Tingkat Kepuasan Publik ke Presiden Menurun, Kompolnas: Firli Patut Ditahan, dan Uji Coba Makan Siang Gratis

POLITIK

1. Berdasarkan hasil survei terbaru dari Indikator Politik Indonesia (IPI), tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Jokowi mengalami penurunan 2% menjadi 76,6% dari sebelumnya 78,6%. Menurut Direktur IPI, Burhanuddin Muhtadi, dalam penjelasan hasil survei kemarin, salah satu sebab penurunan karena harga beras naik tinggi.

Jika kelangkaan beras dan kenaikan harga kebutuhan pokok terus berlanjut, kata Burhanuddin, kemungkinan besar tren tingkat kepuasan terhadap kinerja Jokowi akan terus menurun. Survei ini dilakukan pada periode 18-21 Februari 2024 melalui telepon, dengan jumlah responden 1.127 dengan margin of error 2,9% dan tingkat kepercayaan 95%.

2. Ketua DPP PPP, Achmad “Awiek” Baidowi, hari ini mengatakan, secara formal partainya masih mendukung pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Ia menanggapi pernyataan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) PPP, Sandiaga Uno, yang menyebut ada peluang partainya bergabung dengan pemerintahan baru nanti. Menurut Awiek, itu pendapat pribadi Sandiaga. Sementara itu Ketua Majelis Pertimbangan PPP, Romahurmuziy menegaskan, bahwa partainya tetap mendukung pengguliran hak angket DPR untuk menyelidiki dugaan kecurangan Pemilu 2024.

3. Pemberian pangkat jenderal kehormatan, oleh Presiden Jokowi kepada Menhan Prabowo Subianto, menurut juru bicara Forum Rakyat Demokratik untuk Keadilan Keluarga Korban Penghilangan Paksa, Petrus Hariyanto, membuktikan Presiden melanggengkan impunitas. Menurut dia, Jokowi semakin menjauhkan pelaku pelanggaran HAM berat kasus penculikan dari proses hukum. Tindakan Jokowi semakin melukai hati keluarga korban, karena tidak memenuhi janjinya mengembalikan hak-hak para korban.

Paian Siahaan, ayah dari Ucok Munandar Siahaan, salah satu korban penculikan 1998 yang sampai kini tidak diketahui keberadaannya, mengaku semakin kecewa dengan Jokowi. Dia bilang, keluarga korban sudah kecewa dengan Jokowi ketika mengangkat Prabowo menjadi Menhan, dan kini semakin kecewa setelah Jokowi memberi pangkat jenderal kehormatan. Kata Paian, para keluarga korban penculikan dan penghilangan paksa, yang mencari keadilan selama 25 tahun, semakin sulit menuntut pertanggungjawaban Prabowo.

4. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, hari ini mengabarkan, rencana pembentukan Korps Pemberantas Tindak Pidana Korupsi (Kortas Tipikor), sudah ada di meja Presiden untuk proses harmonisasi. Lembaga baru tersebut nanti akan berada di bawah koordinasi langsung Kapolri, menggantikan Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dittipidkor), yang berada di bawah Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri. Rencana perubahan tersebut sudah disusun sejak 2021, setelah 44 mantan pegawai KPK diangkat menjadi ASN Polri. Rencananya, korps baru itu akan jadi tempat kerja mereka.

5. Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL), Laksamana Muhammad Ali mengatakan, TNI AL akan meningkatkan status Pangkalan TNI AL (Lanal) Balikpapan untuk pertahanan Ibu Kota Nusantara (IKN), menjadi Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal). Lantamal itu, nanti juga berpotensi menjadi Komando Daerah Maritim (Kodamar), yang bakal dipimpin perwira tinggi TNI AL bintang dua, Laksamana Muda (Laksda). Untuk pertahanan IKN, TNI AL juga berencana menggelar Pasukan Marinir (Pasmar). Ali mengatakan, TNI AL juga akan memasang sensor-sensor untuk mengawasi lalu lintas laut di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II, yang berada di antara Pulau Kalimantan dan Sulawesi.

6. Media yang berbasis di Amerika Serikat, Bloomberg, mengungkap 4 nama yang yang diincar oleh calon presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto sebagai kandidat menteri keuangan di kabinetnya, jika berhasil terpilih dalam Pilpres 2024. Menurut sejumlah sumber Bloomberg, Prabowo sedang mempertimbangkan setidaknya empat nama yakni Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara Kartika Wirjoatmodjo, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Mahendra Siregar dan Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (BNI), Royke Tumilaar. Meskipun demikian, kata sumber itu, nama-nama itu bisa saja berubah sebab diskusi pembentukan kabinet masih berada dalam tahap awal.

HUKUM

1. Kompolnas menyoroti belum ditahannya, mantan Ketua KPK Firli Bahuri, setelah jadi tersangka pemerasan terhadap Syahrul Yasin Limpo. Kompolnas menilai Firli patut ditahan, karena putusan praperadilan sudah menyatakan penetapan tersangkanya sah. Komisioner Kompolnas, Yusuf Warsyim menduga, penyidik baru akan menahan Firli setelah berkas perkara selesai diteliti dan dinyatakan lengkap (P21) oleh jaksa. Kompolnas mendorong penyidikan dilakukan secara profesional dan akuntabel. Untuk itu, Kompolnas akan mendatangi Polda Metro Jaya untuk memastikan semua proses penyidikan sesuai aturan yang ada.

EKONOMI

1. Pemerintah melakukan uji coba program Prabowo-Gibran, makan siang gratis untuk siswa SD dan SMP, di SMP Negeri 2 Curug, Tangerang, hari ini. Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, program ini merupakan bagian dari program pemerintah untuk mencapai Indonesia Emas 2045, dan akan direplikasi di beberapa daerah lain. Pemerintah menyediakan makanan seharga Rp 15.000 per porsi, dengan menu nasi dan ayam goreng, siomay, gado-gado serta nasi dan semur telur. Senin lalu, program ini dibahas dalam rapat paripurna soal Rencana Kerja Pemerintah (RKP) dan RAPBN 2025 yang menyulut pro-kontra karena penghitungan suara pilpres belum selesai.

Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor Leste, Satu Kahkonen mengingatkan, program makan siang gratis perlu direncanakan matang, khususnya pada aspek anggaran. Ia berharap, pemerintah mematuhi batas defisit yang telah ditetapkan setinggi-tingginya 3% terhadap PDB. Direktur Eksekutif Center of Economic and Law Studies, Bhima Yudhistira juga mengingatkan, tanpa disertai realokasi anggaran yang signifikan, program ini akan berdampak pada defisit anggaran 3%-3,2% terhadap PDB. Pemerintah harus memperhatikan pos belanja lainnya, agar program ini tak memperlebar defisit fiskal yang berpotensi meningkatkan utang.

Menanggapi peringatan Bank Dunia dan ekonom, Gibran Rakabuming Raka mengaku akan menindaklanjutinya. Ia juga mengaku akan mendiskusikan besaran anggarannya, di mana per anak mendapatkan Rp 15 ribu. Ia mengatakan akan melakukan perhitungan, agar program makan siang tidak menimbulkan defisit APBN. Diperkirakan, program ini membutuhkan anggaran Rp 450 triliun per tahun atau 13,53% APBN. Jumlah itu setara 4.500 km tol Trans-Sumatera, atau 4 kali lipat investasi KA cepat Jakarta-Bandung.

2. BI memperkirakan optimisme ekonomi tahun ini, akan kembali terdorong pasca Pemilu 2024. Deputi Gubernur BI, Juda Agung memperkirakan, pertumbuhan ekonomi tahun ini akan berada di kisaran 4,7%-5,5%, dengan titik tengah sekitar 5,1%. Ia juga optimis inflasi domestik akan tetap terjaga di kisaran 2%-3%, serta pertumbuhan kredit di kisaran 10%-12%.

Namun ia memperingatkan, pemerintah perlu mewaspadai kenaikan harga beras, bawang dan cabai. Ketiga bahan pokok itu, bisa menjadi penyumbang terbesar inflasi. Apalagi menurut dia, kenaikan harga beras yang sangat signifikan saat ini, jadi faktor utama turunnya daya beli masyarakat. Per hari ini, harga beras premium naik jadi Rp 17.100 per kg, sementara HET-nya di Rp 13.900.

3. Menkeu Sri Mulyani, sudah mengajukan revisi PP No. 123/2015 tentang PPh atas bunga deposito dan tabungan serta SBI, kepada Presiden Jokowi. Sekretaris Kemenko Perekonomian, Susiwijono mengatakan, revisi PP No. 123/2015 itu memungkinkan eksportir yang menempatkan devisa hasil ekspor (DHE) di instrumen deposito valas lebih dari 6 bulan akan bebas dari PPh bunga deposito. Dengan begitu, eksportir lebih terdorong menempatkan DHE-nya di dalam negeri. Dalam beleid terbaru, yang wajib untuk ditempatkan di dalam negeri adalah nilai hasil ekspor di atas USD 250.000. Di bawah itu, menempatkan DHE hanya pilihan.

TRENDING MEDSOS

1. Kata “Anies”, “Hujan” dan “Kelapa Gading” trending di X. Akibat hujan deras sejak Kamis dini hari (29/2/2024), terjadi banjir di kawasan Kelapa Gading, Cempaka Putih, Pulo Gadung dan sekitarnya. Pengguna X ramai mencuitkan keheranannya terhadap fenomena publik yang menyalahkan Anies Baswedan akibat banjir yang terjadi. Padahal Gubernur DKI Jakarta saat ini bukan lagi Anies, melainkan Heru Budi Hartono.

2. Lebih dari 2.000 pencarian di Google mengenai Gus Irsyad, bupati Pasuruan periode 2013-2023. Ia geram, karena wajahnya di logo gelas kopi Kapiten Pasuruan (kopi asli khas Kabupaten Pasuruan) yang disuguhkan saat sidang paripurna DPRD, dicoret-coret. Akibatnya, Banser Kabupaten Pasuruan turun ke jalan, menggelar demo depan Pendopo Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti, Raci, Bangil. Pj Bupati Pasuruan Andriyanto, menyampaikan permintaan maaf atas insiden ini.

3. Lebih dari 10.000 pencarian di Google mengenai BTC, setelah harga bitcoin (BTC) mencapai USD 64.000, pada Rabu (28/2/2024). Untuk pertama kalinya, BTC berada level tersebut sejak puncak pasar bullish terakhir, pada November 2021.

HIGHLIGHTS

1. Pemberian pangkat jenderal kehormatan, oleh Presiden Jokowi kepada Menhan Prabowo masih menjadi atensi publik. Para keluarga korban penculikan semakin kecewa terhadap Jokowi, yang dulu berjanji akan menyelesaikan kasus tersebut. Sisa waktu pemerintahan Jokowi tinggal 6 bulan lagi, dan rasanya tidak mungkin janji itu ditepati, apalagi tren sikap politik Jokowi sudah jelas berpihak kepada Prabowo-Gibran.

2. Janji politik Prabowo-Gibran makan siang gratis sudah masuk bahasan sidang kabinet, bahkan sudah pula disimulasikan oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto di Tangerang, meskipun KPU belum menetapkan paslon itu sebagai pemenang pilpres. Bahwa program tersebut perlu disiapkan memang sudah sewajarnya, tapi pemerintah sekarang seolah abai dengan aspek legalitas itu. Seolah merasa pemerintahan sekarang, sama dengan pemerintahan mendatang.

SUMBER

BRIEF UPDATE
Kerjasama MAKPI dengan BDS Alliance
Kamis, 29 Februari 2024

Makpi Support
Makpi Support
Articles: 136

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *