Relawan pendukung Prabowo-Gibran Batal Demo, Ketua KPU Dilaporkan Anggota PPLN, dan Utang Luar Negeri Meningkat

POLITIK

1. Para relawan pendukung Prabowo-Gibran, batal menggelar aksi massa di depan Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) hari ini, Jumat (19/4/2024), yang semula dijanjikan akan melibatkan 100.000 orang. Koordinator aksi tersebut, Ali Lubis, kemarin malam mengatakan, pembatalan itu dilakukan setelah mendapat perintah dari Prabowo untuk tidak melakukan aksi apapun di MK, demi menjaga suasana yang sejuk dan tenteram. Dengan demikian, kata Ali Lubis, para relawan juga batal menyerahkan amicus curiae. MK sudah menetapkan bahwa batas akhir penyerahan amicus curiae pada Selasa, 16 April 2024, penyerahan setelah tanggal tersebut amicus curiae tidak akan disentuh para hakim.

Meski batal menggelar aksi demo, para pendukung Prabowo-Gibran mengirim belasan papan karangan bunga ke MK, yang pesannya, supaya putusan MK sesuai dengan putusan KPU yang sudah menetapkan kemenangan Prabowo-Gibran dalam Pilpres 2024. Sementara itu, aksi dari kelompok yang menuntut MK supaya membatalkan kemenangan Prabowo-Gibran, berlangsung di sekitar patung kuda, yang berjarak sekitar 300 meter dari gedung MK. Mereka melaksanakan salat Jumat di situ, dengan khatib mantan Ketum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin.

2. Menurut juru bicara MK, Fajar Laksono, para hakim MK hanya mendalami 14 surat amicus curiae/sahabat pengadilan yang diterima hingga Selasa (16/4/2024) pukul 16.00. Sementara itu, 19 surat amicus curiae lain yang diterima setelahnya, tidak didalami oleh para hakim. Amicus curiae diartikan sebagai pihak yang merasa berkepentingan terhadap sebuah perkara, sehingga memberikan pendapat hukumnya kepada pengadilan. Akan tetapi, keterlibatan pihak yang merasa berkepentingan ini hanya sebatas memberikan opini dan bukan melakukan perlawanan ataupun memaksa hakim. MK akan membacakan putusan sengketa pilpres pada Senin, 22 April 2024 mulai pukul 09.00 WIB.

3. Guru Besar Universitas Indonesia, Sulistyowati Irianto, menilai bahwa gugatan Pilpres 2024 di MK merupakan ujian yang menentukan apakah Indonesia masih negara yang berdasarkan hukum atau tidak. Menurut Sulistyowati dalam sebuah diskusi hari ini di Jakarta, perkara tersebut menguji pilar-pilar negara hukum yakni pertama, demokrasi; kedua, HAM karena isi konstitusi itu adalah hak-hak dasar yang dijamin negara, dan ketiga pilar mekanisme kontrol untuk mengontrol pemisahan kekuasaan antara yudikatif, eksekutif dan legislatif.

4. Politisi PDIP, Chico Hakim mengatakan, jajaran kader PDIP belum bisa menerima perlakuan Presiden Jokowi dan keluarga terhadap negara, terutama sekali dalam proses Pemilu 2024. Itulah mengapa, Sekjen Hasto Kristiyanto melempar sinyal penolakan terhadap wacana pertemuan Jokowi dengan Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri. Sedangkan Megawati dengan Prabowo, kata Chico, memiliki hubungan baik. Tidak ada persoalan pribadi di antara dua ketum parpol tersebut.

5. Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, hari ini menyatakan, bahwa pihaknya mendukung penuh langkah calon presiden pemenang Pilpres 2024 Prabowo Subianto, untuk merangkul parpol di luar Koalisi Indonesia Maju (KIM) masuk dalam pemerintahan ke depan. Dia menekankan, bahwa Demokrat tidak punya resistensi dengan parpol yang nantinya ikut bergabung dalam pemerintahan periode 2024-2029.

HUKUM

1. Seorang perempuan yang bertugas sebagai Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Pemilu 2014, melaporkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asy’ari, ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), kemarin. Hasyim dilaporkan atas dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu karena melakukan perbuatan asusila terhadap anggota PPLN itu. Pelaporan diwakilkan oleh Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum Fakultas Hukum Universitas Indonesia (LKBH FHUI) dan LBH APIK.

Perwakilan LKBH FHUI, Aristo Pangaribuan menyebut, tindakan pelanggaran kode etik yang dilakukan Hasyim yaitu mendekati, merayu dan melakukan perbuatan asusila. DKPP pada 2022, sudah menghukum Hasyim Asy’ari dengan peringatan keras terakhir karena terbukti melanggar etik sebab pergi berduaan ke luar kota dengan Ketum Partai Republik Satu, Hasnaeni Moein alias Wanita Emas, yang saat itu partai tersebut sedang mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024.

2. KPK menjadwalkan pemeriksaan Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali, hari ini. Namun hingga pukul 13.00 WIB, Gus Muhdlor belum hadir. Kuasa hukumnya, Mustofa Arifin mengatakan, kliennya tak bisa hadir karena sakit dan tadi pagi sudah menyampaikan surat permohonan penundaan pemeriksaan. Gus Muhdlor ditetapkan sebagai tersangka perkara dugaan korupsi pemotongan dan penerimaan uang insentif ASN di lingkungan Badan Pelayanan Pajak Daerah (BPPD), Pemkab Sidoarjo. Sebelum menjadi tersangka, ia juga pernah mangkir saat hendak diperiksa sebagai saksi.

EKONOMI

1. Posisi utang luar negeri (ULN) Indonesia meningkat pada Februari 2024, mencapai USD 407,3 miliar atau setara Rp 6.588,89 triliun. Menurut Asisten Gubernur BI, Erwin Haryono, dari total ULN itu, ULN pemerintah tercatat USD 194,8 miliar, atau tumbuh 1,3% (yoy), meningkat dibandingkan dengan pertumbuhan 0,1% (yoy) pada bulan sebelumnya. Sementara ULN swasta tercatat sebesar USD 197,4 miliar atau setara Rp 3.193,34 triliun. Meningkatnya utang luar negeri pemerintah terutama disebabkan oleh penarikan pinjaman luar negeri, khususnya pinjaman multilateral, untuk mendukung pembiayaan beberapa program dan proyek pemerintah.

2. Pasca serangan balasan Israel terhadap Iran kemarin malam, rupiah semakin dalam tertekan berhadapan dengan dolar AS. Pukul 13.17 WIB hari ini, rupiah terkoreksi 0,62% ke level Rp 16.280 per dolar AS dari posisi penutupan kemarin Rp 16.179 per dolar AS. Menurut Direktur Laba Forexindo Berjangka, Ibrahim Assuaibi, penyerangan ini mengagetkan bagi para investor, sehingga mereka akan menjadikan USD safe haven sebagai pelindung nilai. Selain terhadap nilai tukar rupiah, gejolak konflik ini juga berefek pada harga emas dan minyak dunia. Harga emas kemungkinan besar akan mencapai USD 2.500/oz. Harga minyak mentah dunia, kemungkinan besar akan menuju USD 90/barel.

Di sidang IMF dan Kelompok Bank Dunia di Washington DC, Gubernur BI, Perry Warjiyo, memastikan nilai tukar rupiah tetap terjaga di tengah tren pelemahan terhadap dolar AS saat ini. Ia mengatakan, ekonomi Indonesia termasuk salah satu negara emerging market (EMEs) yang kuat dalam menghadapi dampak rambatan global akibat ketidakpastian penurunan Fed Fund Rate (FFR) dan meningkatnya ketegangan geopolitik di Timur Tengah.

Sementara Menkeu Sri Mulyani menjelaskan, pemerintah telah bekerja sama dengan BI menghadapi pelemahan rupiah. Pemerintah fokus memastikan kebijakan fiskal dapat berfungsi dengan peredam guncangan yang efektif dan kredibel. BUMN diminta menahan diri dalam melakukan pembelian dolar AS dalam jumlah besar, sementara eksportir SDA juga diingatkan untuk mematuhi aturan repatriasi pendapatan dolar guna menopang cadangan devisa negara. Ani mengungkapkan, meskipun penguatan dolar dapat meningkatkan pendapatan pada ekspor, hal ini berisiko menambah tekanan inflasi melalui impor.

3. Pemerintah menargetkan realisasi investasi 2025 di kisaran Rp 1858,2 triliun hingga Rp 1.906 triliun, meningkat dari target investasi pada 2024 yang mencapai Rp 1.650 triliun. Deputi bidang Ekonomi Kementerian PPN/Bappenas, Amalia Adininggar mengatakan, target investasi tersebut dibutuhkan untuk mendorong Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) sebesar 6,5%-7,8% hingga 7,8% (yoy), agar pertumbuhan ekonomi 2025 bisa mencapai 5,3%-5,6%.

TRENDING MEDSOS

1. Ketua KPU trending di X, setelah Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari dilaporkan ke DKPP atas dugaan tindakan asusila terhadap seorang perempuan PPLN. Aduan tersebut dilayangkan oleh LKBH FHUI dan LBH APIK ke Kantor DKPP, Jakarta, kemarin.

2. Australia trending di X. Timnas Indonesia U-23 mencetak sejarah setelah mengalahkan Australia 1-0 pada laga kedua Grup A Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Kamis (18/4/2024) malam.

3. Lebih dari 10 ribu pencarian di Google mengenai Israel menyerang Iran. Israel dilaporkan telah meluncurkan serangan balasan ke wilayah Iran di kota Isfahan, pada kemarin malam waktu setempat. Semua penerbangan menuju Kota Teheran, Isfahan dan Shiraz, bandara di barat, barat laut dan barat daya telah ditangguhkan.

HIGHLIGHTS

1. Merujuk pendapat Guru Besar Universitas Indonesia, Sulistyowati Irianto, gugatan Pilpres 2024 di MK merupakan ujian yang menentukan apakah Indonesia masih negara yang berdasarkan hukum atau tidak. Selain kubu pasangan 01 dan 03, para penggugat dari masyarakat sipil juga melakukan ujian sesuai konstitusi dengan melayangkan amicus curiae ke MK.
Semua pihak yang berperkara sengketa Pilpres di MK dan publik, tentu berharap bahwa putusan MK diambil dengan sikap kenegarawanan, tidak demi kepentingan sesaat atau pragmatisme politik.

2. Lagi-lagi ketua KPU Hasyim Asy’ari diadukan ke DKPP. Pengaduan terbaru mirip dengan kasus yang dilakukan Hasyim dengan Ketum Partai Republik Satu, Hasnaeni Moein alias Wanita Emas. Perkara syahwat. Dalam kasus dengan Hasnaeni tersebut, DKPP menjatuhkan hukuman berupa peringatan keras terakhir kepada Hasyim. Ketua KPU ini sudah berulang kali kena hukuman DKPP dalam kaitan pekerjaan, termasuk menerima pendaftaran Prabowo-Gibran tanpa lebih dulu mengubah peraturan KPU. Dengan sekian kali mendapat peringatan keras terakhir, seharusnya Hasyim tahu diri.

3. Tren melemahnya nilai tukar rupiah yang terus menerus terjadi, harus menjadi perhatian serius pemerintah. Apalagi tren pelemahan tersebut, juga dampak konflik luar negeri yang sulit diprediksi kapan akan berakhir dan di luar kemampuan pemerintah untuk menghentikannya. Pengalaman sebelumnya, pelemahan rupiah berkepanjangan bisa memicu krisis kepercayaan kepada pemerintah, seperti yang terjadi menjelang reformasi politik tahun 1998.

SUMBER

BRIEF UPDATE
Kerjasama MAKPI dengan BDS Alliance
Jumat, 19 April 2024

Makpi Support
Makpi Support
Articles: 187