Megawati akan Bertemu Sri Sultan, Hitung Cepat: Prabowo-Gibran Unggul, Hingga APBN 2025 Disusun Hati-Hati

POLITIK

1. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri akan bertemu dengan Sri Sultan Hamengkubuwono X. Pertemuan, kata Hasto, bukan karena permintaan Presiden Jokowi. Sebagai tokoh reformasi penandatangan Deklarasi Ciganjur, keduanya bertemu karena tanggung jawab terhadap masa depan bangsa dan negara. Kedua tokoh akan lebih mementingkan bagaimana menjaga hak-hak rakyat yang berdaulat. Sebelumnya, Sri Sultan mengonfirmasi kabar dirinya diminta Jokowi untuk memfasilitasi pertemuan dengan Megawati. Namun, kata Sultan, ia bersikap pasif. Jika memang Presiden meminta, dia bersedia memfasilitasi.

2. Presiden Jokowi meminta semua pihak untuk mengikuti mekanisme Pemilu 2024, termasuk mekanisme jika terjadi kecurangan. Ia minta kecurangan dilaporkan ke Bawaslu, dan menggugat hasil pemilu ke Mahkamah Konstitusi. Jokowi berharap Pemilu 2024 berlangsung lancar dan aman. Selain itu, rakyat diharapkan dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik. Presiden juga meminta agar seluruh pihak menunggu hasil resmi yang akan diumumkan.

3. Hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei, menunjukkan pasangan Prabowo-Gibran unggul di atas kedua pesaingnya. Berdasarkan catatan pukul 17.05 WIB:

Litbang Kompas:
– Anies-Muhaimin: 24,44%
– Prabowo-Gibran: 59,19%
– Ganjar-Mahfud: 16,37%
– Data masuk: 68%

Charta Politika:
– Anies-Muhaimin: 25,92%
– Prabowo-Gibran: 57,63%
– Ganjar-Mahfud: 16,44%
– Data masuk: 67,84%

Indikator Politik:
– Anies-Muhaimin: 25,50%
– Prabowo-Gibran: 58,02%
– Ganjar-Mahfud: 16,48%
– Data masuk: 62,50%

Lembaga Survei Indonesia:
– Anies-Muhaimin: 25,74%
– Prabowo-Gibran: 57,03%
– Ganjar-Mahfud: 17,22%
– Data masuk: 61,50%

Poltracking
– Anies-Muhaimin: 25,53%
– Prabowo-Gibran: 59,59%
– Ganjar-Mahfud: 16,88%
– Data masuk: 67,13%

Populi Center:
– Anies-Muhaimin: 24,20%
– Prabowo-Gibran: 59,72%
– Ganjar-Mahfud: 16,08%
– Data masuk: 63,72%

LSI Denny JA:
– Anies-Muhaimin: 24,80%
– Prabowo-Gibran: 58,56%
– Ganjar-Mahfud: 16,64%
– Data masuk: 86,90%

4. Hasil hitung cepat Litbang Kompas untuk pemilihan legislatif, sampai dengan pukul 17.45:
PDIP 18,31%, Gerindra 13,96%, Golkar 13,55%, PKB 12,83%, Nasdem 8,95%, Demokrat 7,75%, PKS 7,29%, PAN 6,93%, PPP 3,66% dan PSI 2,41%. Partai-partai lain masih di bawah 1%.

HUKUM

1. Wakil Presiden ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla, mempersilakan Advokat Lingkar Nusantara (Lisan) melaporkan dirinya ke Bawaslu. Menurut JK, itu hak mereka untuk melaporkan dirinya. Advokat Lisan melaporkan JK karena komentarnya atas film dokumenter Dirty Vote. Saat itu JK mengatakan, kecurangan di film DV itu baru 25%. Lisan menilai JK, seolah menggiring opini tentang praktik kecurangan lebih dari 25% dan itu dilakukan di masa tenang. JK mengatakan, yang dilarang di masa tenang adalah kegiatan kampanye. Selain JK, cawapres nomor urut 01 Muhaimin, juga dilaporkan ke Bawaslu. Kedua laporan tersebut dilaporkan oleh pelapor atas nama Suprayondo.

2. Komisioner KPK 2011-2015, Bambang Widjojanto menyebut, pelaporan tiga pakar hukum tata negara dan sutradara Dirty Vote ke Bareskrim sebagai tindakan melawan hukum karena melawan konstitusi, sekaligus kewarasan nurani dan akal sehat. Menurutnya, film itu sedang melaksanakan Pasal 22E ayat (1) Konstitusi yang menyatakan pemilu diselenggarakan berlandaskan azas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Film itu menjelaskan dengan sangat rinci dugaan kecurangan yang terstruktur, sistematis dan masif.

DPP Forum Komunikasi Santri Indonesia (Foksi), melaporkan sutradara Dandhy Laksono bersama tiga pemeran film DV, yakni Bivitri Susanti, Zainal Arifin Mochtar dan Feri Amsari ke Bareskrim. Menurut Ketua Umum Foksi, M Natsir Sahib, DV telah merugikan salah satu pasangan capres-cawapres. Dia menduga, ada pelanggaran pemilu yang dilakukan oleh keempat orang itu, terlebih film itu dirilis pada masa tenang menjelang pencoblosan.

EKONOMI

1. Lewat akun Instagramnya, Menkeu Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemerintah akan menyusun APBN 2025 secara hati-hati dengan mempertimbangkan berbagai risiko yang kemungkinan terjadi. Secara khusus, ia juga meminta agar perancangan APBN kali ini semakin dipertajam, khususnya agar APBN mampu menjawab berbagai masalah struktural maupun fundamental, juga berbagai harapan dari masyarakat Indonesia. APBN 2025 menjadi APBN terakhir yang disusun pemerintahan Jokowi yang nantinya dijalankan sepenuhnya oleh presiden terpilih.

Sementara usai mencoblos, Sri Mulyani Indrawati memastikan diberlakukannya blokir anggaran sementara atau automatic adjustment, tidak akan mengganggu belanja prioritas kementerian dan lembaga (K/L). Dia menjelaskan, jika dilihat secara historis, anggaran belanja K/L biasanya hanya terserap 95% secara rata-rata dari total alokasi atau pagu yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, anggaran yang diblokir sementara merupakan anggaran dari pos yang tidak mendesak. Sebagaimana diketahui, blokir anggaran sementara diberlakukan pada seluruh K/L sebesar 5% dari total pagu atau secara total mencapai Rp 50,14 triliun.

2. Presiden Jokowi mengatakan, kelangkaan beras di pasar saat ini terjadi akibat proses distribusi yang terganggu, antara lain oleh banjir. Ia memastikan, stok beras di Bulog masih banyak. Jokowi menegaskan, stok beras baik medium maupun premium, selalu tersedia di Bulog dan siap dibagikan. Dia meminta masyarakat untuk tidak perlu khawatir. Namun berdasarkan pantauan di lapangan hari ini, beras masih langka di sejumlah ritel modern seperti Indomaret dan Alfamart di Jakarta. Di sejumlah ritel, sama sekali tak tampak beras yang biasanya dijual di sana.

TRENDING MEDSOS

1. Tagar #Pemilu2024 trending di X. Warganet mencuitkan pelbagai peristiwa pencoblosan hari ini. PDIP trending dengan hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei yang menempatkan pasangan Prabowo-Gibran di tempat teratas, sementara Ganjar-Mahfud yang didukung PDIP di tempat ketiga. Kemenangan Prabowo-Gibran juga terjadi di Jawa Timur dan Jawa Tengah serta Bali, yang merupakan kandang banteng.

2. Nama Komeng trending di X, karena fotonya sebagai calon anggota DPD RI dari Jawa Barat yang berbeda dari yang lain.

3. Kawal Pemilu 2024 menjadi topik paling dicari di Google, dengan lebih 100.000 pencarian. Nama Ganjar dicari lebih 20.000 kali. Ganjar menang telak di TPS-nya.

HIGHLIGHTS

1. Kelangkaan beras masih berlanjut. Presiden Jokowi beralasan itu terjadi akibat gangguan distribusi, antara lain banjir. Ia menjamin stok beras di Bulog cukup banyak. Alasan tersebut agak sulit diterima karena kelangkaan terjadi di hampir semua pasar tradisional dan ritel modern, termasuk di Jakarta. Masalah harga beras mahal, ini sudah berlarut-larut sekian bulan dari tahun lalu dan belum menunjukkan akan segera mereda. Bahkan ketika impor dipercepat sekalipun. Senyampang sudah selesainya pelaksanaan pemilu, kita berharap Presiden dan para menteri kembali memikirkan persoalan-persoalan rakyat yang agak terabaikan beberapa waktu ini.

2. Hasil hitung cepat dari sejumlah lembaga survei menempatkan pasangan Prabowo-Gibran unggul dibandingkan pasangan Amin dan Ganjar-Mahfud. Dari hasil quick count tersebut, hampir pasti menang dalam satu putaran. Untuk kepastian hasil pemilu, mengacu pada hasil hitungan KPU.

3. Rencana Megawati bertemu dengan Sri Sultan Hamengku Buwono X, harus diapresiasi dan didorong segera terwujud. Bagaimanapun Megawati, Sri Sultan, (alm) Gus Dur dan Amien Rais, dahulu adalah empat sekawan yang menjadi ikon perlawanan rakyat menumbangkan Rezim Orde Baru (Orba) Soeharto tahun 1998. Pertemuan itu menjadi penting, menyikapi suksesi kepemimpinan nasional yang banyak disebut khalayak akan mengarah ke ‘Neo Orba’.

SUMBER

BRIEF UPDATE
Kerjasama MAKPI dengan BDS Alliance
Rabu, 14 Februari 2024

Makpi Support
Makpi Support
Articles: 136

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *