PPP Siap Gabung Pemerintahan Prabowo, KPK: Bupati Sidoarjo Tersangka Korupsi, dan Antisipasi konflik Iran-Israel

POLITIK

1. Saat menghadiri acara halal bihalal di Kantor DPP Partai Golkar, Jakbar, kemarin, Plt Ketum PPP, Muhammad Mardiono mengaku partainya siap bergabung dengan pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, jika diajak. Ketua Dewan Pengarah TKN Prabowo-Gibran yang juga Ketum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, hari ini menyatakan, kesanggupan PPP itu akan dibahas terlebih dulu di internal Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mengusung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024.

Ketua DPP PAN, Saleh Partaonan Daulay mengatakan, PPP harus mengakui kemenangan Prabowo-Gibran terlebih dahulu jika ingin bergabung dengan pemerintahan mendatang. Saleh juga mengatakan, akan sangat etis jika partai-partai pendukung yang selama ini sudah berjuang untuk Prabowo-Gibran diajak bicara terkait partai lain yang mau bergabung. Sedangkan rekan koalisi PPP dalam mengusung paslon 03 Ganjar-Mahfud, yakni PDIP mendukung langkah PPP untuk membuka komunikasi politik dengan banyak pihak supaya partai berlambang kabah itu tidak hilang dari kancah politik di Indonesia. Dari hasil Pileg 2024, PPP hanya meraih 3,87% dari suara sah, yang menyebabkan partai sejak era Orde Baru ini tidak mendapat kursi di DPR periode 2024-2029 karena tidak lolos ambang batas parlemen 4%.

2. Hari ini, MK memberi kesempatan para pihak yang berperkara tentang hasil Pilpres 2024 untuk menyerahkan kesimpulan dari proses persidangan yang berakhir pada Jumat (5/4/2024), dan MK akan mengumumkan putusan pada 22 April mendatang. Kubu paslon 03 Ganjar-Mahfud sudah menyerahkan kesimpulan. Tim hukum Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis, mengungkapkan, timnya menyimpulkan ada 5 kategori pelanggaran yang sangat prinsipil dalam proses Pilpres 2024.

Pertama, pelanggaran etika yang sangat telanjang dari putusan MK No. 90/2023 yang memberi karpet merah kepada putra Presiden Jokowi, Gibran, untuk menjadi cawapres. Kedua, nepotisme yang bersumber dari pelanggaran pertama. Ketiga, penyalahgunaan kekuasaan atau abuse of power yang sangat terkoordinasi. Keempat, pelanggaran prosedural pemilu yang dilakukan KPU dan Bawaslu, dan kelima, penyalahgunaan sistem atau aplikasi IT di KPU. Dalam petitum permohonannya, kubu Ganjar-Mahfud meminta MK mendiskualifikasi pasangan Prabowo-Gibran dan dilakukan pemungutan suara ulang hanya di antara Paslon 01 dan 03. Todung yakin, hakim MK akan membuat putusan berdasarkan sikap kenegarawanan.

3. Tim Hukum Nasional (THN) Anies-Muhaimin juga sudah menyerahkan kesimpulannya ke MK, hari ini. Ada 7 poin dalam kesimpulan tersebut, antara lain pengkhianatan terhadap konstitusi melalui putusan MK No. 90/2023 tentang syarat batas usia pencalonan presiden dan wapres pada Pemilu 2024, independensi penyelenggara pemilu yang buruk, terjadi nepotisme pada paslon Prabowo-Gibran, pengerahkan penjabat kepala daerah, keterlibatan aparat negara, pengerahan kepala desa dan perangkat desa, serta politisasi bansos untuk pemenangan paslon 02.

4. Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, mengajukan diri sebagai amicus curiae atau sahabat pengadilan dalam perkara sengketa hasil pilpres MK. Dokumen amicus curiae dikirim ke MK oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, dan Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat. Dalam dokumen itu, Megawati menyatakan bahwa rakyat Indonesia kini menunggu dan akan mencatatkan dalam sejarah bangsa, apakah hakim MK dapat mengambil keputusan pilpres sesuai dengan hati nurani dan sikap kenegarawanan, atau membiarkan praktik elektoral penuh dugaan penyalahgunaan kekuasaan (abuse of power) dalam sejarah demokrasi Indonesia. Menurut Wakil Ketua Tim Pembela Prabowo-Gibran, Otto Hasibuan, Ketum PDIP Megawati tidak tepat bertindak sebagai amicus curiae, karena Megawati berada di pihak yang berperkara. Amicus curiae, kata Otto, seharusnya diajukan oleh pihak di luar perkara.

5. Pakar hukum tata negara Denny Indrayana, memprediksi ada 4 opsi putusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai sengketa Pilpres 2024. Dari 4 opsi tersebut, ia yakin MK tidak akan membuat putusan ‘kejutan’, dan akan memilih opsi pertama yakni menolak seluruh permohonan paslon 01 dan 03, dan hanya memberikan catatan perbaikan atas pelaksanaan Pilpres 2024.

6. Menlu RI Retno Marsudi mengaku, Indonesia khawatir dengan situasi yang berkembang di Timur Tengah, khususnya setelah terjadi serangan langsung Iran ke Israel pada Sabtu (13/4/2024). Retno mengaku telah bertukar pesan maupun berkomunikasi lewat telepon dengan Menlu Iran, Arab Saudi, Yordania, Mesir, UEA, Uni Eropa dan Wamenlu AS, dengan pesan supaya semua pihak menahan diri, dan melakukan de-eskalasi. Setelah serangan Iran tersebut, pihak Israel menyatakan akan membalas, namun sampai hari ini belum direalisasi.

HUKUM

1. KPK menetapkan Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali, sebagai tersangka dugaan korupsi pemotongan insentif ASN Badan Pelayanan Pajak Daerah (BPPD) Kabupaten Sidoarjo, Jatim. Merespons itu, Gus Muhdlor mengaku sudah mengetahui soal penetapan tersangkanya. Ia menyatakan menghormati proses hukum terhadap dirinya, dan minta doa seluruh warga Sidoarjo.

Juru bicara KPK, Ali Fikri juga mengungkapkan, dua anak buah Gus Muhdlor, yakni Kepala BPPD Kabupaten Sidoarjo, Ari Suryono (AS), dan Kasubag Umum BPPD, Siska Wati, diperpanjang masa penahanannya. Ari dan Siska ditangkap dalam OTT pada Kamis (25/4/2024). Saat itu, KPK menyita uang tunai Rp 6,9 juta dari dugaan pemotongan insentif Rp 2,7 miliar pada 2023.

EKONOMI

1. Presiden Jokowi memanggil sejumlah menteri dan Gubernur BI untuk rapat terbatas terkait situasi global akibat konflik Iran-Israel. Usai rapat, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah melihat terjadi lonjakan harga minyak akibat konflik itu. Ia memastikan, pemerintah segera membahas pembengkakan subsidi energi akibat kenaikan harga minyak. Hal itu dilakukan Juni mendatang, setelah berakhirnya semester I-2024. Ia juga menyebut, nilai tukar dan IHSG mengalami pelemahan. Khusus sektor riil, pelemahan nilai tukar sangat berpengaruh terhadap impor. Namun, positif bagi eksportir yang mendapatkan devisa lebih banyak.

Menteri ESDM, Arifin Tasrif memastikan bahwa harga BBM di Indonesia tidak akan terkerek akibat gejolak harga minyak. Saat ini, stok BBM masih aman sehingga tak perlu menaikkan harga. Namun, pemerintah tetap menyiapkan skenario antisipasi. Setiap skenario harus dikaji matang. Apabila harga minyak naik USD 1 per barel saja, bisa membuat subsidi dan kompensasi BBM membengkak hingga Rp 3,5-4 triliun. Menurutnya, untuk menahan subsidi tak membengkak sangat sulit, karena selain dipengaruhi harga minyak mentah, juga faktor nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

2. Hari ini, rupiah spot tembus di atas Rp 16.200 per dolar AS, terendah sejak awal April 2020. Rupiah juga menjadi mata uang dengan pelemahan terdalam di Asia. Gubernur BI, Perry Warjiyo menyatakan, BI akan terus melakukan intervensi, baik di pasar spot maupun non-deliverable forward domestik. Selain itu juga terus berkoordinasi dengan pemerintah menjaga stabilitas moneter dan fiskal.

Kepala Dept Pengelolaan Moneter BI, Edi Susianto mengungkapkan, penyebab pelemahan rupiah antara lain selama libur Lebaran ada rilis data fundamental AS yang menunjukkan ekonomi AS masih cukup kuat. Selain itu, juga dipengaruhi memanasnya konflik Iran-Israel yang membuat mata uang emerging market melemah terhadap dolar AS. Sementara, indeks dolar (DXY) selama periode libur Lebaran menguat sangat signifikan dari 104, menjadi 106,3 pagi ini.

3. Ketua Serikat Petani Indonesia (SPI), Henry Saragih, meminta pemerintah menaikkan harga pembelian pemerintah (HPP) gabah sekitar Rp 2.000 per kg. Saat ini, pemerintah memberlakukan fleksibilitas HPP gabah di tingkat petani Rp 6.000/kg, naik dari sebelumnya Rp 5.000/kg. Menurut Henry, kenaikan Rp 1.000 tak sebanding dengan kenaikan biaya produksi. Menurut perhitungan SPI, ada kenaikan Rp 1.000 untuk setiap kg gabah yang dihasilkan, dari Rp 5.050/kg tahun 2023 menjadi Rp 6.000/kg tahun ini. Untuk itu, SPI mengusulkan HPP Gabah Kering Panen dinaikkan menjadi Rp 7.000/kg.

Ketua Umum Asosiasi Benih dan Teknologi Tani Indonesia (AB2TI), Dwi Andreas Santosa mengatakan, harga gabah di tingkat petani seharusnya dibanderol Rp 6.900/kg. Sebab, biaya produksi gabah per April 2024 sudah naik jadi Rp 5.966/kg. Ia memperkirakan, dalam 1-2 minggu kedepan pasti akan ditetapkan HPP baru. Andreas mengatakan, harga beras tidak akan melonjak jika HPP dinaikkan. Namun, tidak akan kembali ke harga sebelum tahun 2023.

TRENDING MEDSOS

1. Pendeta trending di X yang dibarengi dengan lebih dari 20 ribu pencarian mengenai Pendeta Gilbert di Google. Pendeta Gilbert Lumoindong viral di media sosial, akibat potongan video ceramahnya yang menyinggung soal zakat dan shalat. Dalam ceramahnya itu, Gilbert membandingkan zakat umat Islam yang hanya 2,5%, sementara Kristen 10%. Gilbert sudah menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia usai bertemu dengan Ketua Dewan Masjid Indonesia, sekaligus mantan Wapres Jusuf Kalla (JK) di kediamannya di kawasan Jakarta Selatan, Senin (15/4/2024).

2. Sidoarjo trending di X, setelah KPK menetapkan Bupati Sidoarjo Jawa Timur, Ahmad Muhdlor Ali sebagai tersangka korupsi. Ia diduga melakukan korupsi dengan cara memotong dan menerima uang di lingkungan Badan Pelayanan Pajak Daerah (BPPD) Sidoarjo.

HIGHLIGHTS

1. Hasil Pemilu 2024 memang pahit bagi PPP, karena ini kali pertama sejak Pemilu 1977 partai tersebut tidak menembus ambang batas parlemen. Maka upaya untuk survive akan terus diupayakan, termasuk bergabung dengan lawan dalam pemerintahan mendatang.

2. Memang sudah semestinya Presiden Jokowi mengadakan rapat terbatas dengan sejumlah menteri dan Gubernur BI untuk mengantisipasi konflik di Timur Tengah, setelah terjadi serangan langsung Iran ke Israel. Harga minyak mentah dunia menjadi perhatian, mengingat jika sampai eskalasi konflik Iran-Israel meningkat, pasokan minyak dunia bakal sangat terganggu dan berujung pada peningkatan harga. Indonesia yang menjadi importir minyak sudah pasti terdampak keras.

SUMBER

BRIEF UPDATE
Kerjasama MAKPI dengan BDS Alliance
Selasa, 16 April 2024

Makpi Support
Makpi Support
Articles: 187