MK Jamin Putusan Sengketa Tidak Bocor, Sidang Saksi Korupsi SYL Terkait Firli, dan IPK Min 3.5 di Lowongan PT KAI

POLITIK

1. Mahkamah Konstitusi (MK) memastikan tidak ada kebocoran putusan sengketa Pilpres 2024, yang akan dibacakan pada Senin, 22 April 2024. Jaminan itu disampaikan oleh Jubir MK, Fajar Laksono, kemarin, menanggapi kabar yang beredar di media sosial yang menyebut bocoran putusan MK. Fajar menjelaskan, ada berbagai langkah yang diterapkan untuk mensterilkan ruangan yang digunakan untuk Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH), guna mencegah kebocoran informasi.

Selain itu, semua yang terlibat dalam pelaksanaan RPH sudah disumpah untuk menjaga kerahasiaan. Ada 8 dari 9 hakim MK yang terlibat mengadili perkara tersebut yakni Suhartoyo, Saldi Isra, Arief Hidayat, Enny Nurbaningsih, Daniel Yusmic Pancastaki Foekh, M Guntur Hamzah, Ridwan Mansyur dan Arsul Sani. Satu hakim yang tidak dilibatkan adalah Anwar Usman, karena dia ada benturan kepentingan dengan perkara yang disidangkan yang bermuara pada Presiden Jokowi, kakak ipar Anwar Usman.

2. Pakar hukum kepemiluan Universitas Indonesia, Titi Anggraini memperkirakan, MK tidak akan mendiskualifikasi pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming, sebagaimana yang dimohonkan paslon 1 dan 3. Pasalnya, menurut Titi, MK juga merupakan pihak yang membuka pintu bagi Gibran untuk berlaga di Pilpres 2024, lewat Putusan MK No. 90/2023 yang mengubah syarat capres-cawapres dari minimal umur 40 tahun dengan menambahkan pengecualian pernah dipilih atau sedang menjabat di jabatan yang dipilih melalui pemilu. Menurut Titi, putusan maksimal yang bisa dibuat MK adalah pemilihan umum ulang di daerah-daerah yang terindikasi ada pelanggaran terhadap asas dan prinsip pemilu pada pelaksanaan Pilpres 2024.

Sementara itu, Direktur Institute for Demographic and Poverty Studies (Ideas), Yusuf Wibisono, meyakini putusan MK nanti akan membenarkan adanya politisasi bansos. Ia optimis, para hakim MK melihat adanya keterkaitan kuat antara banjir bansos ad hoc dengan perolehan suara Prabowo-Gibran. Ia menilai, baik bansos reguler maupun ad hoc menjelang pemilu, bukan untuk memberantas kemiskinan ataupun menjaga daya beli masyarakat, tapi strategi terselubung Presiden Jokowi untuk memperoleh dukungan elektoral untuk anaknya, Gibran. Kepentingan elektoral itu, kata Yusuf, terbukti dari anggaran bansos yang terus meningkat dan masif menjelang pilpres meski tidak ada kegentingan ekonomi yang luar biasa.

3. Setelah para hakim MK menyelesaikan tugas memutus perkara sengketa Pilpres 2024 pada Senin, 22 April 2024, mereka akan langsung bekerja untuk menangani perkara sengketa hasil pemilihan legislatif DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota dan DPD atau sengketa pileg. Jubir MK, Fajar Laksono menjelaskan, pada Selasa, 23 April 2024, MK membuka registrasi Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) pileg. Selanjutnya, dari perkara yang masuk, hakim MK akan melakukan persidangan mulai 29 April 2024, dan memutus perkara pada 10 Juni 2024.

4. Sudah 2 kali PSI ikut pemilu, tapi berakhir gagal menempatkan calegnya di kursi DPR karena perolehan suaranya kurang dari ambang batas parlemen 4%. Kini, partai tersebut ingin Pemilu 2029 menggunakan sistem proporsional tertutup. Keinginan tersebut disampaikan Ketum PSI Kaesang Pangarep, kemarin, di Rumah Juang Relawan Jokowi (RJ2), Jaksel. Dalam sistem tertutup, pemilih hanya memilih gambar partai. Alasan Kaesang, karena sistem proporsional tertutup dapat menekan politik uang untuk membeli suara pemilih. Padahal selama ini, PSI sangat getol dengan sistem pemilihan terbuka seperti Pemilu 2024. Untuk mengubah sistem pemilu mendatang harus dilakukan revisi UU No. 7 tahun 2017 tentang Pemilu, yang berarti harus disetujui mayoritas anggota DPR dari sejumlah parpol.

5. Menurut penilaian pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno, sikap Kaesang tersebut merupakan langkah mundur dalam proses demokrasi. Sistem proporsional tertutup, kata Adi, ibarat membeli kucing dalam karung, sebab rakyat tidak bisa menentukan sendiri siapa caleg yang akan dipilih, melainkan bakal ditentukan oleh partai politik. Tentang alasan Kaesang, sistem tertutup untuk menekan politik uang, kata Adi, harus diberantas dengan regulasi yang tegas terhadap pelaku yang menggunakan cara tersebut untuk memperoleh kemenangan.

6. Co-Captain Tim Nasional capres-cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Sudirman Said mengatakan, kecil kemungkinan Anies akan maju sebagai calon gubernur Jakarta pada Pilkada 2024. Sebab, menurut Sudirman, Anies sudah menjadi capres dalam Pilpres 2024, yang berarti sudah menjadi tokoh level nasional. Mantan gubernur DKI Jakarta itu, santer dikabarkan akan ikut dalam Pilkada Jakarta November mendatang. Namun, sejauh ini Anies belum menyatakan sikap.

HUKUM

1. Peneliti Pusat Kajian Antikorupsi (Pukat) UGM, Zaenur Rohman, menilai kesaksian di persidangan korupsi Syahrul Yasin Limpo (SYL), semakin menguatkan sangkaan Polda Metro Jaya (PMJ) terhadap mantan Ketua KPK, Firli Bahuri. Penyidik PMJ bisa menjadikan kesaksian mantan ajudan SYL di sidang, yang mengungkap Firli aktif meminta uang kepada SYL, untuk melengkapi sangkaan pemerasan oleh Firli. Hingga kini berkas kasus pemerasan oleh Firli selalu dikembalikan kejaksaan ke penyidik.

Dalam sidang dengan terdakwa SYL, mantan ajudannya, Panji Hartanto bersaksi, bahwa Firli pernah meminta uang Rp 50 miliar ke SYL. Ia juga pernah disuruh menyerahkan uang dolar ke ajudan Firli, saat Firli-SYL bertemu di GOR bulutangkis tahun 2022.

EKONOMI

1. Menkeu Sri Mulyani meyakinkan, pemerintah terus berupaya mengantisipasi pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang hingga di atas Rp 16.000 per dolar AS. Lewat akun Instagramnya, Sabtu (20/4/2024), ia memastikan ekonomi Indonesia akan tetap terjaga sesuai target di tengah kondisi suku bunga dan inflasi global yang tinggi seperti yang tengah terjadi. Hal itu didukung oleh sisi ekspor yang kuat dan neraca perdagangan yang surplus.

TRENDING MEDSOS

1. PT KAI trending di X, setelah beredar info lowongan pekerjaan dari PT KAI yang mensyaratkan calon pendaftarnya memiliki IPK minimal 3,5. Pengguna X kemudian ramai membicarakan IPK cawapres terpilih, Gibran Rakabuming Raka yang hanya 2,3.

LAIN-LAIN

1. Sebanyak 3 orang meninggal dunia akibat banjir lahar dingin Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur (Jatim), pada Kamis (18/4/2024) malam WIB. Menurut laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), hari ini, 1 orang warga meninggal dunia akibat tertimbun material longsor, di Kecamatan Pronojiwo, dan 2 warga meninggal dunia akibat terbawa arus lahar dingin di Kecamatan Candipuro. Banjir lahar dingin itu dipicu oleh intensitas hujan yang tinggi di wilayah Gunung Semeru, sehingga menyebabkan meluapnya debit air Daerah Aliran Sungai (DAS) Regoyo, DAS Mujur dan DAS Glidik di Lumajang.

HIGHLIGHTS

1. Kaesang membuka kembali wacana yang selalu muncul menjelang atau setelah pemilu, yakni sistem pemilihan legislatif proporsional terbuka atau tertutup. Meskipun ini wacana yang selalu berulang, tapi hal tersebut tetaplah perlu untuk dipertimbangkan oleh semua parpol, pemerintah dan kalangan akademisi untuk perbaikan kehidupan demokrasi Indonesia.

2. Sidang kasus korupsi SYL kian membuka terang tentang permainan kasus yang digunakan Firli Bahuri saat menjabat sebagai ketua KPK terhadap SYL. Di sisi lain, kasus tersangka Firli Bahuri di Polda Metro Jaya seolah mandeg. Selain ia tidak ditahan, juga perkaranya tak kunjung sampai di pengadilan. Maka wajar jika di masyarakat muncul bermacam-macam dugaan.

SUMBER

BRIEF UPDATE
Kerjasama MAKPI dengan BDS Alliance
Sabtu, 20 April 2024

Makpi Support
Makpi Support
Articles: 187