Penetapan Capres-Cawapres Oleh KPU, KPK Dalami Dugaan Kebocoran BAP Terkait SYL, dan BI Rates Naik jadi 6,25%

POLITIK

1. Setelah selesai sengketa Pilpres 2024 di MK, KPU hari ini menetapkan, bahwa pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden terpilih 2024-2029, dengan perolehan suara sebanyak 96.214.691 atau 58,59% dari total suara sah nasional dan memenuhi sedikitnya 20% suara di tiap provinsi tersebar dari 38 provinsi. Acara penetapan di Gedung KPU, Jl Imam Bonjol, Jakpus, dihadiri pasangan tersebut, juga antara lain pimpinan parpol pendukung Koalisi Indonesia Maju (KIM), paslon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin, petinggi PKS dan PKB.

Dalam acara penetapan di KPU tersebut, paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD, tidak hadir. Ganjar hari ini di Yogyakarta, mengaku tidak hadir karena tidak mendapat undangan. Sampai Selasa malam kemarin, kata Ganjar, ia belum mendapat undangan. Sementara Mahfud MD mengaku, undangan via telepon baru ia terima 30 menit sebelum acara penetapan yang dijadwalkan pukul 09.00 WIB. Padahal, kata Mahfud, ia ingin hadir. Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU, Idham Holik, menegaskan bahwa pihaknya telah mengirim surat melalui 2 metode sekaligus kepada Ganjar dan Mahfud, yakni berupa undangan fisik dan softcopy melalui email. Wakil koalisi parpol pengusung Ganjar-Mahfud; PDIP, PPP, Perindo dan Hanura tidak tampak hadir. Wakil atau petinggi Partai Nasdem juga tidak ada.

2. Setelah ditetapkan sebagai presiden terpilih, Prabowo menyampaikan pidato yang intinya mengajak pimpinan semua unsur untuk bekerja sama membawa kebaikan, untuk membawa kesejahteraan, untuk kemakmuran, untuk menghilangkan kemiskinan, untuk menghilangkan kelaparan, untuk menghilangkan korupsi di Indonesia. Semua harus rukun, kata Prabowo, baik yang berada di dalam maupun di luar pemerintahan. Meskipun banyak wartawan ingin mengajukan pertanyaan, Prabowo tidak membuka sesi tanya jawab.

3. Presiden Jokowi yang sedang berada di Tangerang saat acara penetapan di KPU, mengatakan tidak membentuk tim transisi untuk mempersiapkan pergantian pemerintahan ke Presiden dan Wakil Presiden terpilih hasil Pilpres 2024, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Menurut Presiden, ia dan pemerintahan saat ini hanya menyiapkan, agar pergantian pemerintahan berjalan mulus dan baik, sehingga Prabowo-Gibran bisa langsung bekerja setelah dilantik 20 Oktober 2024. Ia berpesan, Prabowo dan Gibran supaya mempersiapkan diri agar bisa langsung bekerja.

4. Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), yang disampaikan ke KPK untuk keperluan pencalonan presiden dan wapres tahun 2024, kekayaan Prabowo sebanyak Rp 2.042.682.732.691 atau Rp 2 triliun. Jumlah terbesar dalam bentuk surat berharga, antara lain berupa saham di sejumlah perusahaan, sebanyak Rp 1.701.879.000.000 atau Rp 1,7 triliun. Aset lain berupa 10 lahan senilai Rp 275.320.450.000 atau Rp 275 miliar. Sedangkan kekayaan Wapres terpilih, Gibran, mencapai Rp 25.576.015.455 atau Rp 25,5 miliar, yang didominasi berupa aset 7 lahan dan bangunan senilai Rp 17.339.000.000 atau Rp 17,3 miliar. Dalam LHKPN Gibran, tercantum utang nol rupiah.

5. Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto, hari ini mengatakan, Presiden Jokowi dan anaknya, cawapres terpilih Gibran sudah masuk ke keluarga besar Golkar. Sebab, kata dia, Jokowi dekat dengan Golkar, sedangkan Gibran merupakan sosok yang direkomendasikan Golkar sebagai cawapres melalui Rapimnas. Airlangga menyebut, ayah-anak itu tinggal formalitasnya saja untuk masuk Golkar. Pada Senin (22/4/2024), Ketua Dewan Kehormatan PDIP, Komarudin Watubun mengungkapkan bahwa PDIP sudah menganggap Jokowi dan Gibran bukan lagi kader PDIP, sehingga mereka tak perlu mengembalikan kartu anggota partai.

6. Setelah ditetapkan KPU sebagai Presiden terpilih, Prabowo siang hari ini menyambangi kantor DPP PKB di kawasan Cikini, Jakpus. Karpet merah digelar di kantor tersebut. Prabowo disambut langsung oleh Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin), dan petinggi PKB lainnya. Sebelumnya, Cak Imin mengaku belum memutuskan untuk bergabung dalam pemerintahan Prabowo.

HUKUM

1. Juru bicara KPK Ali Fikri mengaku, KPK telah mendalami dugaan kebocoran dokumen BAP Merdian Tri Hadi, mantan sespri eks Sekjen Kementan Kasdi Subagyono. Ia menyebut, jaksa KPK akan mengonfirmasi kebocoran itu dengan saksi lainnya di persidangan. Saat diperiksa sebagai saksi untuk mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo, di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, hari ini, Merdian mengaku meminta perlindungan LPSK, usai keterangannya dalam penyelidikan di KPK bocor.

Ia menjelaskan, BAP-nya bocor ke tangan mantan Direktur Mesin dan Alat Pertanian Kementan, Muhammad Hatta, yang kini juga menjadi terdakwa. Hatta membawa salinan BAP itu ke Sekjen Kementan, Kasdi Subagyono. Mereka kemudian memanggil Merdian, dan menyebut BAP itu berbahaya karena menyebut nama SYL. SYL didakwa melakukan pemerasan dan menerima gratifikasi dengan total Rp 44,5 miliar. Dia didakwa bersama dua eks anak buahnya, yakni Kasdi dan M Hatta. Kasdi dan Hatta diadili dalam berkas perkara terpisah.

EKONOMI

1. Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI bulan April, memutuskan menaikkan suku bunga acuan (BI Rate) sebesar 25 bps menjadi 6,25%. Gubernur BI, Perry Warjiyo mengumumkan, suku bunga Deposit Facility menjadi 5,5%, dan suku bunga Lending Facility menjadi 7%. Berdasarkan data konsensus pasar yang dihimpun Bloomberg, dari 41 ekonom mayoritas memperkirakan BI masih mempertahankan BI Rate 6%, sementara 11 orang memperkirakan naik menjadi 6,25%. Salah satunya, ekonom Bank Danamon, Irman Faiz, yang menilai tekanan eksternal saat ini sulit membawa rupiah menguat jika BI tidak menaikkan suku bunga acuan. Jika BI Rate ditahan di level 6%, BI perlu meningkatkan yield SRBI dan intervensi pasar obligasi yang menimbulkan cost bagi BI dan pemerintah.

Sebelum BI memutuskan kenaikan suku bunga acuan, pagi tadi ekonom LPEM FEB UI, Teuku Riefky, mengimbau BI untuk menahan suku bunga acuan di 6%. Ia mengakui rupiah tengah menghadapi tekanan besar dan lonjakan arus keluar modal dalam 2 minggu terakhir, yang dipicu oleh ketegangan geopolitik di Timur Tengah dan sentimen suku bunga tinggi yang lebih lama dari The Fed. Namun menaikkan suku bunga, mungkin akan merugikan sektor riil. Selain itu, BI masih punya beberapa opsi kebijakan lain yang dapat dimanfaatkan lebih lanjut didukung oleh cadangan devisa yang memadai.

2. Dirut Garuda Indonesia, Irfan Saputra menyatakan, tidak setuju terhadap rencana pengenaan iuran pariwisata di tiket penerbangan oleh pemerintah. Menurut dia, pengenaan iuran pariwisata di tiket pesawat membuat tarif tiket dan beban penumpang meningkat, sehingga penumpang menyalahkan maskapai yang dianggap menaikkan harga seenaknya.

Rencana ini terkuak, setelah anggota Dewan Pakar Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia, Alvin Lie, mengunggah surat undangan rapat dari Kemenko Kemaritiman dan Investasi. Dalam agenda rapat itu tertulis “Pengenaan iuran pariwisata melalui tiket penerbangan”. Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, mengakui ada rencana rapat oleh pemerintah yang membahas soal dana pariwisata berkelanjutan. Namun, ia meminta masyarakat agar tidak khawatir perihal pungutan yang dibebankan dalam tiket pesawat. Ia memastikan iuran pariwisata itu bakal dilaporkan secara transparan.

3. Mendag Zulkifli Hasan mengungkapkan, harmonisasi dan revisi Permendag No. 36/2023 tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor akan selesai pekan ini. Aturan baru tersebut, kata dia, nantinya hanya merevisi batasan nilai total barang kiriman Pekerja Migran Indonesia (PMI), yakni sebesar USD 1.500 per tahun. Sedangkan jenis barang yang dilarang, akan diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK), bukan lagi di Permendag. Selain itu, penumpang juga akan bisa membawa berapa saja barang dari luar negeri, asalkan membayar pajak. Sebelumnya, Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag, Budi Santoso menyebut, selain kedua hal itu, yang direvisi adalah aturan larangan dan pembatasan atau lartas impor yang harus dibahas bersama pelaku usaha.

TRENDING MEDSOS

1. Anies trending di X, setelah Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo-Gibran bersalaman dengan Anies-Cak Imin saat Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Pemilu Tahun 2024. yang digelar KPU.

2. PDIP dan PTUN trending di X, setelah PDIP menggugat KPU ke PTUN atas dugaan telah melakukan perbuatan melawan hukum dalam proses penyelenggaraan Pilpres 2024. Dalam gugatan yang teregistrasi dengan No. 133/G/2024/PTUN.JKT, PDIP menganggap tindakan KPU menerima pendaftaran Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden sebagai tindakan perbuatan melawan hukum.

3. Terdapat lebih dari 20 ribu pencarian di Google terkait Mooryati Soedibyo. Salah satu tokoh wanita Indonesia, Mooryati Soedibyo, meninggal dunia, hari ini. Pendiri produk kecantikan Mustika Ratu itu, mengembuskan napas terakhir dalam usia 96 tahun.

HIGHLIGHTS

1. Parpol pertama yang disambangi Prabowo, setelah ditetapkan KPU sebagai presiden terpilih adalah PKB. Sulit untuk dibantah bahwa tujuan kunjungan tersebut tak jauh dari ajakan Prabowo kepada PKB untuk bergabung dalam pemerintahannya, sebagaimana sudah berulang kali dikatakan Prabowo bahwa ia akan mengajak parpol lain di luar KIM untuk bergabung. Ajakan untuk PKB barangkali ‘spesial’ sebagai ‘tebusan’ atas kekecewaan Cak Imin kepada Prabowo yang tak kunjung memilihnya sebagai cawapres ketika itu, sehingga Cak Imin kemudian bergabung dengan Anies Baswedan. Selain itu, Prabowo butuh tambahan partai Islam selain PAN, dan tentunya untuk semakin memperkuat partai-partai pendukung pemerintahnya nantinya.

2. Pemerintah, melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, berniat menerapkan ‘iuran pariwisata’ untuk ‘dana pariwisata berkelanjutan’. Salah satu caranya, iuran itu digabungkan dalam harga tiket pesawat terbang. Sebelum rencana itu diterapkan, sebaiknya dibahas dulu dengan semua¬†stakeholder.

SUMBER

BRIEF UPDATE
Kerjasama MAKPI dengan BDS Alliance
Rabu, 24 April 2024

Makpi Support
Makpi Support
Articles: 187