Prabowo Tawari Nasdem Gabung Pemerintahan, Sahroni Penuhi Panggilan KPK, dan Pengusaha Masih Wait & See

POLITIK

1. Prabowo Subianto mengaku menawari Partai Nasdem, untuk bergabung dalam pemerintahannya kelak. Pernyataan Prabowo itu diungkapkan setelah ia mengadakan pertemuan dengan Ketum Nasdem Surya Paloh, di Kantor DPP Partai Nasdem, siang hari ini. Surya Paloh merupakan ketum parpol pertama di luar koalisi parpol pendukung Prabowo, yang menyampaikan selamat kepada Prabowo-Gibran sebagai pemenang Pilpres 2024. Menanggapi tawaran tersebut, Nasdem tak menutup kemungkinan untuk bergabung. Semua kemungkinan, kata Paloh, bisa terjadi pada dunia politik Tanah Air.

Menurut penilaian pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno, ucapan selamat Surya Paloh kepada Prabowo-Gibran, dan pernyataan dia bahwa Nasdem menerima hasil Pemilu 2024, menunjukkan Nasdem sudah tidak mempunyai semangat yang sama dengan paslon yang didukungnya, Anies-Muhaimin. Bagi Nasdem, kata Adi, pemilu sudah selesai. Ia pun menilai, Nasdem berpeluang gabung dalam pemerintahan Prabowo, mengingat Surya Paloh dan Prabowo berhubungan dekat.

2. Anies Baswedan yang diusung Nasdem sebagai capres dan cawapres-nya Muhaimin Iskandar, berbeda sikap dengan Surya Paloh. Anies-Muhaimin tidak terima hasil pilpres dan sudah mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Menurut pengamat politik dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Wasisto Raharjo, perbedaan sikap antara Anies dan Paloh dalam menyikapi hasil pemilu, karena ada perbedaan orientasi politik setelah pemilu. Nasdem, kata Wasisto, mungkin sudah puas dengan kenaikan perolehan suara 0,61% dari Pemilu 2019, sehingga memungkinkan ada tambahan kursi di DPR, sementara orientasi politik Anies bersifat jangka panjang dengan dimulai dari sidang sengketa di MK.

3. Ganjar Pranowo-Mahfud MD akan mendaftarkan gugatan sengketa hasil Pilpres 2024 ke Mahkamah Konstitusi (MK) besok, Sabtu, 23 Maret 2024. Anggota Kedeputian Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Heru Muzaki menjelaskan, sampai hari ini TPN masih melakukan finalisasi dokumen yang diperlukan dalam gugatan. Berdasarkan ketentuan, gugatan terhadap hasil pemilu harus didaftarkan di MK maksimal 3 hari setelah pengumuman resmi hasil pemilu dari KPU, yang dilakukan pada Rabu, 20 Maret lalu. Anies-Muhaimin sudah mendaftarkan gugatan di MK pada Kamis, 21 Maret lalu.

4. Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto mengatakan, beberapa kader partainya yang kritis terhadap sikap politik Presiden Jokowi kehilangan suara dalam pileg akibat dari operasi yang sistematis untuk menggembosi dukungan pemilih terhadap mereka. Ia menyebut contoh Ribka Tjiptaning, petahana DPR dari Dapil Jawa Barat lV, dan Ketua DPC PDIP Gunung Kidul, Yogyakarta, Endah Subekti Kuntariningsih. Pada Pemilu 2019, Endah mendapat suara terbanyak di daerah tersebut. Pada masa kampanye yang lalu, Endah bersikap keras menentang upaya menurunkan bendera-bendera PDIP ketika Presiden Jokowi mengunjungi Gunung Kidul.

5. Meski sudah mem- branding diri sebagai “partainya Jokowi”, dan dipimpin anak bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), gagal mendapat kursi parlemen di Senayan, gara-gara cuma dapat suara 4,2 juta atau 2,81% dari suara sah nasional. Masih jauh dari 4% ambang batas minimal parlemen. Ini kali kedua PSI gagal lolos ambang batas. Meski tidak dapat kursi DPR, Sekjen PSI, Raja Juli Antoni mengatakan, partainya mengalami peningkatan suara yang besar, dari 1,8% pada Pemilu 2019 menjadi 2,8%. Perolehan suara ini menambah jumlah fraksi partainya di DPRD 16 kabupaten/kota.

Menurut penilaian peneliti Charta Politika, Ardha Ranadireksa, kegagalan PSI masuk parlemen Senayan itu antara lain karena infrastruktur politik dan jejaring PSI di tingkat daerah tidak kuat. Ideologi partai ini pun tidak jelas. Kiprah tokoh partai di daerah juga penting. Nama-nama tokoh PSI seperti Grace Natalie dan Ade Armando, kata Ardha, hanya dikenal di kota-kota besar dan tidak terdengar di daerah.

HUKUM

1. Bendahara Umum Partai Nasdem, Ahmad Sahroni, memenuhi panggilan KPK sebagai saksi kasus dugaan pencucian uang (TPPU) ke Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL). Usai pemeriksaan, Sahroni mengonfirmasi adanya transfer Rp 40 juta dari SYL ke Nasdem sebagai sumbangan untuk korban gempa Cianjur. Penyidik menyarankan agar dana tersebut segera dikembalikan. Ia juga mengonfirmasi, dana dari SYL sebesar Rp 820 juta, yang 3 bulan lalu sudah dikembalikan ke KPK. SYL dijerat dalam 3 perkara, yaitu pemerasan, gratifikasi, dan TPPU. Dua perkara awal, pemerasan dan gratifikasi, sudah disidangkan di Pengadilan Tipikor Jakarta. Total gratifikasi yang diterima SYL dengan memeras anak buahnya sebanyak Rp 44,5 miliar.

2. Ketua Pusat Advokasi Hukum dan HAM Papua, Gustaf R Kawer, mendesak Komnas HAM dan Panglima TNI segera menginvestigasi dan memproses hukum pelaku penyiksaan warga sipil Papua. Pelaku diduga anggota pasukan non-organik dari Kodam III/Siliwangi, Yonif Raider 300/Brajawijaya. Dalam video viral, terlihat 5 orang memukuli seorang pria Papua di dalam tong dengan tangan terikat.

Di video lain, seorang bersarung tangan hitam menyayat punggung pria dengan pisau. Tong tampak berisi cairan merah. Menurut Gustaf, tindakan aparat terhadap warga sipil di Kabupaten Puncak itu merupakan penyiksaan di luar hukum. Jika korban meninggal, ia menilai tindakan aparat itu dapat dikategorikan pembunuhan di luar hukum (Extra judicial killing). Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Mayjen R Nugraha Gumilar mengatakan, bahwa TNI tengah menyelidiki video itu.

3. Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Benny Rhamdani, mengingatkan agar masyarakat berhati-hati dengan tindak pidana perdagangan orang (TPPO) bermodus magang di luar negeri. Pernyataan itu disampaikan, menanggapi terungkapnya TPPO dengan modus pengiriman mahasiswa magang ke Jerman lewat program Ferienjob. Benny mengimbau, Kemendikbud menertibkan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) yang sering mengirim tenaga magang bekerja sama dengan perguruan tinggi (PT). Ia menegaskan, PT dan LPK tidak dapat melakukan penempatan pekerja ke luar negeri, yang hanya bisa dilakukan oleh Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI).

Kasus ini terungkap dari laporan 4 mahasiswa ke KBRI di Jerman. Tak kurang dari 1.047 mahasiswa dari 33 universitas menjadi korban. Mereka mendapat sosialisasi dari CV GEN dan PT SHB. Untuk ikut program magang ini, mereka membayar biaya pendaftaran Rp 150.000 dan EUR 150 untuk LoA, serta membayar dana talangan Rp 30-50 juta yang dipotong dari gaji setiap bulan. PT SHB mengklaim, Ferienjob itu bagian dari Merdeka Belajar-Kampus Merdeka yang dapat dikonversi ke 20 SKS. Namun, klaim itu dibantah Kemendikbud. Dirtipidum Bareskrim Polri, Brigjen Djuhandhani Rahardjo Puro mengatakan, 5 orang ditetapkan sebagai tersangka.

EKONOMI

1. Ketua Umum Apindo, Shinta W Kamdani memperkirakan, pengumuman Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wapres terpilih tak serta merta menghapus ketidakpastian dan sikap wait and see dari kalangan pengusaha. Ia menjelaskan, arah kebijakan ekonomi pemimpin baru sangat penting bagi pelaku usaha, khususnya dalam penilaian risiko bisnis dan peluang pertumbuhan usaha. Hasil Pemilu 2024 hanya sedikit menurunkan ketidakpastian pasar dan kecenderungan wait and see. Dalam hitungannya, kecenderungan tersebut masih akan terus berlanjut hingga kuartal III-2024. Penilaian iklim usaha yang lebih firm baru bisa dilihat pada 2025.

Ketua Komite Investasi Aspermigas, Moshe Rizal mengaku, masih meraba-raba kebijakan Prabowo di sektor hulu migas. Moshe juga khawatir dengan program bioenergi yang selalu digaungkan Prabowo, yang tidak memprioritaskan lagi industri hulu migas. Sementara, untuk menggenjot ketahanan energi, peran dari hulu migas sendiri tak bisa dilepaskan. Moshe berharap, ke depan pemerintahan Prabowo tidak hanya fokus pada satu sumber energi saja. Menurut dia, pemerintah selanjutnya harus tetap konsisten merealisasikan target produksi minyak sebesar 1 juta bph dan gas sebesar 12 miliar kaki kubik per hari pada 2030.

2. BI mencatat, likuiditas perekonomian atau uang beredar dalam arti luas (M2) pada Februari 2024 tumbuh positif, sebesar Rp 8.739,6 triliun atau tumbuh 5,3% (yoy). Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono mengatakan, posisi ini relatif stabil dibandingkan pertumbuhan bulan sebelumnya 5,4% (yoy). Perkembangan tersebut didorong oleh pertumbuhan uang beredar sempit (M1) sebesar 5,2% (yoy), dan uang kuasi sebesar 5,3% (yoy).

Perkembangan M2 pada Februari 2024, terutama dipengaruhi oleh perkembangan penyaluran kredit yang tumbuh 11,0% (yoy), relatif terjaga dibandingkan bulan sebelumnya 11,5% (yoy). Aktiva luar negeri bersih tumbuh 2,3% (yoy), setelah tumbuh 4,8% (yoy) pada bulan sebelumnya. Sementara itu, tagihan bersih kepada Pemerintah Pusat terkontraksi 1,0% (yoy), setelah tumbuh 1,9% (yoy) pada Januari 2024. Penghimpunan DPK pada Februari 2024 tercatat sebesar Rp 8.193 triliun, tumbuh 5,4%. Ini lebih rendah dibandingkan pertumbuhan bulan sebelumnya, 5,8% (yoy).

TRENDING MEDSOS

1. Tuban dan Gempa trending di X. Hari ini, pukul 11.22.45 WIB, gempa mengguncang sebagian Jawa Timur. Berdasarkan hasil analisis BMKG, gempa bumi ini memiliki magnitude M5,9. Episenter gempa terletak pada koordinat 5,79° LS ; 112,32° BT, tepatnya di laut 126 km arah Timur Laut Tuban, pada kedalaman 10 km.

2. Banjir trending di X. Hari ini, berbagai daerah di Jakarta terendam banjir, mulai dari Cengkareng, Pluit, Kelapa Gading, bahkan jalan tol menuju Bandara Soetta juga terpantau mengalami banjir. Pengguna X kemudian ramai membagikan video dan foto kondisi banjir di berbagai daerah tempat tinggalnya.

HIGHLIGHTS

1. Tawaran Prabowo hari ini kepada Nasdem untuk bergabung dalam pemerintahannya nanti, merupakan realisasi dari janjinya sebelum pemilu yang ingin pemerintahannya didukung banyak parpol. Karena itu, tak lama lagi tawaran akan ia kirim ke parpol lain. Langkah Prabowo ini, tentu juga akan berpengaruh pada rencana pengguliran hak angket DPR mengenai kecurangan pemilu.

2. TNI harus segera mengusut dan menghukum berat pelaku penyiksaan terhadap warga sipil Papua yang videonya viral. Tindakan aparat tersebut, jelas menunjukkan arogansi yang kelewat batas dan biadab.

3. Pernyataan Ketua Komite Investasi Aspermigas, Moshe Rizal yang masih meraba-raba kebijakan Prabowo di sektor hulu migas maupun kekhawatiran dengan program bioenergi yang selalu digaungkan namun tidak memprioritaskan lagi industri hulu migas, merupakan salah satu kritik penting bagi pemerintahan Prabowo pada komitmen green energy.

SUMBER

BRIEF UPDATE
Kerjasama MAKPI dengan BDS Alliance
Jumat, 22 Maret 2024

Makpi Support
Makpi Support
Articles: 136

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *