Hak Angket DPR untuk Kecurangan Pemilu, Metamorfoshow” HTI di TMII, dan Makan Siang + Susu Gratis di APBN 2025

POLITIK

1. Tiga parpol pengusung Anies-Muhaimin: Nasdem, PKB dan PKS, sepakat menggunakan hak angket DPR untuk mengusut dugaan kecurangan Pemilu 2024. Kesepakatan itu dicapai dalam pembicaraan sekjen ketiga parpol tersebut di markas Nasdem, Gondangdia, Jakpus, Kamis malam (22/2/2024). Sekjen Nasdem, Hermawi Taslim mengatakan, kini mereka menunggu PDIP sebagai inisiator hak angket. Sekjen PKS, Aboe Bakar Alhabsyi menilai, langkah untuk menguak praktik kecurangan pemilu melalui hak angket adalah cara yang tepat, ketimbang melalui Mahkamah Konstitusi (MK) yang ada pamannya Gibran, yakni Anwar Usman.

Hak angket merupakan salah satu dari tiga hak DPR, untuk melakukan penyelidikan atas dugaan pelanggaran hukum yang dilakukan pemerintah. Ganjar Pranowo sudah mengusulkan penggunaan hak tersebut, yang disetujui oleh partai pengusung utamanya, PDIP. Namun PPP yang juga menjadi pengusung Ganjar, terkesan kurang mendukung inisiatif itu. Ketua DPP PPP, Achmad Baidowi mengatakan, saat ini partainya masih fokus pada perhitungan suara untuk lolos ke ambang batas parlemen. Ketua Majelis Kehormatan PPP, Zarkasih Nur, merasa khawatir hak angket justru akan memicu perpecahan umat yang akan sangat merugikan bangsa Indonesia.

Sementara itu, kubu 02 kompak menolak penggunaan hak angket tersebut. Ketum PBB, Yusril Ihza Mahendra menilai, untuk menyelesaikan perkara pemilu harus melalui MK, tidak di DPR. Selain itu, penggunaan hak angket di DPR memakan waktu lama, yang belum tentu selesai pada saat pemerintahan Presiden Jokowi berakhir 20 Oktober mendatang. Partai Golkar pun menentang hak angket. Waketum Partai Gerindra, Habiburokhman, tidak yakin DPR bakal menyetujui penggunaan hak angket, mengingat pengalaman dalam beberapa tahun terakhir berbagai usulan penggunaan hak angket di DPR tidak pernah disetujui.

2. Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, hari ini mengatakan, DPR perlu segera menggelar rapat kerja (Raker) Komisi II untuk membahas pelaksanaan Pemilu 2024. Komisi II bisa segera memanggil KPU dan pihak terkait lainnya, untuk menyelidiki dugaan kecurangan Pilpres 2024 yang selama ini disuarakan pihaknya dan kubu 01 Anies-Muhaimin. Dari raker tersebut, lanjut Ganjar, bisa saja dihasilkan kesimpulan langkah selanjutnya bagi DPR untuk menyikapi dugaan kecurangan pilpres, termasuk dilanjutkan dengan hak angket.

3. Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Barisan Ansor Serbaguna (Banser), membubarkan pengajian Ustadz Syafiq Riza Basalamah di Masjid Assalam Purimas, Gunung Anyar, Kota Surabaya, Kamis malam (22/2/2024). Ketua Pengurus Anak Cabang (PAC) GP Ansor Gunung Anyar, Asyiqun Nahdli mengatakan, pihaknya menolak kajian Syafiq Basalamah lantaran ia sudah terindikasi radikal. Semula Ansor sudah meminta kepada penyelenggara supaya rencana pengajian itu dibatalkan. Namun upaya persuasi itu diabaikan, sehingga sejumlah anggota Banser dan Ansor akhirnya menggeruduk acara tersebut dan sempat terjadi insiden pemukulan.

4. Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat (PD), Andi Mallarangeng mengatakan, bahwa partainya akan mengawal pemerintahan Presiden Jokowi sampai akhir masa jabatan, 20 Oktober 2024, setelah Ketum PD Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) masuk jajaran kabinet sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala BPN. Hari ini pun AHY sudah ikut dalam sejumlah aktivitas kunjungan kerja Presiden Jokowi di Bolaang Mongondow, Sulut.

5. Kementerian Kesehatan hari ini melaporkan, jumlah petugas pemilu yang meninggal dunia mencapai 108 orang. Kematian terbanyak terjadi pada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sebanyak 58 orang. Sisanya yakni Linmas 20 orang, petugas 12 orang, saksi 9 orang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) 6 orang, dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) 3 orang. Data tersebut, merupakan update dari dari sebelumnya yang tercatat 71 orang meninggal. Penyebab kematian terbanyak adalah serangan jantung, sebanyak 30 orang. Berdasarkan usia, jumlah petugas pemilu yang paling banyak meninggal berusia 51-60 tahun.

6. PKS tidak mau terburu-buru menyatakan sikap menjadi oposisi terhadap pemerintahan mendatang. Sekjen PKS, Habib Aboe Bakar Al Habsyi, kemarin mengatakan, sikap PKS nanti bergantung pada keputusan Majelis Syuro, yang dipimpin Salim Segaf Al Jufri. Sejauh ini, hanya PDIP yang sudah siap menjadi oposisi.

Dari hasil Pemilu 2004 dan 2009, PKS berada di dalam pemerintahan SBY, namun dalam Pemilu 2014 dan 2019, PKS berada dalam kubu Prabowo, dan kemudian menjadi oposisi bersama Partai Demokrat terhadap pemerintahan Jokowi. Kini PKS berada di kubu Anies-Muhaimin. Menurut pengamat politik Ujang Komaruddin, PKS besar kemungkinan akan bergabung dalam pemerintahan mendatang karena memiliki kedekatan dengan Prabowo.

HUKUM

1. Polisi masih mendalami kegiatan “Metamorfoshow” di TMII, yang dikaitkan dengan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), organisasi yang sudah dibubarkan pemerintah. Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Nicolas Ary Lilipaly mengaku, akan memanggil penyelenggara. Ia menjelaskan, penyelenggara acara sudah menyampaikan pemberitahuan ke Polsek Cipayung untuk izin keramaian Isra Mi’raj. Mereka tidak menyebut HTI dan tidak ada atribut organisasi terlarang itu.

Kasi Humas TMII, Novera Mayang menjelaskan, pihaknya menerima surat dari panitia pada 7 Februari 2024. Acara berlangsung 17 Februari. Tempat acara, Teater Tanah Airku, merupakan aset yang dikelola oleh mitra pihak ke-3. Posisi TMII, kata Mayang, adalah pengelola kawasan, sehingga konten acara merupakan tanggung jawab penyelenggara. Saat ini, TMII telah berkoordinasi dengan kepolisian.

Acara Metamorfoshow: It’s Time to be One Ummah menjadi sorotan, karena diduga terkait HTI. Sejumlah tokoh HTI, antara lain mantan jubir HTI Ismail Yusanto, konten kreator HTI Aab El Karami dan influencer Gen Z HTI M Ihsan Akbar, hadir di acara yang konon dihadiri 1.200 anak muda itu. Dalam video yang beredar, tampak peserta menyaksikan sejumlah video berkaitan dengan sejarah Nabi. Salah satu sesi video memperlihatkan, pembawa acara menyinggung soal hukum syariah di Indonesia.

2. Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dit Tipideksus) Bareskrim Polri, telah melimpahkan berkas perkara tindak pidana pencucian uang (TPPU) pimpinan Ponpes Al-Zaytun, Panji Gumilang, ke Kejagung. Dirtipideksus, Brigjen Whisnu Hermawan mengatakan, kini berkas tengah diteliti Kejagung. Bareskrim telah menyita aset-aset milik Panji Gumilang, yakni tanah di Depok senilai Rp 6 miliar dan Indramayu senilai Rp 27,3 miliar, serta 3 mobil Isuzu MUX senilai Rp 1,1 miliar. Juga 16 rekening Panji Gumilang di Bank Mandiri, berisi Rp 271 miliar dan 1 rekening mata uang asing di Mandiri berisi USD 480.700.

EKONOMI

1. Program makan siang dan susu gratis yang diusung Prabowo-Gibran, akan masuk di APBN 2025. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, program itu masuk dalam pembahasan Kebijakan Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF) 2025 dalam rapat Sidang Kabinet Presiden Jokowi, Senin, 26 Februari 2024. Pada Rabu (21/2/2024), Airlangga sudah ditemui Menkeu Sri Mulyani Indrawati. Kedatangan Sri Mulyani ke kantornya itu, untuk membahas KEM-PPKF serta diskusi tentang kondisi ekonomi global dan nasional.

2. Menko PMK Muhadjir Effendy, merasa pesimis angka kemiskinan bisa turun 1,8% jadi 6,5%-7,5% tahun ini, sesuai target RPJMN 2020-2024. Muhadjir menerangkan, angka kemiskinan RI pada 2023 masih 9,36%. Berdasarkan pengalaman sebelumnya, penurunan kemiskinan hanya 0,3% atau paling tinggi 0,5% per tahun. Sementara target kemiskinan ekstrem masih bisa dicapai, meski tidak sampai 0%. Posisinya saat ini sudah 1,12%, turun sekitar 0,9% dari 2022-2023, sehingga tahun ini, paling tidak bisa di bawah 0,5%. Muhadjir menjelaskan, populasi Indonesia yang cukup besar membuat upaya penurunan angka kemiskinan dan kemiskinan ekstrem sulit mencapai target.

3. BI melaporkan kredit perbankan pada Januari 2024 mencapai Rp 7.009,9 triliun, tumbuh 11,5% secara tahunan (yoy). Pertumbuhan ini lebih tinggi dibandingkan Desember 2023, sebesar 10,38%. Direktur Komunikasi BI, Erwin Haryono mengatakan, itu sejalan dengan pertumbuhan penyaluran kredit korporasi sebesar 13,3% dan kredit perorangan sebesar 9,8% (yoy). Berdasarkan penggunaan, kredit modal kerja tumbuh 12,2% (yoy), kredit investasi tumbuh 12,8% (yoy), kredit konsumsi tumbuh 9,5% (yoy). BI juga mencatat penyaluran kredit ke UMKM tumbuh 8,9% (yoy), lebih baik dari 7,9% pada bulan sebelumnya. Pertumbuhan penyaluran kredit UMKM terutama pada skala mikro, 23,1% (yoy).

TRENDING MEDSOS

1. Lebih dari 20.000 pencarian di Google mengenai Hak Angket yang juga trending di X dengan tagar #DukungHakAngket, setelah tiga partai pengusung paslon 01, PKS, Nasdem dan PKB menyatakan, siap mendukung hak angket di DPR untuk mengusut kecurangan Pemilu 2024 yang didorong capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo.

2. Lebih dari 5.000 pencarian di Google, mengenai Syafiq Riza Basalamah yang juga trending di X bersama dengan kata Wahabi dan GP Ansor, setelah GP Ansor dan Barisan Ansor Serbaguna (Banser), membubarkan pengajian Ustadz Syafiq Riza Basalamah di Masjid Assalam Purimas, Gunung Anyar, Surabaya, pada Kamis malam (22/2/2024).

HIGHLIGHTS

1. Isu hak angket DPR, makin menjadi perhatian publik setelah tiga parpol pengusung paslon 01; PKS, PKB, Nasdem, siap mendukung PDIP untuk menggulirkan hak tersebut guna menyelidiki dugaan kecurangan Pemilu 2024. Meskipun banyak pihak meragukan keberhasilannya, tapi upaya untuk menggunakan hak tersebut perlu dilakukan.

2. Kegiatan “Metamorfoshow” di TMII menunjukkan bahwa, meskipun Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) sudah dinyatakan oleh pemerintah sebagai organisasi terlarang sejak 2017, tapi upaya untuk memasarkan “ajarannya” tak otomatis berhenti. Di sinilah pentingnya peran masyarakat untuk mencermati gerakan mereka, sebagaimana yang dilakukan oleh orang yang melaporkan kegiatan tersebut melalui media sosial. Tanpa laporan di medsos, aparat berwenang mungkin tidak tahu bahwa gerakan itu masih ada.

SUMBER

BRIEF UPDATE
Kerjasama MAKPI dengan BDS Alliance
Jumat, 23 Februari 2024

Makpi Support
Makpi Support
Articles: 136

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *