Jokowi Bertemu Surya Paloh, Karen: Dakwaan JPU Tidak Jelas, Hingga Dampak Resesi Jepang & Inggris Terhadap Indonesia

POLITIK

1. Presiden Jokowi mengatakan, pertemuannya dengan Ketum Nasdem Surya Paloh, di Istana Merdeka pada Minggu sore (18/2/2024), merupakan pertemuan politik biasa yang baik untuk kepentingan politik nasional. Ia mengaku, ingin menjadi jembatan bagi semua pihak. Pengakuan Jokowi itu disampaikan setelah meresmikan RS Pangsar Soedirman milik Kemhan di Bintaro, Jaksel, hari ini.

Mengenai siapa yang menginisiasi pertemuan tersebut, Jokowi mengaku hal itu tak penting. Menurut Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, pertemuan itu atas permintaan Surya Paloh. Sebaliknya, kata Sekjen Nasdem Hermawi Taslim, pertemuan tersebut terjadi atas undangan Jokowi. Ketua DPP PKB, Cucun Ahmad Syamsurijal mengungkapkan, bahwa Surya Paloh tak memberi tahu tentang pertemuan itu kepada Timnas Anies-Muhaimin. PKS juga mengaku tidak tahu tentang rencana dan isi pertemuan tersebut. Nasdem, PKB dan PKS mengusung paslon Anies-Muhaimin.

Waketum Nasdem Ahmad Ali mengatakan, pertemuan itu tidak menyangkut tentang langkah politik Nasdem pada pemerintahan mendatang, tapi masih terkait dengan peta politik saat ini di mana Nasdem merupakan bagian dari koalisi pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin. Jika menyangkut pemerintahan berikutnya, kata Ahmad, Surya Paloh tentu lebih tepat bicara dengan capres 02 Prabowo Subianto.

2. Kubu pasangan paslon nomor urut 1 dan 3, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD, terus berkomunikasi mengenai dugaan kecurangan Pemilu 2024. Komunikasi ini terus dijalin setelah hasil hitung cepat (quick count) berbagai lembaga survei menunjukkan keunggulan bagi paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Kedua pihak berencana, melaporkan dugaan kecurangan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Mahkamah Konstitusi (MK).

Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional Ganjar-Mahfud, Chico Hakim mengatakan, kedua pihak juga sudah memiliki empat kesamaan pandang mengenai dugaan kecurangan Pemilu 2024. Pertama adalah kesimpulan bahwa Pemilu 2024 adalah pemilu paling buruk di era reformasi. Kedua, kecurangan dilakukan secara masif dari hulu ke hilir, multistage dan memenuhi aspek terstruktur, sistematis dan masif.
Ketiga, kedua pihak sepakat menilai Presiden Jokowi terlibat dalam pemenangan Prabowo-Gibran. Keempat, proses Pemilu 2024 bermasalah yang dimulai dari pelanggaran etik di MK dan KPU. Juru Bicara Timnas, Amin Iwan Tarigan, membenarkan kesamaan pandangan itu.

3. Massa yang menamakan diri Gerakan Keadilan Rakyat, mengadakan unjuk rasa di depan gedung Bawaslu, Jl MH Thamrin, Jakpus, hari ini. Koordinator Gerakan Keadilan Rakyat, Ronald Mulia Sitorus mengatakan, bahwa Bawaslu harus bertanggungjawab terhadap hasil pemilu yang mereka nilai sudah direkayasa. Para pengunjuk rasa mengenakan pakaian serba hitam. Mereka merupakan gabungan dari puluhan relawan Ganjar-Mahfud MD. Spanduk dan poster yang mereka bawa antara lain bertuliskan: ‘Pemilu 2024 Curang, Rakyat Tidak Percaya’ dan ‘Selamatkan Demokrasi, Tolak Pemilu Rekayasa’.

4. Kalangan generasi Z (gen Z) yang baru memutuskan pilihannya di bilik suara pada hari pencoblosan Pemilu dan Pilpres pada 14 Februari 2024, mencapai 12,3%. Data tersebut diperoleh dari survei perilaku pemilih yang dilakukan Litbang Kompas dan dipaparkan pada hari ini. Selain itu, ada sebanyak 7,8% Gen Z yang menentukan pilihan sehari sebelum pencoblosan. Sikap “spontanitas” Gen Z ini, lebih tinggi dibandingkan generasi lainnya.

5. Partai Golkar mengakui mendapatkan efek elektoral karena mendukung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam Pemilu 2024. Pada Pemilu 2019, Golkar mendapat suara 12,31%, sedangkan pada Pemilu 2024, berdasarkan hitung cepat Litbang Kompas hari ini, perolehan Golkar sebesar 14,62%. Pada Pemilu terakhir ini, posisi Golkar di nomor 2 di bawah PDIP menggantikan posisi Gerindra dari hasil Pemilu 2019. Faktor lain penyebab kenaikan suara Golkar, kata Ketua DPP Partai Golkar Meutya Hafid, adalah figur Ketum Airlangga Hartarto, kader yang militan dan Golkar mengangkat keberhasilan Presiden Jokowi.

6. Praktisi keamanan siber yang tergabung dalam Cyberity mengungkapkan, server untuk penyimpanan data sistem informasi rekapitulasi (Sirekap) yang digunakan KPU sebagai alat bantu penghitungan suara Pemilu 2024 berada di China, dan menggunakan layanan cloud milik layanan penyedia internet (ISP) raksasa yang berbasis di China, Alibaba. Ketua Cyberity, Arif ‘Bangaip’ Kurniawan, hari ini menjelaskan, KPU sebagai lembaga yang menyangkut sektor publik dan dihasilkan dari APBN, dan sesuai ketentuan perundang-undangan yakni Peraturan Pemerintah No. 71/2019 dan UU 27/2022, maka seharusnya menggunakan server Indonesia.

7. Berdasarkan hasil hitung cepat Litbang Kompas per hari ini, PDIP meraih suara 16,35%, sedangkan pasangan calon yang diusung PDIP, PPP, Hanura dan Perindo, mendapat suara 16,30%, terendah dibandingkan 2 pesaing lainnya. Menurut Direktur Riset Poltracking Arya Budi, perolehan suara paslon nomor urut 3 yang lebih rendah daripada PDIP itu, menunjukkan terjadi split ticket voting di kalangan pemilih partai-partai pengusung Ganjar-Mahfud.

Arya menunjukkan, lebih dari 50% pemilih PPP malah mencoblos Prabowo-Gibran, dan sisanya terbelah antara Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud, demikian pula dialami pemilih PDIP. Namun, PDIP mampu bertahan sebagai partai dengan perolehan suara terbanyak karena punya basis massa yang kuat. Caleg-caleg PDIP di akar rumput bekerja sangat baik sehingga suara partai terjaga meski Ganjar-Mahfud kalah.

HUKUM

1. Mantan Dirut Pertamina, Karen Agustiawan mengatakan, dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam perkara dugaan korupsi pengadaan gas alam cair (LNG), tidak jelas. Sejumlah saksi kunci, luput dalam pemeriksaan di tahap penyidikan KPK. Dakwaan membingungkan karena disusun berdasarkan keterangan saksi-saksi yang tidak ada dalam BAP, kata Karen dalam eksepsi pribadinya pada sidang hari ini di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat.

Karen didakwa merugikan negara, sebesar USD 113,83 juta dalam pengadaan LNG untuk periode 2011-2021. Dakwaan itu dibacakan oleh jaksa penuntut umum KPK di ruang sidang Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta Pusat, pada Senin (12/2/2024).

2. Kapuspenkum Kejagung, Ketut Sumedana, memastikan kasus korupsi BTS 4G Bakti Kominfo tetap diusut. Penyidik, tidak menutup kemungkinan menetapkan tersangka baru jika cukup bukti. Sebelumnya, JAM Pidsus Febrie Adriansyah, mengaku belum punya cukup bukti untuk menetapkan status hukum Menpora Dito Ariotedjo terkait dengan kasus BTS. Dito disebut hakim saat menjatuhkan vonis bersalah untuk terdakwa Irwan Hermawan. Ia disebut menerima aliran dana Rp 27 miliar. Selain Dito, nama lain yang dikaitkan terlibat dalam korupsi ini adalah staf ahli anggota Komisi I DPR, Nistra Yohan.

EKONOMI

1. Sejumlah ekonom dan pemerintah, menyoroti dampak resesi Jepang dan Inggris terhadap Indonesia. PDB Jepang turun 0,4% (yoy), pada periode Oktober-Desember setelah penurunan 3,3% pada kuartal sebelumnya. Kontraksi dua kuartal berturut-turut biasanya dianggap sebagai definisi resesi teknis. Sementara PDB Inggris terkontraksi 0,3% pada kuartal IV-2023. Sebelumnya, kuartal III-2023 juga turun 0,1%.

Direktur Eksekutif Center of Reform on Economics (CORE), Mohammad Faisal menilai, resesi di Jepang lebih berdampak ke Indonesia ketimbang Inggris, karena Jepang adalah mitra dagang terbesar selain China, AS dan Asean. Perlambatan ekonomi di Jepang berpengaruh terhadap kinerja ekspor Indonesia, termasuk energi seperti batu bara dan gas, juga industri manufaktur, seperti otomotif. Senada, Wakil Direktur Indef, Eko Listiyanto, berpendapat ekspor yang terdampak antara lain tekstil, alas kaki, hasil laut, hingga perikanan. Berdasarkan data BPS, pada Januari 2024 nilai ekspor Indonesia ke Jepang turun 22,73% (yoy) dari nilai ekspor USD 1,89 miliar (Rp 29,49 triliun).

Mencermati perlambatan ekonomi Jepang dan Inggris, Sekretaris Kemenko Perekonomian, Susiwijono Moegiarso mengatakan, pemerintah lewat Satgas Peningkatan Ekspor Nasional telah menetapkan 12 negara prioritas tujuan ekspor Indonesia. Ke-12 negara prioritas tersebut adalah Arab Saudi, Belanda, Brasil, Chile, China, Filipina, India, Kenya, Korea Selatan, Meksiko, UEA dan Vietnam.

2. BPS melaporkan, sejumlah komoditas mempengaruhi Indeks Perkembangan Harga (IPH) pada minggu ketiga Februari 2024. Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Pudji Ismartini menyebutkan, kenaikan harga beras, cabai dan daging ayam paling banyak menyumbang perubahan IPH pada periode tersebut. Harga beras di minggu ketiga Februari Februari 2024 mencapai rata-rata sebesar Rp 14.380/kg. Selain itu, di 20% wilayah Indonesia harga berasnya lebih tinggi dari rata-rata harga beras nasional.

Sementara itu, Kadiv Pengadaan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) Perum Bulog, Cahyaningtyas Rispinatri mengatakan, hingga Minggu (18/2/2024) realisasi impor beras tahun 2024 mencapai 507.000 ton. Impor beras ini, dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dan stabilisasi harga. Bulog mengakui saat ini tidak dapat menyerap beras lokal, karena harga gabah sudah di atas Harga Pembelian Pemerintah (HPP). Bulog mendapatkan penugasan impor sebanyak 2,5 juta ton tahun ini.

TRENDING MEDSOS

1. Surya Paloh trending di X, setelah Ketua Umum Partai Nasdem itu bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Negara, pada Minggu sore (18/2/2024).

2. Terdapat lebih dari 2.000 pencarian di Google mengenai demo hari ini. Gabungan relawan Ganjar-Mahfud melakukan long march dari Patung Kuda ke Bawaslu, dalam rangka unjuk rasa menolak hasil Pemilu 2024 karena diwarnai kecurangan. Mereka meminta agar komisioner KPU dan Bawaslu diganti serta diadakan pemilu ulang yang jujur dan adil.

HIGHLIGHTS

1. Perihal pertemuan Surya Paloh dengan Presiden Jokowi kemarin di Istana Merdeka, menjadi atensi publik mengingat Paloh berada di kubu yang kalah dalam Pilpres 2024, sedangkan Jokowi dalam kubu pemenangan, Prabowo-Gibran. Siapa yang memerlukan siapa untuk terjadinya pertemuan itu, sesungguhnya dapat diketahui dari siapa yang menginisiasi pertemuan tersebut. Ternyata, dari kedua pihak tidak ada satu pihak pun yang mengaku sebagai inisiator pertemuan. Meskipun demikian, sulit untuk mengabaikan pendapat bahwa pertemuan itu dalam konteks “penyusunan” kekuatan pemerintahan mendatang.

2. Kubu 01 dan 03 makin rapat dalam menyusun barisan untuk menggugat kecurangan Pemilu 2024, sementara makin banyak laporan dugaan kecurangan yang dilaporkan melalui media sosial. Aksi protes pun sudah mulai digelar hari ini di Bawaslu. Masyarakat tentu sangat menunggu hasil akhir dari masalah ini.

3. KPU harus melakukan klarifikasi terhadap temuan Cyberity, bahwa server data Pemilu 2024 berada di China, dan menggunakan layanan cloud milik Alibaba. Memang untuk melayani keperluan data pemilu, dibutuhkan sistem IT yang andal. Yang menjadi pertanyaan tentu saja, apakah sistem yang amat dibutuhkan setiap 5 tahun sekali itu, tidak bisa dibikin oleh perusahaan Indonesia? Apalagi, data yang dihimpun itu jelas sangat penting bagi Indonesia, yang tentu amat diminati oleh pihak asing.

SUMBER

BRIEF UPDATE
Kerjasama MAKPI dengan BDS Alliance
Senin, 19 Februari 2024

Makpi Support
Makpi Support
Articles: 136

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *