Kabar Sri Mulyani akan Mundur, Palti Hutabarat Ditangkap, hingga Pajak Hiburan Boleh Di bawah 40%

POLITIK

1. Menanggapi kabar di luaran yang menyebut Menteri Keuangan Sri Mulyani akan mundur dari kabinet Presiden Jokowi, Sri Mulyani hari ini setelah rapat kabinet menjawab, “Saya bekerja aja”. Kabar itu, semula disuarakan oleh ekonom senior Universitas Indonesia (UI) Faisal Basri beberapa hari lalu, yang menyerukan supaya Sri Mulyani, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan menteri lainnya mengundurkan diri, karena kinerja pemerintahan Jokowi buruk. Menurut Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, kemarin, seluruh anggota kabinet siap mendukung Jokowi sampai akhir masa jabatan, yang berakhir 20 Oktober 2024.

Mengutip laporan Koran Tempo edisi Jumat, 19 Januari 2024, rencana pengunduran diri Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo memperkencang isu Sri Mulyani mundur. Menurut sumber lain, salah satu pemicu keinginan Sri Mulyani hengkang adalah perselisihan dia dengan Menhan Prabowo Subianto mengenai anggaran pertahanan, yang terbaru soal pembelian pesawat mirage 2000-5 bekas dari Qatar.

Politisi PDIP, Deddy Yevri Hanteru Sitorus mengaku, mendengar kabar ada 5 menteri yang berencana mundur. Mereka adalah Menkeu Sri Mulyani, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menhub Budi Karya Sumadi, Menlu Retno Marsudi dan Menkop UKM Teten Masduki. Jika pengunduran diri itu benar terjadi, menurut Deddy, bisa mengubah konstelasi politik secara drastis. Sebab, menteri-menteri tersebut dianggap sebagai penyangga semua kebijakan Jokowi. Selain itu, tidak mudah mengganti menteri-menteri yang kredibel itu.

2. Hasil survei terbaru dari Indikator Politik Indonesia, menempatkan paslon Ganjar-Mahfud di urutan 3 di bawah Prabowo-Gibran dan Anies-Muhaimin. Menanggapi hasil survei tersebut, Jubir Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Chico Hakim, hari ini mengatakan Ganjar-Mahfud masih berpeluang memenangkan Pilpres 2024, dengan berkaca pada Anies Baswedan yang memenangkan Pilkada DKI Jakarta 2017, meskipun elektabilitasnya sempat berada di posisi terbawah. Ia menilai, hasil survei itu tidak ada yang absolut. Pihaknya tetap mengacu pada survei yang digelar oleh internal. Hasil survei pihak luar, kata Chico, tetap digunakan sebagai catatan TPN Ganjar-Mahfud.

3. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, hari ini, mengatakan akan menonaktifkan diri sebagai Ketum PP Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) dan Ketua PBNU 2022-2027 mulai tanggal 21 Januari 2024, saat ia efektif masuk Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran. Ketum PBNU, Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya), kemarin juga sudah memastikan Khofifah akan melepas sementara jabatan di kepengurusan NU, setelah aktif berkampanye untuk paslon no 2 itu, sesuai dengan aturan NU yang nonpartisan.

4. Dalam acara peringatan Hari Lahir (Harlah) ke-78 Muslimat NU di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, besok, Ketum Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa mengatakan, tidak mengundang 3 paslon Pilpres 2024, hanya Presiden Jokowi dan sejumlah menteri antara lain, Menag Yaqut Cholil Qoumas dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Puspayoga. Acara itu, direncanakan akan dihadiri oleh sekitar 150 ribu anggota Muslimat NU dari seluruh Indonesia.

5. Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri, mengingatkan bahwa seorang pemegang kekuasaan harus berhenti ketika sudah waktunya atau habis masa jabatannya. Penguasa, kata Megawati, jangan sampai lupa daratan dan enggan ketika harus turun. Pesan ini disampaikan Megawati, dalam acara perayaan Natal PDIP dan Relawan Damai Sejahtera for Ganjar-Mahfud (Reds), di Jakarta International Expo, kemarin. Megawati pun menyinggung pepatah Bahasa Sansekerta “Satyam Eva Jayate”, yang dimaknainya bahwa tidak perlu takut dan menjadi lemah, karena kebenaran yang pasti menang. Menurut Megawati, prinsip itu sangat penting untuk jadi pegangan karena agama apa pun mengajarkan bahwa manusia pasti selalu akan diberi cobaan.

6. Sekjen Partai Nasdem, Hermawi Taslim, kemarin mengakui ada komunikasi yang dijalin pihaknya dengan kubu lain di Pilpres 2024, yakni paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dan kubu paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Nasdem berada dalam kubu paslon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Ia mengatakan, komunikasi itu akan terus dilanjutkan guna mempersiapkan segala kemungkinan ke depan setelah pemilu 14 Februari, apakah satu atau dua putaran. Hermawi menyebut, komunikasi itu masih sebatas personal, tidak resmi, bukan kelembagaan.

7. Dalam beberapa hari terakhir ini, muncul desakan dari anggota DPRD Kota Solo supaya Walkot Gibran Rakabuming Raka mengundurkan diri, karena sering cuti untuk berkampanye sebagai cawapres. Menurut Ganjar Pranowo, hari ini di Jatim, aturan yang berlaku pada saat ini tidak mengharuskan pejabat publik yang ikut kontestasi politik nasional untuk mengundurkan diri dari jabatannya. Capres nomor urut 3 itu mengakui sebaiknya memang mundur, tapi tak hanya Gibran, juga Mahfud MD, Cak Imin dan Prabowo. Dari 3 paslon Pilpres 2024, hanya Ganjar dan Anies Baswedan yang tidak memegang jabatan publik. Cak Imin sekarang masih menjabat sebagai Wakil Ketua DPR, Mahfud adalah Menko Polhukam dan Prabowo menjabat Menhan.

8. Debat Pilpres keempat akan digelar Minggu, 21 Januari 2024 di Jakarta Convention Centre (JCC), Senayan, Jakarta, di tempat yang sama dengan debat ketiga. Debat kali ini khusus untuk cawapres Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD, yang kedua dan terakhir. Debat tersisa satu kali lagi, khusus capres digelar pada Minggu 4 Februari 2024, 10 hari sebelum pemilu dilaksanakan. Media penyelenggara debat keempat adalah SCTV, Indosiar dan Metro TV. Debat keempat ini akan membahas tema Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa.

HUKUM

1. Bareskrim menangkap Palti Hutabarat, terkait postingan yang berisi rekaman pembicaraan yang menyebut nama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, ikut dalam pemenangan paslon 02 di Pilpres 2024. Palti telah dibawa ke kantor polisi untuk diperiksa. Dirtipidsiber Bareskrim, Brigjen Himawan belum menjelaskan detail penangkanan Palti. Rekaman suara yang disebut berlangsung saat rapat, membahas pemenangan paslon Prabowo-Gibran oleh Forkopimda Kabupaten Batubara, viral beberapa waktu lalu.

2. KPK menemukan sejumlah dokumen dan bukti elektronik kasus dugaan suap, saat menggeledah Kantor Bupati Labuhanbatu, Erik Adtrada Ritonga. Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri mengatakan, dokumen itu berupa SK Erik sebagai bupati dan SK pengangkatan Rudi Syahputra Ritonga sebagai anggota DPRD, bukti elektronik dan data pekerjaan pemkab tahun anggaran 2022-2023. KPK juga menggeledah rumah Rudi Syahputra, dan menemukan sejumlah catatan proyek serta bukti setoran fee. Erik Adtrada Ritonga, ditetapkan sebagai tersangka setelah terjaring OTT. Ia diduga menerima suap sebesar Rp 1,7 miliar, dari para kontraktor. Suap diterima Rudi Syahputra Ritonga dengan kode ‘kirahan’ atau kutipan.

3. Mantan Ketua KPK, Firli Bahuri kembali diperiksa penyidik Polda Metro Jaya, Jumat. Ia tiba di Gedung Bareskrim Polri yang dijadikan tempat pemeriksaan, sekitar pukul 08.30 WIB dan rampung pukul 12.30. Tanpa bicara banyak, Firli hanya berujar telah menjawab seluruh pertanyaan penyidik. Firli telah menjalani pemeriksaan dalam kasus pemerasan terhadap Syahrul Yasin Limpo, sebanyak lima kali. Dua kali pemeriksaan sebagai saksi pada 24 Oktober 2023 dan 16 November 2023. Kemudian, tiga kali pemeriksaan sebagai tersangka, yakni pada tanggal 1, 6 dan 27 Desember 2023.

4. Kejagung menahan pengusaha properti mewah asal Surabaya, Budi Said dan menggeledah rumah, setelah dia ditetapkan sebagai tersangka dugaan korupsi penjualan emas Antam. Kapuspenkum Kejagung, Ketut Sumedana mengatakan, penyidik juga telah menyita uang asing nilainya sekitar Rp 130 juta yang dibawa Budi Said. Dia bersama EA, AP, EK dan FB, disangka merekayasa transaksi jual beli emas dengan cara menetapkan harga jual di bawah harga yang ditetapkan PT Antam, seolah-olah ada diskon. Peristiwa yang terjadi sekitar Maret-November 2018 itu, menyebabkan Antam mengalami kerugian 1.136 kg emas logam mulia senilai Rp 1,1 triliun.

EKONOMI

1. Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto mengungkapkan, pemerintah akan merilis surat edaran yang memperbolehkan daerah mengenakan pajak hiburan di bawah 40%. Kebijakan itu, diputuskan dalam rapat kabinet yang dipimpin Presiden Jokowi, hari ini. Surat edaran yang diterbitkan Menkeu dan Mendagri itu, akan lebih menjelaskan ketentuan di UU Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (HKPD). Nantinya, daerah bisa menetapkan pajak lebih rendah dari 40%-75% yang ditetapkan dalam UU HKPD. Selain itu, kata Airlangga, Presiden Jokowi meminta supaya disiapkan skema pemberian insentif Pajak Penghasilan (PPh) badan mencapai 10%.

2. Ketua Umum Asosiasi Peritel Indonesia (Aprindo), Roy Nicholas Mandey, bersiap untuk maju menggugat Kemendag secara hukum terkait utang rafaksi atau pemotongan harga minyak goreng. Saat ini, kata dia, pihaknya tengah mempersiapkan legal standing setelah berhasil mengajak produsen dan distributor bekerjasama menuntut pemerintah. Ia juga menyayangkan Mendag Zulkifli Hasan, yang alih-alih menyelesaikan pembayaran utang, malah sibuk mengurusi partainya. Padahal, Kemendag sudah mendapatkan arahan dari Kemenko Polhukam, agar membahas utang itu sejak Agustus 2023. Namun hingga kini, rapat belum dilaksanakan.

3. Menko Marves, Luhut Pandjaitan mengatakan, pemerintah berencana menaikkan pajak sepeda motor konvensional atau motor berbahan bakar bensin. Kebijakan itu, kata Luhut, akan diajukan ke Presiden pekan depan. Luhut menilai, kebijakan menaikkan pajak motor bensin ini dapat mendukung upaya mengurangi polusi udara. Selain itu, kata Luhut, pajak ini nantinya akan dialokasikan untuk subsidi transportasi publik. Dia pun berharap kepada masyarakat, agar segera mengubah kebiasaan dengan beralih dari kendaraan berjenis BBM, ke kendaraan baterai untuk lingkungan hidup yang lebih baik.

TRENDING MEDSOS

1. Tagar #SavePalti trending di X hari ini. Warganet mencuitkan tagar tersebut untuk mendukung Palti Hutabarat yang ditangkap Bareskrim Polri. Palti ditangkap dengan tuduhan menyebar hoaks pembicaraan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, untuk memenangkan pasangan Prabowo-Gibran.

2. Budi Said menjadi topik yang banyak dicari di Google hari ini, dengan lebih dari 20.000 pencarian. Budi Said, crazy rich asal Surabaya, ditangkap karena disangka merekayasa pembelian 1.136 kg emas Antam, yang merugikan BUMN tersebut Rp 1,1 triliun.

HIGHLIGHTS

1. Sudah lumrah terjadi, dalam kontestasi politik yang sedang menghangat sekarang ini, beredar aneka macam kabar burung atau kabar tak terkonfirmasi mengenai banyak hal atau seseorang tokoh. Kabar tentang Menkeu Sri Mulyani akan mengundurkan diri dari kabinet, tentu menjadi perhatian banyak orang, terutama kalangan bisnis dan keuangan. Maklum, ia “bendahara” selama 2 periode pemerintahan Jokowi. Dalam pemerintahan SBY juga pernah menjabat sebagai Menkeu. Dia juga punya reputasi kelas internasional, antara lain sebagai Direktur Eksekutif lembaga keuangan Dana Moneter Internasional (IMF), mewakili 12 negara Asia Tenggara selama tahun 2002-2004, dan Direktur Pelaksana sekaligus Chief Operating Officer (COO) Bank Dunia tahun 2010-2016.

2. Penangkapan Palti Hutabarat, menjadi perhatian masyarakat. Warganet menyatakan dukungannya, terhadap pegiat media sosial yang dulu pendukung garis keras Jokowi selama 2 periode itu. Bagaimanapun ketidaknetralan aparat sudah menjadi isu besar dalam Pilpres 2024, apalagi banyak video yang membocorkan rapat-rapat aparat memenangkan paslon nomor 02. Warganet berharap, proses hukum terhadap Palti berlangsung transparan.

3. Debat keempat khusus cawapres Minggu, 21 Januari 2024 yang akan membahas tema Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa, tetap penting disimak. Data dan cerita pengalaman para cawapres akan lebih menarik bagi khalayak, ketimbang jawaban normatif.

SUMBER

BRIEF UPDATE
Kerjasama MAKPI dengan BDS Alliance
Jumat, 19 Januari 2024

Makpi Support
Makpi Support
Articles: 187