Jokowi Kampanye Sambil Bagi Bansos, Firli Cabut Gugatan Praperadilan, dan Prediksi Pertumbuhan Ekonomi 5,2% di 2024

POLITIK

1. Presiden Jokowi selama musim kampanye ini kerap melakukan kunjungan kerja (kunker) ke daerah-daerah seraya membagikan bantuan sosial (bansos), baik berupa beras atau bantuan uang tunai. Namun dalam kegiatan pembagian bansos tersebut, Menteri Sosial Tri Rismaharini (Risma) tidak pernah ikut serta, padahal penyaluran bansos merupakan salah satu tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Kemensos.

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana menjelaskan, Mensos Risma tidak dilibatkan dalam pembagian bansos bukan karena Risma adalah menteri dari PDIP, yang berseberangan posisi dengan paslon nomor urut 2 Prabowo-Gibran. Ari menyebut, itu dikarenakan pembagian bansos kali ini merupakan bagian dari program Badan Urusan Logistik (Bulog) dan Badan Pangan Nasional (Bapanas).

2. Presiden Jokowi membagikan paket bansos berlogo istana kepresidenan, di sela menggelar pertemuan nasabah Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekar di Lapangan Keyongan Kidul Sabdodadi, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, hari ini. Lokasi kunjungan Jokowi itu berjarak cukup dekat, sekitar 3 km, dengan Pondok Pesantren An Nur Ngrukem, Sewon, Bantul, yang dikunjungi capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo pada Kamis (25/1/2024). Dalam kunjungan di Bantul ini, Jokowi didampingi Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Jokowi mengisyaratkan, jika APBN memungkinkan, bisa saja program bansos beras akan dilanjutkan hingga setelah bulan Juni 2024. Tahun 2024 ada peningkatan jumlah keluarga penerima bantuan pangan, dari 21,3 juta pada 2023 menjadi sebanyak 22 juta. Selain itu, pemerintah menyiapkan Rp 11,25 triliun untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) Rp 200 ribu per bulan dari Januari-Maret 2024. BLT itu dirapel sehingga warga akan mendapatkan Rp 600 ribu sekaligus, dan diserahkan pada bulan Februari 2024, dekat pelaksanaan Pemilu 14 Februari 2024.

Sementara itu, cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar, mengingatkan Presiden Jokowi supaya tidak menggunakan bansos untuk kepentingan pemenangan salah satu paslon Pilpres 2024. Ia menyatakan, bahwa bansos merupakan kebijakan yang nominalnya ditentukan oleh pemerintah dan DPR RI.

3. Menko Polhukam, Mahfud MD sudah bertemu dengan Mensesneg Pratikno pada Senin (29/1/2024) malam, di Kompleks Rumah Menteri Widya Chandra, Jaksel. Menurut Pratikno, hari ini, mereka berdua membahas rencana dan mekanisme pengunduran diri Mahfud dari kabinet. Cawapres nomor urut 3 itu, belum menyerahkan surat pengunduran diri, tapi minta waktu bertemu khusus dengan Presiden Jokowi. Kepala negara akan berada di Ibu Kota pada Kamis, 1 Februari 2024. Niat Mahfud mengundurkan diri sudah diutarakan terbuka pekan lalu, dengan alasan untuk menghindari konflik kepentingan.

4. Skor Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia tahun 2023 tak beranjak dari tahun lalu yakni 34. Namun secara peringkat, Indonesia merosot menjadi 115 dari 180 negara, alias turun 5 peringkat dari tahun lalu. Skor terbaru itu berdasarkan survei lembaga Transparency International (TI), yang dirilis Transparency International Indonesia (TII) hari ini. Skor yang dibuat TI dengan skala 0-100, yaitu 0 artinya paling korup, sedangkan 100 berarti paling bersih. Survei dilakukan secara global. Negara-negara dengan skor tinggi antara lain: Denmark (90), Finlandia (87), Selandia Baru (85), Norwegia (84) dan Singapura (83). Sedangkan negara dengan skor rendah antara lain Somalia (11), Suriah, Sudan Selatan, Venezuela (13) dan Yaman (16).

Dari data Transparency International, IPK mulai diterapkan di Indonesia sejak 2012. Skor IPK Indonesia pada masa kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat itu adalah 32 (2012-2013). Lantas pada 2014, skor IPK Indonesia mencapai 34. Setahun kemudian skor itu naik lagi menjadi 36. Kemudian pada 2016-2017, skor IPK Indonesia mencapai 37. Tahun berikutnya skor itu naik menjadi 38. Lantas pada 2019, Indonesia mencatatkan skor IPK tertinggi yakni 40. Namun, tahun berikutnya IPK Indonesia turun menjadi 37. Lantas pada 2021, IPK Indonesia naik menjadi 38. Lalu pada 2022 kembali turun menjadi 34.

5. Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo menilai, terlalu dini kesimpulan bahwa dirinya dan Mahfud MD akan berkolaborasi dengan paslon nomor urut, 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, untuk mengalahkan paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming. Hal itu dilontarkan Ganjar, hari ini, setelah wartawan bertanya mengenai unggahan di media sosial salah satu kader PDIP, Masinton Pasaribu, yang mengisyaratkan kerja sama paslon 1 dan 3.

6. Beredar di media sosial, poster digital berisi rencana aksi demonstrasi bertajuk ‘Geruduk Istana’ dengan tuntutan, menurunkan Presiden Jokowi pada 1 Februari 2024. Di bagian bawah, tercantum logo-logo organisasi kemahasiswaan HMI, PMII, GMKI, GMNI, PMKRI, KAMMI, IMM, BEM UI, BEM UGM, BEM ITB dan lain-lain. Tercantum pula, narahubung orang bernama Aan dan Ketua BEM UI nonaktif Melki Sedek Huang.

Namun, para pimpinan organisasi tersebut membantah punya agenda demonstrasi. Ketum GMNI, Arjuna Putra Aldino, membantah organisasinya ikut dalam aksi itu. Ketum GMKI, Jefri Gultom menyatakan, organisasinya tidak menghasilkan keputusan mengenai aksi Geruduk Istana. Ketua BEM UI nonaktif, Melki Sedek Huang, yang nomor ponselnya dicantumkan di bagian bawah poster digital itu, juga mengatakan tidak terlibat dengan rencana aksi itu.

7. Seorang komisioner KPU Padangsidempuan, Provinsi Sumatera Utara, Parlagutan Harahap, sudah ditahan polisi sebagai tersangka kasus pemerasan terhadap seorang caleg berinisial F. Modus pemerasan yang dilakukan Parlagutan, kata Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi, hari ini, Parlagutan menjanjikan 1.000 suara kepada F dengan imbalan Rp 50 juta. Namun, korban hanya menyanggupi Rp 26 juta.

HUKUM

1. Mantan Ketua KPK, Firli Bahuri, resmi mencabut gugatan praperadilan yang diajukannya. Pencabutan disampaikan dalam sidang perdana praperadilan di PN Jakarta Selatan, hari ini. Hakim tunggal Estiono, mengabulkan pencabutan gugatan tersebut. Hakim mengatakan, permohonan praperadilan belum dibacakan pihak Firli, dan belum dijawab Dirkrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Ade Safri Simanjuntak selaku tergugat. Meski begitu, kata Estiono, pengajuan dan pencabutan merupakan hak pemohon praperadilan.

Firli menggugat Kapolda Metro Jaya, Irjen Karyoto, terkait penetapan tersangka dirinya di kasus dugaan pemerasan terhadap SYL. Dalam putusannya, Hakim tunggal PN Jaksel, Imelda Herawati menyatakan, permohonan praperadilan Firli Bahuri tidak dapat diterima. Firli kemudian mengajukan permohonan kembali, namun kemudian dicabut pada Jumat (26/1/2024), untuk disempurnakan. Ia kembali mendaftarkan permohonan praperadilan, namun dicabut kembali hari ini.

2. Ketua Dewan Pertimbangan Partai Nasdem Jawa Barat, Rajiv, diperiksa penyidik KPK dalam kasus dugaan korupsi mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL). Usai diperiksa, Rajiv mengaku ditanya 10 pertanyaan. Saat ditanya apakah pemeriksaan itu bersifat politis, ia menyerahkan penilaian kepada publik dan yakin penyidik profesional. Ketika ditanya apakah materi pemeriksaannya berkaitan dengan adanya aliran dana dari SYL ke Nasdem, Rajiv membantah. KPK telah menetapkan SYL, Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementan Muhammad Hatta, serta Sekjen Kementan Kasdi Subagyono sebagai tersangka. Mereka diduga melakukan pemerasan terhadap ASN dan gratifikasi.

EKONOMI

1. Menkeu Sri Mulyani Indrawati (SMI), optimis pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2024 bisa mencapai 5,2%, sesuai asumsi APBN. SMI mengatakan, pertumbuhan itu didorong aktivitas pemilu yang berdampak pada konsumsi pemerintah dan masyarakat. Dampak positif akan terasa dengan berlanjutnya proyek-proyek strategis nasional pada 2024. Namun, ia mengingatkan masih ada berbagai risiko global, terutama pelemahan ekonomi China dan meningkatnya tensi geopolitik. Meski begitu, ekonomi Indonesia akan bertahan ditopang permintaan domestik.

2. Gubernur BI, Perry Warjiyo mengungkapkan, nilai tukar rupiah akan tetap stabil ke depannya. Bahkan cenderung menguat di paruh kedua 2024. Hal itu didukung meredanya ketidakpastian pasar keuangan global, kecenderungan penurunan imbal hasil obligasi negara-negara maju, termasuk US Treasury. Kurs rupiah hingga akhir Desember 2023 menguat 1,1%, dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (yoy), lebih baik dari baht Thailand dan peso Filipina.

Menghadapi tren pelemahan rupiah terhadap dolar AS sejak awal 2024, Perry mengaku telah melakukan intervensi. Salah satunya di pasar Surat Berharga Negara (SBN). Secara keseluruhan, BI tahun ini sudah membeli SBN yang dilepas asing, termasuk dari pasar sekunder, sebanyak Rp 8,8 triliun. Pada sisi lain, intervensi tersebut akan menambah likuiditas rupiah. Hari ini, rupiah spot ditutup pada level Rp 15.780 per dolar AS, menguat 0,19% dari sehari sebelumnya yang ada di Rp 15.810 per dolar AS.

TRENDING MEDSOS

1. Salam M3tal trending di X, setelah band rock Slank merilis video lagu yang berjudul Salam M3tal di kanal Youtube Musik Slank, kemarin (29/1/2024). Saat ini, video tersebut sudah ditonton lebih dari 118.000 kali.

2. Bansos Jokowi trending di X. Publik ramai mengkritik salah satu media berita yang menuliskan “Bansos baru Jokowi” di headline beritanya.

3. Lebih dari 2.000 pencarian di Google mengenai Syahrul Yasin Limpo. Mantan Mentan itu baru saja menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya, pada Senin (29/1/2024), terkait dugaan pemerasan oleh mantan Ketua KPK, Firli Bahuri.

HIGHLIGHTS

1. Sejak akhir pekan lalu hingga hari ini, Presiden Jokowi masih melakukan kunker di wilayah DIY dan Jateng untuk meninjau berbagai proyek, dan membagi bansos. Menurut sejumlah survei, di 2 wilayah itu elektabilitas paslon nomor urut 2, Prabowo-Gibran, kalah dari Ganjar-Mahfud.

2. Hasil survei TI, yang membuahkan skor Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia tahun 2023 tak beranjak dari tahun lalu yakni 34, tentu memprihatinkan. Berarti, upaya mengatasi masalah korupsi tahun lalu tidak ada kemajuan. Padahal, Indonesia pernah mencatatkan skor IPK tertinggi, yakni 40 pada 2019, namun setelah itu merosot. IPK ini menjadi salah satu acuan penting investor.

3. Tindakan Presiden Jokowi, yang sering bagi-bagi paket bansos secara langsung kepada warga di sela-sela setiap kunjungannya di Jateng dan DIY, memang membuka tafsir politik bahwa dia sedang berusaha mengambil hati warga di daerah yang merupakan basis pendukung paslon pesaing anaknya. Apalagi tindakan itu tanpa melibatkan Kemensos, apapun alasan dan dalihnya. Cawapres Muhaimin, memang layak mengingatkan bahwa tindakan Presiden itu patut diduga sebagai upaya pribadi Jokowi memenangkan anaknya, dengan menggunakan bansos yang berasal dari dana kas negara.

SUMBER

BRIEF UPDATE
Kerjasama MAKPI dengan BDS Alliance
Selasa, 30 Januari 2024

Makpi Support
Makpi Support
Articles: 187