Penganiayaan Relawan Ganjar Oleh TNI, Penyerahan 2 Kandidat Pimpinan KPK ke DPR, hingga Kenaikan Gaji ASN/TNI/Polri

POLITIK

1. Tim Pemenangan Nasional (TPN), Ganjar Pranowo-Mahfud MD, selain mengutuk tindak penganiayaan yang dilakukan sejumlah prajurit TNI terhadap 7 relawannya di Boyolali, Jateng, juga memastikan akan mengawal sampai tuntas penyelesaian hukum terhadap para pelaku. TPN bahkan akan melaporkan kasus itu ke Komnas HAM. Menurut Ketua TPN, Arsjad Rasjid, relawan dan pendukung adalah keluarga besar TPN Ganjar-Mahfud, sehingga setiap tindak kekerasan yang menimpa pada satu orang, sakitnya dirasakan oleh semuanya.

Sementara itu Wakil Ketua TPN, Jenderal (Purn) Andika Perkasa menegaskan, penganiayaan yang dilakukan oleh 15 prajurit TNI tersebut bukan karena kesalahpahaman. Andika menyebut, para relawan Ganjar-Mahfud langsung diserang dan dianiaya oleh prajurit TNI dari Kompi B Batalion Infanteri Raider 408/Suhbrastha, Boyolali. Pernyataan Andika tersebut membantah pernyataan Dandim 0724/Boyolali, Letkol Inf Wiweko Wulang Widodo, dalam jumpa pers yang menyebut penganiayaan itu terjadi karena kesalahpahaman.

Dari 15 prajurit Batalion Infanteri Raider 408/Suhbrastha, yang diperiksa Denpom atas kasus penganiayaan tersebut, sebanyak 6 prajurit sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh Denpom IV/Surakarta. Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad), Brigjen Kristomei Sianturi, hari ini menjelaskan, mereka ditahan sementara selama 20 hari untuk proses hukum lebih lanjut.

Penganiayaan itu terjadi pada Sabtu (30/12/2023). Saat para relawan pulang dengan motor berknalpot “brong”, setelah mengikuti acara pertemuan dengan Ganjar Pranowo, mereka dicegat oleh sejumlah tentara berpakaian preman di depan markas Markas Batalion Infanteri Raider 408/Suhbrastha, Jalan Perintis Kemerdekaan, Boyolali. Para tentara itu lantas melakukan pemukulan terhadap 7 relawan. Sebanyak 5 orang menjalani rawat jalan, dan 2 orang lainnya harus menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

Menurut keterangan Dandim 0724/Boyolali, Letkol Inf Wiweko, para prajurit itu bermaksud menegur para pengendara motor yang berknalpot ‘brong’, tapi terjadi kesalahpahaman. Pernyataannya ini dibantah oleh Jenderal (Purn) Andika Perkasa. Berdasarkan rekaman video yang beredar di media sosial, tidak ada proses teguran oleh para tentara itu. Para pemotor itu dihentikan dan langsung dihajar di jalan. Mereka ditarik masuk ke pos markas dan dianiaya.

2. Beredar rekaman video melalui berbagai media sosial tentang kesaksian seorang perempuan warga Kampung Sawah, Cilincing, Jakarta Utara, yang menyebut anggota Babinsa berpakaian dinas loreng meminta KTP dan KK warga setempat, saat Menhan yang juga capres nomor urut 2, Prabowo Subianto melakukan kunjungan di kampung tersebut pada Sabtu (30/12/2023). Ia tidak tahu maksud Babinsa mengumpulkan KTP dan KK warga. Perempuan itu juga mengaku, ajudan Prabowo membagi-bagi uang lembar Rp 100.000 kepada anak-anak yang datang merubung.

Menurut keterangan Kapuspen TNI, Brigjen Nugraha Gumilar hari ini, pendataan KTP dan KK oleh Babinsa merupakan rangkaian giat pendataan bedah rumah yang rencananya akan dilaksanakan oleh Universitas Pertahanan atas perintah Menhan RI. Prabowo selaku Menhan, kata Nugraha, mengunjungi tempat tersebut untuk melihat rumah yang akan dibedah.

Jubir TPN Ganjar-Mahfud, Chico Hakim, hari ini, menilai banyak kejanggalan dari blusukan Capres Prabowo Subianto perkampungan itu. Chico melihat ada sejumlah pelanggaran dalam kegiatan tersebut. Babinsa yang mendata ke rumah warga, kata Chico, menunjukkan ketidaknetralan aparat TNI. Selain itu, pembagian uang Rp 100.000 kepada anak-anak oleh ajudan Prabowo merupakan indikasi money politics.

3. Bawaslu Jakarta Pusat (Jakpus), memanggil cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, hari ini untuk dimintai keterangan mengenai kegiatan dia bagi-bagi susu kemasan di area car free day (CFD) Bundaran HI, Jakpus, pada Minggu (3/12/2023). Namun hari ini, Gibran tetap masuk kantor di Balai Kota Solo, tanpa mau memberi keterangan kepada wartawan terkait pemanggilan dari Bawaslu Jakpus tersebut. Padahal saat berkampanye di Sragen kemarin, Gibran mengaku siap mematuhi jika dipanggil Bawaslu.

Berdasarkan Perda Gubernur DKI Jakarta, area CFD harus bebas dari kegiatan politik. Wakil Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Aminuddin Ma’ruf mengatakan, Gibran atau perwakilannya tidak akan memenuhi panggilan Bawaslu karena Gibran ataupun TKN belum menerima surat panggilan secara resmi dari Bawaslu.

4. Presiden Jokowi, hari ini melakukan kunjungan kerja di sejumlah daerah di Jawa Tengah, antara lain di Boyolali, Purworejo dan Cilacap. Kegiatan yang dilakukan antara lain, meresmikan empat terminal sekaligus yakni Terminal Purworejo di Kabupaten Purworejo, Terminal Mendolo di Kabupaten Wonosobo, Terminal Purboyo di Kota Madiun dan Terminal Patria di Kota Blitar, yang dilakukan secara hybrid di Purworejo. Di Kabupaten Cilacap, Presiden Jokowi meninjau sebuah tempat pengolahan sampah terpadu.

Sebagian daerah yang dikunjungi Jokowi tersebut, baru beberapa hari lalu dikunjungi Ganjar Pranowo dalam rangka kampanye antara lain Boyolali dan Purworejo. Juru Bicara TPN Ganjar-Mahfud, Chico Hakim, mengaku berbaik sangka soal kesamaan lokasi kunjungan kerja Jokowi dengan lokasi kampanye Ganjar. Dia menilai kunker Jokowi sudah diagendakan jauh-jauh hari. Chico meyakini Jokowi akan bersikap netral pada Pilpres 2024.

5. Paslon nomor urut 2 Prabowo-Gibran, menawarkan program makan siang gratis untuk pelajar guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia, sedangkan paslon nomor urut 3 Ganjar-Mahfud menawarkan koneksi internet gratis untuk meningkatkan pengetahuan para pelajar. Menurut Ganjar, kemarin, dalam berbagai kesempatan dialog dengan kalangan muda, mereka lebih memilih koneksi internet gratis ketimbang makan siang gratis.

HUKUM

1. Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron mengatakan, Presiden Jokowi akan menyerahkan dua nama kandidat calon pimpinan KPK kepada DPR untuk dipilih salah satu. Dua nama tersebut merupakan sisa dari 10 calon pimpinan yang pernah diajukan dan belum dipilih. Saat ini tersisa 4 calon pimpinan KPK yang belum dipilih DPR. Mereka adalah Sigit Danang Joyo, Luthfi Jayadi Kurniawan, I Nyoman Wara dan Roby Arya B. Dua dari keempat nama itu akan dipilih Jokowi, untuk diseleksi DPR untuk melengkapi jumlah pimpinan KPK menjadi 5 orang.

Mengenai Ketua KPK definitif, Ghufron menjelaskan, akan dipilih DPR setelah pimpinan KPK lengkap. DPR, kata Ghufron, akan memilih salah satu dari 5 orang pimpinan untuk menjadi ketua. Setelah Firli diberhentikan, pimpinan KPK tersisa empat orang. Mereka adalah Nawawi Pomolango yang menjabat ketua sementara, Nurul Ghufron, Alexander Marwata dan Johanis Tanak.

2. KPK telah menjebloskan mantan Wali Kota Bandung, Yana Mulyana ke Lapas Sukamiskin setelah divonis 4 tahun penjara, dalam kasus korupsi proyek Dinas Perhubungan. Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan, Yana dieksekusi ke Lapas Sukamiskin, pada akhir Desember 2023. Dalam kasus ini, Yana divonis 4 tahun kurungan penjara dengan denda Rp 200 juta subsider 3 bulan kurungan. Selain pidana badan, Yana juga diputus untuk membayar uang pengganti sebesar Rp 435 juta, SGD 14.520, 645 ribu yen, USD 3.000 serta 15.630 baht.

EKONOMI

1. Juru Bicara Menkeu, Yustinus Prastowo memastikan kenaikan gaji PNS dan anggota TNI/Polri berlaku sejak 1 Januari 2024 melalui mekanisme rapel. Lewat akun X (Twitter)-nya, Yustinus mengatakan, saat ini pemerintah sedang merampungkan serangkaian aturan, termasuk peraturan pemerintah tentang gaji PNS/TNI/Polri, serta tunjangan veteran. Peraturan Presiden untuk mengatur gaji pegawai pemerintah, dengan perjanjian kerja (PPPK). Saat menyampaikan pengantar nota keuangan, 16 Agustus 2023, Presiden menyatakan, RAPBN 2024 telah mengusulkan kenaikan gaji PNS/TNI/Polri dan pensiunan.

2. BPS mencatat inflasi Desember mencapai 0,41%. Sementara secara keseluruhan 2023, inflasi tercatat 2,61% (yoy), lebih rendah dibanding 2022 sebesar 5,51% (yoy). Bahkan terendah selama 20 tahun, di luar periode pandemi 2021. Plt Kepala BPS, Amalia Adininggar mengungkapkan, inflasi pada akhir tahun lalu didorong oleh peningkatan harga kelompok pengeluaran makanan, minuman, dan tembakau yang mencatat inflasi 6,18% (yoy) dengan andil pada inflasi 1,60%. Amalia merinci, komoditas beras memberi andil 0,53% dan cabai merah dengan andil 0,24%.

3. Presiden Jokowi mengatakan, harga beras di seluruh dunia mengalami kenaikan akibat fenomena El Nino dan 22 negara menyetop ekspor beras. Namun ia menambahkan, kenaikan harga beras di Indonesia tidak sedrastis negara lain. Jokowi juga memastikan stok cadangan beras tetap aman sehingga stabilitas harga tetap terkendali meski musim panen mundur.

Harga beras masih tinggi. Namun, BPS mencatat, inflasi beras pada Desember 2023 terpantau melandai, yakni 0,48% secara bulanan (mom). Harga beras masih menjadi salah satu komoditas penyumbang inflasi umum Desember 2023, yaitu sebesar 0,02% (mom). Inflasi umum pada Desember 2023 tercatat 0,41% (mom), naik dibanding 0,38% (mom) pada November 2023.

4. S&P Global mencatat, Purchasing Managers Index (PMI) Manufaktur Indonesia pada Desember 2023 berada di level 52,5, meningkat 0,5 poin dibandingkan capaian November 2023 di 51,7. Menurut Economics Associate Director S&P Global Market Intelligence, Jingyi Pan, ini menunjukkan kondisi sektor manufaktur terus membaik pada kisaran tercepat sejak bulan September 2023. Jingyi Pan menambahkan, indikator PMI ke depannya termasuk indeks penumpukan pekerjaan dan output masa mendatang juga menunjukkan tren positif.

HIGHLIGHTS

1. Penganiayaan yang dilakukan oleh oknum prajurit Batalion Infanteri TNI AD, di Boyolali terhadap relawan Ganjar-Mahfud, gara-gara relawan menggunakan sepeda motor berknalpot berisik jelas menunjukkan arogansi. Dengan status sebagai tentara, mereka merasa berhak melakukan penindakan di luar hukum. Namun masih perlu didalami lebih lanjut, apakah tindakan itu sekadar luapan emosi dari sikap arogansi mereka ataukah ada prasangka mereka terhadap pendukung paslon nomor urut 3. Untuk kasus ini sudah seharusnya Bawaslu turun tangan.

2. Prabowo melakukan kunjungan ke perkampungan di Cilincing, Jakut. Versi resmi menyatakan dia berkunjung dalam kapasitas sebagai Menteri Pertahanan. Tapi di mata masyarakat setempat, Prabowo adalah calon presiden yang sedang mencari dukungan suara rakyat. Maka ketika terbongkar informasi Babinsa yang merupakan aparat militer mengumpulkan KK dan KTP warga, versi resmi menggunakan alasan kegiatan itu dalam kaitan program bedah rumah Kemenhan. Inilah contoh konkret dari aturan pencalonan (presiden, wapres, DPR) yang longgar, yang membuka peluang calon untuk melakukan penyalahgunaan jabatan.

sumber

BRIEF UPDATE
Kerjasama MAKPI dengan BDS Alliance
Selasa, 2 Januari 2024

Makpi Support
Makpi Support
Articles: 187