PGI: Jokowi 17x Ke Papua Tak Pernah Bertemu MRP, Nurul Ghufron Gugat Perdewas ke MA, dan Izin Freeport Diperpanjang

POLITIK

1. Ketua Umum Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI), Pendeta Gomar Gultom menyampaikan, Presiden Jokowi sudah 17 kali berkunjung ke Papua, namun tidak pernah sama sekali bertemu dengan Majelis Rakyat Papua (MRP). Jokowi hanya bertemu dengan kelompok-kelompok yang tidak berseberangan dengan pemerintah pusat, kata Gultom dalam diskusi yang digelar Amnesty Internasional Indonesia hari ini, sehingga tidak menyelesaikan konflik kekerasan di Papua.

Padahal, Jokowi berulang kali mengatakan bahwa Papua bisa diselesaikan melalui pendekatan kultural. Namun, lanjut Gultom, pemerintah kini justru memperluas pendekatan militer, dengan mengubah nomenklatur istilah Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dengan Organisasi Papua Merdeka (OPM). Gultom khawatir, pendekatan militer ini akan mengabaikan aspek hukum yang seharusnya dikedepankan dalam peristiwa-peristiwa konflik yang terjadi.

Terkait penanganan Papua, Kepala Kantor Perwakilan Komnas HAM Papua, Frits Ramandey menyatakan, pengiriman pasukan tambahan di Intan Jaya, Papua Tengah, penting untuk mengamankan situasi pasca konflik di Kampung Pogapa. Namun ia berharap, anggota pasukan adalah mereka yang sudah memahami karakter masyarakat setempat. Kapolda Papua, Irjen Mathius Fakhiri mengatakan, pengerahan pasukan tambahan yang terdiri dari Satgas Damai Cartenz dan Kogabwilhan III, dipicu oleh aksi TPNPB menyerang dan menembaki Polsek Homeyo pada Selasa (30/4/2024), dan membakar SDN Inpres Pogapa esok harinya.

2. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Suharso Monoarfa mengaku, telah berkoordinasi dengan presiden terpilih Prabowo Subianto dan wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka. Koordinasi itu dilakukan untuk menyesuaikan kebijakan yang ada saat ini, dengan program pemerintahan mendatang. Suharso hari ini mengatakan, timnya tengah mengupayakan agar setiap janji politik Prabowo-Gibran dapat dilaksanakan menjadi program nyata pemerintah. Namun, pihaknya juga akan tetap mempertimbangkan kondisi keuangan negara.

3. Partai Nasdem tengah mengkaji peluang untuk menduetkan Anies Baswedan dan Ahmad Sahroni sebagai calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, pada Pilkada serentak 2024. Ketua DPW Nasdem DKI Jakarta, Wibi Andrino, kemarin berharap, Anies yang mantan gubernur DKI Jakarta itu mendengar aspirasi akar rumput Nasdem. Sejauh ini mantan calon presiden nomor urut 1 itu, masih belum menentukan arah politiknya ke depan. Ahmad Sahroni adalah anggota DPR sekaligus bendahara umum DPP Nasdem.

4. Partai Persatuan Pembangunan (PPP), meminta Mahkamah Konstitusi untuk memberikan kebijakan khusus agar perolehan suaranya yang tidak mencapai ambang batas parlemen 4% dalam Pileg 2024, bisa dikonversi menjadi kursi di DPR RI. Permohonan ini disampaikan PPP dalam perkara bernomor 130-01-17-37/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024 melalui kuasa hukumnya, Iqbal Tawakkal Pasaribu, dalam sidang sengketa pileg di MK, hari ini. Perolehan suara PPP secara nasional sebanyak 5.878.777 atau 3,87% dari total perolehan suara nasional sebanyak 151.796.631.

5. Mantan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, mengaku belum bisa memastikan akan maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta atau Jabar pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak November mendatang. Emil, sapaan akrabnya, mengatakan bahwa keputusan itu baru akan disampaikan dalam 1-2 bulan ke depan, karena masih dibahas dan dipertimbangkan bersama partai politik dan pihak terkait lainnya. Wakil ketua umum Partai Golkar ini mengaku, tidak ingin terburu-buru karena masih ada waktu untuk menimbang dan memperhitungkan banyak hal.

6. Dalam UU No. 3 Tahun 2024 tentang Desa (UU Desa) yang telah ditandatangani Presiden Jokowi pada Kamis lalu (25/4/2024), ditetapkan bahwa perangkat desa, termasuk kepala desa dan anggota Badan Permusyawaratan Desa mendapatkan hak pensiun atau tunjangan purna tugas. Selain uang pensiun, kades juga berhak atas penghasilan bulanan, tunjangan, dan penerimaan lainnya yang sah. UU Desa ini, juga menetapkan tunjangan jaminan sosial kesehatan dan ketenagakerjaan untuk perangkat desa. UU ini menetapkan masa jabatan kepala desa 1 periode selama 8 tahun, dan bisa menjabat 2 periode, mengubah aturan dalam UU sebelumnya yaitu 1 periode 6 tahun dan bisa menjabat 3 periode.

HUKUM

1. Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron, menggugat Peraturan Dewan Pengawas (Perdewas) KPK No. 3/2021 dan No. 4/2021, ke Mahkamah Agung (MA). Upaya hukum itu berkaitan proses sidang etik dirinya. Ghufron menjelaskan, Dewas seharusnya tidak membawa lebih lanjut laporan masyarakat terhadap dirinya ke persidangan etik karena sudah kedaluwarsa. Menurut dia, dalam Pasal 23 Perdewas No. 4/2021, disebutkan laporan atas dugaan pelanggaran dinyatakan kedaluwarsa dalam waktu 1 tahun sejak terjadi pelanggaran.

Peristiwa dugaan ia meminta mantan Sekjen Kementan untuk mengabulkan permohonan mutasi seorang ASN, terjadi pada 15 Maret 2022. Sehingga, menurut Ghufron, seharusnya kedaluwarsa 16 Maret 2023. Sementara laporan diajukan ke Dewas pada 8 Desember 2023. Anggota Dewas, Syamsuddin Haris menyatakan, masa kedaluwarsa dihitung sejak laporan diterima Dewas, bukan sejak peristiwa dugaan pelanggaran etik.

Masih terkait soal dugaan pelanggaran etik yang sedang diproses di Dewas KPK, Ghufron menyebut nama Wakil Ketua KPK lainnya, Alexander Marwata. Alex, kata dia, yang memberikan nomor telepon mantan Sekjen Kementan, Kasdi Subagyono. Sementara kuasa hukum Kasdi, Efendi Lod Simanjuntak, mengonfirmasi adanya komunikasi Ghufron dengan Kasdi soal permintaan mutasi itu.

2. KPK mengungkapkan, investasi fiktif di PT Taspen (Persero) yang diduga menyeret mantan Dirut, Antonius NS Kosasih, mencapai ratusan miliar rupiah. Juru bicara KPK, Ali Fikri mengatakan, tim penyidik masih mendalami hal tersebut. Sebelumnya, KPK telah memeriksa Senior Vice President Investasi Pasar Modal dan Pasar Uang PT Taspen, Labuan Nababan, untuk mendalami penempatan dan pengelolaan investasi dana PT Taspen sebesar kurang lebih Rp 1 triliun. Dalam kasus ini, Kosasih dan Dirut Insight Investments Management, Ekiawan Heri Primaryanto, telah ditetapkan sebagai tersangka.

3. KPK membuka peluang untuk menghadirkan 5 pimpinan Komisi IV DPR RI, yang diduga menerima THR dari mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) ke persidangan. Jubir KPK Ali Fikri mengatakan, sudah ada beberapa anggota DPR yang telah dipanggil sebagai saksi dalam proses penyidikan perkara ini. Ali mengatakan, dugaan penerimaan THR oleh anggota DPR dari Kementan dapat dianggap gratifikasi ataupun suap. Terlebih, kata Ali, jika penerimaan itu tidak dilaporkan ke KPK dalam 30 hari kerja. Dalam sidang di PN Tipikor Jakpus, terungkap SYL mengirimkan THR ke 5 pimpinan Komisi IV dan sejumlah politisi Nasdem di DPR, totalnya Rp 750 juta.

EKONOMI

1. Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, memastikan izin pertambangan PT Freeport Indonesia (PTFI) diperpanjang hingga 2061, dan saham Indonesia di PTFI ditambah 10% sehingga total menjadi 61%. Pembelian saham pemerintah itu, kata dia, sejalan dengan kebijakan hilirisasi, khususnya pada ekosistem kendaraan listrik. Bahlil juga mengatakan, perpanjangan kontrak PTFI tidak terlepas dari rencana perusahaan untuk memproduksi kawat tembaga. Dengan memproduksi kawat tembaga, Indonesia akan semakin dekat dalam mewujudkan ekosistem industri kendaraan listrik dari hulu ke hilir di dalam negeri.

2. Harga beras masih mahal, meski harga beli gabah di tingkat petani kini sedang merosot tajam seiring dengan panen raya. Menurut Dirut Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi, pedagang memiliki pertimbangan tertentu sehingga tidak menurunkan harganya. Salah satunya adalah risiko pada musim panen mendatang, tidak sebaik yang diharapkan, dan penguatan kurs dolar AS yang dipicu ketegangan geopolitik di Timur Tengah. Pada hari ini, harga beras medium rata-rata Rp 13.680/kg dan beras premium Rp 15.890/kg. Sementara harga beli gabah di tingkat petani sekitar Rp 6.000/kg.

3. Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS ditutup menguat pada perdagangan hari ini. Rupiah menguat di tengah pelemahan dolar AS. Mengutip data Bloomberg pukul 15.00 WIB, rupiah ditutup menguat 0,63% ke Rp16.083 per dolar AS. Indeks dolar AS melemah 0,04% ke 105,25. Penguatan rupiah antara lain dipicu sentimen positif tentang inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK), pada April 2024 yang tetap terjaga dalam kisaran sasaran 2,5% ±1%. Inflasi IHK April 2024 tercatat sebesar 0,25% (mtm), sehingga secara tahunan menjadi 3% (yoy).

LAIN-LAIN

1. Pemerintah terus berupaya mengevakuasi 9.083 warga Pulau Tagulandang, yang berada dalam radius 7 kilometer (km) dari pusat erupsi Gunung Ruang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara. Hingga kemarin, sebanyak 3.364 pengungsi telah dievakuasi keluar dari Pulau Tagulandang. Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Suharyanto, kemarin mengatakan, wilayah dalam radius 7 km dari pusat kawah Gunung Api Ruang telah ditetapkan menjadi zona berbahaya. Gunung Ruang sejak beberapa pekan ini, mengalami erupsi berulang kali dengan menyemburkan awan panas yang sangat berbahaya bagi manusia di dalam radius tersebut.

TRENDING MEDSOS

1. Irak dan Guinea trending di X. lndonesia kalah 1-2 dari Irak dalam pertandingan perebutan juara 3 Piala Asia U-23, kemarin malam di Qatar. Kekalahan tersebut memastikan Indonesia akan berhadapan dengan Guinea di play off Olimpiade 2024 Paris, pada Kamis, 9 Mei 2024, sebagai jalan terakhir bagi Indonesia untuk mendapatkan tiket sebagai peserta Olimpiade 2024 Paris.

HIGHLIGHTS

1. Provinsi DKI Jakarta bakal menjadi ‘arena gengsi’ bagi parpol besar, dalam laga pilkada serentak November mendatang. Meski Jakarta kelak tidak lagi menjadi ibu kota RI, tapi pamornya sebagai pusat bisnis dan politik Indonesia tetap, sehingga parpol-parpol menyiapkan kader terpopulernya untuk berlaga di area ini. Persaingan memang bakal seru, tapi diharapkan tidak berulang penggunaan isu SARA seperti pada Pilkada 2017, yang dimenangkan Anies Baswedan atas Ahok.

2. Ada kesenjangan harga yang sangat lebar antara harga beli gabah di tingkat petani dengan harga beras di tangan konsumen, yang berkisar Rp 7.000. Dirut Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi bilang, pedagang memiliki pertimbangan tertentu sehingga tidak menurunkan harganya. Salah satunya adalah risiko pada musim panen mendatang tidak sebaik yang diharapkan, dan penguatan kurs dolar AS. Dari alasan Bayu tersebut, tergambar bahwa jangan harap harga beras bakal turun, dan petani dalam posisi yang selalu kalah.

SUMBER

BRIEF UPDATE
Kerjasama MAKPI dengan BDS Alliance
Jumat, 3 Mei 2024

Makpi Support
Makpi Support
Articles: 187