Gus Ipul: Jangan Pilih Paslon yang Didukung Amien Rais, 3 Pejabat Kementan Dipanggil KPK, dan Pajak Hiburan 40% Ditunda

POLITIK

1. Imbauan Sekjen PBNU, Saifullah Yusuf (Gus Ipul), supaya warga NU tidak memilih paslon Pilpres 2024 yang didukung oleh Abu Bakar Ba’asyir dan Amien Rais, mendapat sambutan positif dari kubu paslon nomor urut 2 dan 3. Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, menyatakan setuju dengan saran Gus Ipul. Anggota Dewan Penasihat Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud, Yenny Wahid berpendapat, bahwa kelompok yang berseberangan dengan nilai-nilai Pancasila tak perlu diberikan ruang dalam kontestasi politik.

Abu Bakar Ba’asyir yang mantan narapidana terorisme, sudah menyatakan dukungan untuk paslon nomor urut 1 Anies-Muhaimin. Sikap senada dengan Yenny disuarakan oleh Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran, Ali Masykur Musa. Warga NU, kata Ali Masykur, harus memilih capres yang tidak didukung oleh Ba’asyir. Sementara Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menilai, sikap Gus Ipul itu memalukan, karena tidak konsisten dengan pernyataan netralitas PBNU.

2. Capres Ganjar Pranowo mengaku, bahwa PDIP selalu melakukan evaluasi atau refleksi diri ketika menghadapi dinamika, termasuk ketika ada kader partai yang mundur. Hal ini disampaikan, menanggapi hengkangnya Maruarar Sirait dan seratus limapuluhan kader Taruna Merah Putih (TMP) Majalengka dari PDIP. Menurut Ganjar hari ini, di Jatim, di PDIP itu hilang satu tumbuh seribu, karena kaderisasi berjalan dengan baik. Ia berpendapat, dinamika partai politik di mana ada kader yang menyatakan mundur adalah hal biasa.

3. Mabes Polri membuka rekrutmen Bintara dan Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) 2024, bagi para penyandang disabilitas. Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia (SDM), Irjen Dedi Prasetyo, hari ini mengatakan, langkah tersebut dilakukan kepolisian sebagai bentuk kesetaraan bagi para penyandang disabilitas. Mereka bakal ditugaskan untuk mengisi jabatan yang bersifat non-lapangan, antara lain sektor Teknologi Informasi (TI), Siber, Keuangan, Perencanaan dan Administrasi. Proses rekrutmen Bintara 2024 untuk para penyandang disabilitas, berlangsung dari 26 Januari-1 Maret 2024. Sementara untuk pendaftaran bagi sarjana (S1), magister (S2) dan doktor spesialis, sudah dibuka pada 8-16 Januari 2024.

4. Lima komisioner KPU Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku, ditahan kejaksaan karena sudah menjadi tersangka dugaan korupsi dana hibah Pilkada Aru tahun 2020, sebanyak Rp 2,8 miliar. Mereka adalah Ketua KPU Aru, Mustafa Darakay dan empat anggota KPU Aru, yaitu Yoseph Sudarso Labok, Kenan Rahalus, Tina Jovita Putnarubun dan Mohamad Adjir Kadir. Pengacara 5 komisioner itu, Hendrik Lusikooy, kemarin menyayangkan penahanan tersebut karena menyebabkan tahapan Pemilu 2024 di Aru akan hancur. Mereka sudah ditetapkan sebagai tersangka pada 17 Maret 2023.

5. Berdasarkan hasil survei Indikator Politik Indonesia (IPI) terbaru, elektabilitas PDIP masih yang tertinggi (20%) dibandingkan parpol lain, tapi dibuntuti ketat oleh Partai Gerindra (18%). Direktur Eksekutif IPI, Burhanuddin Muhtadi, hari ini menjelaskan, dari hasil survei itu dibandingkan dengan survei sebelumnya, didapat tren elektabilitas PDIP cenderung mengalami penurunan, sedangkan Gerindra merangkak naik. Survei dilakukan pada 30 Desember 2023-6 Januari 2024, dengan populasi sampel 4.560 responden. Urutan elektabilitas parpol berikutnya adalah Golkar 11,2%, PKB 9,1%, Nasdem 6,9%, PKS 6,2%, Demokrat 4,6%, PAN 4,2%, PPP 2,8% dan PSI 1,4%.

Survei itu juga memotret elektabilitas 3 paslon Pilpres 2024. Hasilnya, elektabilitas Prabowo-Gibran mencapai 41%, Anies-Muhaimin 23,3%, Ganjar-Mahfud 20,6%. Sebanyak 13,4% responden, tidak menjawab dan tidak menentukan pilihan. Hasil survei IPI pada 23-24 Desember 2023: Prabowo-Gibran 46,7%, Ganjar-Mahfud 24,5% dan Anies-Muhaimin 21%.

6. Arsul Sani resmi menjadi hakim Mahkamah Konstitusi (MK), setelah dilantik oleh Presiden Jokowi, hari ini, di Istana Negara. Ia menggantikan hakim Wahiduddin yang pensiun pada 17 Januari 2024. Arsul diusulkan DPR sebagai hakim MK, setelah lolos uji kepatutan dan kelayakan. Sebelumnya, Arsul menjabat sebagai Wakil Ketua MPR RI, dan pengurus DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Arsul mengaku, sudah mengundurkan diri dari PPP dan semua jabatan publik lainnya, termasuk dari keanggotaan organisasi advokat Peradi, dan berjanji akan memegang etik independensi dan imparsialitas sebagai hakim MK.

7. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Pandjaitan, kembali mendapat tugas tambahan dari Presiden Jokowi. Ia ditunjuk sebagai ketua Tim Percepatan Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (NEPIO). Sekjen Dewan Energi Nasional (DEN) Kementerian ESDM, Djoko Siswanto, kemarin menjelaskan, berdasarkan Kepmen ESDM No. 250.k/hk.02/mem/2021 Tentang Tim Persiapan Pembentukan NEPIO, Luhut menjabat sebagai ketua, sedangkan ketua harian adalah Menteri ESDM Arifin Tasrif. Sebelum penunjukan ini, Luhut sudah memegang jabatan ketua atau koordinator dari 9 kegiatan antara lain, Ketua Tim Nasional Peningkatan Penggunaan Produk dalam Negeri (P3DN), Ketua Dewan Pengarah Penyelamatan 15 Danau Prioritas Nasional, Ketua Komite Kereta Cepat Jakarta-Bandung dan Koordinator Penanganan Polusi DKI Jakarta.

8. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asy’ari menyatakan, ada kemungkinan jadwal pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak bergeser, dari semula direncanakan pada 27 November 2024 menjadi maju ke September 2024. Potensi perubahan jadwal itu bisa terjadi, kata Hasyim, kemarin, karena pemerintah telah mengirimkan draf Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) untuk mengubah jadwal Pilkada 2024, dari November 2024 menjadi September 2024 ke DPR RI untuk dibahas. Saat ini, pihaknya masih mengacu pada UU No. 10 Tahun 2016 tentang Pilkada, yang menetapkan pilkada serentak pada 27 November 2024.

HUKUM

1. KPK memanggil Sekretaris Ditjen Tanaman Pangan Kementan, Bambang Pamuji, sebagai saksi kasus dugaan korupsi Syahrul Yasin Limpo (SYL). Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri mengatakan, KPK juga memanggil Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan, Arief Prasetyo, sebagai saksi. KPK telah menetapkan SYL, Direktur Alat dan Mesin Pertanian Muhammad Hatta, serta Sekjen Kementan Kasdi Subagyono sebagai tersangka. Ketiganya diduga memeras ASN di Kementan. Duit setoran itu diterima lewat Kasdi dan Hatta dengan jumlah USD 4.000-10.000 per bulan.

KPK juga kembali memanggil Sekjen Kemenhub, Novie Riyanto, sebagai saksi untuk dua orang tersangka baru dalam kasus dugaan suap di Ditjen Kereta Api (DJKA). Ali mengungkapkan, kedua tersangka baru itu merupakan ASN. Keduanya ditetapkan sebagai tersangka, berdasarkan pada pengembangan perkara suap terpidana Direktur PT Istana Putra Agung, Dion Renato Sugiarto. Bertolak pada fakta hukum persidangan Dion, KPK mengembangkan perkara ini dan menetapkan tersangka baru.

2. Koordinator ICW, Agus Sunaryanto, mempertanyakan komitmen capres Prabowo Subianto dalam memberantas korupsi dengan menaikkan gaji pejabat yang memegang anggaran besar. Agus mengatakan, koruptor bukan orang miskin, melainkan pejabat yang memiliki kekuasaan dan menyalahgunakannya. Agus mengatakan, komitmen Prabowo itu mesti disinkronkan dengan UU No. 5/2014 tentang ASN. Menurut dia, seharusnya negara memberikan penghargaan kepada ASN yang adil dan layak sesuai kinerja dan besarnya tanggung jawab.

Dalam pemaparan komitmen pemberantasan korupsi pada acara Paku Integritas KPK, kemarin, Prabowo berkomitmen mencegah korupsi dengan pendekatan sistematik dan realisme. Pendekatan itu, dimulai dengan menjamin kualitas hidup dan menaikkan gaji pejabat yang memegang anggaran besar. Sehingga, menurut Prabowo, pejabat tersebut tidak ada potensi korupsi.

3. Hari ini adalah hari Kamis, tepat 17 tahun Aksi Kamisan. Aksi para keluarga korban pelanggaran HAM berat ini dimulai Kamis, 18 Januari 2007 atas inisiatif Katarina Sumarsih dan Suciwati, serta Jaringan Solidaritas Korban untuk Keadilan (JSKK). Aksi diam, meminta keadilan atas terbunuh dan hilangnya keluarga mereka ini, dilakukan di depan Istana Presiden setiap hari Kamis.

EKONOMI

1. Menko Marves, Luhut B Pandjaitan mengatakan, pemerintah akan menunda penerapan pajak hiburan sebesar 40%-75% yang diprotes para pengusaha hiburan. Lewat akun Instagramnya, Luhut mengaku sudah mengumpulkan beberapa instansi terkait membahas penundaan kenaikan pajak tersebut. Ia menegaskan, kebijakan itu terbit melalui pembahasan bersama Komisi XI DPR RI. Selain itu, ada juga judicial review UU No. 1/2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (UU HKPD), di MK. Selain itu, ia juga tidak melihat urgensi kenaikan pajak hiburan tersebut.

Pemilik usaha hiburan, termasuk Inul dan Hotman Paris, mengaku senang mendengar kabar dari Luhut tersebut. Kedua pesohor itu, selama ini yang paling vokal menentang kenaikan pajak hiburan. Hotman mengatakan, jutaan pekerja hiburan menunggu kepastian masa depan mereka. Sementara itu, Inul mempertanyakan bagaimana tagihan pajak yang telah diterbitkan per Januari 2024, apakah ditunda atau dibatalkan.

2. Hingga kini, soal pembayaran utang rafaksi minyak goreng pemerintah kepada produsen dan peritel belum terlaksana. Direktur Eksekutif Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI), Sahat Sinaga, mengusulkan pemerintah memangkas pajak perusahaan yang terdaftar dalam kebijakan minyak goreng satu harga sebagai solusi masalah itu. Solusi lainnya, dengan menempuh jalur hukum, mengingat tidak ada lagi dasar hukum untuk melakukan pembayaran rafaksi minyak goreng, imbas dicabutnya Permendag No. 3/2022.

Utang rafaksi minyak goreng Rp 474,80 miliar ini, sudah 2 tahun belum kunjung beres. Bermula dari Permendag No. 3/2022, mewajibkan peritel untuk menjual minyak goreng kemasan dengan satu harga yang sama, yaitu sebesar Rp14.000 per liter mulai 19 Januari 2022. Namun, karena Permendag tersebut telah dicabut, pembayaran selisih harga tersebut dinilai tidak memiliki dasar hukum lagi.

3. Kegiatan dunia usaha pada kuartal IV-2023, melambat dari kuartal sebelumnya. Hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha BI mengindikasikan, Saldo Bersih Tertimbang (SBT) kegiatan usaha pada kuartal IV-2023 sebesar 13,17%, lebih rendah dari 15,65% pada kuartal III-2023. Asisten Gubernur BI, Erwin Haryono mengungkapkan, ini sesuai dengan pola musiman. Meski melambat, menurut Erwin, kinerja kegiatan usaha masih tetap kuat.

TRENDING MEDSOS

1. Ganjar Mahfud Taat Hukum trending di X, digaungkan terkait komitmen paslon nomor urut 03 Ganjar-Mahfud, terhadap pemberantasan korupsi. Sementara pendukung paslon nomor 02 menggaungkan Karena Hati Baik Pak Bowo.

2. Abu Bakar Ba’asyir masih menjadi topik yang dicari di Google, dengan lebih 2.000 pencarian. Ini terkait dengan dukungan Ustaz Abu Bakar Ba’asyir kepada paslon nomor 01, Anies-Muhaimin.

HIGHLIGHTS

1. Penahanan semua komisioner KPU Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku, karena menjadi tersangka korupsi tentu akan menyebabkan proses Pemilu 2024 terganggu, padahal tinggal kurang dari 1 bulan lagi. KPU provinsi atau pusat, harus secepatnya melakukan tindakan darurat untuk mengatasi keadaan tersebut, supaya hak pilih rakyat tidak terganggu.

2. Sudah 17 tahun pada setiap hari Kamis, para keluarga korban pelanggaran HAM berat melakukan unjuk rasa diam di depan Istana Merdeka, Jakarta. Unjuk rasa diam itu, disebut Aksi Kamisan. Mereka meminta kepada Presiden Jokowi untuk memberi keadilan kepada keluarga korban, termasuk menemukan nasib banyak orang yang hilang karena penculikan. Selama 17 tahun mereka setia menuntut, sementara mereka yang diduga terlibat dalam sebagian kejadian masa lalu yang kelam itu, kini sedang menikmati kekuasaan.

SUMBER

BRIEF UPDATE
Kerjasama MAKPI dengan BDS Alliance
Kamis, 18 Januari 2024

Makpi Support
Makpi Support
Articles: 187