Tim Hukum AMIN Gugat Pilpres ke MK, MK Kabulkan Permohonan Uji Materi pasal UU No. 1/1946, dan Investor Ragu Obligasi RI

POLITIK

1. Tim Hukum Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (THN AMIN), hari ini sudah mendaftarkan gugatan sengketa Pilpres 2024 ke Mahkamah Konstitusi (MK). Salah satu permohonan dalam gugatan tersebut, kata Ketua THN AMIN, Ari Yusuf Amir, adalah kemenangan Prabowo-Gibran didiskualifikasi, dan dilakukan pilpres ulang tanpa keikutsertaan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden untuk menghindari cawe-cawe Presiden Jokowi.

Anies Baswedan belum menyampaikan ucapan selamat kepada Prabowo-Gibran karena, kata dia, ucapan selamat bukan semata formalitas, tapi soal substansi tentang proses pemilu yang benar. Anies menjelaskan, proses dan hasil pemilu sama-sama penting, sehingga jika proses pemilu bermasalah, maka hasilnya juga berbanding lurus.

2. Ganjar Pranowo hari ini menegaskan, bakal menggugat hasil Pilpres 2024 ke Mahkamah Konstitusi (MK), yang ia sebut sebagai benteng terakhir baginya dan publik untuk meluruskan dugaan kecurangan yang ada. Ia mengaku, dalam sebulan terakhir bersama pasangannya Mahfud MD, berkeliling ke banyak daerah, dan mendapatkan cerita yang seragam soal dugaan kecurangan dalam Pilpres 2024. Kecurangan itu, kata Ganjar, sudah tampak sejak sebelum Pemilu 14 Februari 2024, yang diawali dengan putusan MK No. 90/2023 yang membuka jalan bagi putra Presiden Jokowi, Gibran, ikut dalam kontestasi pilpres. Gugatan ke MK, kata Ganjar, akan diajukan besok atau Sabtu, 23 Maret 2024.

3. Setelah KPU menetapkan pasangan Prabowo-Gibran sebagai pemenang Pilpres 2024, Prabowo menyampaikan pidato kemenangan di rumahnya di Jl Kertanegara, Jaksel, didampingi para ketum parpol pendukung, namun Gibran tidak ada. Dalam pidatonya, Prabowo menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi.

Prabowo juga meminta rakyat yang tidak mendukung dirinya dan Gibran, untuk memberi kesempatan menjadi presiden dan wakil presiden. Ia berjanji akan bekerja sekeras-kerasnya untuk seluruh rakyat Indonesia. Gibran berada di Solo, dan mengaku sedang menyelesaikan tugas-tugasnya sebagai wali kota. Ia mengaku, sudah ada jadwal untuk bertemu dengan Prabowo.

4. Komisi Pemilihan Umum (KPU), kemarin malam menetapkan hasil pemilu yang digelar pada 14 Februari 2024. Untuk hasil pilpres, KPU menetapkan paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, sebagai pemenang dengan perolehan suara 96.214.691 suara dari 164.227.475 jumlah suara sah, atau sekitar 58,5%, dan unggul di 36 dari 38 provinsi. Paslon nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, mengantongi 40.971.906 (24,94%) dan paslon nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD mendapat 27.040.878 suara (16,46%). Atas hasil tersebut, Prabowo-Gibran dinyatakan menang dalam 1 putaran.

Untuk pemilu legislatif ada 8 parpol yang perolehan suaranya lolos parliamentary threshold 4%, yakni: PDIP: 25.387.279 (16,72%), Golkar: 23.208.654 (15,29%), Gerindra: 20.071.708 (13,22%), PKB: 16.115.655 (10,62%), Nasdem: 14.660.516 (9,66 %), PKS: 12.781.353 (8,42%), Demokrat: 11.283.160 (7,43%) dan PAN: 10.984.003 (7,24%). Sebanyak 10 parpol lainnya tidak menembus 4%, termasuk PPP yang mendapat 3,87%. Meski suara PDIP turun dibandingkan hasil Pemilu 2019, tapi parpol ini berhasil menjadi “juara” ketiga kalinya, sejak Pemilu 2014. Sementara itu, KPU belum mengonversi perolehan suara sah parpol pada Pileg 2024 menjadi kursi di parlemen, kata Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari, karena harus menunggu putusan MK atas perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU).

5. Ketum Partai Nasdem, Surya Paloh, kemarin malam sudah menyampaikan ucapan selamat kepada capres-cawapres terpilih Prabowo-Gibran, dan menyatakan menerima hasil Pemilu 2024. Dari hasil pemilu kali ini Nasdem meraup dukungan 14.660.516 suara (9,66%), meningkat sedikit dibandingkan Pemilu 2019 sebesar 9,05%. Tentang apakah Nasdem akan bergabung dengan pemerintahan Prabowo, Paloh mengatakan, sementara ini hal tersebut bukan prioritas. Sekjen PKS, Aboe Bakar Al-Habsyi, juga menyampaikan ucapan selamat kepada Prabowo-Gibran dan menerima hasil pileg meskipun paslon yang didukungnya, Anies-Muhaimin, mengajukan gugatan ke MK.

6. Ketua Majelis Pertimbangan PPP, M Romahurmuziy (Romy), hari ini menyatakan, partainya akan mengajukan gugatan hasil rekapitulasi suara KPU ke Bawaslu dan MK, karena hasil rekap KPU lebih kecil dari hasil rekap yang dilakukan internal PPP. Hasil rekap KPU menetapkan PPP mendapat 3,87% dari suara sah, yang berarti tidak lolos parlemen periode 2025-2029. Ini berarti, kali pertama PPP tidak lolos ambang batas parlemen, setelah 11 kali ikut pemilu sejak zaman Orde Baru. Padahal, kata Romy, rekap internal menunjukkan partainya lolos ambang batas 4%.

HUKUM

1. MK mengabulkan sebagian permohonan uji materi sejumlah pasal UU No. 1/1946 tentang Peraturan Pidana, yang diajukan Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti beserta sejumlah organisasi. Dalam putusannya, MK menyatakan Pasal 14 dan Pasal 15 UU No. 1/1946 tentang penyebaran berita bohong yang menimbulkan keonaran, bertentangan dengan UUD 1945 dan tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat. Dalam pertimbangan yang dibacakan Hakim Konstitusi, Enny Nurbaningsih, MK menilai, rumusan norma Pasal 14 dan Pasal 15 UU No. 1/1946 yang luas dan tidak jelas, bertentangan dengan Pasal 28D Ayat 1 UUD 1945.

Sementara untuk amar putusan pada uji materi Pasal 310 ayat 1 KUHP, MK menyatakan pasal tentang pencemaran nama baik itu inkonstitusional bersyarat. Dalam pertimbangannya, MK menilai rumusan Pasal 310 ayat (1) KUHP sebetulnya telah diakomodasi dalam Pasal 433 UU No. 1/2023 (KUHP baru). Dalam berkas permohonannya, Haris, Fatia, dkk meminta MK menyatakan Pasal 14 dan Pasal 15 UU KUHP, Pasal 310 ayat (1) KUHP; dan Pasal 27 ayat (3) juncto Pasal 45 ayat (3) UU ITE bertentangan dengan sejumlah pasal UUD 1945.

2. Sekretaris MA nonaktif, Hasbi Hasan, membantah menerima suap Rp 3 miliar dari Dadan Tri Yudianto. Dalam pledoinya di PN Tipikor Jakarta, Hasbi mengatakan, ia sama sekali tak ada aliran uang dari Dadan kepada dirinya untuk pengurusan perkara di MA, bahkan ia mengaku tak bertemu Dadan di kantornya. Dia juga membantah menerima tiga tas mewah Hermes dari Dadan. Hasbi mengutip keterangan Dadan yang juga menjadi terdakwa di kasus itu, bahwa tas mewah itu diberikan untuk teman wanitanya bernama Mala. Hasbi Hasan sebelumnya dituntut 13 tahun dan 8 bulan penjara. Jaksa meyakini, Hasbi terbukti bersalah menerima suap Rp 11,2 miliar terkait pengurusan perkara di MA.

EKONOMI

1. Investor asing menjadi ragu-ragu terhadap obligasi Indonesia, karena janji program makan siang gratis presiden terpilih Prabowo Subianto, telah memicu kekhawatiran anggaran yang meningkat dan kemungkinan pengeluaran yang berlebihan. Sejak pemungutan suara 14 Februari lalu, sebanyak USD 1,1 miliar modal asing keluar dari pasar obligasi Indonesia. Dalam 20 hari sejak hari itu, modal asing tercatat rutin keluar selama 16 hari. Sementara negara-negara di kawasan, seperti Korea Selatan dan India justru mencatat capital inflow di pasar keuangan mereka.

Pakar strategi dari Goldman Sachs, Danny Suwanapruti mengungkapkan, investor yang menyalurkan modalnya ke pasar negara berkembang telah menyatakan kekhawatirannya atas potensi pelonggaran fiskal oleh pemerintahan Prabowo-Gibran, karena program makan siang gratis tanpa merinci soal pembiayaannya. Direktur pelaksana untuk strategi makro pasar negara berkembang di GlobalData TS Lombard, London, Jon Harrison, mengingatkan pentingnya ekspansi fiskal dilakukan dengan cara berkelanjutan sehingga pengeluaran harus diawasi dengan hati-hati.

Selain soal makan siang gratis, investor juga akan mengamati seksama pengumuman susunan kabinet, terutama soal pengganti Sri Mulyani. Jon Harrison menyebut, Sri Mulyani sangat kredibel dan dihormati pasar sehingga ada standar yang tinggi untuk sosok penggantinya. Saat ini ada 4 nama calon menteri keuangan yang disebut-sebut, yakni Menkes Budi Gunawan Sadikin, Wamen BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Ketua OJK Mahendra Siregar dan Dirut BNI Royke Tumilaar.

2. Pemerintah banyak menarik utang baru di awal 2024. Padahal hingga Februari 2024, APBN mencatat surplus Rp 26 triliun atau 0,11% terhadap PDB. Hingga Februari 2024, pemerintah telah menambah utang baru sebesar Rp 184,3 triliun, atau 35,3% dari target APBN 2024. Menkeu Sri Mulyani mengatakan, utang baru tersebut terdiri atas penerbitan SBN senilai Rp 178 triliun serta dari pinjaman bilateral dan multilateral senilai Rp 6,5 triliun. Menurut Sri Mulyani, alasan penarikan utang baru lebih awal, untuk antisipasi gejolak pasar keuangan global yang bisa terjadi di pertengahan tahun.

3. Imbauan Kemenaker mengenai pemberian THR bagi driver ojek online (Ojol) dan kurir masih memicu pro-kontra. Anggota Komisi IX DPR RI, Netty Prasetiyani Aher mengatakan, kebijakan tersebut seharusnya tidak berupa imbauan melainkan agar dilaksanakan. Ia meminta pemerintah untuk melakukan pendekatan kepada perusahaan transportasi daring untuk memberikan THR bagi pengemudi ojol. Jika tak menerima THR, Netty menilai itu tidak adil karena mereka telah berkontribusi tidak hanya kepada perusahaan, tetapi juga kepada masyarakat dan pergerakan ekonomi nasional.

Sementara Wakil Ketua Umum Ketenagakerjaan Kadin Indonesia, Muhammad Hanif Dhakiri mengatakan, kurang tepat jika pengemudi ojol masuk dalam cakupan Surat Edaran Menaker No. M/2/HK.04/III/2024 tentang Pelaksanaan Pemberian THR. Hubungan pengemudi ojol dengan perusahaan aplikasi, menurut dia adalah hubungan kemitraan yang tidak termasuk Pekerja Kontrak dengan Waktu Tertentu (PKWT).

Presiden Asosiasi Serikat Pekerja (Aspek) Indonesia, Mirah Sumirat mengatakan, ketentuan THR ini harus dapat dijalankan oleh seluruh perusahaan aplikasi ojol dan kurir online. Kemenaker juga harus mengeluarkan aturan turunan lain untuk memudahkan pelaksanaan di lapangan. Pengawasan terhadap aturan itu, kata dia, juga harus dilakukan oleh pemerintah. Ia menyinggung perlindungan hak 4 juta pekerja ojol yang berpenghasilan rendah, dan jam kerja lebih dari 8 jam sehari.

TRENDING MEDSOS

1. Pilpres 2024 trending di X. Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar resmi menggugat hasil Pilpres 2024 ke Mahkamah Konstitusi, Kamis (21/3/2024). Permohonan tersebut telah terdaftar dengan nomor: 01-01/AP3-PRES/Pan.MK/03/2024.

2. Prabowo-Gibran dan Bansos trending di X, setelah pengumuman kemenangan Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI 2024-2029. Banyak pengguna X mengklaim, kemenangan Prabowo-Gibran disebabkan karena gelontoran bansos yang sangat masif selama masa Pemilu 2024.

3. Lebih dari 5.000 pencarian di Google mengenai IISMA yang juga trending di X. Hari ini, merupakan pengumuman kelulusan calon mahasiswa penerima beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2024. IISMA merupakan bagian dari program Kampus Merdeka Kemenristekdikti yang mengirim mahasiswa tingkat sarjana dan vokasi ke berbagai universitas di luar negeri.

HIGHLIGHTS

1. Hasil resmi Pemilu 2024 yang disampaikan KPU, baik untuk pilpres maupun pileg, tak jauh beda dengan prediksi dari hitung cepat sejumlah lembaga survei. Artinya, hasil resmi itu tidaklah mengejutkan. Perhatian publik akan beralih ke ruang sidang MK tentang gugatan hasil pilpres, yang akan dilakukan oleh kubu AMIN dan Ganjar-Mahfud. Mereka akan mengajukan dalil bahwa pilpres dilangsungkan dengan kecurangan yang terstruktur, sistematis dan masif (TSM), sehingga wajib diulang. Meski tuntutan ini besar kemungkinan ditolak hakim MK, namun mereka ingin publik tahu bahwa pilpres berlangsung tidak jujur, yang akan berimplikasi pada kredibilitas kekuasaan Prabowo-Gibran.

2. Pergerakan keluar modal asing dari pasar obligasi Indonesia dalam beberapa pekan terakhir, karena kekhawatiran tentang program unggulan Presiden terpilih, perlu menjadi atensi, mengingat persepsi mereka berperan penting dalam kestabilan perekonomian Indonesia.

SUMBER

BRIEF UPDATE
Kerjasama MAKPI dengan BDS Alliance
Kamis, 21 Maret 2024

Makpi Support
Makpi Support
Articles: 136

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *