Penyelidikan Video Gus Miftah Bagi-Bagi Uang Oleh Bawaslu Pamekasan, Kejagung Menyelamatkan Uang Negara 74 T, Inflasi 2023 Turun

POLITIK

1. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pamekasan, Jatim, sedang menyelidiki video viral yang menampilkan penceramah Miftah Maulana Habiburrahman (Gus Miftah), membagi-bagi uang kepada masyarakat yang mengantri. Dalam video itu juga terdengar suara teriakan “nomor dua, nomor dua” dan orang menunjukkan kaos bergambar Prabowo Subianto, sementara Gus Miftah sudah diketahui mendukung pasangan Prabowo-Gibran.

Video bagi uang Gus Miftah itu terjadi di kantor Perusahaan Rokok Bawang Mas, milik Khairul Umam (Haji Her) di Pamekasan dan beredar sejak 28 Desember 2023. Sehari setelah itu, beredar video klarifikasi Gus Miftah. Gus Miftah bilang, kedatangannya ke Pamekasan tidak dalam rangka kampanye, tetapi karena memenuhi undangan Haji Her yang merupakan pengusaha tembakau. Saat Haji Her tengah membagi uang, ia diminta untuk ikut membagikan uang.

Ketua Bawaslu Pamekasan, Sukma Umbara Tirta Firdaus mengatakan, dugaan sementara aksi bagi-bagi uang Gus Miftah tersebut masuk kategori pidana pemilu. Namun ia menekankan, itu masih dugaan, sehingga perlu didalami pembuktiannya. Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar, hari ini mengatakan, berdasarkan informasi yang diperolehnya, aksi itu diduga merupakan bentuk kampanye capres-cawapres nomor urut 2. Bukan hanya uang yang dibagikan, tapi juga kaos bergambar Prabowo. Cak Imin mengatakan, timnya akan melaporkan ke Bawaslu RI.

2. Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo menilai, bantuan sosial (bansos) saat ini menjadi komoditas yang bernuansa politis, menjelang Pemilu dan Pilpres 2024. Ganjar hari ini di Boyolali, Jateng, mengatakan bansos memang tak bisa dihentikan sebab sudah diatur dalam UU dan menjadi hak masyarakat. Namun, dia meminta agar penyalurannya tak dipolitisasi. Presiden Jokowi sudah menetapkan bahwa bansos beras, dan lainnya akan dibagikan sampai Juni 2024.

Sementara itu, Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, meminta Bawaslu melakukan investigasi terhadap penyaluran bansos yang dibagikan pada masa pemilu. Deputi Hukum TPN Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis mengungkapkan, pembagian bansos oleh pemerintah rentan akan menguntungkan paslon capres-cawapres tertentu.

3. PPP tetap komit berada dalam barisan pendukung paslon Ganjar-Mahfud MD. Pernyataan tersebut disampaikan Sekjen PPP, Arwani Thomafi. Menanggapi kabar sekelompok kader PPP yang menyatakan dukungan kepada Prabowo-Gibran, di Jakarta, Kamis lalu. Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PPP, Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan bahwa wajar ada perbedaan pandangan dalam demokrasi, tapi ia memastikan PPP solid mendukung Ganjar-Mahfud.

Kelompok yang menamakan diri Pejuang PPP, melakukan deklarasi dukungan kepada paslon nomor urut 2 di Hotel Ambhara, Jaksel, Kamis (28/12/2023). Deklarasi itu dihadiri Ketua TKN Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani. Beberapa kader PPP yang hadir antara lain, Wakil Sekretaris Majelis Pertimbangan DPP PPP, Hizbiyah Rochim, Witjaksono dan Raden Agung Zainal Abidin.

Menanggapi hal tersebut Politikus PDIP Aria Bima mengungkapkan, perbedaan arah dukungan sejumlah kader yang tidak sesuai dengan keputusan partai merupakan hal lumrah. Ia memberi contoh, beberapa kader Golkar di NTT yang mendukung Ganjar-Mahfud. Bima lantas menekankan, pentingnya internal partai untuk menegakkan aturan serta berkomitmen terhadap keputusan yang telah disepakati bersama. Sekjen PPP, Arwani Thomafi mengatakan, akan menegakkan aturan partai terhadap mereka yang berbeda dengan sikap partai.

4. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Jakarta Pusat, menemukan data dan fakta baru dalam kasus dugaan pelanggaran yang dilakukan cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, terkait kegiatan membagi susu di area car free day (CFD), Jakarta. Ketua Bawaslu Jakarta Pusat, Christian Nelson Pangkey, mengatakan temuan data dan fakta baru itu membuat pihaknya butuh waktu untuk mengkaji dugaan pelanggaran tersebut, sehingga putusan belum dibacakan kemarin.

Gibran membagikan susu gratis kepada masyarakat yang sedang berkegiatan di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Minggu (3/12/2023). Pemda DKI menetapkan aturan bahwa saat CFD, tidak boleh digunakan untuk kegiatan politik. Gibran mengaku tidak berkampanye karena tidak menggunakan alat peraga kampanye (APK).

5. Kejaksaan Negeri Jakarta Timur, mengabulkan permohonan penangguhan penahanan juru bicara Tim Nasional (Timnas) Anies-Muhaimin (Amin), Nurinda “Indra” Charismiadji. Hal tersebut disampaikan Ketua Tim Hukum Timnas Amin, Ari Yusuf Amir, kemarin. Indra ditahan oleh Kejari Jaktim pada Rabu (27/12/2023) atas tuduhan penggelapan pajak perusahaan tahun 2019, sebanyak sekitar Rp 1 miliar.

Tim Amin mengajukan surat penangguhan penahanan dengan argumen, kejari harus menghormati moratorium proses hukum terhadap kontestan Pemilu 2024 yang sudah diumumkan jaksa agung. Dalam surat penangguhan penahanan yang bertindak sebagai penjamin adalah anggota DPR RI Fraksi Nasdem, Ahmad Sahroni.

6. Menko Polhukam Mahfud MD, kemarin menyatakan, para pengungsi Rohingya yang diusir oleh sekelompok mahasiswa di Aceh akan ditempatkan di dua lokasi aman, yakni di gedung Palang Merah Indonesia (PMI) dan gedung Yayasan Aceh. Mereka juga akan dijaga oleh aparat keamanan. Aksi pengusiran paksa pengungsi Rohingya yang ditampung Balai Meuseuraya Kota Banda Aceh, terjadi pada Rabu (27/12/2023).

Sebanyak 135 pengungsi etnis Rohingya, dipindahkan paksa ke kantor Kanwil Kemenkumham Aceh. Aksi mahasiswa itu mengundang perhatian internasional. Mahfud mengatakan, Indonesia tidak punya ikatan lain selain ikatan kemanusiaan kepada para pengungsi Rohingya. Sampai hari ini, tercatat lebih dari 1.500 pengungsi Rohingya yang tiba di pantai Aceh sejak pertengahan November lalu.

HUKUM

1. Sepanjang 2023, Kejaksaan Agung melalui Jaksa Agung Muda Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Jamdatun), berhasil menyelamatkan uang negara Rp 74,7 triliun, dan memulihkan keuangan negara Rp 10,4 triliun. Kapuspenkum Kejagung, Ketut Sumendana, hari ini mengatakan, penanganan perkara yang telah berhasil diselesaikan itu melalui jalur litigasi dan nonlitigasi.

Pada jalur litigasi, berhasil diselesaikan 1.287 perkara dari 1.781 yang dilaporkan. Dalam perkara TUN juga, 167 perkara berhasil diselesaikan atau 61,62% dari total 271 perkara melalui proses litigasi. Pada jalur nonlitigasi, 6.883 perkara berhasil diselesaikan, atau 40,15% dari total 17.140 perkara yang dilaporkan.

2. Presiden Jokowi, hari ini mengatakan, belum menunjuk pengganti Firli Bahuri yang telah diberhentikan karena menjadi tersangka kasus pemerasan terhadap eks Mentan Syahrul Yasin Limpo. Sementara itu, mantan penyidik KPK, Yudi Purnomo, mengusulkan Nawawi Pomolango menjadi ketua definitif pengganti Firli Bahuri di kursi pimpinan tertinggi KPK. Ia berharap pengganti Firli yang ditunjuk Presiden, nanti melanjutkan posisi wakil ketua, bukan posisi ketua. Nawawi, kata Yudi, pantas dari sisi kemampuan, senioritas dan rekam jejaknya tak bermasalah.

EKONOMI

1. Bank Permata memperkirakan inflasi tahunan pada 2023, akan mengalami penurunan signifikan. Ekonom Bank Permata Josua Pardede, memperkirakan, inflasi akhir tahun 2023 akan sebesar 2,81% (yoy), turun dari 5,51% yoy pada 2022. Ini juga turun dibandingkan inflasi tahunan bulan November, yang mencapai 2,86%. Menurut dia, penurunan ini terutama disebabkan turunnya harga minyak dan energi global.

Josua menyebut, inflasi harga bergejolak, terutama pada harga pangan tetap jadi pendorong utama inflasi secara keseluruhan. Di sisi lain, inflasi inti akan turun dari 1,87% yoy di November jadi 1,83% yoy di Desember 2023. Namun, secara bulanan, inflasi inti diperkirakan menguat dari 0,12% (mom) menjadi 0,17% mom yang didorong peningkatan permintaan terkait liburan akhir tahun.

2. Presiden Jokowi meminta audit pengoperasian smelter dilakukan sangat teliti, harus dilakukan dua atau bahkan tiga kali. Jangan sampai insiden smelter nikel sepekan terakhir–ledakan, di PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel yang menewaskan 18 orang pekerja, dan kebakaran di PT Gunbuster Nickel Industry, terulang kembali. Namun ia mengakui, pengoperasian smelter nikel merupakan pekerjaan yang sulit. Mengenai dua insiden terakhir, ia mengatakan masih dalam proses investigasi kepolisian.

3. Wakil Menteri BUMN, Kartika “Tiko” Wirjoatmodjo mengatakan, Menteri BUMN Erick Thohir akan mengumumkan dua dana pensiun (dapen), pelat merah yang terindikasi fraud pada Januari 2024. Dua dapen BUMN tersebut tengah diaudit oleh BPKP. Tiko tak menampik audit dua dapen tersebut, kini sudah rampung. Sebelumnya diberitakan, Erick Thohir mengungkapkan rencananya melaporkan kembali dapen BUMN ke Kejaksaan Agung. Semula pelaporan akan dilakukan Desember ini, namun ditunda karena BPKP masih belum selesai mengaudit.

TRENDING MEDSOS

1. Budi Djiwandono menjadi pencarian terbanyak di Google, dengan jumlah lebih dari 5.000 pencarian. Ini terkait pernikahan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra tersebut, dengan Ludmilla FS. Budi Djiwandono adalah keponakan dari Ketum Gerindra Prabowo Subianto.

HIGHLIGHTS

1. Semula pemerintah berencana memberikan bansos beras 10 kg per bulan sampai November 2023. Namun, pada awal November lalu, Mendag Zulkifli Hasan mengatakan, pemerintah memutuskan untuk memperpanjang masa penyaluran bansos itu hingga Juni 2024. Berdasarkan data dari Kemensos, ada sekitar 20,6 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang membutuhkan bansos beras. Sebagian dari penerima bansos beras itu juga mendapatkan bansos dalam bentuk lain, seperti uang tunai.

Memang wajar muncul kecurigaan bahwa bansos akan menjadi ‘alat politik’, dari pemerintah untuk memenangkan suara paslon yang didukung pemerintah, mengingat begitu masif jumlah penerimanya. Maka sudah sewajarnya, Bawaslu benar-benar mencermati pembagian bansos di lapangan. Di sisi lain, para kontestan pemilu juga harus mensosialisasikan makna bansos sebagai jaring pengaman sosial yang sudah dibuat bersama oleh pemerintah dan DPR, bukan merupakan bentuk ‘kedermawanan’ pemerintah.

2. Langkah yang diambil Menko Polhukam Mahfud MD, dalam mengatasi masalah pengungsi Rohingya di Aceh sudah selaras dengan prinsip kemanusiaan yang dianut RI. Bagaimanapun para pengungsi itu adalah manusia yang sedang dalam kondisi sangat terjepit, yang membutuhkan pertolongan segera. Memang dulu, sebagian masyarakat Indonesia sangat bergelora mendukung etnis Rohingya yang ditindas oleh rezim militer Myanmar, namun belakangan semangat dukungan itu seolah meredup. Bagi pemerintah kemanusiaanlah ukuran tertinggi, sebagaimana tercantum dalam falsafah hidup bangsa Indonesia; Pancasila.

sumber

BRIEF UPDATE
Kerjasama MAKPI dengan BDS Alliance
Sabtu, 30 Desember 2023

Makpi Support
Makpi Support
Articles: 187