Faisal Bahri: Bansos Disalurkan Ugal-Ugalan, Vonis 10 Tahun Kepala Bea Cukai Makassar, dan Maret 2024 Inflasi 0,52%

POLITIK

1. Dalam sidang sengketa hasil pilpres di Mahkamah Konstitusi (MK) hari ini, Tim Hukum AMIN selaku pemohon gugatan, menghadirkan sejumlah saksi ahli antara lain ekonom senior Faisal Basri, pakar ekonomi Universitas Indonesia (UI) Vid Adrison, Profesor Ridwan ahli Hukum Administrasi dari Universitas Islam Indonesia (UII), dan Guru Besar Ilmu Pemerintahan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Djohermansyah Djohan. Saksi dihadirkan untuk memperkuat pembuktian pemohon bahwa terjadi kecurangan secara terstruktur, sistematis dan masif (TSM) dalam Pilpres 2024.

Faisal Basri menjelaskan, bantuan sosial (Bansos) sengaja disalurkan secara ugal-ugalan menjelang Pilpres 2024, juga mobilisasi pejabat dari menteri hingga pejabat terendah di desa demi memenangkan Paslon 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Dia pun menyebut salah satu contoh telah ditunjukkan oleh pernyataan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, saat membagikan bansos di Lombok pada masa kampanye Pemilu 2024. Saat itu, Airlangga menyatakan bansos tersebut dari Jokowi. Oleh sebab itu, harus memilih paslon yang didukung oleh Jokowi.

2. Guru Besar IPDN, Djohermansyah Djohan menilai, pengangkatan penjabat kepala daerah di era Presiden Jokowi, kental diwarnai dengan kepentingan politik Jokowi. Terbukti dari semua pengangkatan Pj kepala daerah, baik gubernur maupun bupati/wali kota diputuskan oleh Presiden. Ia membandingkan di zaman Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), hanya penjabat gubernur yang ditetapkan presiden, sedangkan bupati/wali kota ditetapkan Mendagri.

Dalam paparan kesaksiannya, Vid Adrison mengungkapkan, Presiden Jokowi dari 22 Oktober 2023 sampai dengan 1 Februari 2024 melakukan kunjungan ke 30 kabupaten/kota dan memberikan 44 bantuan. Sedangkan paslon 2 Prabowo-Gibran, hanya melakukan kunjungan di sembilan kabupaten/kota, yakni 3 daerah di Jawa Tengah, 3 daerah di Jawa Timur, 1 daerah di Lampung, 1 daerah di Nusa Tenggara Timur dan 1 daerah di Sulawesi Selatan. Dari hasil kunjungan Jokowi ke berbagai daerah tersebut, berdasarkan data statistik yang dianalisisnya, perolehan suara Prabowo mengalami peningkatan 32% dibandingkan perolehan suaranya pada Pilpres 2019.

3. Menanggapi kesaksian dari para ahli dan saksi yang dihadirkan paslon AMIN, Ketua Tim Hukum Prabowo-Gibran, Yusril Ihza Mahendra menilai, keterangan mereka tidak jelas. Tidak ada keterangan yang spesifik yang membuktikan adanya kecurangan pilpres. Sebaliknya, anggota Tim Hukum AMIN, Refly Harun, mengaku senang karena para saksi telah memaparkan bukti kecurangan secara gamblang mulai dari pencalonan Gibran, soal Bansos, soal IT dan lain sebagainya, dan tidak ada bantahan yang signifikan dari tim paslon 2.

4. Paslon 3 Ganjar-Mahfud, yang juga selaku pemohon, akan menghadirkan 19 ahli dan saksi. Anggota kuasa hukum Ganjar-Mahfud, Maqdir Ismail, tidak mau menyebut nama dan identitas para saksi tersebut. Namun ia memastikan bahwa tidak ada saksi Kapolda, sebagaimana pernah dijanjikan tim tersebut. Ketua Tim, Todung Mulya Lubis beberapa waktu lalu mengatakan, Kapolda yang hendak diajukan sebagai saksi, tidak diizinkan oleh Kapolri.

5. Sebanyak 159 seniman termasuk budayawan Butet Kartaredjasa, Goenawan Mohamad dan Cak Lontong mengajukan amicus curiae (Sahabat pengadilan), agar Mahkamah Konstitusi (MK) memiliki hati nurani terbuka untuk memutus perkara sengketa Pilpres 2024 dengan adil. Menurut perwakilan mereka, Ayu Utami, di Gedung MK hari ini, para seniman dan budayawan sudah mengirim dokumen kajian resmi kepada delapan hakim konstitusi. Mereka berharap, kebijakan itu dipertimbangkan hakim untuk memutus sengketa pilpres yang saat ini tengah disidangkan. Sebelumnya, ratusan akademisi juga sudah mengajukan amicus curiae kepada MK menyangkut persidangan sengketa pilpres tersebut.

6. Prabowo Subianto, sejak kemarin berada di China. Kantor berita pemerintah China Xinhua pada Jumat, (29/3/2024), mengutip pengumuman dari juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying, menyebut bahwa kunjungan atas undangan Presiden China Xi Jinping, sebagai Presiden terpilih RI dan Ketum Partai Gerakan Indonesia Raya. Prabowo Subianto akan mengunjungi China mulai 31 Maret-2 April 2024. Jadi Prabowo diundang bukan dalam kapasitas sebagai Menhan, jabatan yang diemban dia saat ini. Prabowo dijadwalkan bertemu dengan Presiden Xi hari ini, dan dilanjutkan dengan pertemuan dengan PM Li Qiang dan Menhan Dong Jun.

Dosen Ilmu Hubungan Internasional Universitas Gadjah Mada (UGM), Dafri Agussalim menilai, tidak lazim untuk seorang pemimpin negara mengundang calon presiden terpilih negara lain yang belum dilantik secara resmi. Berdasarkan agenda KPU, pelantikan presiden terpilih RI dilakukan pada 20 Oktober 2024. Dafri yang juga menjabat sebagai Direktur Eksekutif ASEAN Studies Center UGM, berpendapat, mungkin itu bagian dari strategi China untuk ‘mendahului’ negara-negara lain, terutama rivalnya Amerika Serikat, untuk mengundang Prabowo.

HUKUM

1. Majelis Hakim Pengadilan Tipikor, menjatuhkan vonis 10 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar yang bila tak dibayar diganti kurungan 6 bulan terhadap bekas Kepala Kantor Bea Cukai Makassar, Andhi Pramono. Putusan ini lebih ringan daripada tuntutan jaksa, yakni 10 tahun 3 bulan, serta denda Rp 1 miliar subsider 6 bulan kurungan. Andhi Pramono didakwa menerima gratifikasi dengan total sekitar Rp 58,9 miliar. Jumlah tersebut dari rincian Rp 50, 2 miliar, USD 264,500 (setara Rp 3.800.871.000) dan SGD 409,000 (setara Rp 4.886.970.000). Mendengar vonis itu, Andhi Pramono serta merta menyatakan banding.

2. Mantan Kepala Basarnas, Marsdya Henri Alfiandi, didakwa menerima suap Rp 8,6 miliar terkait pengadaan barang dan jasa di Basarnas. Suap ini diterima Henri dalam bentuk dana komando. Dalam sidang pembacaan dakwaan di Pengadilan Militer hari ini, Oditur Militer, Kolonel Wensislaus Kapo mengatakan, Henri menerima suap dari Komisaris Utama PT Multi Grafika Cipta Sejati, Mulsunadi Gunawan, serta Direktur Utama PT Kindah Abadi Utama, Roni Aidil, senilai total Rp Rp 8.652.710.400. Pengurusan dana komando ini melalui mantan Koorsmin Kabasarnas, Letkol Afri Budi Cahyanto, digunakan untuk berbagai keperluan, baik kepentingan dinas maupun pribadi.

EKONOMI

1. BPS mengumumkan laju inflasi Maret 2024 sebesar 0,52%, secara bulanan. Plt Kepala BPS, Amalia A Widyasanti mengatakan, terjadi kenaikan indeks harga konsumen (IHK) dari 105,58 pada Februari 2024 menjadi 106,13 pada Maret. Penyumbang inflasi terbesar adalah kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 1,42%, dan memberi andil terhadap inflasi sebesar 0,41%. Komoditas penyumbang inflasi adalah telur ayam ras yang memberi andil inflasi 0,09%, disusul daging ayam ras dan beras yang sama-sama memberi andil 0,09%. Sementara secara tahunan, inflasi Maret 2024 sebesar 3,05%, lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya dan bulan yang sama pada tahun lalu. Menurut Amelia, kenaikan inflasi Maret 2024 disebabkan momen Ramadan.

2. BPS mencatat harga gabah kering panen (GKP) di tingkat petani selama Ramadan pada Maret 2024, turun 7,24% secara bulanan, tapi naik dibandingkan tahun lalu sebesar 27,71%. Harga gabah kering giling (GKG) juga turun 5,47% secara bulanan, dan naik dibandingkan Maret 2023 sebesar 34,22%. Hal yang sama terjadi pada harga beras, di tingkat penggilingan turun 0,87% secara bulanan (mtm), namun naik 25,21% dibandingkan Maret 2023 (yoy). Harga beras di tingkat grosir pada Maret 2024 naik 0,9% (mtm) dan naik 20,64% (yoy). Harga beras eceran juga naik 2,06% (mtm), sekaligus naik 20,07% dibandingkan periode yang sama tahun lalu (yoy).

Mendag Zulkifli Hasan mengklaim, harga beras lokal sudah turun karena sudah panen raya. Dia menyebut, panennya 3,8 juta ton. Sementara yang diperlukan dalam satu bulan 2,5 juta ton. Selain itu, stok beras di masyarakat masih banyak karena bagi-bagi oleh caleg dalam pileg kemarin, ditambah bansos. Sementara di Bapanas, stok juga masih banyak, sehingga harga bisa terkendali saat lebaran. Selain beras, Zulhas mengklaim harga ayam juga turun dari Rp 42.000-Rp 43.000 mendekati HET. Ada yang sudah Rp 40.000 di Jawa dan Sumatera.

3. Nilai tukar rupiah ambles dalam perdagangan hari ini, sempat hampir menyentuh Rp 16.000 per dolar AS. Dikutip dari Refinitiv, pada pukul 10:30 melemah 0,38% di level Rp 15.910/USD, bahkan sempat turun ke Rp 15.915. Ini merupakan yang terendah sejak 1 November 2023, saat rupiah berada di level Rp 15.930/USD. Penurunan hari ini merupakan pelemahan 3 hari beruntun sejak 27 Maret 2024. Bahkan telah terus tergerus sejak 14 Maret 2024 dari Rp 15.575/USD menjadi Rp 15.910/USD, hari ini.

Global Markets Economist Maybank Indonesia, Myrdal Gunarto menilai, rupiah melemah karena permintaan dolar tinggi untuk impor BBM, maupun hot money outflow, serta permintaan domestik terhadap dolar saat pembagian dividen. Data BI menunjukkan pada pekan ketiga dan keempat Maret 2024, investor asing melakukan jual neto surat berharga negara RI sekitar Rp 8 triliun. Sepanjang 25-27 Maret 2024, nonresiden jual neto Rp 1,36 triliun.

TRENDING MEDSOS

1. Mahkamah Konstitusi trending di X, setelah Ekonom senior INDEF, Faisal Basri, hadir menjadi saksi ahli dari Tim Hukum Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dalam sidang sengketa hasil pilpres, di MK hari ini. Faisal menyampaikan paparannya yang bertajuk “Bansos Menjelang Pemilu 2024 Sangat Ugal-Ugalan untuk Memenangkan Prabowo-Gibran”.

2. Pramuka trending di X, setelah Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim dikabarkan menghapus kegiatan Pramuka sebagai ekstrakurikuler wajib di sekolah. Kepala Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP), Anindito Aditomo mengklarifikasi isu tersebut dan menyatakan bahwa Permendikbudristek No.12 Tahun 2024, hanya merevisi bagian Pendidikan Kepramukaan dalam Model Blok yang mewajibkan perkemahan, menjadi tidak wajib. Jika satuan pendidikan akan menyelenggarakan kegiatan perkemahan, maka tetap diperbolehkan.

HIGHLIGHTS

1. Kesimpulan dari kesaksian Vid Adrison, bahwa berkat kunjungan masif Presiden Jokowi ke 30 kabupaten/kota perolehan suara Prabowo mengalami peningkatan 32% dibandingkan perolehan suara dia pada Pilpres 2019, didapat dari analisisnya terhadap data statistik. Dari data itu, ia menguatkan dugaan keterlibatan Jokowi dalam pemenangan Prabowo-Gibran.

2. Undangan Presiden China Xi Jinping kepada Prabowo selaku presiden terpilih RI ke China, yang direspons dengan kunjungan Prabowo ke negeri tersebut, menunjukkan kepentingan yang sangat tinggi China terhadap pemerintahan RI mendatang. Meski undangan semacam itu, yang disebut oleh dosen Ilmu Hubungan Internasional UGM Dafri Agussalim, sebagai tidak lazim, tapi direspons Prabowo dengan positif. Hal ini menunjukkan Prabowo mengakui pengaruh besar China di Indonesia. Diharapkan, Prabowo tetap bisa menjaga kebijakan politik bebas-aktif Indonesia.

SUMBER

BRIEF UPDATE
Kerjasama MAKPI dengan BDS Alliance
Senin, 1 April 2024

Makpi Support
Makpi Support
Articles: 136

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *