BRIEF UPDATE Produksi BDS Alliance/ Kerjasama dengan MAKPI – Kamis, 16 November 2023

POLITIK

1. Ketua Bawaslu, Rahmat Bagja, menyatakan tensi politik terutama di media sosial mulai memanas setelah penetapan putusan MKMK serta penetapan capres dan cawapres oleh KPU. Namun demikian saling serang antar pengguna medsos, kata Bagja, masih dalam batas yang wajar karena pendapat yang disampaikan bersifat argumentatif dengan menyertakan data, bukan hoaks. Rahmat pun menyatakan pihaknya terus melakukan pemantauan di medsos dengan melibatkan instansi terkait seperti Kominfo. Demikian disampaikan Rahmat di Bandung, hari ini.

2. KPU diadukan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) atas dugaan pelanggaran etik karena menerima berkas pendaftaran dan penetapan Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres di Pilpres 2024. Aduan itu dilayangkan oleh 3 aktivis yakni Petrus Hariyanto, Firman Tendry Masengi, dan Azwar Furgudyama, hari ini. Kuasa hukum mereka adalah Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI) 2.0. DKPP merupakan lembaga yang ‘mengadili’ perkara pelanggaran etik penyelenggara pemilu (KPU dan Bawaslu). TPDI 2.0 pekan lalu juga sudah melayangkan gugatan terhadap KPU di PN Jakpus atas dugaan perbuatan melawan hukum.

3. Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Abdul Mu’ti, mengatakan bahwa Muhammadiyah bersikap netral dalam kontestasi pemilu, termasuk Pilpres 2024. Pilihan politik diserahkan kepada masing-masing warga Muhammadiyah. Dia menekankan bahwa dalam Pemilu harus dihindari sentimen-sentimen primordial yang mengancam kerukunan dan persatuan bangsa. Demikian ditegaskan Mu’ti di Jakarta, kemarin.

4. Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) yang mantan Wapres, Jusuf Kalla (JK), dipastikan tidak masuk dalam Tim Pemenangan Anies-Muhaimin (Amin). Info ini disampaikan oleh Wakil Kapten Timnas Pemenangan Amin, Sudirman Said, di Jakarta, hari ini. Sudirman juga memaparkan bahwa dana kampanye Amin paling besar berasal dari relawan, bukan dari donatur yang diberikan langsung kepada Anies dan Muhaimin.

5. Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Arsjad Rasjid, kemarin menyatakan bahwa TPN tidak pernah melakukan maupun meminta orang menandatangani surat dukungan dalam bentuk ‘pakta integritas’ atau lainnya. Pernyataan Arsjad itu menanggapi foto ‘pakta integritas’ yang ditandatangani Penjabat (Pj) Bupati Sorong Yan Piet Moso. Foto itu beredar di medsos setelah Piet ditangkap KPK. Dalam ‘pakta’ tertanggal Agustus 2023 itu tertulis Piet diminta BINDA memenangkan Ganjar 60% di daerahnya.

6. KPU dan pengelola aplikasi Tiktok, kemarin, menandatangani nota kesepahaman kerjasama (MoU) untuk penyebarluasan informasi kepemiluan yang lebih kredibel menjelang Pemilu 2024. Ketua KPU, Hasyim Asy’ari, mengatakan lebih dari 50% pemilih pada Pemilu 2024 merupakan pemilih muda sehingga gaya komunikasi dan pilihan media yang digunakan menjadi sesuatu yang penting diperhatikan untuk menyebarkan informasi pemilu.

Hasyim berharap Tiktok menyiapkan strategi kebijakan internal untuk mencegah penyebaran disinformasi dan hoaks untuk konten pemilu. Sementara itu, Public Policy and Government Relations Tiktok Indonesia, Faris Mufid, mengatakan bahwa pihaknya dalam waktu dekat akan meluncurkan informasi pemilu dari KPU di Tiktok selama 3 bulan masa kampanye.

7. Deputi V Bidang Politik, Hukum, Keamanan, Pertahanan dan HAM Kantor Staf Presiden (KSP), Jaleswari Pramodhawardani, resmi mengisi posisi Deputi Inklusi di Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, setelah diumumkan Ketua TPN Arsjad Rasjid. Jaleswari mengaku masih aktif menjabat di KSP dan menyatakan tidak akan menggunakan fasilitas negara untuk kepentingan rapat di TPN Ganjar-Mahfud.

Dia menyebut alasannya bergabung ke TPN Ganjar-Mahfud karena melihat situasi demokrasi yang terancam, dan yakin Ganjar-Mahfud mampu mewadahi inklusivitas pemerintahan ke depan. Sebelumnya, Deputi Bidang Informasi dan Komunikasi Publik KSP, Juri Ardiantoro, bergabung ke Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dengan menjadi Wakil Ketua TKN dan mengaku sudah mundur dari KSP.

HUKUM

1. Ketua KPK, Firli Bahuri, hari ini menghadiri pemeriksaan tambahan mengenai kasus dugaan pemerasan terhadap eks Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) di Bareskrim Polri. Wakil Direktur Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri, Kombes Arief Adiharsa, mengatakan Firli diperiksa sebagai saksi. Setelah Polda Metro Jaya 2 kali melayangkan surat panggilan pada Selasa pekan lalu dan Selasa pekan ini (14/11/2023), Firli baru bersedia hadir hari ini dan meminta agar diperiksa di Bareskrim Polri. Pemeriksaan hari ini merupakan pemeriksaan tambahan, setelah sebelumnya diperiksa perdana di Bareskrim pada Selasa (24/10/2023).

2. Densus 88 Antiteror Polri menangkap 2 tersangka tindak pidana terorisme di Palu (Sulteng) dan di Jateng. Jubir Densus 88, Kombes Aswin Siregar, menyebut teroris yang ditangkap di Palu merupakan anggota Ansharud Daulah (AD), sedangkan yang di Jateng merupakan anggota Jamaah Islamiyah (JI).

Berdasarkan data Densus 88, total ada 104 teroris yang ditangkap pada periode Januari-Oktober 2023. Aswin menyebut ada penurunan kasus terorisme dalam 2 tahun terakhir, yakni pada 2021 menangkap 370 teroris dengan 6 kasus teror, 2022 menangkap 248 teroris dengan 1 kasus teror dan 2023 belum ada kasus teror.

3. Jaksa Agung, ST Burhanudin, menyebut ada kendala dalam menangani tindak pidana Pemilu yakni tidak bisa menahan para pelanggar yang delik pelanggarannya diancam dengan hukuman penjara di bawah 5 tahun. Dia menyebut ketentuan tersebut dimanfaatkan oleh pelanggar untuk menghindari jerat hukum dengan mengulur-ulur penanganan perkara hingga kasus dianggap kadaluwarsa. Penanganan tindak pidana pemilu dilakukan oleh Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) yang terdiri dari Bawaslu, Polri dan Kejaksaan Agung.

Burhanudin menyebut ada hal baru dalam pola koordinasi Sentra Gakkumdu pada pemilu kali ini, yakni jaksa wajib memantau penuntutan dan melaporkan ke Sentra Gakkumdu sebagai bentuk legitimasi bagi Kejagung menjaga netralitas di Pemilu 2024. Selain itu, Burhanudin menegaskan bahwa pihaknya menunda pemeriksaan terhadap peserta Pemilu 2024 dalam kasus dugaan korupsi, baik yang ada di tahap penyelidikan maupun penyidikan, untuk menjaga netralitas.

4. KPK kemarin menggeledah rumah dinas Anggota Komisi IV DPR dari Fraksi PDIP, Vita Ervina, di Kalibata, Jaksel. Jubir KPK, Ali Fikri, menyebut penggeledahan tersebut terkait kasus dugaan korupsi di Kementan yang menyeret eks Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL). KPK menemukan catatan dokumen dan bukti elektronik pada penggeledahan itu.

KPK juga sudah menggeledah rumah dinas Ketua Komisi IV DPR, Sudin, di Depok, Jabar, pada Jumat (10/11/2023), terkait kasus yang sama dan menyita sejumlah barang bukti, antara lain catatan keuangan dan dokumen elektronik. Sudin kemarin telah diperiksa KPK. SYL sudah ditetapkan sebagai tersangka korupsi, pemerasan, gratifikasi dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) oleh KPK.

EKONOMI

1. Pelaku usaha mengeluhkan aksi boikot produk Israel. Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), Roy N Mandey, mengatakan aksi boikot membuat omzet ritel turun hingga 50%. Dia menyebut 20% produk yang dijual di ritel modern termasuk kategori produk konsumsi (FMCG) yang menyumbang 80% pendapatan, sementara 80% lainnya merupakan produk di luar FMCG yang menyumbang 20% pendapatan.

Senada, Sekjen Asosiasi Pengusaha Pemasok Pasar Modern Indonesia (AP3MI), Uswati Leman Sudi, juga memproyeksikan aksi boikot produk terafiliasi dengan Israel akan menggerus transaksi di pasar modern hingga 50%. Menurutnya, mayoritas barang yang ada dalam daftar boikot merupakan produk pareto. Aksi boikot belum dirasakan karena baru berlangsung sepekan. Namun dia mengingatkan, dampak aksi tersebut dapat tertransmisi hingga ke pabrikan.

Baik Roy maupun Uswati mengingatkan dampak aksi boikot ke pengurangan tenaga kerja di sektor manufaktur. Mereka juga mengingatkan produk-produk yang diboikot itu sudah diproduksi di dalam negeri dan tidak memberi sumbangan langsung kepada Israel.

2. Presiden Jokowi mengatakan transisi energi justru membebani utang negeri miskin. Saat memberikan kuliah umum di Stanford University, Jokowi mengatakan transisi energi bersih membutuhkan investasi sangat besar dan transfer teknologi. Namun banyak negara maju yang memberikan pendanaan lebih berorientasi pada utang seperti bank komersial.

3. Presiden Jokowi mengapresiasi kerja sama pembangunan kilang petrokimia hijau dan Carbon Capture and Storage (CSS) senilai USD 15 miliar. Kepada Chairman Exxon Mobil Corp Darren Woods, Jokowi menyampaikan rasa senangnya bahwa fasilitas CSS yang akan dibangun di Indonesia akan menjadi terbesar di Asia Tenggara dan kompleks petrokimianya merupakan salah satu yang tercanggih di dunia. Menlu, Retno Marsudi, usai pertemuan mengatakan Presiden juga mengundang Exxon untuk berinvestasi di bidang energi baru dan terbarukan, serta pembangunan infrastruktur hijau termasuk di IKN Nusantara.

TRENDING MEDSOS

1. TNI AU trending di X (Twitter), setelah dua pesawat milik TNI Angkatan Udara jatuh di dekat Desa Keduwung, Kecamatan Puspo, Pasuruan, Jawa Timur. Lokasi kecelakaan tepatnya di lereng Gunung Bromo, pada hari ini, sekitar pukul 12.00 WIB. KSAU, Marsekal Fadjar Prasetyo, menyebutkan salah satu pesawat yang jatuh adalah pesawat tempur ringan Super Tucano.

Dalam video yang beredar, tampak bagian pesawat terpisah dan terbakar. Pesawat meledak saat jatuh di sebuah ladang warga. Video lain menunjukkan bagian ekor pesawat terpisah dari badannya, dengan masing-masing bernomor TT-3103 dan TT-3111. Terekam pula dalam video, helm pilot yang teronggok di posisi jauh dari bangkai pesawat.

2. Tagar Kami Muak trending di X (Twitter). Beragam video menyuarakan kemarahan anak muda di depan baliho PSI terhadap pemerintah.

HIGHLIGHTS

1. Aksi boikot produk yang terafiliasi dengan Israel sebaiknya disikapi dengan bijaksana. Jangan sampai aksi keberpihakan terhadap Palestina itu kemudian membawa dampak buruk pada ekonomi RI, yang belum sepenuhnya bangkit dari krisis pandemi Covid-19. Apalagi dari daftar produk yang diboikot itu banyak yang diproduksi di Indonesia dan mempekerjakan banyak tenaga kerja. Penurunan omset ritel, baik modern maupun kategori UMKM, yang berpotensi turun signifikan, akan memukul ekonomi masyarakat kita sendiri.

2. Berdasarkan data dari Jubir Densus 88 Kombes Aswin Siregar, terjadi penurunan kasus terorisme secara signifikan dalam 2 tahun terakhir, bahkan tahun ini tidak ada satupun kasus. Dengan demikian, boleh dikatakan bahwa langkah preemptive yang dilakukan Densus 88 sudah tepat.

3. Kebijakan transisi energi menjadi keharusan untuk menyelamatkan bumi. Disinilah para pemimpin negara berkembang harus lebih aktif mendorong kerjasama dengan negara maju, terutama dalam pembiayaan dan alih teknologinya.

Sumber

BRIEF UPDATE
BDS Alliance
Kamis, 16 November 2023

Makpi Support
Makpi Support
Articles: 187