Transaksi Janggal Pembelian Pespur, Independensi KPK Terhadap Rapat Kabinet, dan 12 Proyek Keluar dari PSN

POLITIK

1. Komisi Anti Korupsi Uni Eropa, dikabarkan menyelidiki kasus transaksi janggal pembelian pesawat tempur bekas dari Qatar, yang melibatkan Menhan Prabowo Subianto dan satu perusahaan di Eropa. Menurut laporan msn.com, perusahaan ini diselidiki terkait transaksi janggal Prabowo yang membeli 12 pesawat tempur bekas dari Qatar dengan harga USD 66 juta per pesawat, dengan total nilai USD 792 juta. Padahal, harga normal pesawat jet Qatar ini kurang dari separuh harga yg dipatok perusahaan Prabowo.

Transaksi janggal ini diduga terkait kebutuhan dana politik Prabowo untuk Pilpres 2024. Dari transaksi janggal ini, Prabowo diduga mendapat keuntungan 7% per pesawat, atau total USD 55,4 juta. Sebanyak USD 20 juta sudah dikantongi Prabowo saat berkunjung ke Qatar tahun lalu. Komisi Anti Korupsi Uni Eropa, sudah mengirim European Investigative Order (EIO) ke Kedubes AS di Jakarta 25 Januari lalu, terkait skandal ini.

2. Sekretaris Timnas Amin, Saan Mustopa, menilai narasi pilpres satu putaran tak perlu digaungkan. Menanggapi narasi sejumlah menteri yang menganjurkan pilpres satu putaran, Saan mengatakan, pemerintah sudah menganggarkan biaya untuk pilpres dua putaran. Menurut dia, narasi pilpres satu putaran untuk menghemat terkesan dipaksakan. Justru pilpres dua putaran memberikan masyarakat pilihan lebih baik, karena melalui seleksi yang lebih ketat dan kompetitif.

Sebelumnya, Menko PMK, Muhadjir Effendy mengatakan, ingin pilpres satu putaran dengan pertimbangan biaya, risiko sosial, investasi dan risiko makro ekonomi. Menurut Muhadjir, dalam satu putaran saja pemerintah menyalurkan dana sekitar Rp 17,3 triliun kepada KPU, dan Rp 40 triliun untuk keamanan. Sementara saat ini kementerian/lembaga berjaga-jaga dipotong anggarannya.

3. Pengamat militer, Connie Rahakundini Bakrie, mengaku telah bertemu dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono di Jakarta, pada Selasa (6/2/2024). Saat itu, Sultan bercerita bahwa ia diminta Presiden Jokowi untuk memfasilitasi pertemuan dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Menurut Connie, Sultan juga menyebut Jokowi panik.

Selain itu, Sultan juga menasihati Jokowi untuk tidak menyakiti Megawati dengan sikap politiknya. Sultan mengingatkan itu sampai tiga kali. Diminta konfirmasi, politikus PDIP, Ahmad Basarah mengaku tidak tahu-menahu. Presiden mengunjungi Sri Sultan Hamengku Buwono X, Minggu (28/1/2024). Pertemuan satu jam sejak pukul 10.30 WIB itu, berlangsung tertutup.

4. Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri mengakui dirinya juga seorang petugas partai. Istilah ‘petugas partai’ menjadi sorotan publik, usai Megawati menyematkannya pada Jokowi yang statusnya adalah Presiden RI. Megawati mengaku, tak pernah mengintervensi Jokowi sebagai pemimpin negara. Tugasnya sebagai ketua partai pengusung, hanya sebatas memberikan usulan atau masukan kepada Kepala Negara. Soal diterima atau tidak, kata dia, merupakan hak prerogatif Presiden.

5. Survei Indikator Politik Indonesia, pada 27 Januari-4 Februari 2024 menunjukkan, PDIP berada di puncak dengan elektabilitas 19,6%. Gerindra di posisi kedua dengan 17,2%, lalu Golkar 12,1% dan PKB 9,5%. Hasil survei Indikator Politik Indonesia juga mencatat, ada 4 partai politik lainnya yang masih akan melenggang ke DPR dan melewati ambang batas 4%, yakni PKS sebesar 7,9%, Demokrat 6,9%, Nasdem 6,7% dan PAN dengan 6,4%.

Sebanyak 10 partai terancam tak lolos ke Senayan. Beberapa partai tersebut adalah PPP dengan elektabilitas 2,2%, PSI dengan 2% dan Perindo 1,2%. Namun menurut Direktur Eksekutif Indikator, Burhanuddin Muhtadi, ketiga partai masih punya peluang lolos. Partai-partai lainnya yang diperkiraan tidak lolos yakni Gelora dengan elektabilitas 0,4%; Ummat 0,3%; Hanura 0,3%; PBB 0,2%; Partai Buruh 0,01%; Garuda 0,1% dan PKN 0%.

6. Gelombang petisi akademisi masih menggelinding. Hari ini Masyarakat Antropologi Indonesia, menyerukan keprihatinan atas carut-marut kondisi demokrasi saat ini. Seruan dibacakan Ketua Umum Asosiasi Antropologi Indonesia (AAI), Suraya Afif di Rumah Bung Hatta. AAI menyerukan presiden, para pejabat, serta calon wakil rakyat harus menjadi teladan dengan mengaktifkan nilai-nilai kejujuran dan menjunjung moral luhur dalam demokrasi. Bukan justru menimbulkan kerancuan.

Ia menyerukan, calon pemimpin negeri agar kembali kepada jati diri sebagai bangsa Indonesia yang menjunjung etika dan moral dalam berpolitik. Selain itu, AAI mengingatkan para martir reformasi tidak boleh mati sia-sia. Masyarakat harus menagih utang, untuk mengadili para pelanggar HAM berat di masa lalu.

Sementara aksi Koalisi Perempuan Penyelamat Demokrasi dan HAM, di depan Istana Merdeka dibubarkan aparat. Narahubung Koalisi Perempuan, Ulfa Kasim, mengatakan, pelarangan karena surat izin tidak masuk ke kepolisian. Anggota Koalisi Perempuan, Mike Verawati mengatakan, mereka harus ikut menyuarakan situasi menuju pemilu yang sudah tidak baik-baik saja. Vera menilai, Jokowi menggunakan kewenangannya untuk memberi jalan kepada pemenangan paslon tertentu. Karenanya, Koalisi Perempuan ikut menyerukan agar Presiden menghentikan kewenangan kekuasaannya untuk cawe-cawe dalam pemilu.

HUKUM

1. Ketua KPK Sementara, Nawawi Pomolango menyebut, independensi lembaganya tidak hanya menyangkut apakah para komisioner mengikuti rapat kabinet atau tidak. Ia merespons pernyataan cawapres Mahfud MD, jika terpilih ia tidak akan mengajak pimpinan KPK mengikuti rapat kabinet demi menjaga independensi KPK.

Menurut Nawawi, independensi bukan soal hadir atau tidak hadir rapat kabinet, melainkan bergantung pada sikap teguh KPK yang tidak mau diintervensi. Hal ini juga tidak terlepas dari kesadaran semua pihak untuk tidak mengintervensi KPK. Meski begitu, ia mengapresiasi niat baik Mahfud sebagai ikhtiar penguatan lembaga KPK. Sebelumnya, Mahfud menyebut KPK saat ini tidak independen. Ia menilai, persoalan itu tidak terlepas dari revisi Undang-Undang KPK Tahun 2019 dan pimpinan KPK Jilid V yang bermasalah.

EKONOMI

1. Pemerintah memutuskan, mengeluarkan 12 proyek dari daftar Proyek Strategis Nasional (PSN). Dikeluarkannya proyek-proyek tersebut, berdasarkan Peraturan Menko Perekonomian No. 8/2023 tentang Perubahan Daftar PSN. Asisten Deputi Percepatan dan Pemanfaatan Pembangunan Kemenko Perekonomian, Suroto mengatakan, proyek tersebut dicoret karena diperkirakan hingga semester II 2024 belum akan berproses.

Salah satunya proyek Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya. Proyek ini merupakan salah satu PSN, yang diatur dalam Perpres No. 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan PSN sebagaimana telah diubah terakhir dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 58 Tahun 2018.

2. Pelaku industri mengeluhkan dampak pemberlakuan Permendag No. 36/2023, terhadap kelangkaan bahan baku polyester yang dapat mengancam produksi belasan fasilitas manufaktur di Indonesia. Sekretaris Asosiasi Produsen Serta dan Benang Filamen Indonesia (APSyFI), Farhan Aqil mengatakan, ketentuan dalam Permendag tersebut menghambat impor bahan baku polyester yakni Mono Etilen Glikol (MEG). Terlebih, pemenuhan kebutuhan MEG masih 90% dari impor. Hanya ada satu industri dalam negeri yang memproduksi MEG dan belum mampu memenuhi kebutuhan domestik. Kondisi ini, membuat 11 industri polyester terancam stop produksi selama 1-2 bulan ke depan.

TRENDING MEDSOS

1. Amin di JIS trending di X. Pengguna X ramai mencuitkan persiapannya dalam rangka mengikuti kampanye akbar paslon 01, Anies-Imin, yang akan diselenggarakan di Stadion JIS pada 10 Februari mendatang.

2. Lebih dari 2.000 pencarian di Google mengenai hasil pemilu luar negeri, setelah beredar video hasil perhitungan suara Pemilu 2024 di enam negara. KPU memastikan video tersebut adalah hoaks, karena proses penghitungan suara pemilu di luar negeri baru akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024.

HIGHLIGHTS

1. Mendekati hari H pelaksanaan Pemilu 2024, narasi pilpres satu putaran semakin gencar disuarakan. Selain disuarakan sejumlah menteri, Mendag Zulkifli Hasan dan Meneg BUMN Erick Thohir dalam kapasitasnya sebagai juru kampanye paslon 02, juga oleh Menko PMK Muhadjir Effendy. Namun, pendapat Sekretaris Timnas Amin, Saan Mustopa, harus juga disampaikan kepada masyarakat bahwa negara sudah menganggarkan pilpres untuk dua putaran. Jangan karena alasan menghemat, masyarakat dipengaruhi untuk menjadikan pemilu satu putaran dengan mengarahkan pilihan kepada salah satu paslon.

2. Kabar tentang Komisi Anti Korupsi Uni Eropa, yang tengah menyelidiki transaksi penjualan pesawat tempur bekas dari Qatar, yang melibatkan Menhan Prabowo Subianto dan satu perusahaan di Eropa, perlu menjadi perhatian. Sebagaimana diketahui, Uni Eropa dan Amerika Serikat mempunyai undang-undang, yang melarang perusahaan yang berdomisili di wilayah mereka melakukan praktik bisnis yang melanggar prinsip tata kelola perusahaan yang baik, antara lain memberi suap kepada mitra bisnisnya di luar negeri. Pihak aparat penegak hukum Indonesia, sebaiknya juga turut memantau perkembangan penyelidikan tersebut.

SUMBER

BRIEF UPDATE
Kerjasama MAKPI dengan BDS Alliance
Jumat, 9 Februari 2024

Makpi Support
Makpi Support
Articles: 187