Mahfud MD Mundur Dari Menko Polhukam, KPK Geledah Rumah Dinas Bupati Sidoarjo, dan Pertumbuhan Ekonomi 5%

POLITIK

1. Menko Polhukam Mahfud MD, hari ini mengumumkan pengunduran diri dari jabatan dan akan menyerahkan surat pengunduran diri kepada Presiden Jokowi besok. Mahfud mengumumkan hal itu di depan Pura Ulun Danu, yang terletak di tengah Danau Tirta Gangga, Desa Swastika Buana, Kecamatan Seputih Banyak, Lampung Tengah, di sela ia melakukan kampanye akbar di daerah tersebut.

Alasan mantan ketua Mahkamah Konstitusi itu melepas jabatannya adalah untuk menjaga independensi dia sebagai cawapres selama proses Pilpres 2024. Dia mengatakan, pengunduran diri dari jabatan Menko Polhukam, sebenarnya telah dibicarakan sejak dirinya diusung sebagai calon wakil presiden mendampingi Ganjar Pranowo. Mahfud telah menemui Menteri Sekretariat Negara, Pratikno pada Senin (29/1/2024), dan dijadwalkan bertemu dengan Presiden Jokowi. Mahfud ingin bertemu langsung dengan Presiden karena dia ingin mundur secara baik-baik, sebab dulu juga diangkat secara baik, dan tidak ingin muncul kesan ‘tinggal glanggang colong playu’.

2. Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo), Nezar Patria, hari ini mengungkapkan, politik identitas dan hoaks selama masa kampanye Pemilu 2024 menurun. Menurut Nezar, hal tersebut menunjukkan masyarakat semakin dewasa dengan pengalaman pemilu dua kali dan pilpres sebelumnya. Politik identitas sempat memuncak sejak Pilkada DKI 2017, terutama imbas kasus tudingan penodaan agama yang menjerat mantan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan menguat di Pemilu 2019, sehingga terkesan masyarakat terpolarisasi.

3. Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), membantah anggotanya melakukan tindakan kekerasan terhadap seorang pria yang membentangkan spanduk Ganjar Pranowo saat Presiden Jokowi melintas di daerah Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Asintel Paspampres, Kolonel Kav Herman Taryaman menyampaikan bantahan tersebut hari ini, merespons video viral yang menunjukkan insiden tersebut. Dalam video itu, terlihat ada seorang pemuda membentangkan spanduk bertuliskan ‘Selamat Datang Pak Jokowi, Kami Sudah Pintar, Kami Pilih Ganjar!’ di antara kerumunan masyarakat yang sedang menonton Presiden Jokowi melintas.

Kemudian, seseorang mengenakan jaket abu-abu dan bermasker merebut spanduk tersebut, membawa pergi. Seorang pria lain berkaos hitam, terlihat mengamankan pria pembawa spanduk tersebut ke pinggir jalan. Pada video terpisah, pria pembawa spanduk sedang bersama Ketua DPC PDIP Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih, tengah bersitegang dengan beberapa pria yang tampaknya adalah aparat keamanan berpakaian sipil. Endah dan pemuda tersebut, lantas dibiarkan pergi.

Dalam keterangannya, Endah yang juga ketua DPRD Kabupaten Gunungkidul mengatakan, insiden itu terjadi di depan Pasar Argosari, Wonosari, Gunungkidul, DIY, Selasa (30/1/2024) siang. Ia menjelaskan, pemuda pembawa spanduk tersebut dipukul oleh orang yang diduga aparat keamanan. Akibat pemukulan, kata Endah, tulang hidung pemuda itu miring dan berdarah. Endah mengecam tindak kekerasan tersebut.

4. Pihak Istana Kepresidenan menyayangkan narasi yang menyebut menteri Kabinet Indonesia Maju, mulai tidak kompak yang menyebabkan suasana bekerja tidak nyaman. Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana hari ini mengatakan, narasi yang beredar tidak sesuai fakta yang sesungguhnya. Ia menyebut, para menteri setiap bertemu selalu ngobrol hingga saling bercanda.

Perihal suasana tidak nyaman itu, sudah disuarakan oleh Menko Polhukam Mahfud MD beberapa waktu lalu, dan Mensos Tri Rismaharini, melalui Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Selain itu, sudah cukup lama beredar kabar beberapa menteri merasa jengah akibat sikap Presiden Jokowi yang jelas mendukung paslon Prabowo-Gibran. Pernyataan senada Ari, juga disampaikan oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa dan Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia.

5. Merespons skor Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia 2023 yang mandek di angka 34, capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo hari ini di Pontianak mengatakan, bahwa pemerintah tidak serius mengawal program antikorupsi dan bahkan menggunakan kasus korupsi untuk dijadikan alat menyandera demi kepentingan politik. IPK setiap tahun dibuat oleh Transparency International, yang dirilis kemarin. Skor menggunakan skala 0-100, angka kecil menunjukkan negara bersih dari korupsi. Pada 2023, IPK Indonesia tidak berubah dari 2022, tapi turun peringkatnya dari semula 110 menjadi 115 di antara 180 negara.

HUKUM

1. KPK menggeledah rumah dinas Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali. Jubir KPK, Ali Fikri mengungkapkan, dari penggeledahan itu KPK menyita dokumen terkait pajak Pemkab Sidoarjo, serta bukti elektronik lain. Penggeledahan dilakukan, setelah Bupati selesai memimpin HUT ke-165 Sidoarjo. Gus Muhdlor mengaku, dirinya dan seluruh jajaran Pemkab Sidoarjo selalu kooperatif dan siap memenuhi panggilan pemeriksaan KPK. Sebelumnya, KPK menetapkan Kasubag Umum dan Kepegawaian BPBD Sidoarjo, Siska Wati sebagai tersangka dugaan pemotongan insentif ASN Rp 2,7 miliar. KPK mengaku, sempat mencari Bupati Muhdlor Ali saat OTT terhadap Siska pekan lalu.

2. Juru Bicara TPN Ganjar-Mahfud, Aiman Witjaksono, hari ini membuat aduan ke Ombudsman RI terkait penyitaan ponselnya dalam kasus yang tengah diusut Polda Metro Jaya. Wakil Direktur Eksekutif Deputi Hukum TPN Ganjar-Mahfud, Finsensius Mendrofa mengatakan, pihaknya menduga ada maladministrasi dalam proses penyelidikan dan penyidikan kasus Aiman. Aiman merasa, penyitaan ponsel merugikan dirinya. Selain mengandung informasi rahasia dengan narasumbernya, penyitaan ponsel juga terkait dengan aktivitasnya sebagai Direktur Komunikasi Politik TPN Ganjar-Mahfud.

Sehari sebelumnya, Aiman juga membuat pengaduan ke Kompolnas tentang kasus yang menjeratnya. Komisioner Kompolnas, Poengky Indarti mengatakan, pihaknya akan mengirim surat klarifikasi ke Polda Metro Jaya. Kuasa hukum Aiman, Heru Muzaki mengatakan, pihaknya meminta perlindungan bagi Aiman dan minta Kompolnas mengawasi kerja penyidik yang menangani kasus kliennya. Aiman ditetapkan sebagai tersangka dalam dugaan penyebaran hoaks, yang pernyataannya mengenai ketidaknetralan polisi.

3. Ketua sementara KPK, Nawawi Pomolango, mengaku belum bisa memberi tahu langkah lanjutan yang diambil KPK setelah PN Jakarta Selatan mengabulkan permohonan praperadilan mantan Wamenkumham, Edward Omar Sharif Hiariej. Nawawi mengatakan, KPK ingin lebih dulu mempelajari putusan hakim. PN Jaksel, kemarin mengabulkan gugatan praperadilan atas penetapan Eddy sebagai tersangka dugaan suap, dari Direktur PT Citra Lampia Mandiri, Helmut Hermawan. Hakim tunggal Estiono mengatakan, penetapan tersangka oleh KPK dianggap tidak sah dan tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat.

Hari ini, mantan Mensos sekaligus eks Sekjen Partai Golkar, Idrus Marham memenuhi panggilan penyidik KPK sebagai saksi dugaan suap kepada Eddy. Idrus tak hadir pada dua panggilan sebelumnya. Idrus tidak menjawab dengan jelas, ketika dikonfirmasi mengenai pemeriksaannya sebagai saksi untuk perkara Helmut dan Eddy. Ia juga enggan merespons mengenai kabar pertemuannya dengan Helmut dan Eddy. Selain itu, ia membantah kabar bahwa dirinya merupakan salah satu Komisaris di PT CLM.

EKONOMI

1. Menkeu Sri Mulyani Indrawati (SMI) optimis, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2024 bisa mencapai 5,2%, sesuai asumsi APBN. SMI mengatakan, pertumbuhan itu didorong aktivitas pemilu yang berdampak pada konsumsi pemerintah dan masyarakat. Dampak positif akan terasa dengan berlanjutnya proyek-proyek strategis nasional pada 2024. Namun ia mengingatkan, masih ada berbagai risiko global, terutama pelemahan ekonomi China dan meningkatnya tensi geopolitik. Meski begitu menurut dia, ekonomi Indonesia akan bertahan ditopang permintaan domestik.

Tahun 2024 ini, SMI memperkirakan pertumbuhan bertahan di kisaran 5%. Sementara angka pengangguran, menurun jadi 5,32% dan angka kemiskinan mencapai 9,3%. Pertumbuhan stabil itu, ditopang aktivitas konsumsi masyarakat masih kuat karena didukung dengan tingkat inflasi yang relatif terkendali. Kondisi ini juga, didukung oleh penurunan tingkat pengangguran serta peranan APBN sebagai shock absorber atau peredam kejut yang terus menjaga daya beli masyarakat.

2. IMF kembali mempertahankan prospek pertumbuhan ekonomi Indonesia untuk periode 2023 dan 2024, yakni tetap di angka 5%. Dalam laporan World Economic Outlook edisi Januari 2024, IMF menyebut proyeksi itu diambil berdasarkan asumsi kebijakan fiskal dan moneter RI. Selain itu, IMF merevisi ke atas prospek ekonomi global 2024, dari 2,9% menjadi 3,1%. Kepala ekonom IMF, Pierre-Olivier Gourinchas menyampaikan, banyak negara yang terus menunjukkan ketahanan yang luar biasa dengan pertumbuhan yang semakin cepat di negara-negara besar di Asia Tenggara.

Sementara dalam peluncuran Laporan Perekonomian Indonesia 2023, Gubernur BI Perry Warjiyo mengeklaim, ekonomi RI menjadi yang terbaik di dunia. Bahkan inflasi pada 2023 sebesar 2,61%, menjadi yang terendah di antara negara-negara G20. Ia optimis 2024 akan lebih baik. BI memperkirakan, pertumbuhan ekonomi 2024 akan mampu bergerak ke kisaran 4,7%-5,5%, naik dari perkiraan realisasi pertumbuhan 2023 yang di kisaran 4,5%-5,3%. Inflasi 2024 diproyeksikan terkendali 1,5%-3,5%, dan pertumbuhan kredit 10-12%.

TRENDING MEDSOS

1. Menko Polhukam dan Mahfud MD trending di X, setelah Mahfud MD resmi menyampaikan pengunduran dirinya sebagai Menko Polhukam, hari ini, di Lampung. Mahfud akan mengantarkan surat pengunduran dirinya kepada Presiden besok, 1 Februari 2024, di Jakarta.

2. Bansos kembali trending di X, setelah pernyataan Menkeu Sri Mulyani yang menyatakan bahwa bansos adalah instrumen APBN yang merupakan instrumen negara.

3. Marcos dan Duterte trending di X. Ayah dari Wapres Filipina, Sara Duterte, yang merupakan Presiden Filipina di periode sebelumnya, Rodrigo Duterte, dikabarkan akan menggulingkan Presiden Filipina saat ini, Bongbong Marcos Jr, yang punya rencana untuk mencabut aturan mengenai batasan masa jabatan Presiden. UU Filipina menetapkan masa jabatan presiden-wapres selama 6 tahun, dan hanya 1 periode. Publik ramai meramalkan kemungkinan konflik yang sama akan terjadi bila paslon nomor urut 2 berkuasa di Indonesia.

HIGHLIGHTS

1. Pengunduran diri Mahfud MD, dari jabatan Menko Polhukam akan membuat ia lebih leluasa dalam menggunakan waktu di sisa masa kampanye hingga 10 Februari 2024. Namun lebih dari hal itu, putusan dia mundur dimaksudkan untuk memberi sentilan kepada sejumlah menteri lainnya yang menggunakan fasilitas negara untuk kepentingan pemilu kali ini. Bahwa sentilan itu tidak berefek kepada para menteri tersebut, memang begitulah yang terjadi.

2. Wamenkominfo Nezar Patria mengungkap, politik identitas dan hoaks selama masa kampanye Pemilu 2024 menurun dikarenakan masyarakat sudah belajar banyak dari Pilkada DKI 2017 dan Pilpres 2019. Penggunaan politik identitas, tak lepas dari konstelasi elite yang berkontestasi di waktu lalu. Tidak bisa dipungkiri elite politik lah yang punya peran mengorkestrasi isu tersebut. Konstelasi elite yang berlaga dalam Pilpres 2024 berbeda dengan 2019, sehingga elite yang dulu menggunakan politik identitas tidak merasa diuntungkan jika menggunakan isu itu lagi.

3. Transparency International mengumumkan, bahwa Indonesia turun empat peringkat dalam hal pemberantasan korupsi. Sedangkan skor Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia 2023 juga stagnan. Penilaian lembaga internasional yang kredibel tersebut, layak menjadi perhatian bersama seluruh anak bangsa. Capres Ganjar Pranowo menilai, pemerintah tidak serius mengawal program antikorupsi, bahkan menggunakan kasus korupsi untuk alat sandera demi kepentingan politik. Memperhatikan konstelasi politik terkini, secara obyektif pernyataan Ganjar tersebut memang bukan jauh panggang dari api.

SUMBER

BRIEF UPDATE
Kerjasama MAKPI dengan BDS Alliance
Rabu, 31 Januari 2024

Makpi Support
Makpi Support
Articles: 187