Ganjar: Ada Upaya Penggembosan Hak Angket, Kejagung Sita 10M Lebih Terkait PT Timah, dan Belanja Infrastruktur Jor-joran

POLITIK

1. Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, menyebut ada upaya penggembosan hak angket dugaan kecurangan pemilu. Kepada Tempo, Ganjar mengatakan, upaya itu terindikasi dari serangan terhadap dirinya, salah satunya laporan Ketua IPW, Sugeng Teguh Santoso tentang dugaan suap berupa cashback dari beberapa perusahaan asuransi kepada Dirut Bank Jateng dan dirinya sebagai pemegang saham pengendali. Ia menegaskan tak pernah menjadi komisaris Bank Jateng. Ganjar menyatakan, siap menghadapi laporan itu dan menantang Sugeng yang politisi PSI tersebut untuk menunjukkan bukti-bukti seputar data, transfer uang, pemberi uang, dan asal uangnya.

Sementara di acara Demos Festival bertajuk Omon-omon Soal Oposisi, Ganjar mengaku masih tetap berjuang, meski perolehan suaranya di bawah dua paslon lainnya. Ia mengaku sedang mengumpulkan data kejanggalan dan kecurangan sampai KPU resmi mengumumkan hasil pilpres, 20 Maret 2024 mendatang. Kini, kata dia, tim Ganjar-Mahfud menyiapkan langkah ke Mahkamah Konstitusi. Mereka tengah menggali data, fakta, dan saksi-saksi di lapangan untuk membuktikan hipotesis TSM (terstruktur, sistematis, masif).

2. Capres nomor urut 01, Anies Baswedan menepis wacana dirinya akan maju lagi dalam pemilihan Gubernur DKI Jakarta. Wacana itu, kata Anies, adalah isu untuk mengalihkan pilpres, seolah-olah pilpres sudah selesai. Ia menegaskan kontestasi belum selesai, dan menyatakan masih mengawal proses penghitungan suara. Anies juga mengatakan, waktu untuk menggulirkan hak angket kecurangan pemilu masih panjang. Namun, kata dia, yang paling penting prosesnya berjalan terus.

3. KPU RI kembali melanjutkan rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat nasional, hari ini. Rekapitulasi dipimpin Ketua KPU, Hasyim Asy’ari, didampingi Komisioner August Mellaz, dan dihadiri saksi-saksi dari paslon dan parpol. Hasyim mengatakan, sebelumnya KPU sudah melaksanakan rekapitulasi di wilayah luar negeri. Dia menyebut, tersisa Kuala Lumpur yang belum melakukan rekapitulasi. KPU memutuskan menggelar pemungutan suara ulang (PSU) di Kuala Lumpur, karena ditemukan kecurangan. PSU akan dilakukan hari Minggu besok. Dalam kasus pidana pemilu di Kuala Lumpur, tujuh orang PPLN ditetapkan sebagai tersangka, dan berkasnya sudah dilimpahkan Bareskrim ke Kejaksaan.

4. Politisi senior PDIP, Andreas Hugo Pareira, merespons pernyataan politisi Partai Nasdem Irma Suryani Chaniago yang menyebut, PDIP lebih baik ketika menjadi oposisi ketimbang di dalam pemerintahan. Andreas mengatakan, tak perlu mengkhawatirkan positioning PDIP. Partai sudah pernah mengalami semua peristiwa politik, mulai partai di dalam dan di luar pemerintahan, maupun sebagai partai yang direpresi penguasa.

Terpisah, Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat mengatakan, partainya masih fokus mencermati tahapan penghitungan suara hingga selesai, juga tengah mempersiapkan gugatan ke MK. Baru setelah itu akan mengkaji opsi, untuk menegakkan demokrasi sesuai konstitusi. Opsi di luar pemerintahan, menurut dia, juga sangat terhormat untuk mewujudkan check and balances.

5. Ketua DPP, Partai Golkar Nusron Wahid, meminta capres nomor urut 01 Anies Baswedan tak perlu khawatir dan membandingkan saat ini dengan zaman Orde Baru. Pernyataan itu disampaikan menanggapi pernyataan Anies yang menyebut, kedamaian di zaman Orba bersifat semu, sebab masyarakat pada pihak yang memegang senjata. Menurut Nusron, saat ini tentara sudah tidak perlu dikhawatirkan di panggung demokrasi, apalagi TNI sudah profesional tak mau masuk politik praktis. Capres nomor 02, kata dia, meski purnawirawan TNI namun demokratis. Ia tidak menggunakan senjata untuk meraih kekuasaan, melainkan dengan kompetisi merebut hati rakyat, melalui pemilu yang demokratis.

HUKUM

1. Direktorat Penyidikan Jampidsus Kejagung, menggeledah sejumlah tempat terkait dugaan korupsi tata niaga timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP), PT Timah pada 2015-2022. Kapuspenkum Kejagung, Ketut Sumedana mengatakan, dalam penggeledahan itu disita uang tunai Rp 10 miliar dan SGD 2 juta (setara dengan Rp 23.310.784.676). Dalam kasus penambangan ilegal yang dibalut kerja sama palsu ini, Kejagung telah menetapkan 13 orang. Kejagung menyebut nilai kerugian ekologis dalam kasus ini, diperkirakan mencapai Rp 271 triliun yang meliputi kerugian ekologis, ekonomi lingkungan, dan biaya pemulihan lingkungan. Selain Itu, penyidik masih menghitung potensi kerugian negara.

EKONOMI

1. Wakil Presiden ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla, mengkritik keputusan Presiden Jokowi yang masif mengembangan pembangunan infrastruktur, dalam hal ini jalan tol. Dalam acara Election Talks #4 di UI, JK menilai belanja infrastruktur jor-joran yang dilakukan Jokowi secara tidak efisien dan tidak berdasarkan prinsip akan menjadi beban bagi pemerintahan selanjutnya. JK pun menyorot soal utang Indonesia yang semakin tinggi. Per 31 Januari 2024, totalnya sudah tembus Rp 8.253,09 triliun. Kemudian ditambah program-program yang butuh pendanaan besar. Selain subsidi BBM dan listrik, ia juga menyinggung program makan siang gratis yang diusung paslon Prabowo-Gibran.

2. BI mencatat terjadi aliran keluar modal asing sebesar Rp 13,61 triliun dari pasar keuangan domestik, pada tanggal 4-7 Maret 2024. Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono mengatakan, jumlah tersebut terdiri atas jual neto Rp10,42 triliun di pasar Surat Berharga Negara (SBN), jual neto Rp0,57 triliun di pasar saham, dan jual neto Rp2,62 triliun di Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI). Sepanjang 2024 hingga Maret 2024, nonresiden jual neto Rp12,51 triliun di pasar SBN, beli neto Rp17,88 triliun di pasar saham, dan beli neto Rp25,35 triliun di SRBI.

Sejalan dengan itu, premi credit default swap (CDS) Indonesia 5 tahun per 7 Maret 2024 sebesar 69,12 bps, naik dibandingkan 1 Maret 2024 sebesar 67,80 bps. Tingkat imbal hasil SBN 10 tahun pada Jumat pagi (8/3/2024) turun ke 6,61%, dari 6,62% pada Kamis (7/3/2024). Nilai tukar rupiah pada Jumat pagi tercatat di level Rp15.630 per dolar AS, dibandingkan Kamis Rp15.650 per dolar AS.

TRENDING MEDSOS

1. Hasto trending di X, setelah Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, menegaskan PDIP telah selesai menyiapkan Naskah Akademik Pengajuan Hak Angket Pemilu.

2. Muhammadiyah trending di X, setelah Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadhan pada Senin tanggal 11 Maret 2024.

3. Terdapat lebih dari 5.000 pencarian di Google mengenai Sri Mulyani. Menteri Koperasi dan UKM menyatakan, masih menunggu peraturan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, terkait penghapusan kredit usaha rakyat atau KUR macet sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di perbankan nasional. Sebelumnya, Teten bersama Sri Mulyani tengah menyiapkan peraturan pemerintah mengenai penghapusan kredit macet UMKM di perbankan nasional.

4. Lebih dari 5.000 pencarian di Google mengenai Smart Air, setelah hilangnya pesawat Smart Air yang mengantar sembako dari Bandara Juwata Tarakan menuju Binuang, Krayan Tengah, Kalimantan Utara pada Jumat (8/3/2024).

HIGHLIGHTS

1. Upaya-upaya menghalangi penggunaan hak angket memang terus dilakukan. Dugaan Ganjar Pranowo, bahwa pelaporan dirinya ke KPK merupakan upaya penggembosan hak angket bisa dipahami. Dia adalah sosok yang pertama menggulirkan wacana penggunaan hak angket. Dalam proses pilpres ini, banyak dugaan “penyanderaan” tokoh-tokoh dengan kasus hukum agar menuruti keinginan pihak tertentu.

2. Kritik mantan wakil presiden Jusuf Kalla, mengenai jor-joran membangun infrastruktur, khususnya jalan tol, perlu menjadi perhatian. Realisasi anggaran infrastruktur pada 2023 tembus Rp 455,8 triliun, jauh melampaui alokasi pemerintah sebesar Rp 392 triliun. Sementara beban utang pemerintah yang semakin tinggi, diperkirakan akan semakin membebani APBN.

SUMBER

BRIEF UPDATE
Kerjasama MAKPI dengan BDS Alliance
Sabtu, 9 Maret 2024

Makpi Support
Makpi Support
Articles: 136

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *