Respon Jokowi Terhadap Anies Soal Kenaikan Gaji ASN, Haris-Fatia Divonis Bebas, Hingga Cadangan Devisa Naik 6%

POLITIK

1. Presiden Jokowi, hari ini, merespons pernyataan capres Anies Baswedan yang menyebut bahwa era Jokowi lebih parah dalam memberi perhatian gaji kepada ASN dan TNI-Polri dibandingkan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Pernyataan Anies itu, disampaikan kepada Prabowo saat debat kemarin.

Anies bilang, di era pemerintahan sekarang ini cuma memberi kenaikan gaji 3 kali, dan akan 4 kali tahun ini, sedangkan di era SBY sebanyak 9 kali. Menurut Jokowi, situasi fiskal dan ekonomi berbeda-beda. Kondisi fiskal saat ini, dalam posisi tertekan oleh eksternal misalnya oleh Covid, kemudian perang dagang, dan geopolitik yang tidak memungkinkan dilakukan kenaikan gaji.

2. Litbang Kompas melakukan survei, setelah debat ketiga Pilpres 2024. Survei dilakukan pada Minggu (7/1/2023), pukul 19.30-22.00 WIB, melalui telepon terhadap 202 responden yang dipilih secara acak sederhana dari data panel Litbang Kompas, sesuai proporsi penduduk per provinsi. Tingkat kepercayaan survei 95% dengan margin of error 6,76%.

Dari survei yang dirilis hari ini, didapat data: responden yang tetap pada pilihan awal kepada capres tertentu: 77,5%, berubah pilihan: 10,5%, tidak tahu: 12,0%. Angka responden yang berubah pilihan lebih rendah dibandingkan setelah debat cawapres 22 Desember 2023 yakni 11,3%.

Untuk mengukur siapa yang unggul dalam debat tersebut, Litbang Kompas memberikan 3 jenis pertanyaan, yakni apakah capres menjawab pertanyaan, menguasai permasalahan dan penampilan. Skor hasilnya sebagai berikut:
1. Anies Baswedan: Menjawab pertanyaan dengan jelas dan lancar: 7,4; menguasai permasalahan yang didiskusikan: 7,2; penampilan di atas panggung: 7,9.
2. Prabowo Subianto: Menjawab pertanyaan dengan jelas dan lancar: 6,9; menguasai permasalahan yang didiskusikan: 6,9; penampilan di atas panggung: 7,1.
3. Ganjar Pranowo: Menjawab pertanyaan dengan jelas dan lancar: 7,4; menguasai permasalahan yang didiskusikan: 7,4; penampilan di atas panggung: 7,8.

Selain itu, survei juga menggali responden tentang kepuasan terhadap penampilan para capres, dengan skor tertinggi Ganjar Pranowo (79,7%), Anies Baswedan (71,4%) dan Prabowo Subianto (48,9%).

3. Atas penampilan Ganjar dalam debat tersebut, Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Chico Hakim, berharap akan berdampak positif pada kenaikan elektabilitas pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud. Pendukung baru itu, kata Chico, akan didapat dari undecided voters dan swing voters, yang masih di atas 30%.

4. Setelah debat capres selesai, Prabowo tidak bersalaman dengan Anies, sedangkan Ganjar bersalaman dengan 2 capres itu. Prabowo bilang, dia lebih tua dari Anies, dengan alasan itu, seharusnya Anies lah yang datang menyalaminya. Sebaliknya, Anies bilang, ia mencari Prabowo tapi sudah tidak ada di arena debat. Dalam debat itu, Anies memang terkesan menyerang Prabowo yang membuat Prabowo emosi. Setelah debat berakhir, sejumlah pentolan partai pendukung Prabowo mendatangi Prabowo di arena debat, sehingga terjadi kerumunan.

