Ganjar Akan Berada di Luar Pemerintah, Kekerasan Terhadap Mahasiswi Ketika Doa, dan Utang Pemerintah 8.262 T

POLITIK

1. Ganjar Pranowo menyatakan akan berada di luar pemerintahan, dan akan melakukan kontrol terhadap pemerintahan mendatang. Pernyataan sikap mantan capres 2024 itu disampaikan saat acara halal bihalal sekaligus pembubaran Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, yang turut dihadiri mantan cawapresnya, Mahfud MD, di Teuku Umar 9, Menteng, Jakpus, kemarin. Ganjar mengatakan, bahwa kontrol dari luar pemerintahan harus dilakukan dengan benar agar moralitas politik tetap terjaga, dan semua pihak baik pemerintah maupun oposisi adalah sama-sama terhormat.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menilai, pernyataan sikap Ganjar tersebut merupakan cerminan sikap PDIP. Menurut Hasto, sikap Ganjar tersebut juga menegaskan bahwa pemilu tidak mengubah seluruh komitmennya, karena mengabdi bagi bangsa dan negara, tidak berarti harus berada dalam pemerintahan. Waketum Gerindra Habiburokhman, menghormati sikap Ganjar tersebut, yang merupakan hak dia sebagai warga negara Indonesia. Menurut Habib, berada di pemerintahan maupun di luar pemerintahan merupakan sikap yang mulia. Ketua MPR Bambang Soesatyo, berharap Ganjar tetap bergotong royong membangun bangsa meski dengan jalur di luar pemerintah.

2. Kelompok Relawan Pro Prabowo-Gibran (Pro Pa-Gi), akan mendaftarkan Ketum PSI Kaesang Pangarep, sebagai bakal calon wali kota Bekasi di Pilkada 2024 melalui PKB. Sekretaris DPC PKB Kota Bekasi, Alit Jamaludin, membenarkan Relawan Pro Pa-Gi telah mengambil formulir penjaringan calon Wali Kota Bekasi di Pilkada 2024 untuk Kaesang di Kantor DPC PKB Kota Bekasi, kemarin. Ketum Relawan Pro Pa-Gi, menjelaskan alasan mengusung putra bungsu Presiden Jokowi itu, karena masyarakat Kota Bekasi membutuhkan pemimpin muda yang visioner dalam memajukan daerah.

3. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, partainya masih mencermati sejumlah nama yang akan diusung dalam Pilkada DKI Jakarta 2024. Pernyataan itu disampaikan Hasto, menanggapi pertanyaan terkait peluang PDIP mengusung dua mantan Gubernur DKI Jakarta yakni Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, dan Anies Baswedan sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur. Hasto tak menampik, bahwa dua nama itu diusulkan oleh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP. Sejauh ini, Nasdem juga berniat mengusung Anies untuk maju kembali di pilkada Jakarta, namun Anies sampai sekarang belum menentukan sikap. Ahok juga belum mengeluarkan pernyataan.

4. Kelompok Hamas dikabarkan meminta Jusuf Kalla (JK), membantu memediasi konflik di Palestina. Dalam keterangan resmi di Kuala Lumpur, Malaysia, kemarin, anggota delegasi JK, Hamid Awaludin mengatakan, Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 itu, telah bertemu dengan Pejabat Biro Politik sekaligus Wakil Kepala Urusan Internasional Hamas, Dr Bassem Naim, di negara tersebut. Dalam pertemuan itu, Hamid mengatakan, Bassem Naim meminta JK memediasi kelompoknya dan Israel guna dapat mengakhiri perang di Jalur Gaza yang telah berlangsung sejak 7 bulan lalu.

HUKUM

1. Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, mengecam keras oknum warga yang melakukan kekerasan terhadap mahasiswi Universitas Pamulang yang sedang menjalankan ibadah doa, di kawasan Babakan, Cisauk, Tangerang. Menurut Ahmad Basarah, tindakan para oknum tidak sejalan dengan ruh Pancasila dan amanat UUD Negara Republik Indonesia 1945, serta berpotensi sebagai tindakan pidana. Sementara itu Polres Tangerang Selatan, hari ini menetapkan 4 tersangka pelaku persekusi terhadap para mahasiswa yang sedang beribadah tersebut. Video peristiwa pembubaran kegiatan doa yang disertai kekerasan pada Minggu (5/5/2024) itu, viral di media sosial.

2. Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali, akhirnya memenuhi panggilan pemeriksaan KPK. Ini adalah pemeriksaan perdana setelah ia ditetapkan sebagai tersangka pemotongan insentif pegawai Badan Pelayanan Pajak Daerah (BPPD) Pemkab Sidoarjo. Ia telah dua kali mangkir. Pertama, pada 21 April, ia tak datang dengan alasan sakit. Kedua, 3 Mei, ia lagi-lagi mangkir tanpa alasan jelas. Kuasa hukumnya, Mustofa Abidin, meminta KPK menunda pemeriksaan hingga sidang praperadilannya di PN Jaksel usai.

3. KPK memeriksa mantan Dirut PT Taspen, Antonius NS Kosasih, terkait dugaan investasi fiktif di PT Taspen (Persero), hari ini. Kosasih diperiksa sebagai saksi. Juru bicara KPK, Ali Fikri mengatakan, penyidik masih mendalami investasi fiktif di PT Taspen yang mencapai ratusan miliar rupiah. Pada Jumat (26/4/2024), KPK telah memeriksa Senior VP Investasi Pasar Modal dan Pasar Uang PT Taspen, Labuan Nababan. Ia diperiksa soal penempatan dan pengelolaan investasi, sebesar sekitar Rp 1 triliun. Kosasih dan Dirut Insight Investment Management, Ekiawan Heri Primaryanto, telah ditetapkan sebagai tersangka. Mereka telah dicegah ke luar negeri selama 6 bulan hingga September 2024.

EKONOMI

1. Kemenkeu mencatat posisi utang pemerintah mencapai Rp 8.262,10 triliun per akhir Maret 2024, setara dengan 38,79% terhadap PDB, turun tipis dibandingkan posisi Februari 2024 yang sebesar Rp 8.319,2 triliun. Mayoritas utang berasal dari dalam negeri, yakni 71,52%, dan sisanya dari asing. Berdasarkan instrumen, 88,05% berbentuk surat berharga negara (SBN) dan sisanya 11,9% adalah pinjaman.

Secara rinci, utang dalam bentuk SBN sebesar Rp 7.274,95 triliun. Terdiri atas SBN domestik Rp 5.947,95 triliun yang berasal dari Surat Utang Negara (SUN), Rp 4.797,16 triliun dan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Rp 1.150,79 triliun. Sementara SBN valas sebesar Rp 1.388,92 triliun, terdiri dari SUN Rp 1.044,37 triliun dan SBSN Rp 344,55 triliun. Utang dalam bentuk pinjaman mencapai Rp 987,15 triliun, terdiri atas pinjaman dalam negeri Rp 35,51 triliun dan pinjaman luar negeri Rp 951,64 triliun.

2. Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan, penutupan pabrik PT Sepatu Bata Tbk. di Purwakarta dilakukan, karena perseroan tengah melakukan upaya transformasi bisnis, meng- adjust kegiatan bisnisnya untuk lebih efisien. Ramai diberitakan, pabrik sepatu Bata di Purwakarta ditutup. Setidaknya ada 230 buruh yang terdampak PHK. Manajemen mengaku, penutupan pabrik karena rugi akibat biaya operasional membengkak. Dalam laporan keuangan per 31 Desember 2023, Bata mencatat rugi tahun berjalan yang diatribusikan ke entitas induk sebesar Rp 190,29 miliar, membengkak 79,65% dari Rp 105,92 miliar tahun 2022.

3. Presiden Jokowi mengeluhkan banyaknya impor perangkat teknologi dan alat komunikasi. Menurut dia, nilai defisit perdagangan pada sektor itu mencapai hampir USD 2,1 miliar atau lebih dari Rp 30 triliun. Saat meresmikan Indonesia Digital Test House di Depok, Jokowi juga menyinggung permohonan uji perangkat produk impor, dari China saja mencapai 3.046 perangkat, sedangkan Indonesia hanya 632 perangkat. Ia juga memperoleh laporan bahwa perangkat Apple membutuhkan 320 supplier komponen dari banyak negara. Filipina ada 17 supplier, Malaysia 19 supplier, Thailand 24 supplier, Vietnam 72 supplier, sedangkan dari Indonesia hanya 2.

TRENDING MEDSOS

1. Katolik dan Rosario trending di X, setelah viral video yang memperlihatkan pengeroyokan warga kepada mahasiswa beragama Katolik dari Universitas Pamulang saat menggelar ibadah doa rosario di sebuah rumah kontrakan di Tangerang Selatan, Minggu (5/5/2024) malam.

2. Terdapat lebih dari 20 ribu pencarian di Google mengenai Gempa dibarengi dengan trending BMKG di X, setelah gempa berkekuatan M 5.0 terjadi di Pacitan, Jawa Timur (Jatim), pagi hari ini.

HIGHLIGHTS

1. Pilpres adalah kontestasi sikap politik, dan program dari para kontestan yang ditawarkan kepada pemilih. Ketika kontestasi berakhir, dengan hasil ada yang menang ada yang kalah, adalah wajar jika setiap pihak kontestan tetap dengan sikap politiknya, karena dia atau mereka mewakili sekian juta pemilihnya. Maka logis dan wajar, Ganjar mengambil sikap konsisten berada di luar pemenang. Justru menjadi aneh, ketika pihak yang kalah kemudian berharap ikut rombongan pemenang.

2. Langkah Polres Tangerang Selatan menetapkan 4 tersangka pelaku persekusi terhadap para mahasiswa yang sedang beribadah, layak mendapat apresiasi. Tindakan hukum semacam ini harus terus dikedepankan, untuk membuktikan bahwa aksi atau tindakan yang melanggar hak dasar manusia, tidak mendapat tempat di negara ini.

3. Permintaan Hamas kepada Jusuf Kalla, agar bersedia menjadi mediator perdamaian konflik Israel-Palestina, selayaknya disambut dengan baik. Kepercayaan itu menunjukkan, bahwa Kalla sebagai anak bangsa, kapasitasnya telah mendunia yang dinilai mampu sebagai penengah konflik di kancah internasional. Selama ini, Kalla memang dikenal berperan besar dalam penyelesaian konflik dalam negeri, di antaranya di Aceh, Poso dan Ambon. Selain itu, peran tersebut akan semakin memantapkan peran Indonesia sesuai pembukaan UUD 1945 dalam menjaga ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Hal berikutnya adalah menjadi langkah konkret dari pelaksanaan sikap politik bebas aktif yang dianut Indonesia dalam percaturan politik dunia.

SUMBER

BRIEF UPDATE
Kerjasama MAKPI dengan BDS Alliance
Selasa, 7 Mei 2024

Makpi Support
Makpi Support
Articles: 187