JK: Presiden Harus Tetap Netral, Bupati Labuhanbatu Ditangkap KPK, & Ganjar Setuju Pembangunan Giant Sea Wall

POLITIK

1. Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI, Jusuf Kalla (JK), kemarin mengingatkan Presiden Jokowi agar tetap netral dalam kontestasi Pemilu 2024. JK mengatakan, netralitas seorang Presiden tercantum dalam sumpah jabatan, dan disumpah dengan menggunakan kitab suci Al-Quran. Jokowi bakal melanggar 2 sumpah sekaligus, lanjut JK, jika tidak netral dalam pemilu, yaitu melanggar sumpah pada UU dan sumpah pada Al-Quran. Beberapa waktu lalu TKN Prabowo-Gibran menyatakan, Jokowi mendukung pasangan nomor 2, Prabowo-Gibran.

2. Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto mengakui, Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud terus menjalin komunikasi dengan Tim Pemenangan Nasional Anies-Muhaimin (Timnas Amin) untuk menghadapi intimidasi yang mereka terima. Hasto menyebut, komunikasi itu dilakukan karena kedua belah pihak merasa sama-sama diintimidasi dan dihadang dari hulu ke hilir. Di hulu, ada pihak yang dihalangi untuk mendukung Ganjar-Mahfud dan Amin. Sedang di hilir, kampanye di lapangan dihalangi. Meski demikian, Hasto menyatakan kedua belah pihak belum membahas skema kemungkinan mereka berkoalisi jika Pilpres 2024 berlangsung 2 putaran.

Juru bicara Timnas Amin, Billy David Nerotumilena, menyebut selalu ada peluang koalisi antara pasangan Amin dan Ganjar-Mahfud jika pilpres berjalan 2 putaran. Billy menjelaskan, hal itu setelah Anies mengunggah ucapan selamat ulang tahun ke-51 PDIP di instastory akun Instagram-nya. Menurut Billy, ulang tahun PDIP merupakan momentum untuk menegaskan komitmen pasangan Amin dan Ganjar-Mahfud menjaga pemilu yang damai, tanpa intervensi dan penyalahgunaan kekuasaan. Meski begitu, kata dia, untuk saat ini pasangan Amin berfokus memenangi pilpres yang tinggal sebulan lagi.

3. Jika Pilpres 2024 berlangsung 2 putaran, KPU RI menetapkan tanggal pemilihan putaran 2 pada 26 Juni 2024. Komisioner KPU RI, Yulianto Sudrajat, dalam uji publik tiga Rancangan Peraturan KPU (PKPU), hari ini menjelaskan, kampanye untuk Pilpres 2024 putaran kedua direncanakan berlangsung selama 21 hari, yaitu pada 2-22 Juni 2024, pada 23-25 Juni 2024 masa tenang, penghitungan suara pada 26-27 Juni 2024, dan rekapitulasi suara akan diselenggarakan sampai 20 Juli 2024.

Sedangkan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak nasional untuk memilih gubernur, bupati dan wali kota, akan digelar pada 27 November 2024, sesuai dengan kesimpulan rapat dengar pendapat DPR pada 24 Januari 2022 dan Keputusan KPU No. 21 Tahun 2022. Semula, ada usulan pilkada serentak digelar pada September 2024. Menurut Yulianto, pilihan jatuh pada 27 November 2024, dengan alasan agar tidak ada singgungan antara tahapan pemilu dan pilkada, jika terjadi pilpres putaran kedua, sehingga beban kerja penyelenggara pemilu tidak menumpuk. Selain itu, partai politik memiliki waktu yang cukup untuk menyiapkan syarat pencalonan untuk pilkada November 2024.

4. Saat berfoto bersama dengan para pimpinan PDIP dalam acara peringatan HUT ke-51 kemarin, Wapres KH Ma’ruf Amin menampilkan salam metal (merah total) tiga jari, seperti yang dilakukan para petinggi partai itu. Foto salam metal Wapres ini, menjadi perbincangan publik yang mempertanyakan netralitas Wapres pada Pemilu 2024, karena ini terjadi di masa kampanye. Jubir Wapres, Masduki Baidlowi kemarin menjelaskan, bahwa pose salam metal Wapres semata-mata merupakan bentuk keakraban dan penghargaan terhadap PDIP yang tengah merayakan ulang tahun. Masduki memastikan, sampai saat ini Wapres Ma’ruf konsisten mengambil posisi netral dalam kontestasi Pilpres 2024.

5. Calon presiden Ganjar Pranowo, hari ini menyatakan, tak khawatir dengan masuknya Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, ke Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran. Dia menyatakan, tetap percaya diri akan tetap meraih kemenangan di Jatim yang merupakan provinsi dengan jumlah pemilih terbanyak kedua dalam Pemilu 2024. Caranya, menurut dia adalah dengan terus bertemu masyarakat dan menggalang kekuatan. Dia pun memastikan, timnya di Jawa Timur tetap solid.

TKN Prabowo-Gibran mengabarkan, Khofifah baru akan aktif menjadi Dewan Pengarah TKN sekaligus juru kampanye nasional (jurkamnas), setelah mengambil cuti pada 21 Januari 2024. Sekretaris TKN, Nusron Wahid, hari ini mengatakan, Khofifah setelah cuti akan aktif bergerak memenangkan Prabowo-Gibran.

6. Perkataan capres nomor urut 2, Prabowo Subianto, yang mengumpat di hadapan para relawannya di Riau ketika membicarakan capres pesaingnya, dengan menyebut “goblok” dan “tolol”, menuai kontroversi. Meski tidak menyebut nama, tapi orang yang dimaksudkan Prabowo adalah Anies Baswedan.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Rahmat Bagja kemarin menilai, umpatan tersebut dapat dikategorikan sebagai pelanggaran pidana pemilu. Sebab, UU Pemilu No. 7 Tahun 2017 memuat larangan penghinaan terhadap peserta pemilu. Namun, Bagja mengaku belum menerima laporan dari panitia pengawas pemilu (panwaslu) mengenai temuan dugaan pelanggaran pidato Prabowo tersebut. Bawaslu berjanji bakal memeriksa kasus ini, seandainya ada laporan masuk.

7. Polri yang tergabung dalam Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu), sudah menerima 13 laporan dari Bawaslu soal penanganan tindak pidana Pemilu 2024, sejak Maret 2023. Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko hari ini menjelaskan, laporan itu telah diteruskan ke proses penyidikan. Ia merinci, 6 kasus masih dalam proses penyidikan, 2 kasus sudah dihentikan atau mendapat Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) dan 5 kasus sudah tahap 2. Kata Trunoyudo, tren pelanggaran tindak pidana Pemilu 2024, paling banyak terkait dengan politik uang ketika melakukan kampanye dan pemalsuan dokumen pada saat pendaftaran bakal calon legislatif.

HUKUM

1. KPK menangkap Bupati Labuhanbatu, Erik Adtrada Ritonga, dalam operasi tangkap tangan hari ini, atas dugaan terlibat kasus suap. Kabupaten Labuhanbatu berada di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Konstruksi perkaranya masih belum diungkapkan KPK. Ia juga pernah menjadi Anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi Partai Hanura, Dapil Sumut 2 periode 2014-2019. Erik menjabat bupati Kabupaten Labuhanbatu 2021-2024, setelah memenangkan pilkada 2020 bersama pasangannya Hj Ellya Rosa Siregar, yang diusung 4 partai yaitu Hanura, Nasdem, PDIP dan PKB.

2. Dewan Pengawas (Dewas) KPK, menerima laporan dugaan pelanggaran etik oleh 2 pimpinan KPK. Menanggapi itu, Ketua sementara KPK, Nawawi Pomolango, mengaku belum tahu siapa pimpinan yang dimaksud. Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron, juga mengaku tidak tahu materi dan siapa yang dilaporkan. Sementara Wakil Ketua, Alexander Marwata mengatakan, menghormati proses di Dewas, sambil bercanda mungkin dia yang dilaporkan.

Anggota Dewas, Albertina Ho mengungkap, ada 2 pimpinan KPK yang kini dilaporkan melanggar etik. Namun, ia tidak menyebut siapa orangnya. Sementara mengenai pungli di Rutan KPK, Albertina mengatakan sidang etik terhadap 93 pegawai KPK itu sudah siap digelar dan untuk perkara pidananya, Dewas menyerahkan ke penegak hukum lain. Skandal pungli di Rutan KPK sempat membuat heboh. Albertina mengatakan, dugaan pungli itu mencapai Rp 4 miliar.

3. Polda Metro Jaya, kembali memeriksa mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo dan bekas Sekretaris Mentan Kasdi Subagyono. Keduanya diperiksa di Bareskrim Polri dalam dugaan pemerasan yang dilakukan mantan Ketua KPK Firli Bahuri. Menurut Direskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Ade Safri Simanjuntak, SYL dan Kasdi diperiksa untuk memberi keterangan tambahan. Selain keduanya, penyidik juga memanggil beberapa saksi lain. Ia mengatakan, kegiatan penyidikan ini dalam rangka pemenuhan petunjuk P19 Jaksa Penuntut Umum di Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta dalam penanganan perkara tersebut.

EKONOMI

1. Mantan Gubernur Jateng yang juga capres, Ganjar Pranowo, setuju dengan rencana pemerintah mempercepat pembangunan tanggul laut raksasa (giant sea wall) untuk memitigasi dampak degradasi Pantai Utara (Pantura) Jawa dengan membentuk satgas. Rencana pembentukan satgas ini, disampaikan Menhan sekaligus capres Prabowo Subianto, kemarin. Proyek ini ditetapkan sebagai proyek strategis nasional (PSN) yang kemungkinan terwujud 30-40 tahun ke depan dengan anggaran USD 50-60 miliar.

Ganjar menilai, rencana itu sama dengan usulannya pada 2013 yang kemudian disetujui Kementerian PUPR dengan membangun tanggul laut sekaligus jalan tol Semarang-Demak. Ganjar mengaku, tak merasa usulannya tentang giant sea wall itu dicontek Prabowo. Ia mengatakan, mungkin itu untuk memperkuat pertahanan laut. Selain itu, Ganjar memuji kinerja Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang sudah mengerjakan usulan itu, dan hasilnya sangat bagus.

Sementara, Deputi VI Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kemenko Perekonomian, Wahyu Utomo mengatakan, alasan Prabowo terlibat dalam proyek itu, terkait dengan isu pertahanan ekonomi, sehingga relevan dengan tugas Prabowo sebagai menhan. Prabowo sendiri mengungkapkan alasan dia tergerak untuk terlibat dalam proyek itu, karena melihat keluarga di pesisir hidup tidak layak di tengah air.

2. Pejabat Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Ogi Prastomiyono mengatakan, ada 14 perusahaan dana pensiun (dapen) berada dalam status pengawasan khusus, naik dari posisi sebelumnya 12 dapen. Dari ke-14 dapen itu, 9 diantaranya milik BUMN. Permasalahan yang terjadi di dapen adalah defisit pendanaan yang sebagian besar terjadi karena ketidakmampuan pendiri menyelesaikan akumulasi kewajiban iurannya kepada dapen. Bagi Dapen yang mengalami masalah pendanaan tersebut, OJK telah meminta perusahaan untuk menyampaikan rencana perbaikan kondisi pendanaan.

TRENDING MEDSOS

1. Tagar #Cuma02HatinyaTulus trending di X bersama #RakyatInginSejukDamai yang diunggah para pendukung paslon nomor urut 2, Prabowo-Gibran. Demikian pula, #KhofifahPerkuat02 yang menyambut bergabungnya Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa ke TKN Prabowo-Gibran.

2. Nama Khofifah banyak dicari di Google, dengan lebih 2.000 pencarian. Ini terkait dengan dukungan Khofifah terhadap pasangan Prabowo-Gibran yang baru disampaikannya kemarin.

3. Pak JK trending X, karena membela Anies terkait statement-nya saat debat capres mengenai kepemilikan lahan Prabowo di Kalimantan dan Aceh.

HIGHLIGHTS

1. Komunikasi yang sedang dijalin oleh TPN Ganjar-Mahfud dan Timnas Amin, terjadi karena dua kubu tersebut merasa mendapat perlakuan yang tidak adil dari pihak yang mendukung pasangan 02. Memang pendekatan itu belum sampai pada tahap lanjut bila masuk putaran ke-2, mengingat mereka pun harus bersaing juga menuju 14 Februari 2024. Masih terbuka banyak kemungkinan.

2. Peringatan JK terhadap Presiden Jokowi tentang netralitas, tidak beda dengan imbauan yang disuarakan berbagai kalangan. Hanya saja dalam peringatannya, JK lebih menekankan tentang pelanggaran netralitas Presiden berpotensi melanggar hukum. Imbauan JK diharapkan menjadi perhatian Presiden Jokowi.

3. Penilaian Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Rahmat Bagja bahwa umpatan calon presiden nomor urut 2 dapat dikategorikan sebagai pelanggaran pidana pemilu menegaskan bahwa hukum dan etika harus tetap dijaga oleh para kontestan. Tanpa hukum dan etika, pemilu akan kehilangan martabatnya.

SUMBER

BRIEF UPDATE
Kerjasama MAKPI dengan BDS Alliance
Kamis, 11 Januari 2024

Makpi Support
Makpi Support
Articles: 187