Ganjar Yakin PBNU akan Netral di Pemilu, 2 ASN Tersangka Suap di Proyek DJKA, dan Dana Pihak Ketiga Perbankan Melambat

POLITIK

1. Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo, mengaku yakin Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bersikap netral dalam Pemilu 2024. Ganjar menanggapi informasi yang diungkap cendekiawan NU, Nadirsyah Hosen (Gus Nadir), bahwa struktural PBNU mendapat arahan untuk memberikan dukungan pada paslon nomor urut 2, Prabowo-Gibran. Meski demikian, Ganjar menyinggung bahwa Ketum PBNU Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya), pernah mengatakan bahwa NU tidak akan jauh-jauh dari Jokowi, yang saat ini ditengarai condong mendukung pasangan Prabowo dan Gibran, putra sulungnya sendiri.

Dalam perbincangan sebuah podcast, Sabtu (20/1/2024), Gus Nadir mengungkapkan, ia mendapat informasi bahwa struktural PBNU mulai dari Rais Syuriyah, Ketua Tanfidziyah, hingga pengurus cabang dikumpulkan di Hotel Bumi, Surabaya, beberapa waktu lalu. Dalam pertemuan itu, kata Gus Nadir, Gus Yahya menyampaikan arahan agar mereka mendukung paslon 2.

Gus Nadir mengaku, protes bukan karena dukungan diberikan kepada paslon nomor urut 2, melainkan karena langkah politik itu bertentangan dengan pernyataan Gus Yahya pada forum Muktamar NU di Lampung, yang mengatakan PBNU akan bersikap netral. Sekjen PBNU Saifullah Yusuf, membantah terdapat arahan untuk memenangkan paslon 2. Meski demikian, ia membenarkan PBNU mengumpulkan para pengurus di Surabaya, yang menurut dia, hal ini wajar karena semua organisasi mengumpulkan pengurusnya menjelang pilpres.

2. Ketua DPP Nasdem, Bakhtiar Ahmad Sibarani, hari ini menyatakan rekaman suara percakapan yang disebut antara Ketum Nasdem Surya Paloh dan Anies Baswedan itu adalah hoaks. Ia menduga, video itu dibuat oleh pihak yang tidak suka dengan Anies dan Nasdem. Dalam rekaman video yang viral tersebut, terdengar suara yang dinarasikan sebagai Surya Paloh tengah memarahi Anies Baswedan. Dalam video itu, Surya Paloh menegur Anies karena hasil survei Pilpres 2024 selalu berada di urutan bawah.

3. Sejumlah pemilik kelompok bisnis besar Indonesia yang tergabung dalam Relawan Erick Thohir Alumni Amerika Serikat (ETAS), kemarin malam mendeklarasikan dukungan kepada pasangan nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Perwakilan ETAS, Garibaldi Thohir, yang merupakan kakak dari Menteri BUMN Erick Thohir, mengatakan bahwa dalam relawan ini terhimpun sepertiga penyumbang perekonomian Indonesia, diantaranya Djarum Grup, Sampoerna Grup dan Adaro Grup. Sementara itu, Head of Corporate Communication Adaro, Febriati Nadira mengatakan, klaim Boy Thohir, salah satu pemegang saham Adaro Group tersebut, merupakan pendapat pribadi bukan mewakili pendapat atau pilihan seluruh karyawan. Nadira menegaskan bahwa partisipasi setiap individu dalam politik, termasuk di Adaro adalah hak konstitusional dasar dan kebebasan warga negara yang diatur oleh undang-undang.

Menanggapi dukungan para konglomerat kepada paslon 2 itu, Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (Cak Imin), mengaku pihaknya tak gentar karena punya keberanian dan kemauan. Selain itu, kata Cak Imin, hari ini, di Bogor, masyarakat sudah cukup cerdas untuk memilih calon pemimpinnya di Pilpres 2024. Pilihan itu, lanjut dia, tidak ditentukan oleh seberapa banyak uang yang diberikan oleh calon tertentu. Rakyat tidak bisa dibeli dan tidak bisa diremehkan dengan uang.

5. Wakil Ketua TKN Prabowo Subianto-Gibran, Grace Natalie mengatakan, Presiden Jokowi dan Prabowo adalah contoh reformasi yang sebenarnya karena keduanya melepaskan ego masing-masing, dan berjalan bersama demi persatuan Indonesia. Hal tersebut disampaikan Grace, saat menerima deklarasi dari Relawan Alumni dan Akademisi Perguruan Tinggi di rumah Prabowo, Jaksel, kemarin. Menurut Grace, mustahil membangun reformasi di Indonesia jika narasi yang dibangun masih saling membenci.

6. Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud menyatakan, pihaknya tidak khawatir Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja dan membagi bansos pada hari yang bersamaan dengan kampanye Gibran Rakabuming Raka di Jawa Tengah, yang merupakan salah satu wilayah yang diperebutkan para paslon Pilpres 2024 dan basis suara Ganjar Pranowo. Ketua Dewan Pakar TPN Ganjar-Mahfud, Rieke Diah Pitaloka, kemarin mengatakan, pihaknya terus bergerak ke bawah dan gencar menjelaskan kepada masyarakat tentang asal-usul bansos. Meskipun diserahkan oleh Jokowi, rakyat harus tahu bahwa itu bukan berasal dari Jokowi, tetapi dari uang rakyat yang dipungut melalui pajak.

HUKUM

1. KPK menetapkan dua orang ASN sebagai tersangka baru dugaan suap proyek jalur kereta api di Ditjen Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub. Juru bicara KPK, Ali Fikri mengungkapkan, dua tersangka baru itu berasal dari Kemenhub dan BPK. Identitas keduanya akan diungkap saat KPK menahan mereka. KPK telah memeriksa Sekjen Kemenhub, Novie Riyanto, sebagai saksi untuk dua tersangka baru itu, Kamis (18/1/2024). Novie dikonfirmasi terkait lelang yang diduga dikondisikan, agar dimenangkan oleh pihak-pihak tertentu. Terkait perkara ini, KPK menetapkan 14 tersangka, termasuk dua tersangka baru tersebut.

2. Direskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Ade Safri Simanjuntak menyatakan, siap menghadapi gugatan praperadilan kedua yang diajukan mantan Ketua KPK, Firli Bahuri, di PN Jakarta Selatan. Kemarin, Firli kembali mempersoalkan penetapannya sebagai tersangka pemerasan terhadap eks Mentan Syahrul Yasin Limpo. Ade mengklaim, penyidikan tim penyidik gabungan Ditreskrimsus Polda Metro Jaya dan Dittipidkor Bareskrim Polri sudah dilakukan secara profesional, transparan dan akuntabel. Materi gugatan kedua ini, menurut Ade, sebenarnya telah diuji saat praperadilan pertama, sehingga ia optimistis gugatan kedua ini pun akan ditolak.

3. KPK memanggil mantan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin, hari ini. Ia diperiksa sebagai saksi dugaan suap dan pencucian uang (TPPU) dengan tersangka mantan Bupati Kutai Kartanegara, Rita Widyasari. Jubir KPK, Ali Fikri mengatakan, KPK juga memanggil empat saksi lain, yakni Agus Susanto (wiraswasta), Nikodemus R Pattuju (mahasiswa), Riefka Amalia (ibu rumah tangga) dan Ardi Yanoor (staf kantor hukum Maskur Husain).

Rita merupakan narapidana kasus korupsi yang menghuni Lapas Pondok Bambu. Ia divonis 10 tahun penjara karena terbukti menerima gratifikasi Rp 110.720.440.000, terkait perizinan proyek pada Dinas Pemkab Kukar. Keterlibatan Azis Syamsuddin, sempat mencuat dalam persidangan. Jaksa KPK mengungkap adanya uang dari Rita, dikirimkan kepada mantan penyidik KPK, AKP Stepanus Robin Pattuju dan pengacara Maskur Husain untuk mengurus sidang peninjauan kembali (PK). Keduanya, diperkenalkan oleh Azis Syamsuddin.

EKONOMI

1. Perlambatan pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) perbankan tampaknya akan berlanjut, setidaknya pada kuartal I-2024. Survei BI mencatat, perlambatan itu terindikasi dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) pertumbuhan DPK sebesar 16,1%, lebih rendah dibanding 93,7% pada kuartal sebelumnya. Perlambatan itu terjadi untuk semua instrumen, baik tabungan, giro maupun deposito, masing-masing sebesar 16,4%, 58,4%, dan 6,3%. Namun, survei BI melihat perlambatan tak akan berlangsung lama di 2024 ini. Tercermin dari SBT prakiraan penghimpunan DPK pada akhir 2024 tercatat sebesar 99,8%, lebih tinggi dibanding 93,7% tahun 2023.

Laju pertumbuhan kredit diperkirakan semakin membaik di 2024. Survei BI mencatat, outstanding kredit sampai akhir 2024 tumbuh 10,8% yoy, sejalan dengan target BI di kisaran 10%-12%. Proyeksi itu sedikit lebih tinggi dari 2023 sebesar 10,4% yoy. Meski begitu, secara kuartal (qtq) penyaluran kredit baru pada kuartal I-2024, tak setinggi kuartal sebelumnya. SBT prakiraan penyaluran kredit baru kuartal I-2024 sebesar 44,6%, lebih rendah dibanding 96,1% pada kuartal sebelumnya. Prioritas utama responden dalam penyaluran kredit baru adalah kredit modal kerja, diikuti oleh kredit investasi dan konsumsi. Pada jenis kredit konsumsi, penyaluran KPR/KPA masih menjadi prioritas utama.

2. Presiden Jokowi membagikan bantuan kepada petani yang gagal panen di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Nilainya, kata Presiden, ada yang Rp 200 juta, ada yang Rp 180 juta dan ada yang Rp 122 juta per kelompok tani. Bantuan itu, disalurkan melalui BNPB bagi kelompok petani yang terdampak bencana banjir maupun kekeringan. Ia minta, uang yang diterima segera digunakan untuk mulai tanam. Bantuan serupa, kata Jokowi, akan diberikan juga kepada petani di Kudus, Jepara, Demak dan Pati.

Selain membagikan bantuan gagal panen, di Grobogan Presiden juga membagikan sertifikat tanah rakyat. Ia mengatakan, hingga kini pemerintah sudah mengeluarkan 110 juta sertifikat tanah rakyat, sehingga dokumen yang perlu diserahkan, tersisa sekitar 16 juta. Ia menargetkan, pemberian sertifikat sudah tuntas pada 2025.

3. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan, dinamika politik tak akan mempengaruhi target peserta pelatihan program Kartu Prakerja. Tahun ini, pemerintah menargetkan 1,2 juta orang menjadi peserta pelatihan prakerja dengan anggaran Rp 4,8 triliun. Sampai akhir 2024, pemerintah menargetkan sekitar 19 juta orang mengikuti pelatihan prakerja. Adapun hingga saat ini, jumlah orang yang mengikuti pelatihan prakerja mencapai 17 juta lebih.

TRENDING MEDSOS

1. HUT Megawati Soekarnoputri trending di X. Hari ini merupakan ulang tahun Megawati Soekarnoputri yang ke-77.

2. Pembicaraan soal debat cawapres masih mewarnai X. Gibran masih jadi sorotan, termasuk topik Pengangguran Meningkat yang dikicaukan pendukung dan buzzer paslon nomor 02 dengan menyajikan berita angka pengangguran turun.

3. Tagar #Pindah02BolehBanget trending di X, diramaikan oleh postingan dukungan dari para buzzer paslon nomor urut 2, Prabowo-Gibran.

HIGHLIGHTS

1. Sikap netral PBNU dalam Pemilu 2024 yang kerap disuarakan oleh Ketum PBNU Gus Yahya, mendapat ujian di tataran implementasi. Sebagai organisasi keagamaan dengan pengikut terbesar di Indonesia, NU sejak dulu sudah berperan dalam politik sekaligus menjadi incaran kekuatan politik lainnya untuk dihimpun elektoralnya. Maka, dalam percaturan Pemilu 2024 ini, bisa saja petinggi PBNU selalu berkata netral, meskipun dalam implementasinya secara diam-diam memihak.

2. Pernyataan Wakil Ketua TKN Prabowo Subianto-Gibran, Grace Natalie, bahwa gandeng tangan Presiden Jokowi dengan Prabowo merupakan contoh reformasi yang sebenarnya, boleh saja dipahami demikian. Namun, dalam amanat reformasi 1998, eksplisit dinyatakan penolakan terhadap kolusi, korupsi dan nepotisme (KKN), yang satu unsurnya, nepotisme, sangat menonjol dalam gandeng tangan Jokowi-Prabowo.

3. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut, tahun ini pemerintah menargetkan 1,2 juta orang menjadi peserta pelatihan prakerja dengan anggaran Rp 4,8 triliun. Program yang dijalankan sejak masa pandemi covid-19 itu, memang ideal sebagai cara untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia Indonesia. Namun, sejauh ini masih minim informasi dari pemerintah tentang efektivitas program dengan anggaran sangat besar tersebut. DPR perlu menyorot masalah ini.

SUMBER

BRIEF UPDATE
Kerjasama MAKPI dengan BDS Alliance
Selasa, 23 Januari 2024

Makpi Support
Makpi Support
Articles: 187