Rencana Demo Pendukung Prabowo di MK, OJK Ungkap Pencucian Uang via Kripto, dan Densus Tangkap 7 Terduga Teroris

POLITIK

1. Pendukung pasangan Prabowo-Gibran akan menggelar aksi damai yang melibatkan sekitar 100.000 orang di depan Kantor Mahkamah Konstitusi (MK), pada Jumat besok 19 April 2024. Komandan TKN Prabowo-Gibran, Haris Rusly Moti, hari ini mengatakan, aksi damai itu digelar untuk menepis tuduhan kemenangan kubunya karena politik bantuan sosial (bansos) yang dilakukan Presiden Jokowi. Menurut Haris, tuduhan penyalahgunaan bansos yang didalilkan oleh pemohon paslon 01 dan 03 dalam sidang sengketa hasil Pilpres 2024, merupakan penghinaan dan pelecehan terhadap pemilih Prabowo-Gibran.

Haris juga mengungkapkan, ada 10.000 orang yang akan menyerahkan amicus curiae atau sahabat peradilan, kepada MK, besok bersamaan dengan aksi demo tersebut. Namun, menurut Juru Bicara MK, Fajar Laksono pada Selasa lalu (16/4/2024), amicus curiae yang diserahkan ke MK setelah tanggal 16 April 2024, tidak akan dipertimbangkan oleh para hakim MK, yang akan mengumumkan putusan sengketa hasil Pilpres 2024 pada 22 April 2024.

2. Sejumlah partai politik sudah membuka pendaftaran bagi peminat kontestasi pemilihan kepala daerah (gubernur, bupati, wali kota, termasuk wakilnya) yang akan digelar serentak di seluruh Indonesia pada 27 November 2024. Berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) No. 2 Tahun 2024, tanggal 26 Januari 2024 yang mengatur proses Pilkada 2024, waktu pendaftaran pasangan calon ke KPUD adalah 27-29 Agustus 2024, yang berarti parpol sudah sejak sekarang melakukan penjaringan dan penyaringan calon.

Menurut Koordinator Divisi Teknis KPU RI, Idham Holik, hari ini, setelah para pendaftar ditetapkan sebagai calon peserta pilkada oleh KPUD, maka calon yang menjabat sebagai anggota legislatif (DPR/DPRD/DPD) wajib mengundurkan diri dari jabatannya tersebut. Aturan itu tertuang di dalam Putusan MK No. 33/PUU-XIII/2015 dan Pasal 7 ayat (2) UU No. 10 Tahun 2016 tentang Pilkada.

Berikut ini sejumlah nama yang santer disebut bakal berlaga dalam kontestasi provinsi di Pulau Jawa. Banten: Airin Rachmi Diany, Wahidin Halim, Rano Karno, Iti Octavia Jayabaya (cawagub), Arief Wismansyah (cawagub). Jakarta: Ridwan Kamil, Anies Baswedan, Ahmad Sahroni, Mardani Ali Sera, Ahmed Zaki Iskandar, Erwin Aksa, Sohibul Iman. Jawa Barat: Ridwan Kamil, Bima Arya, Uu Ruzhanul Ulum, Desy Ratnasari, Iwan Bule, Dedi Mulyadi, Cellica Nurrachadiana (cawagub), Herman Khaeron (cawagub). Jawa Tengah: Hendrar Prihadi, Sudaryono, Dico Ganinduto, Yusuf Chudlori, Rinto Subekti (cawagub). Jawa Timur: Khofifah Indar Parawansa, Tri Rismaharini, Muhaimin Iskandar, Eri Cahyadi, Emil Dardak (cawagub).

3. Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi menyatakan, PAN sedang berkomunikasi dengan Partai Golkar untuk mendorong Ketua DPP PAN, Zita Anjani, anak dari Ketum PAN Zulkifli Hasan, menjadi pendamping Ridwan Kamil dalam Pilkada Jakarta 2024. Sekjen PAN, Eddy Soeparno mengaku, partainya memprioritaskan Zita mendampingi Ridwan Kamil. Sebetulnya ada juga nama Ketua DPW PAN DKI, Eko Hendro Purnomo, namun nama Eko masih alternatif.

4. Indonesia dan China satu sikap dalam menanggapi situasi di Timur Tengah yang sedang memanas akibat dari serangan Iran ke Israel pada akhir pekan lalu, setelah Israel menyerang gedung konsulat Iran di Damaskus, Suriah, pada awal April lalu, yang menewaskan perwira tinggi militer Iran. Setelah Menlu Retno Marsudi mengadakan pembicaraan dengan Menlu China, Wang Yi di Gedung Kemlu, Jakarta, hari ini, Retno menyatakan bahwa kedua negara memiliki pandangan yang sama yakni pentingnya semua pihak menahan diri dan melakukan deeskalasi.

HUKUM

1. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkap modus pencucian uang melalui aset digital, seperti aset kripto yang berpotensi merugikan negara hingga Rp 139 triliun. Ketua Dewan Komisioner OJK, Mahendra Siregar, yang juga anggota tim Satgas Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU), memastikan pihaknya akan memantau terkait indikasi TPPU menggunakan uang kripto. Ia berharap, regulasi terbaru yang akan diterbitkan OJK dapat memberikan kewenangan dalam mengawasi manajemen aset digital, termasuk kripto. Saat ini, pengelolaan aset digital di Indonesia masih terkonsentrasi di Kementerian Perdagangan sehingga akan cukup sulit bagi OJK berkontribusi menyelamatkan uang negara.

2. KPK memulai penyidikan kasus baru terhadap mantan Kepala Bea-Cukai Yogyakarta, Eko Darmanto. Kini, Eko dijerat sebagai tersangka dugaan pencucian uang (TPPU). Juru bicara KPK, Ali Fikri mengatakan, sebelumnya Eko ditetapkan sebagai tersangka penerimaan gratifikasi. Lalu berdasarkan analisis lanjutan, ditemukan fakta adanya dugaan menyamarkan asal-usul kepemilikan hartanya. Nama Eko banyak dibicarakan setelah kerap memamerkan kekayaannya ke publik. Saat itu, publik masih ramai membicarakan kasus Rafael Alun. KPK kemudian melakukan klarifikasi atas LHKPN-nya, hingga ia ditetapkan sebagai tersangka.

3. Densus 88 Anti-Teror Polri, menangkap 7 terduga pelaku teroris di wilayah Sulawesi Tengah (Sulteng). Juru bicara Densus 88, Kombes Pol Aswin Siregar mengungkapkan, ketujuh orang itu diduga merupakan jaringan teroris Jamaah Islamiyah (JI). Namun, ia tidak mengungkapkan detail pelaku dan perannya. Kini Polri masih mendalami keterlibatan ketujuh orang tersebut. Sebelumnya, Densus 88 juga telah menangkap 12 terduga teroris JI di Jawa Tengah.

EKONOMI

1. Menlu RR China, Wang Yi, melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden Jokowi hari ini. Saat menjelaskan isi pertemuan itu, Menlu Retno Marsudi mengatakan, Presiden menyoroti volume maupun nilai perdagangan kedua negara yang terus meningkat dan lebih seimbang. Saat ini, China merupakan mitra dagang terbesar bagi Indonesia. Volume perdagangan Indonesia-China lebih dari USD 127 miliar atau Rp 2.051 triliun. China juga salah satu investor terbesar bagi Indonesia, dengan nilai investasi lebih dari USD 7,4 miliar atau Rp119,6 triliun, pada tahun lalu.

2. Pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi akan mencapai 5,3-5,6% pada tahun 2025. Hal tersebut tercantum dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2025, yang disampaikan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa. Indikator lainnya yang ingin dicapai adalah tingkat kemiskinan di level 7-8%; lalu pengangguran terbuka 4,5-5%; rasio gini 0,379-0,382; dan indeks modal manusia 0,56. Pemerintah juga menetapkan indikator target berupa intensitas emisi rumah kaca 38,6%; indikator nilai tukar petani 113-115; dan nilai tukar nelayan 104-105.

3. Direktur Surat Utang Negara Ditjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu, Deni Ridwan, membantah beban bunga dan cicilan utang pemerintah akan terdampak signifikan oleh terus tergerusnya nilai tukar rupiah, sebab Surat Berharga Negara (SBN) mayoritas berbentuk kupon tetap atau fixed rate. Dari total posisi utang per akhir Februari 2024 yang sebesar Rp 8.319,22 triliun, mayoritas berupa utang melalui penerbitan SBN senilai Rp 7.336,87 triliun, sisanya berupa pinjaman sebesar Rp 982,35 triliun. Untuk SBN, SBN Domestik Rp 5.947,95 triliun, sedangkan SBN valas Rp 1.388,92 triliun. Meski begitu, Deni mengakui imbal hasil SBN tenor 10 tahun saat ini tengah melonjak. Lonjakan yield SBN menandakan harga SBN tengah jatuh, karena banyak investor yang melepas SBN akibat sentimen negatif atas kondisi eksternal, seperti konflik Timur Tengah dan kebijakan moneter AS.

TRENDING MEDSOS

1. Vietnam trending di X, setelah perusahaan teknologi asal Amerika, Apple Inc, menyatakan komitmen investasi di Indonesia dengan nilai sebesar Rp 1,6 triliun. Sebelumnya, Apple sudah lebih dulu menyatakan keinginannya menambah investasi di Vietnam yang nilainya mencapai USD 15,84 miliar, atau sekitar Rp 256,93 triliun.

2. Gunung Ruang kembali trending di X, setelah Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengumumkan status level IV atau awas untuk Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara dan peringatan tsunami, setelah serangkaian erupsi eksplosif yang disertai awan panas terjadi di Gunung Ruang, pada Rabu malam (17/4/2024).

HIGHLIGHTS

1. Proses menuju pilkada serentak sudah dimulai di tingkat partai politik. Perkubuan dalam Pilpres 2024 yang terdiri dari 3 koalisi parpol sangat mungkin tidak lagi dianut untuk kepentingan pilkada, mengingat setiap daerah punya komposisi kekuatan parpol yang berbeda.

2. Tindakan Densus 88 Anti-Teror Polri yang menangkap 7 terduga pelaku teroris di wilayah Sulawesi Tengah (Sulteng), patut mendapat apresiasi. Langkah preemptive Densus 88 tetap harus terus dilakukan terhadap kelompok yang membahayakan kesatuan bangsa.

3. Pengungkapan pencucian uang melalui uang kripto harus diekspos secara masif, agar publik mengetahui bahwa telah terjadi modus baru praktik kejahatan keuangan yang sangat merugikan negara, mendompleng kemajuan digital. Dugaan praktik pencucian uang sebesar Rp 139 triliun melalui aset digital tersebut sangat mencengangkan dan berpotensi akan terus bertambah, jika tidak segera ditangani dengan serius dan diperlukan kesadaran publik untuk tidak terjebak di dalamnya karena kurangnya informasi yang cukup.

SUMBER

BRIEF UPDATE
Kerjasama MAKPI dengan BDS Alliance
Kamis, 18 April 2024

Makpi Support
Makpi Support
Articles: 187