BRIEF UPDATE Produksi BDS Alliance/ Kerjasama dengan MAKPI – Senin, 4 Desember 2023

POLITIK

1. Presiden Jokowi siang hari ini bertolak dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma untuk melakukan kunjungan kerja ke Nusa Tenggara Timur (NTT). Dia ditemani antara lain Menteri BUMN, Erick Thohir dan Menpora, Dito Ariotedjo. Jokowi mengatakan ada banyak agenda di NTT. Kunjungan Presiden ke NTT ini hanya berselang beberapa hari dari kegiatan kampanye capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, di kawasan itu, pada Jumat (1/12/2023) dan Sabtu (3/12/2023). Ganjar mengaku tak masalah, karena Presiden punya kewenangan untuk berkunjung ke manapun.

Peristiwa ‘kebetulan’ serupa sudah terjadi sebelumnya. Pada Kamis (26/10/2023), sebelum masa kampanye, Ganjar mengunjungi Lampung, sehari kemudian Presiden Jokowi mengunjungi provinsi tersebut. Pada Senin (20/11/2023), sebelum masa kampanye dimulai, Ganjar mengunjungi Sorong, Ibu Kota Papua Barat Daya. Dua hari kemudian, Jokowi mendatangi Sorong pada Rabu (22/11/2023).

2. Presiden Jokowi hari ini membantah pengakuan Ketua KPK periode 2015-2019, Agus Rahardjo, yang menyebut Jokowi pernah memarahi Agus dan memerintahkan supaya pengusutan kasus korupsi proyek e-KTP yang menjerat Ketua DPR Setya Novanto (Setnov) dihentikan. Presiden Jokowi balik memertanyakan motif dari Agus Rahardjo meramaikan masalah tersebut.

Presiden menjelaskan, ada tiga hal yang menjadi bukti tidak adanya intervensi pemerintah dalam kasus itu. Pertama, berdasarkan pemberitaan pada November 2017 Presiden meminta Setnov mengikuti proses hukum. Kedua, terbukti proses hukum berjalan. Ketiga, Setnov sudah dihukum dengan vonis hukuman berat yakni 15 tahun penjara.

Agus Rahardjo menduga, upaya intervensi Presiden Jokowi dalam pengusutan kasus e-KTP itu menjadi salah satu latar belakang dilakukan revisi UU KPK yang menempatkan KPK berada di rumpun eksekutif di bawah presiden, dari semula independen. Namun, dugaan Agus ini dibantah pihak istana bahwa revisi UU KPK merupakan inisiatif DPR.

3. Panglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto, akan mengusulkan mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen (Purn) Doni Monardo, sebagai pahlawan nasional, mengingat atas jasa-jasa yang telah dilakukan Doni Monardo semasa hidupnya. Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, mendukung gagasan Jenderal Agus, yang menyampaikan rencana itu usai pemakaman Doni Monardo di TMP Kalibata, hari ini. Doni meninggal dunia karena sakit dalam usia 60 tahun kemarin. Nama Doni Monardo mengemuka saat menjabat Ketua BNPB sekaligus Kepala Satgas Penanggulangan Covid-19 sejak 2020.

4. Politisi PSI, Ade Armando, menyampaikan permintaan maaf atas pernyataannya yang telah menyulut protes keras dari sejumlah kalangan masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kelompok masyarakat yang menamakan diri Paguyuban Masyarakat Ngayogyakarta Untuk Sinambungan Keistimewaan (Paman Usman), hari ini mendatangi kantor DPD PSI Yogyakarta untuk menyampaikan protes keras terhadap Ade dan PSI.

Protes mereka disulut oleh kritik Ade terhadap kegiatan ketua BEM UI dan ketua BEM UGM, yang melakukan aksi protes terhadap politik dinasti dengan mengambil tempat di Yogyakarta. Kegiatan aksi tersebut dinilai Ade sebagai ironi karena mereka berada di sebuah wilayah yang jelas-jelas menjalankan politik dinasti dan mereka diam saja. Paman Usman menilai, pernyataan Ade itu menghina DIY karena keberadaan Yogyakarta sebagai daerah istimewa, dikukuhkan dalam konstitusi.

5. Co-captain TPN Anies-Muhaimin, Thomas Lembong, meminta Menkeu Sri Mulyani buka-bukaan soal kenaikan pinjaman luar negeri untuk pengadaan alutsista Kemenhan. Seperti diketahui, anggaran pengadaan alutsista 2020-2024 dari pinjaman luar negeri bertambah dari USD 20,75 miliar jadi USD 25 miliar. Tom Lembong, menyayangkan Kemenkeu tidak membuka secara transparan untuk membeli apa saja anggaran itu. Dia juga menyayangkan kenaikan anggaran terjadi saat negara menghadapi banyak kebutuhan, termasuk pangan.

6. Captain Timnas Anies-Muhaimin (Amin), M Syaugi, hari ini membantah tudingan anggota Dewan Pakar Prabowo-Gibran, Drajat H Wibowo, yang menyebut tim Amin yang meminta debat cawapres ditiadakan. Syaugi menegaskan, dalam pertemuan di KPU, Rabu (29/11/2023). Wakil Tim Amin, Nihayatul Wafiroh, mengusulkan debat dihadiri pasangan capres-cawapres lengkap, bukan menghilangkan debat cawapres. Syaugi juga menjelaskan KPU berjanji akan mengadakan pertemuan dengan masing-masing tim paslon. Dia mengaku masih menunggu undangan pertemuan tersebut.

Dalam keterangan tertulisnya, Nihayatul Wafiroh menjelaskan tim Amin menyampaikan ide capres-cawapres selalu dihadirkan dalam rangkaian debat, bukan menghilangkan debat khusus cawapres. Dia juga mengungkapkan, TKN Prabowo-Gibran saat pertemuan menginginkan pemaparan visi-misi saja dalam debat. Tim Prabowo-Gibran juga ingin format debat hanya tanya-jawab paslon dengan moderator dan panelis, serta menghilangkan sanggahan antarpaslon. Sistem saling menanggapi dianggap Tim Prabowo-Gibran hanya menghabiskan waktu untuk menjelaskan visi-misi. Nihayatul menegaskan, tim Amin menolak usulan tersebut karena akan membatasi pengenalan pemilih terhadap kualitas utuh para paslon.

HUKUM

1. Wamenkumham, Edward Omar Sharif Hiariej (Eddy), hari ini memenuhi panggilan KPK sebagai saksi untuk tersangka lain terkait kasus dugaan penerimaan suap dan gratifikasi. Dalam kasus tersebut, Eddy juga sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Eddy menyatakan selalu siap apabila diperiksa KPK. Wakil Ketua KPK, Johanis Tanak, menyebut pihaknya berhati-hati dalam mengusut kasus ini.

EKONOMI

1. Mendag, Zulkifli Hasan, menyebut kenaikan harga gula, salah satunya disebabkan karena India menutup keran ekspor pangannya untuk menjaga inflasi. India adalah pemasok utama komoditas gula RI. Sebelumnya, Kepala Bapanas, Arief Prasetyo Adi, mengungkapkan kenaikan harga gula konsumsi disebabkan importasi gula tahun ini seret. Biasanya kuota importasi gula menjadi rebutan importir karena harga gula internasional lebih murah ketimbang produksi lokal.

Namun sekarang, karena ada harga acuan, importir tak ada yang mau diberi kuota impor. Selain itu, importir enggan merealisasikan kuota impornya dengan alasan harga internasional sedang tinggi. Hari ini harga gula konsumsi sudah Rp 17.230 per kg, di atas harga acuan pembelian Rp 16.000 per kg.

2. Berdasarkan Sensus Pertanian (ST) 2023 yang dilakukan BPS, selama 10 tahun terakhir jumlah usaha pertanian sebanyak 29,36 juta unit, turun 7,42% dari 2013 yang masih 31,71 juta. Sekretaris Utama BPS, Atqo Mardiyanto, menyebut turunnya usaha pertanian itu disebabkan penurunan jumlah usaha pertanian perorangan (UTP) sebesar 7,45%, dari 31,70 juta pada 2013 menjadi 29,34 juta pada 2023. Sementara itu, Usaha Pertanian Perusahaan Berbadan Hukum (UPB) justru meningkat 35,54%, dari 4.209 menjadi 5.705 unit. Usaha pertanian lainnya (UTL), juga meningkat drastis 116,08%, dari hanya 5.982 tahun 2013 menjadi 12.926 pada 2023.

ST 2023 juga menunjukkan Rumah Tangga Usaha Pertanian (RTUP) kategori gurem meningkat 2,64 juta dalam 10 tahun terakhir. Pada 2013 jumlah petani gurem tercatat 14,25 juta RTUP, sementara pada 2023 menjadi 16,89 juta RTUP, atau meningkat 18,54%. RTUP Gurem adalah rumah tangga yang menggunakan lahan (pertanian/tempat tinggal) kurang dari 0,50 hektare. Selama satu dekade terakhir, RTUP secara agregat meningkat dari 26,14 juta menjadi 28,42 juta.

3. OECD merevisi proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Dalam laporan terbarunya, akhir November 2023, OECD menyebut pertumbuhan ekonomi RI pada 2023 sebesar 4,9%, naik dari proyeksi sebelumnya yang rilis September 2023 sebesar 4,7%. Untuk 2024, organisasi tersebut juga meningkatkan proyeksi menjadi 5,2% dari laporan sebelumnya yang sebesar 5,1%. Sedangkan pada 2025 diproyeksikan sebesar 5,2%. OECD memproyeksikan RI akan mempertahankan pertumbuhan yang cepat dan stabil, didukung kondisi pasar tenaga kerja yang lebih baik dan inflasi yang lebih rendah.

OECD juga menyebut kemajuan Indonesia dalam melakukan diversifikasi produk dan pasar ekspor, khususnya melalui perjanjian perdagangan preferensial dengan mitra lain yang tumbuh pesat. Namun Indonesia juga dinilai masih rentan terhadap risiko eksternal, mencakup ketegangan geopolitik di kawasan lain. Selain itu hambatan nontarif oleh mitra dagang terkait deforestasi dan pungutan penyesuaian batas karbon.

TRENDING MEDSOS

1. Cawapres trending di X (Twitter), setelah KPU mengumumkan perubahan format debat capres-cawapres dengan menghadirkan pasangan capres-cawapres pada seluruh sesi debat. Format baru ini pun menuai pro dan kontra.

2. Nama Ade Armando trending di X (Twitter), karena pernyataannya yang menyebut posisi Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta dijabat oleh Sultan tanpa melalui pemilu sebagai pelanggaran konstitusi dan praktik politik dinasti.

3. lebih dari 2.000 pencarian di Google Trends mengenai Kasus Covid di Singapura, yang meningkat hingga 20.000 kasus. Peningkatan kasus ini dipicu oleh faktor musim liburan/perjalanan akhir tahun, dan berkurangnya sistem kekebalan tubuh penduduknya. Oleh karena itu, pemerintah Singapura mendorong vaksinasi dengan dosis tambahan terutama pada kelompok rentan.

HIGHLIGHTS

1. Sebagai kepala negara dan pemerintahan, Presiden Jokowi memang punya kebebasan untuk meninjau daerah mana pun di Indonesia, dan kapan pun. Bahwa ada peristiwa kunjungan yang berdekatan waktu antara Ganjar Pranowo dengan Presiden Jokowi di wilayah yang sama, mungkin saja itu bisa dikatakan sebagai ‘kebetulan’. Bahwa ada pihak yang sudah menafsirkan bahwa peristiwa kunjungan Presiden setelah Ganjar diduga ada motif ‘menghapus’ pengaruh Ganjar dan ‘membelokkan ke arah lain’ di wilayah yang dikunjungi, tentu saja tafsir itu boleh-boleh saja.

2. Presiden Jokowi membantah pengakuan Agus Rahardjo yang menyebut Presiden berupaya mengintervensi KPK dalam pengusutan kasus korupsi e-KTP yang menjerat Setya Novanto. Pembantu Presiden juga sudah mengeluarkan bantahan, dengan menyebut tidak ada bukti agenda pertemuan Presiden dengan Agus. Mensesneg, Pratikno, yang disebut oleh Agus hadir dalam peristiwa itu mengaku tak ingat lagi momen yang terjadi pada tahun 2017 itu. Peristiwa pertemuan di istana negara itu hanya diketahui mereka bertiga. Lalu siapa yang bisa dipercaya?

Sumber

BRIEF UPDATE
BDS Alliance
Senin, 4 Desember 2023

Makpi Support
Makpi Support
Articles: 187