PSI Diprediksi Tidak Lolos ke Senayan, Menag Mendukung Polisi Mengusut Metamorfoshow, dan Harga Sembako Naik

POLITIK

1. Setelah hasil hitung cepat dari hampir semua lembaga survei menyimpulkan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) diprediksi tidak bisa lolos ke Senayan, mencuat kembali kabar bahwa Presiden Jokowi akan masuk Partai Golkar. Menanggapi kabar tersebut, Ketum Golkar Airlangga Hartarto tidak mau menanggapi secara langsung. Ia hanya mengatakan, Jokowi adalah milik semua partai. PSI yang dipimpin oleh putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep, menurut hitung cepat Litbang Kompas, hanya meraup suara tak mencapai 3%, padahal untuk lolos ke parlemen butuh 4%. Sementara spekulasi menyebutkan bahwa, PSI akan menjadi kendaraan politik Jokowi.

2. Setelah Pemilu 14 Februari lalu, berdasarkan hasil hitung cepat dari semua lembaga survei menyimpulkan Prabowo-Gibran memenangkan Pilpres 2024, Prabowo Subianto sudah 2 kali menemui Presiden ke-6 RI sekaligus Ketua Majelis Pertimbangan Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY); yang pertama di Pacitan Sabtu (17/2/2024), yang kedua di Cikeas, Jumat malam (23/2/2024).

Pengamat politik pada UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno menduga, Prabowo merasa perlu menemui SBY untuk membicarakan mengenai penyusunan kabinet, karena SBY punya pengalaman menjadi presiden selama 2 periode. Ia memprediksi, penyusunan kabinet Prabowo-Gibran kelak tidak akan mudah karena ada banyak partai di dalam koalisi. Selain itu, Prabowo mesti mengendalikan kabinet dari manuver Presiden Jokowi yang punya pengaruh di sejumlah partai politik anggota koalisi, terutama Golkar dan PAN.

3. Kementerian Agama berencana membuka Kantor Urusan Agama (KUA) untuk pernikahan dan pencatatan nikah semua agama, tidak hanya untuk agama Islam. Menag Yaqut Cholil Qoumas, berjanji akan melibatkan seluruh tokoh agama saat membahas rencana tersebut. Selama ini, KUA hanya berfungsi sebagai tempat pencatatan pernikahan umat Islam. Sedangkan pencatatan nikah agama lain, dilakukan di Kantor Pencatatan Sipil.

Menanggapi rencana Menag Yaqut tersebut, Sekretaris Eksekutif Bidang Keadilan dan Perdamaian (KP) Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI), Henrek Lokra mengatakan, rencana itu perlu dipertimbangkan dengan matang, sebab dalam agama Kristen pernikahan adalah urusan privat. Tugas gereja, kata Henrek, hanya memberkati pernikahan yang telah dicatatkan dalam administrasi kependudukan yang merupakan wilayah negara.

4. Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD, menjelaskan perbedaan hasil vonis penyelesaian dugaan kecurangan Pemilu 2024 lewat jalur angket DPR dan gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK). Mahfud menegaskan, dua jalur itu dibolehkan. Hak angket merupakan jalur politik yang kewenangannya diberikan kepada partai pemilik kursi di DPR. Sedangkan gugatan MK kewenangannya dimiliki oleh setiap paslon. Namun keduanya memiliki dampak atau konsekuensi hukum yang berbeda.

Pada hak angket, jelas Mahfud, vonisnya tidak bisa membatalkan hasil pemilu yang telah diputuskan KPU. Jika hasil penyelidikan hak angket membuktikan pemilu terlaksana dengan curang, presiden menjadi objek hukum, sebab dia adalah pelaksana undang-undang, dan bisa berujung pemakzulan. Sedangkan gugatan di MK, ditujukan kepada KPU dan vonisnya bisa membatalkan pemilu, sehingga pemungutan suara ulang bisa dilakukan. Namun menurut Mahfud, perlu ada bukti kuat dan signifikan yang harus dibuktikan dalam sidang.

HUKUM

1. Menag Yaqut Cholil Qoumas, mendukung polisi untuk mengusut acara Metamorfoshow: It’s Time To Be One Ummah yang dikaitkan dengan organisasi terlarang HTI. Ia mengatakan, sebagai organisasi terlarang, tak boleh ada aktivitas HTI di Indonesia. Ia memercayakan pengusutan acara tersebut kepada polisi, dan Kemenag akan memantau pengusutan tersebut. Sebelumnya Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Nicolas Ary Lilipaly mengatakan, pihaknya tengah mengusut kasus ini dan akan memanggil penyelenggara acara.

Acara Metamorfoshow diadakan di Teater Tanah Airku, 17 Februari lalu. Sejumlah tokoh HTI, antara lain mantan jubir HTI Ismail Yusanto, konten kreator HTI Aab El Karami dan influencer Gen Z HTI, M Ihsan Akbar, hadir di acara yang konon dihadiri 1.200 anak muda. Dalam video yang beredar, tampak peserta menyaksikan sejumlah video berkaitan dengan sejarah Nabi. Salah satu sesi video memperlihatkan, pembawa acara menyinggung soal hukum syariah di Indonesia.

2. ICW menilai, proses hukum terhadap mantan Ketua KPK, Firli Bahuri oleh Polda Metro Jaya berjalan lamban. Peneliti ICW, Kurnia Ramadhana mengatakan, kelambanan itu menimbulkan kecurigaan masyarakat. Ia menduga, ada konflik kepentingan antara Kapolda Irjen Karyoto dengan Firli. Sebab Karyoto saat menjadi Deputi Penindakan KPK, adalah bawahan Firli. Terlebih secara kepangkatan di Polri, Karyoto juga masih di bawah Firli yang merupakan pensiunan dengan pangkat Komjen. Oleh sebab itu, ICW mendorong Kapolri memanggil Karyoto untuk menanyakan perkembangan proses penyidikan Firli.

3. Kantor ICW dan kantor Lokataru dijaga ratusan polisi. Dikabarkan, ratusan orang anggota Forum Pemuda Mahasiswa Timur Cinta NKRI, akan menggeruduk dua kantor tersebut. Koordinator Divisi Pengelolaan Pengetahuan ICW, Wana Alamsyah, membenarkan kabar tersebut. Menurutnya, massa demo menuntut masalah rasisme terhadap masyarakat Indonesia Timur. Direktur Eksekutif Lokataru Foundation, Delpedro Marhaen, juga mengakui kantornya akan didemo massa yang sama. Ia menyebut, 200 orang polisi sudah bersiaga dengan 1 water cannon. Namun, sampai menjelang sore, pendemo belum datang.

EKONOMI

1. Presiden Aspek Indonesia, Mirah Sumirat mengatakan, tak hanya beras, harga telur ayam dan cabai naik tinggi. Telur mencapai Rp 32.000 per kg, begitu juga cabai tembus Rp 100.000 per kg. Selain kenaikan harga bahan pokok, ia juga memprotes rencana kenaikan tarif listrik mulai 1 Maret 2024. Gelombang PHK dan kecilnya kenaikan UMP 2024, semakin mempersulit masyarakat untuk bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. Ia mengingatkan Jokowi, fokus di penghujung masa tugasnya sebagai Presiden agar sungguh-sungguh bekerja untuk rakyat.

Sementara itu, saat memimpin sidang paripurna kabinet hari ini, Presiden Jokowi minta menterinya memastikan ketersediaan dan kestabilan harga bahan pokok, terutama menghadapi Ramadan dan Idul Fitri. Usai rapat kabinet, Mendag Zulkifli Hasan mengungkapkan, pemerintah akan mengimpor 3,6 juta ton beras sepanjang 2024. Saat ini sudah 500.000 ton beras yang masuk. Di Bulog sendiri saat ini, ada 1,4 juta ton beras impor. Sementara beras lokal, stoknya terbatas karena panennya kurang. Imbasnya, stok beras lokal yang ada dijual dengan harga tinggi karena membludaknya permintaan masyarakat.

