Proker Pempus dan Pemda tidak Singkron, Gazalba: Gratifikasi dan Pencucuan Uang, dan Pertumbuhan Ekonomi RI 5,11%

POLITIK

1. Presiden Jokowi mengatakan, masih banyak program kerja pemerintah pusat dan daerah yang tidak sinkron, padahal sudah ada rencana kerja pemerintah (RKP) yang disusun setiap tahun. Hal ini disampaikan Jokowi dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Tahun 2024, di Jakarta, hari ini. Ia mengambil contoh, pemerintah pusat sudah membangun pelabuhan tetapi pemerintah daerah tidak membangun jalan akses menuju pelabuhan dengan maksimal.

2. Beredar kabar jumlah nomenklatur kementerian di pemerintahan Prabowo-Gibran akan ditambah menjadi 40, lebih banyak dari pemerintahan Jokowi-Ma’ruf saat ini sebanyak 34, yang terdiri dari 4 menteri koordinator (Menko) dan 30 menteri bidang. Waketum Gerindra, Habiburokhman hari ini menilai, sangat wajar jika nomenklatur kementerian akan ditambah mengingat luas wilayah Indonesia dan jumlah penduduknya yang besar, dengan tantangan yang besar pula.

3. Gagasan “presidential club” yang dilontarkan Prabowo Subianto, menurut Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat Andi Mallarangeng, pasti akan disambut baik oleh Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Prabowo memaksudkan kumpulan itu sebagai forum bagi Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri, Presiden ke-6 SBY dan Presiden ke-7 Jokowi, untuk saling berkomunikasi dan memberi masukan bagi pemerintahan Prabowo kelak. Waketum Gerindra, Habiburokhman bilang, Prabowo serius dengan gagasan tersebut yang sudah diidamkan Prabowo sejak 2014. Dia bilang, dalam waktu dekat Prabowo akan bertemu Megawati untuk membicarakan gagasannya tersebut.

4. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Suharso Monoarfa, hari ini mengatakan, progres pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) tahap pertama telah mencapai 80,82%. Tahap pertama, difokuskan pembangunan kawasan inti atau pusat pemerintahan di IKN. Pembangunan kawasan inti itu membentuk satu kesatuan dengan ekosistem kawasan yang utuh. Sejumlah penanda utama kota dibangun di kawasan inti IKN, seperti istana presiden dan lapangan upacara, sumbu kebangsaan, gedung perkantoran kementerian/lembaga, hingga hunian aparatur sipil negara (ASN).

5. PAN menyiapkan salah satu kadernya, Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio, jadi menteri di kabinet Prabowo-Gibran. Kabar itu disampaikan oleh Ketum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas). Eko Patrio sudah 3 periode menduduki kursi DPR, sekaligus ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Jakarta. Dari segi pengalaman, kata Ketua Fraksi PAN di DPR, Saleh Partaonan Daulay, Eko Patrio mumpuni. Eko awalnya dikenal sebagai komedian lewat grup lawak Patrio bersama dua rekannya, Parto dan Akri, di era 1990-an.

HUKUM

1. Hakim agung nonaktif Gazalba Saleh, bersama dengan advokat Ahmad Riyad, didakwa menerima gratifikasi Rp 650 juta dari pemilik UD Logam Jaya, Jawahirul Fuad terkait perkara kasasi. Dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, jaksa menyebut tindak pidana itu terjadi antara Juni-September 2022 di sejumlah tempat di Surabaya, dan di Kantor MA Jakarta Pusat. Penyerahan uang dilakukan melalui Ahmad Riyad. Jawahirul Fuad mengenal advokat tersebut lewat pimpinan Ponpes Bumi Sholawat, Agoes Ali Masyhuri, yang juga ayah Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali. Selain gratifikasi, Gazalba juga didakwa melakukan pencucian uang senilai Rp 25 miliar.

2. Kasatreskrim Polres Metro Tangerang Selatan, AKP Alvino membenarkan adanya laporan pembubaran ibadah doa rosario dengan kekerasan di Babakan, Cisauk. Ia mengaku telah mengecek tempat kejadian perkara, hingga fakta-fakta terkait kasus tersebut. Sebelumnya, viral di media sosial mahasiswa Unpam mengalami kekerasan hingga pembacokan saat melakukan ibadah doa rosario, di sebuah rumah di Victor Serpong. Ketua RT bernama Diding menggeruduk bersama warga bersenjata tajam. Aksi pembubaran itu mengakibatkan ada mahasiswa yang terluka akibat senjata tajam.

EKONOMI

1. Badan Pusat Statistik (BPS), mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I-2024 sebesar 5,11% secara tahunan (yoy). Angka ini lebih tinggi dibandingkan kuartal I-2023, yang sebesar 5,04%. Plt Kepala BPS, Amalia Widyasanti mengatakan, capaian ini adalah pertumbuhan ekonomi kuartal I tertinggi dalam lima tahun terakhir. Dikatakan, PDB atas dasar harga berlaku (ADHB) pada kuartal I-2024 mencapai Rp 5.288,3 triliun. Sedangkan, berdasarkan dasar harga konstan (ADHK) mencapai Rp 3.112,9 triliun.

Pertumbuhan ini ditopang oleh seluruh komponen pengeluaran utama. Di antaranya, konsumsi rumah tangga yang tumbuh sebesar 4,91%. Kemudian, ditopang oleh konsumsi Lembaga Non Profit yang melayani Rumah Tangga (LNPRT), yang mengalami pertumbuhan paling tinggi dibanding komponen lain yakni 24,29%. Ini tumbuh tinggi didorong oleh kegiatan pemilihan umum dan momen Ramadhan. Selanjutnya, didorong oleh konsumsi pemerintah yang mengalami pertumbuhan positif sebesar 19,90%.

2. BPS mencatat masih ada 7,2 juta pengangguran di Indonesia hingga Februari 2024. Meski masih tinggi, namun jumlahnya turun 790 ribu orang dari periode Februari 2023. Plt Kepala BPS, Amalia Widyasanti mengatakan, angka pengangguran masih tinggi karena jumlah angkatan kerja tak semuanya terserap. Secara rinci, jumlah penduduk usia kerja mencapai 214 juta orang, yang terserap. Dari jumlah itu yang tercatat sebagai angkatan kerja 149,38 juta orang, tetapi yang bekerja hanya 142,18 juta orang. Jumlah penduduk bekerja sebanyak 142,18 juta itu terdiri dari pekerja penuh 93,27 juta orang, paruh waktu 36,8 juta orang, dan setengah pengangguran sebanyak 2,11 juta orang.

3. Ekonom senior Faisal Basri, kembali mengkritik program transisi energi melalui kendaraan listrik (EV) dan hilirisasi nikel. Pada dasarnya, kata Faisal, bahan bakar kendaraan listrik tetap berasal dari batubara olahan. Yakni melalui listrik PLN untuk mengisi daya baterai EV. Ujung-ujungnya, program itu hanya menguntungkan elite yang terlibat dalam industri EV. Peneliti Indef itu, mengkritik pameran EV yang dihadiri Presiden Jokowi. Pameran itu tak mengungkap dampak negatif mobil listrik berupa kerusakan lingkungan, terutama yang berhubungan dengan industri nikel. Ia kembali menyebut, hilirisasi nikel memberikan keuntungan kepada Indonesia 10%, dan 90%-nya diperoleh investor China. Alih-alih untung, industri nikel justru memberikan kerugian ekologis bagi Indonesia.

LAIN-LAIN

1. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, Indonesia masih kekurangan 29.000 dokter spesialis. Untuk menutup kekurangan tersebut butuh waktu lama, karena Indonesia hanya mampu memproduksi 2.700 dokter per tahun. Hal ini dikatakan Budi dalam peluncuran program pendidikan dokter spesialis berbasis rumah sakit pendidikan sebagai penyelenggara utama (PPDS RSPPU) di RSAB Harapan Kita, Jakbar, hari ini. Dia membandingkan Inggris mampu memproduksi sekitar 12.000 dokter spesialis per tahun, meski jumlah penduduknya lebih sedikit dibanding Indonesia.

TRENDING MEDSOS

1. Eko Patrio trending di X, setelah Ketum PAN Zulkifli Hasan mengungkapkan ada beberapa nama yang akan diajukan sebagai menteri. Salah satunya adalah Ketua DPW PAN DKI Jakarta, Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio.

HIGHLIGHTS

1. Tentang jumlah nomenklatur kementerian di pemerintahan Prabowo-Gibran akan sebanyak 40, mungkin saja terjadi mengingat Prabowo sudah kerap menyebut, bahwa pemerintahannya bakal menyertakan partai di luar koalisi pendukungnya, KIM. Dalam bahasa sederhana, menyertakan parpol dalam pemerintahan berarti menyediakan kursi menteri untuk parpol tersebut. Jika pengadaan kementerian hanya untuk kepentingan akomodasi politik, tentu bakal menimbulkan masalah pada kinerja pemerintah mendatang.

2. Viral di media sosial tentang peristiwa persekusi disertai kekerasan oleh warga terhadap sejumlah mahasiswa Katolik yang sedang melakukan ibadah sebuah rumah di kawasan Babakan, Cisauk, Tangerang, Provinsi Banten. Pihak kepolisian setempat sudah menangani kasus yang sudah jelas-jelas melanggar hak asasi manusia. Diharapkan, pihak kepolisian dapat membuktikan dirinya sebagai pengayom masyarakat.

3. Plt Kepala BPS Amalia Widyasanti mengatakan angka pengangguran masih tinggi karena jumlah angkatan kerja tak semuanya terserap. Data Badan Pusat Statistik (BPS) Agustus dan Februari 2023, terdapat kenaikan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di penduduk usia 15-24 tahun atau kalangan Gen Z. Mengurangi pengangguran menjadi salah satu janji para cawapres yang tidak mudah dipenuhi.

SUMBER

BRIEF UPDATE
Kerjasama MAKPI dengan BDS Alliance
Senin, 6 Mei 2024

Makpi Support
Makpi Support
Articles: 187