Prabowo Gagas Forum Presidential Club, Taruna STIP Tewas Dianiaya Senior, dan Rupiah Menguat

POLITIK

1. Meski 2 mitranya di Koalisi Perubahan, Nasdem dan PKB, sudah memberi sinyal bergabung dengan koalisi pemerintahan Prabowo-Gibran, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) belum menentukan sikap politiknya. Peneliti senior Populi Center, Usep Saepul Ahyar mengatakan, melihat dinamika yang terjadi kemungkinan PKS akan kembali menjadi partai di luar koalisi pemerintah. Posisi tersebut tidak menyebabkan kerugian besar bagi PKS. Sebab, basis konstituen PKS merupakan basis yang konsisten, dan berpeluang meluas dengan menarik pendukung Anies Baswedan.

2. Ketua DPP PKB, Daniel Johan menyebut, partainya belum memastikan akan bergabung dengan pemerintahan Prabowo-Gibran. Menurut dia, Ketum PKB Muhaimin Iskandar dan Presiden terpilih Prabowo Subianto, belum mencapai deal politik terkait pemerintahan baru. Saat ini, kata Daniel, Muhaimin tengah berkomunikasi dengan para tokoh dan sesepuh, untuk mendapat masukan. PKB masih memerlukan proses untuk menentukan arah politik ke depan. Namun, PKB memiliki semangat yang sama dengan Prabowo dalam membangun bangsa ke depan.

3. Gagasan Presiden terpilih Prabowo Subianto untuk membentuk forum semacam presidential club, yang beranggotakan para mantan presiden, mendapat respon beragam dari beberapa kalangan:

Presiden Jokowi menanggapi positif rencana Prabowo yang hendak membentuk presidential club yang beranggotakan mantan Presiden RI yang masih hidup, yakni Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri, Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, dan Presiden ke-7 Joko Widodo. Bahkan ia mengatakan, jika “klub presiden” itu terealisasi, para mantan presiden bisa bertemu dua hari sekali.

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana mengatakan, presiden dan para mantan presiden tetap harus berhubungan baik dalam situasi apapun. Ada atau tidak ada presidential club, kata dia, presiden dan semua mantan presiden sangat penting untuk bersilaturahmi.

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin mengatakan, pembentukan forum itu harus dilihat dulu kebutuhannya. Kalau memang diperlukan, boleh saja dibentuk. Namun ia menilai, kemungkinan niat Prabowo itu baik. Selain untuk konsultasi dengan para mantan presiden, juga untuk menyatukan para mantan yang hubungannya kurang baik. Megawati tidak akrab dengan SBY, demikian juga dengan Jokowi.

Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN), Adib Miftahul menilai, forum itu sejatinya tak memiliki urgensi tinggi. Ia justru menyoroti ada misi khusus Prabowo dalam rencana pembentukan forum itu, yakni untuk menjembatani hubungan Presiden Jokowi dan Ketum PDIP sekaligus Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri yang kini renggang. Selain itu menurut dia, Prabowo ingin menciptakan stabilitas politik dengan meminimalkan perbedaan politik dan oposisi selama masa pemerintahannya.

4. Komisi II DPR akan memanggil KPU, Bawaslu, DKPP, dan Kemendagri, untuk rapat evaluasi Pemilu 2024 pada 15 Mei nanti. Sebelumnya, Komisi II DPR menggelar rapat serupa pada 1 April lalu. Namun ditunda karena ketidakhadiran perwakilan KPU. Anggota Komisi II DPR, Guspardi Gaus mengatakan, banyak hal yang bakal dikonfirmasi ke KPU, antara lain perihal bermacam anggapan masyarakat mengenai penyelenggaraan Pemilu 2024. Komisi II juga akan mengonfirmasi isu yang menerpa Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari.

Komisioner KPU, Betty Epsilon mengatakan, pihaknya siap menghadapi evaluasi Pemilu 2024 di Komisi II DPR. Ia menyebutkan, KPU akan menyiapkan semua argumentasi berdasarkan data-data yang mereka miliki. Ketua dan semua anggota KPU akan hadir dalam rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi II DPR tersebut.

HUKUM

1. Taruna Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) berinisial P (19) tewas, diduga dianiaya senior. Terkait kasus itu, pihak STIP mengeklaim telah menghapus budaya kekerasan atau perpeloncoan. Ketua STIP, Ahmad Wahid mengatakan, tewasnya P pada Jumat (3/5/2024) pagi di kamar mandi kampus itu, merupakan kejadian di luar kuasanya, karena terjadi di luar program yang dibuat kampus, murni antar pribadi. Dia mengatakan, STIP juga akan memberi sanksi pemecatan terhadap pelaku.

Aksi kekerasan senior terhadap yunior di STIP Marunda, Jakarta Utara, itu bukan pertama kali terjadi. Sebelumnya, ada taruna STIP angkatan 2016 Amirullah Adityas tewas pada 10 Januari 2017. Kemudian, Daniel Roberto Tampubolon tewas pada 6 April 2015. Taruna STIP bernama Dimas Dikita Handoko tewas pada 25 April 2014, setelah dianiaya senior bersama 6 rekan seangkatan. Sebelumnya lagi, taruna Agung Bastian tewas dianiaya senior pada 2008 dan terungkap setelah korban 3 hari dimakamkan.

EKONOMI

1. Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo meyakini, penguatan nilai tukar rupiah akan terus berlangsung sampai akhir tahun. Ini terlihat dari dinamika di pasar Non-Deliverable Forwards (NDF), di mana tenor 1 bulan sudah mengarah ke kisaran Rp 16.000 per dolar AS. Ia memperkirakan rupiah akan kembali ke Rp 15.800 per dolar AS. Faktor penopang penguatan rupiah adalah kenaikan suku bunga acuan BI rate, maupun bunga Sekuritas Bank Indonesia (SRBI) yang akan menarik arus modal asing. Kedua, kembalinya arus modal asing. Ketiga, prospek ekonomi Indonesia yang semakin menguat.

BI mencatat adanya aliran masuk modal asing senilai Rp 3,06 triliun pada pekan pertama Mei 2024, setelah pada pekan-pekan sebelumnya tercatat tren aliran keluar modal asing. Perry merinci, pada pekan pertama Mei, tercatat asing beli neto Rp 3,75 triliun di pasar SBN, jual neto Rp 2,27 triliun di pasar saham, dan beli neto Rp 1,58 triliun di SRBI. Aliran modal ini menjadi faktor rupiah mengalami penguatan pada Kamis dan Jumat (2 dan 3 Mei 2024). Pada penutupan perdagangan Jumat (3/5/2024), rupiah menguat ke level Rp 16.083 per dolar AS. Pada hari sebelumnya, rupiah juga menguat di Rp 16.185 per dolar AS setelah sebelumnya tembus Rp16.200.

2. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan, pemerintah akan mengimpor beras sebanyak 3,6 juta ton. Impor kali ini, kata dia, dilakukan agar stok beras tetap aman saat cuaca ekstrem berlangsung. Ini adalah antisipasi agar cuaca ekstrem tidak memengaruhi berbagai harga sembako. Sebelumnya, Dirut Perum Bulog Bayu Krisnamurthi, memastikan akan melakukan impor beras meski panen raya pada Maret-Mei 2024 berlangsung. Namun, impor itu akan dilakukan secara hati-hati dengan memperhatikan stok, terutama di daerah sentra produksi.

TRENDING MEDSOS

1. Komang, #UberCup2024 dan China trending di X. Komang Ayu berhasil memastikan kemenangan Indonesia atas Korea Selatan dan membuat Indonesia berhak lolos ke Final Uber Cup 2024 di China. Indonesia akan menghadapi tim tuan rumah China yang sudah mengalahkan Jepang.

2. Terdapat lebih dari 10 ribu pencarian di Google terkait Banjir di Sulawesi Selatan. Banjir dan longsor menerjang 7 kabupaten di Sulawesi Selatan, yang mengakibatkan 9 warga dilaporkan tewas, pada Jumat (3/5/2024) dini hari. Bencana itu juga menyebabkan banyak rumah warga hanyut dan akses lalu lintas yang sempat lumpuh.

HIGHLIGHTS

1. Gagasan Presiden terpilih Prabowo Subianto untuk membentuk forum semacam presidential club mungkin baik, untuk memberi wadah para mantan presiden menjalin komunikasi dan memberi saran bagi Presiden. Apalagi hubungan di antara ketiga presiden yang masih hidup, Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri, Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, dan Presiden ke-7 Joko Widodo, tidak terlalu baik. Di antara ketiga tokoh tersebut, hanya Megawati yang sekaligus Ketum PDIP, saat ini yang berada di luar koalisi pendukung Prabowo-Gibran. Berdasarkan kondisi relasi Megawati dengan 2 tokoh tersebut saat ini, rasanya klub yang digagas Prabowo tersebut sulit terwujud dalam waktu dekat.

2. Tewasnya taruna STIP karena dianiaya seniornya, menunjukkan budaya kekerasan belum hilang dari sekolah-sekolah kedinasan. Apalagi ini bukan pertama kalinya kekerasan senior terhadap junior terjadi di sekolah kedinasan Kemenhub itu. Sudah beberapa taruna yang tewas di masa lalu, yang juga terjadi sekolah kedinasan lain. Budaya senioritas dan nuansa semi-militer yang menjadi akar aksi kekerasan, harus diakui belum hilang dari sekolah kedinasan. Ini pekerjaan rumah yang harus segera dicarikan pemecahannya.

SUMBER

BRIEF UPDATE
Kerjasama MAKPI dengan BDS Alliance
Sabtu, 4 Mei 2024

Makpi Support
Makpi Support
Articles: 187