus skema ponzi ini, polisi menetapkan empat tersangka. Tiga orang di antaranya ditangkap sejak 2022, dan kini berstatus terpidana: tersangka Rizky dan Zainal dipidana 20 tahun penjara, dan tersangka Minggus Umboh dipidana 16 tahun.

2. KPK menggelar operasi tangkap tangan (OTT) di Kabupaten Sidoarjo, Jumat (26/1/2024). Penangkapan ini, terkait dugaan pemotongan pembayaran insentif pajak dan retribusi daerah. Juru bicara KPK, Ali Fikri mengatakan, 10 orang ditangkap, diantaranya berstatus ASN. Ali mengatakan, saat ini pihak yang ditangkap masih dalam proses pemeriksaan. KPK memiliki waktu 1×24 jam untuk menentukan status hukum mereka.

EKONOMI

1. Menko Marves Luhut Pandjaitan menyampaikan, rencana menaikkan pajak kendaraan berbahan bakar minyak atau internal combustion engine (ICE) masih wacana awal. Tujuannya, untuk mengurangi polusi udara dan masyarakat beralih ke kendaraan yang lebih ramah lingkungan dan transportasi umum. Ia meminta dirinya tidak dibilang jahat karena melontarkan hal itu. Ia akan mendengarkan masukan publik.

Menyinggung pajak hiburan 40%-75%, Luhut menyatakan tidak setuju. Pajak sebesar itu berpotensi menutup lapangan kerja sektor hiburan. Apalagi ada 20 juta orang terlibat di industri tersebut. Ia mengatakan, saat ini sudah ada Surat Edaran dari Kemendagri terkait petunjuk pelaksanaan ketentuan UU No. 1/2022 tentang Hubungan Keuangan Pemerintah Pusat dan Daerah (HKPD). SE tersebut ditujukan kepada pemerintah daerah. Saat ini, kata Luhut, pengusaha sedang mengajukan uji materi UU tersebut ke MK.

2. Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, beberapa waktu lalu mengungkapkan, pemerintah akan mengimpor kembali 3 juta ton beras pada 2024 untuk mengatasi defisit beras dampak dari El Nino. Menurut Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi, ada defisit beras sekitar 2,8 juta ton. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), angka 2,8 juta ton beras itu dihitung berdasarkan angka kebutuhan beras rata-rata nasional sekitar 2,5 juta ton hingga 2,6 juta ton per bulan dengan kemampuan produksi di awal Januari yang kurang dari 1 juta ton akibat dampak El Nino. Presiden Jokowi disebut, sudah menyetujui impor sekitar 2 juta ton beras, yang didatangkan dari Vietnam dan Thailand.

3. BI mencatat, sebanyak Rp 3,20 triliun modal asing keluar dari pasar keuangan domestik pada pekan keempat Januari 2024. Berdasarkan data transaksi 22–25 Januari 2024, nonresiden di pasar keuangan domestik tercatat jual neto Rp 3,20 triliun. Rinciannya, nonresiden jual neto Rp 3,31 triliun di pasar Surat Berharga Negara (SBN) dan beli neto Rp 0,52 triliun di pasar saham. Selain itu, nonresiden juga jual neto Rp 0,41 triliun di Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI). Sepanjang 2024, BI mencatat nonresiden beli neto Rp 7,11 triliun di pasar SBN dan beli neto Rp 7,35 triliun di pasar saham. Sementara beli neto Rp 18,92 triliun di SRBI.

4. Perusahaan seperti BHP dan Core Lithium di Australia, telah menyetop proyek dan mengurangi pekerja akibat jatuhnya harga nikel dan lithium. Penjabat CEO Asosiasi Perusahaan Pertambangan dan Eksplorasi Australia (AMEC), Neil van Drunen mengatakan, Australia harus memperkenalkan kredit pajak produksi (PTC) sebesar 10% bagi produsen hilir. Harga nikel dunia jatuh mendekati posisi terendah dalam tiga tahun terakhir. Pelemahan terjadi di tengah isu berlebihnya pasokan nikel global yang berasal dari Indonesia. Wakil ketua tim pemenangan paslon Anies-Muhaimin, Tom Lembong, juga pernah menyebut banjir pasokan dari Indonesia sebagai penyebab jatuhnya harga nikel.

TRENDING MEDSOS

1. Tagar #01HOaxTerus trending di X, dengan kata NoAMIN NOHoakss, yang digemakan pendukung dan buzzer paslon nomor urut 02. Ini terkait video Presiden bagi-bagi sembako di depan Istana Kepresidenan. Video itu diambil pada April 2023.

HIGHLIGHTS

1. Kemhan tidak menyerahkan data pegawai yang akan dipilih sebagai responden Survei Penilaian Integritas (SPI) 2023 yang diselenggarakan KPK, sedangkan semua kementerian lain taat menjalankan kerja KPK tersebut. Sikap Kemhan tersebut, tentu saja tidak sejalan dengan komitmen Jokowi yang ingin menciptakan pemerintahan yang berintegritas. Hasil SPI yang dibuat KPK sesungguhnya bisa menjadi acuan untuk mencapai tujuan tersebut.

2. Dengan alasan dampak El Nino, pemerintahan berencana mengimpor beras sebanyak 3 juta pada 2024 untuk mengatasi defisit beras. Berdasarkan data BPS, tahun 2023 impor beras sebanyak 3,06 juta ton, yang merupakan tertinggi dalam 5 tahun terakhir. Sementara negara-negara lain, yang juga mengalami dampak El Nino seperti Thailand, masih bisa mengekspor. Apakah sulit belajar dari negara lain?

3. Temuan Migrant Care tentang banyak pemilih ganda dalam Daftar Pemilih Tetap Luar Negeri (DPTLN) New York, harus menjadi perhatian Bawaslu dan KPU. Dari temuan tersebut tergambar kerja KPU terkesan tidak korek, mengingat begitu banyak terdapat pemilih ganda.

SUMBER

BRIEF UPDATE
Kerjasama MAKPI dengan BDS Alliance
Sabtu, 27 Januari 2024

Makpi Support
Makpi Support
Articles: 187