Kabar Presiden Akan reshuffle Besok, Berkas Perkara SYL Dilimpahkan Ke Pengadilan, dan Iklim Investasi Membaik Pasca Pemilu

POLITIK

1. Presiden Jokowi dikabarkan akan reshuffle kabinet besok, atau Rabu Pon, hari yang biasa dipilih Jokowi ketika membuat keputusan penting. Berdasarkan informasi yang beredar, ada dua pos menteri yang berubah, yakni Menko Polhukam yang ditinggalkan Mahfud MD akan diisi oleh Hadi Tjahjanto, yang dipindahkan dari posisi Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala BPN. Pos kementerian yang ditinggalkan Hadi Tjahjanto akan diisi oleh Ketum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono.

2. Menteri Kesehatan Gunadi Sadikin kemarin mengabarkan, dari tanggal 14-18 Februari 2024 sudah 84 petugas pemilu meninggal dunia, yang dihimpun dari KPU sebanyak 71 orang dan dari Bawaslu 13 orang. Kemenkes juga mencatat, sebanyak 4.567 petugas Pemilu 2024 jatuh sakit. Pada Pemilu 2019, jumlah petugas yang meninggal tercatat sebanyak 894 orang. Padahal, Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengatakan, pemerintah sebenarnya menargetkan nol kematian petugas pada Pemilu 2024 ini.

Menurut Pakar hukum pemilu Universitas Indonesia, Titi Anggraini, banyaknya korban dari kalangan petugas pemilu tersebut menunjukkan beban kerja yang harus dijalani petugas/penyelenggara mulai dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), pengawas TPS, PPS di tingkat kelurahan dan PPK di tingkat kecamatan, masih terlalu berat. Ia meminta pemilu serempak diubah, seperti yang pernah dia usulkan yakni dua kali pemilu serentak berupa pemilu nasional yang memilih presiden, DPR dan DPD, dipisahkan dengan pemilu serentak daerah yang memilih DPRD, DPRD II dan kepala daerah.

3. Tim Pembela Demokrasi dan Keadilan (TPDK) Ganjar-Mahfud, yang dipimpin Todung Mulya Lubis telah menggandeng sejumlah pakar untuk membuktikan kecurangan yang terstruktur, sistematis dan masif (TSM) pada Pemilu 2024. Wakil Ketua TPDK, Henry Yosodiningrat mengatakan, pihaknya kini diperkuat oleh pakar yang kredibel di bidang hukum, audit forensik informasi dan teknologi, politik, ekonomi, sosiologi, komunikasi dan psikologi. Selain itu, kata Todung Mulya Lubis, TPDK membuka pintu bagi masyarakat untuk berpartisipasi mengungkap kecurangan pemilu.

4. Capres Ganjar Pranowo, kemarin mengajak partai-partai pengusung Anies Baswedan-Muhaimin (Amin) menggulirkan hak angket atau interpelasi di DPR untuk mendalami dugaan kecurangan Pilpres 2024. Ganjar mengaku, telah mengusulkan wacana hak angket kepada partai pengusungnya di DPR yaitu PDIP dan PPP dalam rapat internal 15 Februari lalu. Koalisi Amin terdiri dari PKS, PKB dan Nasdem. Ganjar menilai, dugaan kecurangan Pemilu dan Pilpres 2024 harus disikapi dengan serius oleh DPR.

5. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Nasdem berpeluang masuk kabinet Prabowo Subianto. Menurut penilaian pengamat politik Ujang Komaruddin, PKB selama ini tidak memiliki DNA oposisi, sedangkan PKS memiliki kedekatan dengan Prabowo. PKS dan Prabowo pernah bekerja sama dalam Pilpres 2014, pemilihan gubernur Jakarta 2017 dan pemilihan presiden 2019. Nasdem juga punya kedekatan dengan Golkar.

Menurut Direktur Eksekutif Indostrategic, Ahmad Khoirul Umam, jika akhirnya mereka bergabung dengan pemerintahan Prabowo, maka mereka sejatinya tengah menjilat ludah sendiri, dan menipu rakyat yang memilih partai-partai itu setelah terbuai oleh janji-janji perubahan dan narasi kritis kontra-pemerintah yang jadi “jualan” Anies-Muhaimin.

6. Politisi PDIP Deddy Yevri Sitorus, mengaku menerima laporan terkait dugaan potensi partai tertentu akan menerima limpahan suara, demi memenuhi syarat lolos ambang batas parlemen atau parliamentary threshold 4% lewat Pemilu 2024. Deddy enggan menyebutkan nama partai itu, yang katanya dekat dengan Istana. Skenarionya, partai-partai yang berpotensi kuat tak lolos parlemen, akan dilimpahkan suaranya untuk partai tersebut.

7. Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang dipimpin oleh anak bungsu Presiden Jokowi, Kaesang, diprediksi tidak lolos ke DPR RI pada Pemilu 2024 karena tak memperoleh ambang batas suara parlemen 4%, berdasarkan hitung cepat (quick count) sejumlah lembaga survei. Litbang Kompas mencatat, PSI mendapatkan 2,81% berdasarkan total suara masuk sebesar 99,35%.

Selain PSI, Litbang Kompas menyebut ada 9 parpol lainnya yang tidak lolos, yakni PPP, Partai Perindo, Partai Hanura, Partai Gelora, Partai Buruh, Partai Ummat, PBB, Partai Garuda dan PKN. Hasil hitung cepat Indikator Politik Indonesia menunjukkan, bahwa PSI memperoleh suara 2,66%.

8. Sebanyak 502.564 daftar pemilih tetap (DPT) pemilihan umum di Jawa Tengah, diduga bermasalah. Temuan itu telah dilaporkan dan disidangkan di Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Jawa Tengah pada hari ini. Dari ratusan ribu DPT tersebut, menurut pelapor dari Tim Hukum Nasional Amin Jawa Tengah, Listiani Widyaningsih, puluhan ribu di antaranya diduga masih berusia anak-anak.

Dia bahkan menemukan ada DPT yang berusia di atas ratusan bahkan ribuan tahun. Perwakilan KPU Jawa Tengah, belum bisa menanggapi laporan dugaan DPT bermasalah itu. Tanggapan KPU Jawa Tengah akan disampaikan dalam sidang selanjutnya.

HUKUM

1. Berkas perkara dugaan korupsi mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), telah dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat. Juru bicara KPK, Ali Fikri mengungkapkan, SYL didakwa dengan pasal pemerasan, gratifikasi dan pencucian uang. SYL akan didakwa menerima gratifikasi Rp 44,5 miliar. KPK mendakwa SYL menerima USD 4.000-10.000 per bulan dari para bawahannya. Duit itu diduga dipakai membayar kartu kredit, cicilan mobil dan perawatan wajah keluarganya.

2. Presiden Jokowi mengingatkan, masyarakat semakin kritis terhadap proses keadilan. Di depan Sidang Istimewa Laporan Tahunan Mahkamah Agung Republik Indonesia, Jokowi mengatakan, integritas merupakan pilar utama bagi hakim agung, panitera, ASN dan pegawai MA, hingga hakim di seluruh Indonesia. Ia pun berharap MA menjadi rujukan para hakim, dan menjadi harapan keadilan bagi masyarakat. Ia menambahkan, putusan pengadilan harus memberi rasa keadilan di masyarakat, memberikan kepastian hukum serta mendukung pembangunan bangsa dan negara menuju Indonesia maju.

3. KPK meminta Ditjen Pemasyarakatan Kemenkumham, menindaklanjuti dugaan terpidana korupsi Mardani H Maming, bepergian naik pesawat rute Banjarmasin-Surabaya. Juru bicara KPK, Ali Fikri mengingatkan, tindak pidana korupsi termasuk extraordinary crime. Ia juga menyinggung tingginya bahaya korupsi dalam pengelolaan lapas. Dia mencontohkan, operasi tangkap tangan yang pernah dilakukan KPK di Lapas Sukamiskin. Mantan Bupati Tanah Bumbu Kalsel itu dipergoki di Bandara Syamsuddin Noor, Banjarmasin, hendak terbang ke Surabaya dengan Citilink.

Kalapas Kelas 1 Sukamiskin Wachid Wibowo mengatakan, Mardani pergi ke Banjarmasin untuk keperluan sidang peninjauan kembali (PK), di PN Banjarmasin. Wachid menjelaskan, kepergian Mardani berdasarkan penetapan Hakim Ketua PN Banjarmasin. Ia menegaskan, Mardani bukan bebas berkeliaran, melainkan mendapatkan pengawalan ekstra ketat dari petugas lapas dan kepolisian. Usai sidang, terpidana kasus izin tambang itu pun kembali ke lapas.

EKONOMI

1. Presiden Jokowi optimis iklim investasi dan perekonomian di Indonesia bisa lebih baik lagi usai gelaran pemilu, bahkan mengalami peningkatan. Ia juga mendorong agar industri jasa keuangan bergerak lebih cepat. Di Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2024, Jokowi meminta OJK memperkuat inklusi dan literasi keuangan. Pada 2023, tingkat inklusi keuangan di Indonesia mencapai 75%, tetapi tingkat literasinya hanya 65%.

Dalam pertemuan itu, Ketua Dewan Komisioner OJK, Mahendra Siregar mengaku optimis, kinerja sektor jasa keuangan pada 2024 akan lebih baik. Ia menargetkan kredit perbankan dapat tumbuh 9%-11%, didukung oleh dana pihak ketiga yang tumbuh 6%-8% tahun ini. Menurut dia, kondisi industri keuangan juga terkendali di tengah berbagai tantangan. Pada 2024, dia mengatakan kondisi perekonomian dunia diawali oleh optimisme pasar.

2. Pemerintah Daerah Papua Barat, meminta PT Freeport Indonesia merealisasikan rencana pembangunan smelter di Fakfak, Papua Barat. Plt Sekretaris Daerah Papua Barat, Yacob Fonataba, mengharapkan rencana pembangunan smelter Freeport di Papua dapat tetap dilakukan, sehingga membuka lapangan pekerjaan dan menambah pendapatan daerah. Rencana pembangunan smelter Freeport di Papua, disampaikan pemerintah pusat dalam beberapa kesempatan. Saat ini, Freeport tengah menuntaskan proyek Smelter Manyar, Gresik, untuk kapasitas pengolahan konsentrat tembaga sebesar 1,7 juta ton per tahun.

3. Kepala Ekonom Bank Permata, Josua Pardede memperkirakan Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI hari Rabu besok, akan kembali mempertahankan tingkat suku bunga acuan 6%. Menurut dia, suku bunga kebijakan BI saat ini masih konsisten dalam menjangkar ekspektasi inflasi serta menjaga stabilitas nilai tukar rupiah. Josua mengatakan, inflasi inti diperkirakan tetap terkendali, meski ada potensi peningkatan inflasi, yang disebabkan oleh gangguan produksi pangan. Ia memperkirakan, suku bunga acuan baru akan turun pada semester II-2024.

TRENDING MEDSOS

1. Grace Natalie trending di X, dan terdapat lebih dari 5.000 pencarian di Google mengenai dia. Video lama Grace Natalie yang memuji Ganjar Pranowo beredar di media, publik kemudian ramai membandingkan kemunafikan Grace dengan ketulusan komedian Komeng yang akan terpilih sebagai anggota DPD dari Jawa Barat, setelah meraup suara lebih dari 1,5 juta dalam Pileg 2024.

2. Lebih dari 2.000 pencarian di Google mengenai Yusril. Ketum Partai Bulan Bintang (PBB) yang juga pakar hukum, Yusril Ihza Mahendra, bakal menjadi ketua tim hukum Prabowo-Gibran untuk menghadapi gugatan sengketa hasil pemilihan presiden di Mahkamah Konstitusi (MK).

HIGHLIGHTS

1. Usulan Ganjar Pranowo supaya partai pendukungnya, dan pendukung Amin menggunakan hak angket atau interpelasi di DPR untuk mengusut dugaan kecurangan pemilu, merupakan usulan yang sesuai dengan hak yang dipunyai anggota DPR. Namun untuk mewujudkan usulan itu, tentu bukan perkara gampang. Dari sisi waktu, usulan ini pasti memakan waktu lama di saat pemerintahan Jokowi harus berakhir pada 20 Oktober 2024. Kendala lain yang tak kalah pelik, adalah kalkulasi setiap parpol untuk menyongsong pemerintahan mendatang. Bukan tak mungkin parpol tertentu lebih tergoda untuk ikut dalam kekuasaan nanti, sehingga tak menyambut ajakan Ganjar tersebut.

2. Jumlah petugas pemilu yang meninggal dunia bertambah, menjadi 84 orang. Pada saat suasana pemilu yang relatif minim dari kekerasan yang menimbulkan korban jiwa, tapi korban jiwa justru terjadi di kalangan petugas pelaksana pemilu. Padahal korban jiwa pada petugas seharusnya tak boleh terjadi dalam pemilu kali ini, mengingat kita sudah mendapat pelajaran yang sangat tragis dari Pemilu 2019 yang menyebabkan 894 orang petugas meninggal dunia.

3. Pernyataan Presiden Jokowi di depan Sidang Istimewa Laporan Tahunan MA, bahwa integritas merupakan pilar utama bagi hakim agung, panitera, ASN dan pegawai MA, hingga hakim di seluruh Indonesia, tentu juga berlaku untuk Hakim Konstitusi Anwar Usman (AU), yang juga adik iparnya. Integritas AU telah dinyatakan “tercela” oleh Majelis Kehormatan MK, gara-gara membuat putusan MK secara melanggar etika, yang membuka jalan bagi Gibran ikut berkontestasi dalam Pilpres 2024.

4. Sinyalemen yang diungkap Deddy Sitorus, tentang ‘operasi khusus’ untuk mengatrol salah satu parpol agar bisa lolos ke Senayan, harus menjadi perhatian nasional. Perlu diberikan perhatian khusus dan ditelusuri juga, kaitan operasi itu dengan rekapitulasi suara nasional yang ditunda sehari.

SUMBER

BRIEF UPDATE
Kerjasama MAKPI dengan BDS Alliance
Selasa, 20 Februari 2024

Makpi Support
Makpi Support
Articles: 136

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *