Debat Capres Malam Ini, Pemeriksaan Nurdin Halid, Hingga Biaya Hidup Jakarta Naik

POLITIK

1. Debat pertama capres akan digelar malam ini di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, mulai pukul 19.00 WIB. Debat pertama ini antarcapres, namun cawapres juga wajib hadir mendampingi. Ketua KPU, Hasyim Asy’ari, menyatakan rundown debat capres akan berlangsung selama 150 menit. Rinciannya, durasi debat total 120 menit yang dibagi menjadi 6 segmen, sedangkan 30 menit sisanya untuk pariwara. Tema debat meliputi Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga.

2. Ketua KPK sementara, Nawawi Pomolango, meminta Presiden Jokowi menegur pejabat yang terlambat menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) kepada KPK. Permintaan itu disampaikan pada peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2023 yang dihadiri Presiden Jokowi dan sejumlah pejabat tinggi negara di Istora Senayan, Jakarta Pusat, hari ini. Nawawi juga meminta Presiden menegur para pejabat yang meskipun telah melaporkan LHKPN, tetapi tidak mengisi komponen kekayaan itu dengan benar.

3. Presiden Jokowi menyatakan perlu ada penguatan regulasi dalam pemberantasan korupsi, antara lain melalui UU Perampasan Aset dan UU Pembatasan Transaksi Uang Kartal. Pernyataan itu disampaikan Jokowi dalam acara Puncak Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia di Istora Senayan, Jakarta Pusat, hari ini. Karena itu, Jokowi mendesak supaya 2 RUU tersebut segera diselesaikan.

4. Berdasarkan hasil jajak pendapat Litbang Kompas pada 29 November-4 Desember 2023, ada 28,7% responden belum menentukan pilihan (undecided voters) pada Pilpres 2024. Sebagian besar undecided voters itu adalah generasi X atau mereka yang masuk rentang usia 41-60 tahun. Menurut pendapat pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno, hari ini, mereka adalah para pemilih matang dan rasional yang akan menentukan pilihan berdasarkan program yang konkret dari pasangan capres-cawapres. Oleh karena itu, kata Adi, setiap kandidat harus menyajikan program yang substantif, objektif dan terukur.

5. Sejak kemarin beredar di media sosial “Buku Hitam Prabowo Subianto” dalam format pdf sepanjang 198 halaman, yang berisi sepak terjang capres nomor urut 2 tersebut dari semasa aktif di kemiliteran hingga kini. Buku tersebut ditulis oleh Azwar Furgudyama, S Fil I. Di dalam buku tersebut juga diuraikan tentang keterlibatan Prabowo dalam kasus penculikan aktivis politik 1998, dan juga pemecatannya dari dinas militer.

Buku tersebut ditulis oleh Azwar, salah seorang aktivis 1998, dan diluncurkan di Jakarta bertepatan dengan Hari HAM Internasional, 10 Desember lalu. Azwar berharap peluncuran buku itu bertujuan agar kasus pelanggaran HAM, terkhusus yang melibatkan Prabowo tidak terulang. Dia mengingatkan, pelanggaran HAM adalah urusan serius dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Menanggapi kehadiran ‘Buku Hitam Prabowo Subianto’, Ketua Relawan Prabowo Mania 08, Immanuel Ebenezer (Noel), kemarin mengatakan maraknya penyebaran berita yang mendiskreditkan Prabowo jelas diembuskan dengan dasar muatan politik Pilpres 2024. Dia mengklaim banyak pihak yang dirugikan atas kejadian 1998 kini sudah berada di kubu Prabowo.

HUKUM

1. KPK hari ini memeriksa Wakil Ketua Umum Golkar, Nurdin Halid, sebagai saksi dalam kasus dugaan gratifikasi dan pencucian uang Hakim Agung nonaktif, Gazalba Saleh. Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri, belum merinci materi pemeriksaan Nurdin. Gazalba kembali ditetapkan sebagai tersangka dugaan korupsi, usai dinyatakan bebas dalam perkara suap penanganan perkara. Gazalba diduga menerima gratifikasi hingga sekitar Rp 15 miliar.

2. Eks Wakil Ketua DPR, Azis Syamsuddin, sudah keluar dari penjara sejak 18 Agustus 2023, kini sedang menjalani bebas bersyarat. Menurut keterangan Koordinator Hukum dan Protokol Ditjen PAS Kemenkumham, Deddy Eduar Eka Saputran, hari ini mengatakan Azis yang mendapat vonis kurungan 3 tahun 6 bulan, mendapatkan hak bebas bersyarat karena berkelakuan baik selama menjalani masa tahanan. Pengadilan Tipikor Jakpus menjatuhkan vonis tersebut pada 17 Februari 2022. Politisi Partai Golkar itu terbukti menyuap penyidik KPK, AKP Stepanus Robin Pattuju.

EKONOMI

1. Berdasarkan Survei Biaya Hidup (SBH) 2022, BPS mencatat biaya hidup di Jakarta mencapai Rp 14,88 juta per bulan pada 2022, naik dari Rp 13,45 juta pada SBH 2018. Biaya hidup di Jakarta merupakan yang tertinggi di Indonesia. Posisi kedua adalah Bekasi Rp 14,33 juta per bulan, disusul Surabaya Rp 13,35 juta, dan Depok di posisi keempat dengan Rp 13,35 juta.

Survei dilakukan di 90 kota dengan memperhitungkan sejumlah biaya hidup dan belanja komoditas, antara lain tarif listrik, bensin, minyak goreng, bahan makanan, susu, pulsa handphone, harga sewa rumah dan sebagainya. Sementara, Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta 2024 sebesar Rp 5.067.381, hanya naik 3,6% atau Rp 165.583 dari UMP 2023.

2. Mendag, Zulkifli Hasan, mengatakan pemerintah akan memberikan masa percobaan selama 3-4 bulan untuk penggabungan TikTok Shop dengan Tokopedia. Zulkifli mengatakan, pemerintah ingin para pedagang bisa mulai kembali berjualan dengan lancar di platform e-commerce, usai penggabungan TikTok Shop dan Tokopedia. Dia berharap apa yang dilakukan pemerintah itu bisa membangun ekosistem e-commerce bagi UMKM. TikTok Shop mulai beroperasi kembali hari ini, setelah menggandeng Tokopedia dengan menguasai 75,01% saham Tokopedia.

Sementara itu, Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia, mengatakan pihaknya belum menerima izin penggabungan TikTok Shop dengan Tokopedia. Meski demikian, Bahlil mengatakan penggabungan keduanya sudah jelas, dengan mekanisme business to business (B2B), dan tinggal ada persetujuan saja dari pemerintah. Bahlil juga menjelaskan, Tokopedia selama ini sudah memegang izin untuk transaksi digital.

3. BPJS Kesehatan menemukan adanya dugaan fraud atau kecurangan yang dilakukan sejumlah rumah sakit (RS) dalam melakukan klaim pembayaran BPJS. Dirut BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti, melaporkan tahun ini saja dugaan kecurangan yang berhasil dicegah mencapai Rp 866 miliar. Modusnya antara lain excessive usage atau penggunaan untuk hal yang tidak perlu, phantom billing atau klaim palsu tanpa disertai tindakan. Klaim palsu ini menjadi temuan paling banyak. Untuk mengatasi hal ini, BPJS sudah membentuk tim khusus yang menangani kasus kecurangan.

TRENDING MEDSOS

1. Wiranto trending di X (Twitter), setelah ia mengaku heran mengenai dugaan pelanggaran HAM Prabowo yang terus diungkit.

2. Anies trending di X (Twitter), setelah survei Litbang Kompas (11/12/2023) yang menempatkan Anies-Imin berada di urutan kedua tertinggi setelah Prabowo-Gibran. Ramai tweet dari akun @IsmailFahmi yang membahas volume percakapan ketiga paslon.

HIGHLIGHTS

1. Acara debat capres perdana malam ini, yang digelar KPU menjadi momen yang dinanti banyak calon pemilih untuk mengetahui kemampuan para kandidat capres dalam merespons masalah yang dimunculkan. Diharapkan forum debat ini dapat mengeksplorasi lebih dalam setiap kandidat, bukan sekadar monolog.

2. Dalam peringatan Hari Antikorupsi Sedunia hari ini, Presiden Jokowi menyebut butuh instrumen UU Perampasan Aset dan UU Pembatasan Transaksi Uang Kartal untuk penguatan pemberantasan korupsi. Sedangkan Ketua KPK sementara, Nawawi Pomolango, meminta Presiden Jokowi menegur pejabat yang terlambat menyampaikan LHKPN atau tidak mengisi LHKPN dengan benar. Bagaimanapun, masyarakat umum sudah lama merasakan kondisi korupsi sudah makin parah, yang butuh penanganan ekstra serius.

Sumber

BRIEF UPDATE
Kerjasama MAKPI dengan BDS Alliance
Selasa, 12 Desember 2023

Makpi Support
Makpi Support
Articles: 187