Produksi BDS Alliance/ Kerjasama dengan MAKPI – Selasa, 28 November 2023

POLITIK

1. Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, mengatakan pemerintahan tetap berjalan meskipun ada sejumlah menteri cuti kampanye ataupun cuti menjadi tim kampanye. Presiden Jokowi, kemarin, juga telah memberikan izin cuti pada Menhan, Prabowo Subianto dan Menko Polhukam, Mahfud MD, untuk berkampanye mulai hari ini. Menurut Ari, Presiden tetap menggelar rapat terbatas maupun rapat internal dengan para menteri kabinet.

2. Pada acara konsolidasi relawan pendukung capres-cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD se-Jawa di JIExpo, Kemayoran, Jakpus, kemarin malam, Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri, meluapkan kejengkelannya terhadap penguasa saat ini yang bertindak seperti era Orde Baru. Presiden RI kelima itu menyoroti sejumlah aksi yang dinilai sewenang-wenang, seperti intimidasi dan intervensi kepada masyarakat. Menanggapi kritik dari Presiden ke-5 RI tersebut, Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, hari ini mengatakan bahwa pernyataan Megawati tersebut sah di negara demokrasi dan merupakan hak Megawati.

3. Presiden Jokowi akan melantik Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), pekan ini. Posisi ini kosong ditinggalkan oleh Jenderal Agus Subiyanto yang mendapat promosi menjadi Panglima TNI. Kabar santer menyebut calon terkuat KSAD adalah Panglima Komando Cadangan Strategis TNI AD (Pangkostrad), Letjen Maruli Simanjuntak (53 tahun). Menantu Menko Marves, Luhut Pandjaitan ini, lulusan Akmil 1992 yang sebagian besar masa kariernya berada di lingkungan pasukan khusus. Dia pernah menjabat sebagai Komandan Grup A Paspampres (2014-2016) saat berpangkat kolonel.

4. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), mengaku telah menemukan 355 konten yang mengandung 96 isu hoaks pemilu sebelum masa kampanye resmi dimulai hari ini, 28 November 2023. Menteri Kominfo, Budi Arie Setiadi, hari ini mengungkapkan sebanyak 39 isu hoaks di antaranya beredar selama bulan November ini. Sejauh ini, kementeriannya sudah menurunkan 290 konten hoaks tersebut. Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Semuel Pangerapan, menambahkan bahwa Kemenkominfo akan melakukan analisis potensi kericuhan dari setiap konten hoaks yang muncul.

5. Politisi PDIP sekaligus Wakil Deputi Kinetik Teritorial I Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Adian Napitupulu, sedang menjalani proses pemulihan kesehatan setelah dirawat di sebuah rumah sakit (RS) di Singapura. Menurut keterangan Sekretaris Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres 2024 Ganjar Pranowo, Deddy Sitorus, Adian sudah berada di kediaman di Jakarta, saat ini. Deddy menyebutkan kondisi Adian menurun lantaran terlalu bekerja keras di lapangan.

6. Ratusan aktivis, tokoh antikorupsi, tokoh pers, pengajar dan guru besar kemarin mengeluarkan “Seruan Jembatan Serong” menjelang kampanye pemilu dimulai. Seruan ini diinisiasi oleh Forum Lintas Generasi yang melakukan mimbar akademik terbuka di Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara, yang berada Jalan Jembatan Serong, Cempaka Putih, Jakpus, sehingga seruan mengambil nama jalan tersebut.

Tuan rumah forum ini, Simon Petrus Lili Tjahjadi, Ketua STF Driyarkara; Yustinus Prastowo, Ketua Ikatan Alumni Driyarkara; Omi Komaria Madjid, Ketua Dewan Pembina Nurcholish Madjid Society; Sulistyowati Irianto, Guru Besar Antropologi Hukum Universitas Indonesia; Erry Riyana Hardjapamekas, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi 2003-2007; Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Agama RI 2014-2019; Goenawan Mohamad, sastrawan dan perupa; Adrianus Lambu, Ketua Senat Mahasiswa STF Driyarkara; Acep Jamaludin, Poros Anak Muda Sosia Politika dan Alan Pasaribu, Rublikpol UIN Jakarta yang dimoderasi oleh Alif Iman, Mahasiswa STF Driyarkara/salah satu inisiator Maklumat Juanda.

Berikut sebagian isi seruan: demokrasi kita kehilangan adab karena penguasa memanipulasi lembaga negara untuk kepentingan politik keturunannya. Praktik ini memprihatinkan dan mengingatkan kita kepada amanat reformasi, yakni penghapusan korupsi, kolusi dan nepotisme. Ini berarti spirit republik hilang dalam penyelenggaraan negara. Politik dipertontonkan tanpa peduli pada kepantasan etik dan moral bangsa demi kelanjutan kekuasaan.

Oleh karena itu, kami berseru dan bertekad untuk menegakkan negeri yang adil dan merdeka, yang menyediakan kesempatan yang setara kepada tiap putra-putri Indonesia. Tanpa nepotisme, tanpa kelompok dan keluarga dengan hak-hak istimewa.

7. Anggota Komisi V DPR, Djenri Alting Keintjem, mempertanyakan netralitas perangkat desa dalam Pilpres 2024. Dalam rapat kerja bersama Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar, Djenri mempertanyakan kebenaran faktor politik menjadi salah satu pertimbangan perekrutan pendamping desa. Dia mengaku punya bukti pendamping desa yang dikeluarkan dari grup WhatsApp, dan diancam tidak bisa mengikuti rekrutmen lagi karena berbeda pilihan presiden.

Menjawab itu, Abdul Halim mengatakan, tidak pernah ada arahan dari Kemendes PDTT untuk mendukung parpol atau capres tertentu. Dia mengakui peristiwa semacam itu memang terjadi, namun sifatnya hanya lokal, seperti di Sorong dan di Majalengka.

8. Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu Setianto, mengungkapkan pemeriksaan kepala desa (kades) dari tiga kabupaten – Karanganyar, Wonogiri dan Klaten – ditunda karena ada kegiatan di Solo. Diberitakan sebelumnya, Ditreskrimsus Polda Jateng memanggil seluruh 176 kades dari tiga kabupaten itu terkait dugaan korupsi dana bantuan provinsi untuk pemerintah desa tahun anggaran 2020-2022. IPW mempertanyakan, pemanggilan semua kades di tiga kabupaten kandang banteng tersebut dan mengkhawatirkan ada motif politik di baliknya.

HUKUM

1. KPK batal memeriksa anggota VI Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Pius Lustrilanang, karena Pius mengaku sakit hari ini dan minta dijadwal ulang. Jubir KPK, Ali Fikri, tidak menjelaskan alasan pemeriksaan terhadap Pius. Nama mantan politikus Partai Gerindra itu tersangkut kasus Pj Bupati Sorong, Yan Piet Mosso, yang ditangkap KPK pada Minggu (12/11/2023), Piet dan beberapa pejabat Perwakilan BPK Provinsi Papua Barat diduga kongkalikong memanipulasi laporan keuangan daerah. Dalam proses penyelidikan kasus ini, KPK juga sudah memeriksa dan menyegel ruang kerja Pius Lustrilanang.

2. KPK hari ini memeriksa anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP), Vita Ervina, sebagai saksi kasus dugaan korupsi yang menjerat mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) dan kawan-kawan. Menurut Jubir KPK, Ali Fikri, ada lima saksi lainnya yang diperiksa, yang sebagian besar adalah pejabat di Kementan.

EKONOMI

1. Menkop UKM, Teten Masduki, membantah kabar tentang rencana pemerintah mengenakan pajak tarif normal bagi UMKM. Ditegaskannya, pajak penghasilan (PPh) bagi UMKM sebesar 0,5% masih berlaku. Dia menyebut pelaku UMKM tidak perlu dikenakan pajak terlalu besar karena memberikan manfaat lainnya untuk negara, yakni menciptakan lapangan kerja.

Stafsus Menkeu, Yustinus Prastowo, kemarin juga memastikan tarif PPh 0,5% bagi pelaku UMKM tetap berlaku. Sesuai PP No. 23/2018, wajib pajak orang pribadi UMKM yang menggunakan tarif 0,5% sejak 2018 boleh menggunakan tarif ini sampai 2024. Itu berlaku bagi wajib pajak yang peredaran brutonya tidak melebihi Rp 4,8 miliar setahun.

2. Menkeu Sri Mulyani, menagih Menkominfo Budi Arie Setiadi, untuk menyelesaikan proyek BTS 4G yang dikorupsi. Di acara Indonesia Digital Summit 2023, Sri Mulyani mengungkapkan sudah menagih janji 75.000 desa, 10.000 puskesmas dan 240.000 SD/madrasah terkoneksi internet. Dia juga menyebut, Kemenkominfo adalah satu-satunya lembaga yang anggarannya naik saat pandemi Covid-19, salah satunya untuk proyek BTS. Merespons itu, Budi Arie mengatakan pihaknya berupaya agar proyek BTS yang mangkrak dapat diselesaikan tahun ini. Jumlah BTS yang terbangun diperkirakan sekitar 5.000.

TRENDING MEDSOS

1. Hari ini telah memasuki masa kampanye, tagar-tagar mengenai calon presiden dan wakil presiden mewarnai trending X (Twitter), mulai dari #SATUEnergiBaru dengan didukung narasi pasangan Amin mendorong keberlanjutan energi, #OkGasNomer2KitaGuys dengan narasi-narasi dan video mengenai All-in Prabowo, dan #GerakCepatCepatGanjarMahfud yang memberitakan kampanye GP-MMD dengan konsep dari Sabang-Merauke, dimana Mahfud MD memulai kampanye di Sabang dan Ganjar di Merauke.

2. Lebih dari 10.000 pencarian di Google Trends mengenai Pneumonia. Tiongkok sedang terserang wabah Pneumonia. Ribuan anak telah dirawat di rumah sakit karena masalah gangguan pernapasan parah.

HIGHLIGHTS

1. Masa kampanye sampai 10 Februari 2024 merupakan hari-hari sibuk bagi para menteri kabinet. Banyak menteri juga disibukkan dengan urusan pemenangan jagoannya masing-masing, juga urusan pemenangan dirinya sebagai calon anggota legislatif. Semoga jaminan dari Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, bahwa pemerintahan tetap berjalan, dapat benar-benar terwujud.

2. “Seruan Jembatan Serong” dari kalangan aktivis, guru besar dan lain-lainnya menambah gaung yang sudah disuarakan dari banyak kalangan lainnya belakangan ini. Keprihatinan tentang penyalahgunaan kekuasaan yang mengancam demokrasi itu, diharapkan akan terus bergaung guna menghadapi sikap pragmatisme para elite kekuasaan.

Sumber

BRIEF UPDATE
BDS Alliance
Selasa, 28 November 2023

Makpi Support
Makpi Support
Articles: 187