2. Program makan siang dan susu gratis masuk dalam pembahasan Rencana Kerja Pemerintah (RKP), dan RAPBN 2025 hari ini. Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa mengatakan, sembari menunggu hasil resmi pilpres, program-program ikonik presiden terpilih, termasuk makan siang gratis, akan masuk dalam RKP 2025. Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto menyebut, angka Rp 15.000 per anak dianggarkan untuk makan siang saja, di luar susu. Menunya, disesuaikan dengan kebijakan daerah masing-masing.

Menkeu Sri Mulyani Indrawati mengatakan, program makan siang gratis harus dikaji seksama, termasuk potensi defisit yang dapat terjadi terhadap APBN 2025 nanti. Defisit APBN 2024, dipatok pada rentang 2,45%-2,8% dari PDB. Semakin lebar defisit, artinya jumlah utang yang akan ditarik lebih besar. Oleh sebab itu, ia kembali menekankan dalam sebulan ke depan pemerintah akan tetap melakukan pembahasan mengenai pagu indikatif dari masing-masing Kementerian/Lembaga, sebagai ancar-ancar pagu anggaran yang tepat untuk melaksanakan program tersebut.

3. Pemerintah memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia, bisa di atas 5% pada tahun 2025. Proyeksi ini merupakan bagian dalam penyusunan RKP dan RAPBN tahun 2025. Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa mengatakan, sasaran pertumbuhan ekonomi pada 2025 antara sekitar 5,3%-5,6%. Kemudian tingkat kemiskinan antara 6%-7%, tingkat pengangguran terbuka juga diharapkan bisa pada 4%-5%, serta rasio gini di sekitar 0,37. Suharso juga menjelaskan, indeks modal manusia tidak lagi menggunakan human development index (HDI), tapi human capital index (HCI) yang diharapkan bisa di 0,56.

TRENDING MEDSOS

1. Jokowi dan Istana Negara trending di X, setelah Sidang Kabinet Paripurna (SKP) digelar di Istana Negara, hari ini. Jokowi dan jajaran menteri dalam kabinetnya membahas persiapan Ramadan dan Idul Fitri, sekaligus menyusun Rencana Kerja Pemerintah (RKP) serta kebijakan fiskal tahun 2025.

2. #AniesSpace trending di X, setelah Anies Baswedan melangsungkan live pertama di platform Space bersama dengan para pendukungnya.

HIGHLIGHTS

1. Kabar santer menyebut Presiden Jokowi akan berlabuh di Partai Golkar, setelah PSI diprediksi tidak lolos ke parlemen. Wajar saja isu itu menjadi perhatian publik, mengingat Jokowi tentu punya niat untuk terus punya pengaruh dalam politik negeri ini, apalagi anaknya, Gibran, besar kemungkinan jadi wapres yang perlu backup parpol. Kembali mengandalkan PDIP, sangat kecil kemungkinannya. Untuk itu, Jokowi harus bisa mendapatkan parpol, bila benar yang disasar Golkar, sebelum dia habis masa jabatannya 20 Oktober mendatang. Jika setelah tanggal tersebut Jokowi belum mendapatkan parpol, sulit diharapkan suaranya akan didengar oleh para elite politik lainnya.

2. Penjelasan Mahfud MD tentang jalur hak angket dan jalur gugatan ke MK, tentang dugaan kecurangan Pemilu 2024, diharapkan bisa membuka mata publik tentang perbedaan dua mekanisme tersebut. Karena, ada pihak-pihak tertentu yang sengaja mengaburkan dua hal berbeda itu, seolah-olah hak angket tidak bisa dilakukan karena masalah kecurangan masuk ke ranah MK.

3. Pemerintah mesti menjelaskan secara komprehensif terkait kelangkaan beras di pasaran maupun naiknya harga sejumlah sembako, yang berujung rencana impor beras dalam jumlah sangat besar. Pemerintah harus mampu menjelaskan secara gamblang dan transparan agar tidak kehilangan kepercayaan publik. Hal itu mengingat melambungnya harga beras pasca-Pemilu, telah menimbulkan kecurigaan meluas sebagai akibat pembagian paket sembako tak terkontrol oleh Pemerintah menjelang coblosan.

SUMBER

BRIEF UPDATE
Kerjasama MAKPI dengan BDS Alliance
Senin, 26 Februari 2024

Makpi Support
Makpi Support
Articles: 136

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *