BRIEF UPDATE Produksi BDS Alliance/ Kerjasama dengan MAKPI – Jumat, 17 November 2023

POLITIK

1. Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet), hari ini memberikan wanti-wanti tentang potensi konflik horizontal di tengah kontestasi politik dalam Pemilu 2024. Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menjelaskan, berdasarkan catatan sejarah setiap penyelenggaraan pemilu selalu meninggalkan residu persoalan. Karena itu, kata Bamsoet, kontestasi politik tidak boleh memicu polarisasi masyarakat pada dua kutub-kutub yang berseberangan baik sebelum, selama, hingga setelah penyelenggaraan pemilu.

2. Menko Polhukam, Mahfud MD, mengimbau masyarakat dan netizen supaya memviralkan bila melihat ada kecurangan pemilu. Ajakan itu disampaikan Mahfud saat memberi kuliah di Kampus Universitas Andalas, Sumatera Barat, kemarin. Mahfud menegaskan, bahwa sudah ada tim dari pusat yang bertugas memantau dan menindaklanjuti laporan yang viral.

3. Anggota Dewan Pembina Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Titi Anggraini, menyebut Pemilu Legislatif dan Pilpres 2024 bakal dihadapkan dengan sejumlah tantangan. Di antaranya, kata Titi, jual beli suara, penyebaran informasi bohong baik berupa misinformasi maupun disinformasi, fitnah pemilu lainnya, dan ketidakpahaman masyarakat terhadap prosedur pemilihan karena kompleksitas pemilu yang sangat rumit.

4. Calon Presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, mengatakan ada suasana ketidakpercayaan di tengah publik yang muncul menjelang Pemilu 2024. Hal itu ditandai dengan beragam narasi kecurangan pemilu, yang kini sering diperbincangkan. Pernyataan itu disampaikan Anies dalam acara deklarasi dukungan relawan Garda Matahari di Jakarta, hari ini. Dalam pemilu sebelumnya, lanjut Anies, tak pernah ada isu kecurangan yang muncul sebelum pemilihan berlangsung.

5. Politikus PDIP, Masinton Pasaribu, menyebut hingga kini sudah ada 8 orang anggota DPR dari 3 fraksi, yang setuju untuk mengusulkan hak angket tentang skandal MK atas dasar putusan No. 90/2023, mengenai syarat capres-cawapres. Namun, dia enggan menyebut siapa mereka. Masinton memastikan akan terus menggalang dukungan dari anggota DPR untuk memuluskan hak angket. Dalam rapat paripurna DPR pada Selasa (31/10/ 2023), Masinton menginterupsi dan menyatakan akan mendorong hak angket DPR terhadap MK, karena menilai putusan MK mengenai syarat capres-cawapres tidak untuk kepentingan publik, melainkan tirani.

6. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menonaktifkan sementara Azlan Hasibuan (AH) yang terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Polda Sumut. Azlan ditangkap di Hotel JW Marriott Medan. Pemberhentian tidak dengan hormat, kata Humas Bawaslu RI Lolly Suhenty, hari ini, baru bisa dilakukan setelah ada putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap yang menyatakan AH bersalah. AH (32) terjaring OTT Polda Sumut pada Selasa (14/11/2023) malam, karena diduga melakukan pemerasan terhadap calon anggota legislatif Kota Medan.

7. Massa yang menamakan diri Aliansi Relawan Ganjar Jogja, menggeruduk kantor Satpol PP Kota Yogyakarta hari ini. Aksi ini dilakukan sebagai reaksi atas pencopotan rontek atau bendera kecil gambar Ganjar oleh Satpol PP. Menurut Kepala Satpol PP Kota Yogyakarta, Octo Noor Arafat, pencopotan itu dalam konteks penertiban reklame, dan dia mengaku tidak tahu bahwa Ganjar Pranowo punya acara di Yogyakarta kemarin, karena tidak ada pemberitahuan.

8. KPU membatasi iklan kampanye di media massa oleh peserta Pemilu 2024, pada masa kampanye yang diatur dalam Keputusan KPU No.1621/2023, tentang pedoman teknis pelaksanaan kampanye pemilu. Pembatasan tersebut, antara lain beriklan paling banyak 2 halaman di masing-masing media dan maksimum beriklan di 6 media massa elektronik paling lama 21 hari. KPU mengatur iklan kampanye harus meliputi antara lain nama, nomor urut hingga visi-misi.

9. Warga menolak kedatangan 249 pengungsi Rohingya yang tiba menggunakan kapal kayu di Desa Pulo Pineung Meunasah Dua, Kecamatan Jangka, Bireuen, Aceh, kemarin subuh. Warga menolak para pengungsi dari Myanmar tersebut karena dinilai merepotkan setelah tinggal di daratan, sebagaimana yang diketahui warga dari kasus pengungsi yang sudah tiba di Desa Matang Pasi, Kecamatan Peudada, pada 16 Oktober lalu. Juru Bicara Kemlu RI, Lalu Muhamad Iqbal, hari ini mengatakan bahwa Indonesia secara aturan tidak memiliki kewajiban untuk menampung para pengungsi, tetapi selama ini bersedia menampung atas dasar kemanusiaan.

HUKUM

1. Ketua KPK, Firli Bahuri, hari ini mengakui bahwa sejumlah barang miliknya telah disita penyidik dalam penggeledahan menyangkut kasus dugaan pemerasan terhadap eks Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL). Barang yang disita, diambil di rumah sewa di Jl Kertanegara, Jaksel, antara lain dompet, kunci mobil keyless dan sejumlah dokumen. Firli mengaku tidak ada barangnya yang disita di rumah pribadinya di Bekasi, Jabar.

Sementara itu Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Ade Safri Simanjuntak, mengatakan pihaknya akan menggelar analisa dan evaluasi setelah memeriksa Firli dan tidak menutup kemungkinan akan memeriksa Firli kembali.

2. KPK menemukan bukti dugaan suap saat menggeledah ruang kerja Anggota VI Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Pius Lustrilanang, di Sorong, Papua Barat Daya (PBD), pada Rabu (15/11/2023). Jubir KPK, Ali Fikri, hari ini menyebut bukti tersebut antara lain sejumlah dokumen dan catatan keuangan. Kasus ini bermula dari adanya pemeriksaan dengan tujuan tertentu (PDTT) oleh BPK perwakilan PBD di Sorong, yang diketahui memiliki beberapa laporan keuangan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Terkait hal itu, Penjabat (Pj) Bupati Sorong, Yan Piet Mosso, menyuap Kepala BPK PBD, Patrice Lumumba Sihombing, agar perkara tersebut ‘dikondisikan’. KPK menemukan uang Rp 940 juta dan 1 jam Rolex dalam kasus tersebut, dengan total senilai Rp 1,8 miliar.

3. Kejagung menyebut Anggota III Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Achsanul Qosasi dan pihak swasta Sadikin Rusli menerima uang untuk mengintervensi hasil audit BPK terkait kasus BTS 4G Kominfo. Kedua orang tersebut mendapatkan uang dari terdakwa Irwan Hermawan dan Windi Purnama sebanyak Rp 40 miliar. Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejagung, Kuntadi, mengatakan telah menerima pengembalian uang dari Achsanul dan Sadikin sebesar USD 2 juta atau Rp 31,4 miliar.

4. KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di Bondowoso, Jatim, pada Rabu (15/11/2023) dengan mengamankan 9 orang dan menetapkan 4 tersangka kasus dugaan korupsi pemberian hadiah atau janji dalam pengurusan perkara di Kejaksaan Negeri (Kejari) Bondowoso. Mereka yang ditangkap antara lain Kepala Kejari Bondowoso, Puji Triasmoro dan 2 pihak swasta. Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK, Irjen Rudi Setiawan, menyebut pihaknya mengamankan uang Rp 225 juta dalam operasi tersebut.

EKONOMI

1. Presiden Jokowi mengakui hingga kini belum ada investor asing yang masuk ke proyek IKN Nusantara. Namun, Jokowi mengaku yakin investor asing akan bermunculan setelah investor domestik bergerak. Dalam pidatonya di APEC CEO Summit, Kamis (16/11/2023), Jokowi mengajak para CEO berinvestasi di IKN. Dia menyebut IKN sebagai kota pintar berbasis hutan dan alam 70%, dengan area hijau 80%.

Sebelumnya, 1 November lalu, Jokowi mengaku mengerem masuknya investasi asing ke IKN dan memprioritaskan kepada investor domestik. Saat itu dia mengklaim ada 130 investor dari Singapura yang tertarik, juga 30 investor dari Jepang, 30 investor dari Malaysia dan Uni Emirat Arab. Belum lama ini Majalah Time menyebut proyek IKN sebagai representasi ‘warisan gelap’ pemerintahan Jokowi. Kritik tentang lingkungan banyak disuarakan kelompok sipil.

2. Mendag, Zulkifli Hasan, mengatakan impor seluruh golongan periode Oktober 2023 tercatat USD 18,67 miliar, naik 7,68% dibandingkan September (mtm). Kenaikan didorong peningkatan impor nonmigas 10,37%, sementara impor migas turun 3,66%. Namun secara kumulatif, nilai impor selama periode Januari-Oktober 2023 mencapai USD 183,19 miliar, turun 7,77% dibandingkan periode yang sama tahun 2022. Penurunan ini disebabkan melemahnya impor nonmigas sebesar 6,08% dan migas 15,81%.

Kenaikan impor tertinggi pada Oktober 2023 terjadi pada golongan barang modal sebesar 14,52%, diikuti barang konsumsi naik 9,18%, dan bahan atau baku penolong naik 5,87% mtm. Barang konsumsi yang memicu kenaikan impor antara lain beras, minyak medium lainnya dan olahannya, serta bahan bakar diesel otomotif.

3. Menteri ESDM, Arifin Tasrif, mengatakan para pemegang saham PT Vale Indonesia (INCO) sudah menandatangani kesepakatan awal (HOA – head of agreement) untuk divestasi saham 14%. Penandatanganan HOA dilakukan di sela-sela KTT APEC di San Francisco. Namun Arifin tak merinci pihak mana saja yang mau mengurangi sahamnya.

Saat ini saham Vale Indonesia dimiliki Vale Canada Limited 43,7,9%, Sumitomo Metal Mining 15,03%, holding tambang BUMN MIND ID 20%, publik 20,64%, dan Vale Japan Limited 0,54%. Mengenai harga, kata Arifin, masih dibahas secara business-to-business, namun harus lebih murah dari harga pasar.

TRENDING MEDSOS

1. Briptu Renita Rismayanti trending di X (Twitter), setelah pemberitaan mengenai dirinya yang ditetapkan sebagai Polwan Terbaik PBB 2023 berkat pencapaiannya sebagai anggota pasukan perdamaian dunia.

2. Pemberitaan mengenai U-17 trending di X (Twitter), setelah Indonesia ‘dibantai’ Irak 1-5.

HIGHLIGHTS

1. Ajakan Menko Polkam, Mahfud MD, supaya masyarakat berani memviralkan bila menemukan kecurangan pemilu merupakan dorongan yang sangat positif untuk menjaga penyelenggaraan pemilu yang jurdil.

2. Wanti-wanti yang disampaikan Bamsoet, juga penilaian Anies atas suasana ketidakpercayaan, perlu menjadi perhatian semua pihak.

3. Upaya Masinton Pasaribu menggalang dukungan untuk penggunaan hak angket mengenai skandal intervensi politik di MK bukan tak mungkin akan menggelinding menjadi perkara besar.

Sumber

BRIEF UPDATE
BDS Alliance
Jumat, 17 November 2023

Makpi Support
Makpi Support
Articles: 187