Kemhan Tunda Beli Jet Tempur, TPN Ganjar Mengajukan Perlindungan ke LPSK, hingga Tabrakan Kereta di Bandung

POLITIK

1. Pengumuman dari Kemhan tentang penundaan rencana pembelian 12 jet tempur Mirage 2000-5 bekas dari Qatar, menurut penilaian Direktur Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs (Indostrategic), Ahmad Khoirul Umam, merupakan strategi penyelamatan untuk Prabowo Subianto dalam debat capres ketiga pada Minggu, 7 Januari 2024, karena debat mendatang mengangkat tema Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik yang berkaitan langsung dengan kebijakan Kemhan. Menurut pengamat politik Hendri Satrio, meski ada penundaan rencana pembelian tersebut, dalam debat nanti harus dipertanyakan ide awal pengadaan alutsista tersebut.

Pengumuman penundaan itu disampaikan oleh Jubir Menhan, Dahnil Anzar Simanjuntak, Rabu (3/1/2024), karena kendala keterbatasan fiskal. Komitmen pembelian 12 pesawat tempur Mirage 2000-5 bekas dari Qatar, sebesar sekitar USD 792 juta atau Rp11,8 triliun, telah ditandatangani oleh Menhan pada Juni 2023. Rencana pembelian tersebut mengundang protes dari berbagai kalangan dengan alasan; pemborosan di saat anggaran negara terbatas, pesawat itu sudah tua, dan pembelian tersebut dilakukan melalui pihak ketiga atau broker.

2. Koalisi Masyarakat Sipil untuk Advokasi UU ITE (Koalisi Serius), menolak revisi kedua UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) yang baru diteken Presiden Jokowi, dan mendesak pemerintah untuk memastikan implementasi UU No. 1/2024 tidak digunakan untuk mengkriminalisasi kelompok kritis dan korban kejahatan yang sesungguhnya. Koalisi yang terdiri dari 20 lebih lembaga sipil itu, menganggap UU ITE jilid 2 masih memuat pasal-pasal bermasalah, seperti pencemaran dan penyerangan nama baik, ujaran kebencian, informasi palsu dan pemutusan akses.

Pasal bermasalah itu antara lain Pasal 27 ayat (1) hingga (4) yang kerap dipakai untuk mengkriminalisasi warga sipil; Pasal 28 ayat (1) dan (2) yang kerap dipakai untuk membungkam kritik; hingga ketentuan pemidanaan dalam Pasal 45, 45A dan 45B. Selain itu, pasal baru, Pasal 27A tentang penyerangan kehormatan atau nama baik orang. Pasal baru lainnya adalah Pasal 27B tentang ancaman pencemaran.

3. Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto dan Ketua Umum Projo yang juga Menkominfo, Budi Arie Setiadi, berpendapat senada bahwa dukungan Presiden Jokowi kepada paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tidak perlu diperjelas lagi. Mereka berdua merespons pernyataan Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid yang mengklaim dukungan Presiden Jokowi untuk Prabowo, bukan paslon yang lain. Meski Jokowi mendukung paslon nomor 2, tapi pemerintah tetap netral.

4. Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, meluncurkan aplikasi untuk meningkatkan aksesibilitas sekaligus mencegah disinformasi dan hoaks di kalangan pemilih, yakni Ganjar Twin AI, GPMMD3, OMG (Oke Mas Ganjar), Ganjar Mahfud App. Deputi Operasi 247 TPN Ganjar-Mahfud, Denon Prawiraatmadja di Kantor TPN Ganjar-Mahfud, Jakarta, hari ini menjelaskan, selain berguna sebagai panduan bagi pemilih, aplikasi-aplikasi tersebut juga dapat menjadi panduan dan bekal bagi para juru kampanye dan relawan. Denon mengatakan, 4 aplikasi tersebut merupakan bagian dari ekosistem digital Ganjar-Mahfud yang digarap kaum muda.

5. Wapres Ma’ruf Amin menyesalkan terjadinya tabrakan antara Kereta Api Turangga dan Commuter Line Bandung Raya di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pagi hari ini. Menurut Ma’ruf, insiden tersebut merupakan hal yang fatal dan tidak boleh terjadi lagi karena menyebabkan korban jiwa. Wapres minta ada koreksi terhadap perjalanan kereta api, baik dari sisi sumber daya manusia maupun pengaturan teknisnya. Kecelakaan itu menyebabkan 4 orang meninggal dunia, yakni masinis, asisten masinis, pramugara, dan sekuriti. Semua penumpang KA Turangga dan Commuter Line Bandung Raya selamat.

HUKUM

1. Tim hukum TPN Ganjar-Mahfud, hari ini, mendatangi Kantor Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Mereka mengajukan perlindungan bagi para korban pengeroyokan oleh prajurit TNI di Boyolali. Perwakilan Tim Hukum TPN, Ifdhal Kasim, mengatakan pihaknya meminta LPSK mengupayakan tuntutan kompensasi atau restitusi bagi para korban. Selain itu, meminta LPSK memberikan pendampingan kepada korban yang nanti akan menjadi saksi dalam proses hukum di pengadilan militer. Sebab, Kata Ifdhal, saat ini ada pembentukan opini yang menyalahkan para korban dengan menyebut korban mengonsumsi minuman keras sebelum peristiwa pengeroyokan terjadi.

2. Menkumham Yasonna Laoly, membantah kabar terpidana kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat, Ferdy Sambo, tidak pernah tidur di sel di Lapas Salemba. Menurut Yasonna, advokat Alvin Lim yang mengungkap kabar itu ke publik, tak pernah bertemu Sambo saat di Lapas. Alvin yang sebelumnya ditahan di Lapas Salemba, kata Yasonna, sakit pada 16-29 Agustus 2023. Selama sakit, Alvin dirawat di rumah sakit. Sementara, Ferdy Sambo berada di Lapas Salemba selama 5 hari pada 24-29 Agustus 2023, sebelum ditransfer ke Lapas Cibinong. Ia juga membantah Sambo mendapat perlakuan khusus. Rekaman video Alvin Lim mengungkapkan Sambo tak pernah tidur di sel, kemarin viral.

3. Majelis hakim Tipikor Jakarta, menunda sidang pembacaan vonis mantan Kabag Umum Kanwil DJP Jakarta Selatan, Rafael Alun Trisambodo, kemarin. Ketua Majelis Hakim, Suparman Nyompa mengatakan, hakim belum merampungkan berkas putusan. Ia mengatakan kasus korupsi Rafael Alun cukup luas sehingga penyelesaian berkasnya butuh waktu. Sidang vonis akan kembali dilaksanakan pada Senin, 8 Januari 2024. Dalam perkara ini, Rafael Alun dituntut 14 tahun penjara, karena diyakini bersalah menerima gratifikasi Rp 16,4 miliar dan melakukan tindak pidana pencucian uang. Jaksa juga menuntut Alun membayar denda Rp 1 miliar subsider 6 bulan kurungan dan uang pengganti Rp 18,9 miliar.

4. Deputi Bidang Koordinasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Kemenko Polhukam, Irjen Rudolf Alberth Rodja mengatakan, dugaan perdagangan orang (TPPO) pengungsi Rohingya terhubung dengan Cox’s Bazar (distrik di Bangladesh tempat penampungan 900-an ribu pengungsi Rohingya). Soal itu masih didalami aparat. Sejauh ini Polresta Banda Aceh dan Pidie sudah memproses 3 tersangka. Menurut informasi, dari relasi Cox’s Bazar dan Aceh, ada nama orang Indonesia yang ikut bermain. Rudolf mengatakan, yang sudah ditangkap adalah pemain lapangan. Polisi masih menyelidiki tokoh yang lebih tinggi.

Menurut data Kemenko Polhukam, sekitar 1.700 pengungsi Rohingya sudah mendarat di Indonesia sejak November 2023. Total pengungsi Rohingya yang ada secara keseluruhan termasuk di Pekanbaru dan Medan adalah 2.200 orang.

EKONOMI

1. Produksi minyak siap jual (lifting) hingga Desember 2023 belum mencapai target APBN 2023. Tercatat, lifting minyak Indonesia hanya 607 ribu barel per hari (bph) dari target 660 ribu bph. Direktur Eksekutif ReforMiner Institute, Komaidi Notonegoro menilai, masalah utama tidak tercapainya lifting 2023 karena selama ini hanya mengandalkan lapangan-lapangan tua. Sehingga, sulit bagi pemerintah untuk menggenjot kenaikan produksi minyak kalau hanya mengandalkan lapangan tua. Kecuali dalam waktu dekat ditemukan lapangan minyak baru yang dapat menggantikan produksi yang menurun.

2. Presiden Jokowi mengumumkan pembukaan lowongan menjadi aparatur sipil negara (ASN) pada 2024. Total lowongan yang dibuka mencapai 2.302.543 posisi. Menpan RB Azwar Anas mengatakan, total lowongan itu terdiri atas 690.822 untuk seleksi CPNS umum (fresh graduate) dan 1.605.694 untuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Dari total 2,3 juta lowongan ASN, 429.183 di antaranya untuk instansi pusat. Dari 429.183 kebutuhan instansi pusat itu, ada 207.247 lowongan untuk CPNS fresh graduate dan 221.936 lowongan PPPK. Sebanyak 15.460 formasi dosen, serta tenaga guru, kesehatan dan tenaga teknis 191.787 formasi.

Sementara itu, untuk seleksi ASN di daerah dibuka 1.867.333, yang terdiri atas CPNS fresh graduate 483.575 formasi untuk tenaga teknis. Kemudian, PPPK 1.383.758 lowongan, yang terdiri dari tenaga guru 419.146, tenaga kesehatan 417.196 dan tenaga teknis 547.416.

TRENDING MEDSOS

1. KA Turangga dan Cicalengka trending di Google Trends dan X (Twitter), setelah terjadi kecelakaan antara KA Turangga dan Commuter Line Bandung Raya di lintas Haurpugur-Cicalengka. Akibat kecelakaan ini, sebanyak 4 orang petugas KA meninggal dunia.

2. UU ITE trending di X (Twitter), setelah Presiden Jokowi meneken revisi UU ITE atau UU ITE jilid 2 menjadi UU No. 1/2024 pada Selasa (2/1/2024).

HIGHLIGHTS

1. Analisis Direktur Eksekutif Indostrategic, Ahmad Khoirul Umam, bahwa pengumuman penundaan pembelian pesawat tempur bekas dari Qatar merupakan strategi penyelamatan untuk Prabowo Subianto dalam debat capres ketiga pada Minggu mendatang, sangatlah masuk akal. Sebab, rencana pembelian pesawat lawas dengan menggunakan utang luar negeri itu, memang sudah menjadi sorotan publik, mengingat banyak kejanggalan. Oleh karena itu, tepat saran Hendri Satrio supaya dalam debat nanti digali asal muasal rencana pembelian pesawat tersebut. Saran ini tentu tertuju kepada Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

2. Penolakan Koalisi Masyarakat Sipil untuk Advokasi UU ITE (Koalisi Serius) terhadap revisi kedua UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) yang baru diteken Presiden Jokowi, menjadi UU No. 1/2024, menunjukkan proses revisi UU tersebut tidak membuka partisipasi luas. Padahal saat proses pembahasan revisi berlangsung, kelompok masyarakat sipil sudah minta dilibatkan atau minta didengar pendapatnya.

3. Pendapat yang mengatakan, meski Jokowi mendukung paslon nomor 2 tapi pemerintah tetap netral, sungguh absurd. Sebab Jokowi adalah Presiden, Kepala Pemerintahan yang memiliki kekuasaan begitu besar. Lagi pula, anak Jokowi, yaitu Gibran Rakabuming Raka adalah calon Wakil Presiden yang mendampingi Prabowo, pasangan nomor urut dua. Masyarakat sudah semakin cerdas dan berpikir rasional.

sumber

BRIEF UPDATE
Kerjasama MAKPI dengan BDS Alliance
Jumat, 5 Januari 2024

Makpi Support
Makpi Support
Articles: 187