5. Momen Presiden Jokowi bertemu dengan Prabowo pada Jumat malam (5/1/2024), di sebuah restoran di Menteng, Jakpus, yang dilanjut dengan pertemuan dengan Ketum Golkar Airlangga Hartarto, pada Sabtu pagi (6/1/2024), di Kebun Raya Bogor. Kemudian bertemu Ketum PAN Zulkifli Hasan, makan siang bersama di sebuah restoran di Bogor, pada Minggu (7/1/2024). Hal itu menyulut pendapat tentang keberpihakan dia. Menurut Jokowi, pertemuan-pertemuan tersebut dilakukan pada saat libur. Ia mengakui pertemuan dengan mereka membahas soal pemerintahan dan pilpres.

6. Dalam kurun waktu 9 tahun, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Republik Indonesia (RI), telah berhasil menyelesaikan lebih dari 200.000 kasus yang melibatkan warga negara Indonesia (WNI). Capaian tersebut menunjukkan, bahwa perlindungan terhadap WNI tetap menjadi salah satu prioritas utama dalam kebijakan luar negeri Indonesia sejak 2014-2023.

Selain penyelesaian kasus, dalam periode tersebut sebanyak 360 WNI berhasil diselamatkan dari hukuman mati, lebih dari 18.000 WNI berhasil direpatriasi dari berbagai situasi darurat di zona konflik dan bencana alam, 56 WNI berhasil dibebaskan dari penyanderaan, dan lebih dari Rp 1 triliun hak finansial WNI berhasil dikembalikan. Capaian tersebut merupakan sebagian dari unjuk kerja Kemenlu yang dipaparkan Menlu Retno Marsudi, dalam Pernyataan Pers Tahunan Menlu 2024 di Museum Konferensi Asia Afrika, Bandung, hari ini.

HUKUM

1. Majelis hakim PN Jakarta Timur, memvonis bebas dua aktivis sipil, Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti, dalam kasus pencemaran nama Menko Marves, Luhut B Pandjaitan. Dalam sidang vonis yang dipimpin Cokorda Gede Arthana hari ini, majelis sekaligus memerintahkan untuk memulihkan hak dan martabat kedua pegiat HAM tersebut. Haris Azhar dan Fatia menerima putusan tersebut, sementara jaksa menyatakan pikir-pikir.

Menko Marves, Luhut Pandjaitan, menyatakan menghormati putusan hakim. Mengenai langkah hukum selanjutnya, ia menyerahkan sepenuhnya kepada jaksa penuntut umum. Ia percaya, jaksa akan melanjutkan proses hukum dengan bijaksana dan sesuai aturan hukum yang berlaku.

Haris dituntut 4 tahun penjara dan Fatia 3 tahun 6 bulan. Keduanya dilaporkan atas pernyataan mereka di konten Youtube berjudul “Ada Lord Luhut di Balik Relasi Ekonomi-Ops Militer Intan Jaya” soal praktik bisnis di Blok Wabu, Papua. Luhut menuduh mereka membuat pernyataan sepihak, dan ia juga tersinggung dengan diksi ‘Lord Luhut’.

2. Hakim Konstitusi Anwar Usman, tak menghadiri pelantikan Majelis Kehormatan MK (MKMK) permanen, hari ini, padahal 8 hakim lainnya hadir. Pelantikan tiga anggota MKMK permanen yakni Prof Dr Yuliandri, Dr I Dewa Gede Palguna dan Dr H Ridwan Mansyur, dilakukan oleh Ketua MK Suhartoyo. Ini kali kedua Anwar Usman, yang adik ipar Presiden Jokowi, tidak menghadiri acara pelantikan pejabat penting di MK, yang pertama adalah pelantikan Suhartoyo pada Senin (13/11/2023).

Anwar Usman diberhentikan dari posisi ketua MK oleh MKMK ad hoc yang dipimpin oleh Jimly Asshiddiqie pada Selasa (7/11/2023), karena dinilai telah melakukan pelanggaran etik berat dalam membuat putusan No. 90/PUU-XXI/2023, yang membuka peluang keponakannya, Gibran Rakabuming Raka, dapat ikut kontestasi Pilpres 2024, meskipun belum genap umur 40 tahun. Anwar Usman tidak terima atas putusan tersebut.

3. Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta, memvonis mantan pejabat Kemenkeu, Rafael Alun Trisambodo dengan hukuman 14 tahun penjara dan denda Rp 500 juta, subsider 3 bulan kurungan. Kabag Umum Kanwil Pajak Jakarta Selatan itu, dinilai terbukti melakukan korupsi menerima gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang. Selain pidana pokok, hakim juga menjatuhkan hukuman tambahan berupa uang pengganti Rp 10 miliar lebih.

Vonis hakim tersebut, mirip dengan tuntutan jaksa KPK yang menuntut Rafael Alun dengan hukuman 14 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsider 6 bulan kurungan, serta uang pengganti Rp 18,9 miliar. Hal yang memberatkan, menurut hakim, Alun dianggap tidak mendukung upaya pemerintah dalam memberantas korupsi. Sementara yang meringankan, Alun belum pernah dihukum dan berstatus kepala keluarga. Selain itu, ia telah mengabdi sebagai PNS selama 30 tahun.

EKONOMI

1. Cadangan devisa (cadev) Indonesia menjadi USD 146,4 miliar pada Desember 2023, naik sekitar 6,01% dari November sebesar USD 138,1 miliar. Capaian itu tertinggi sejak September 2021, saat itu cadev tercatat USD 146,9 miliar. Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono mengatakan, posisi cadev ini setara pembiayaan 6,7 bulan impor atau 6,5 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah. Ia juga menyebut, kenaikan cadev ini disebabkan moncernya setoran pajak dan utang luar negeri pemerintah.

Penjelasan Erwin itu, menunjukkan perolehan cadev belum ditopang oleh pemasukan dari Devisa Hasil Ekspor (DHE). November lalu, Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan, hingga Oktober 2023 BI telah mengumpulkan term deposit valas DHE sumber daya alam sebanyak USD 1,9 miliar. Jumlah itu belum semua DHE SDA yang telah dibayarkan eksportir.

2. Presiden Jokowi mengaku, sudah menandatangani kenaikan gaji PNS dan TNI-Polri. Usai peresmian Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor, Jokowi mengatakan aturan kenaikan gaji akan dikeluarkan secepatnya. Ia berharap, kenaikan itu bisa mendongkrak daya beli dan berimbas pada perekonomian. Menkeu Sri Mulyani memastikan, kenaikan gaji PNS dan TNI-Polri akan dimulai per Januari 2024. Namun, peraturan pemerintah yang mengaturnya belum rampung.

3. Presiden Jokowi meresmikan Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor hari ini. Jokowi menjelaskan, tol sepanjang 14,8 kilometer dengan total investasi Rp 4 triliun ini akan melengkapi struktur jaringan jalan tol di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Ia juga mengatakan, saat ini tengah dipercepat pembangunan untuk outer ring road keduanya dan ditargetkan rampung pada kuartal kedua tahun ini.

TRENDING MEDSOS

1. Tagar #DebatCapres masih menjadi topik bahasan di X, terkait debat ketiga, hari Minggu, kemarin. Selain itu, #UntukKepentinganPribadi yang mengkritik retorika Anies dalam debat.

2. Nama Prabowo trending di X dengan pembicaraan mengenai penampilan Prabowo dalam debat dan penolakannya untuk bersalaman dengan Anies Baswedan. Ramai serangan maupun dukungan dari buzzer terhadap Prabowo yang dinilai kurang perform dalam debat capres, semalam.

3. Nama Grace Natalie mencatat lebih 5.000 pencarian di Google. Ini terkait dengan aksinya, sebagai Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran bersama Isyana Bagoes Oka yang mendatangi moderator debat capres, di sela jeda debat.

HIGHLIGHTS

1. Menilik hasil survei Litbang Kompas, tentang respons masyarakat terhadap debat capres kemarin, yang salah satu diantaranya memotret perubahan pilihan dari responden terhadap capres, menunjukkan bahwa acara debat kandidat memang penting untuk rujukan bagi pemilih dalam menentukan pilihannya.

2. Respons Presiden Jokowi terhadap tudingan dia sudah melakukan pemihakan alias tidak netral setelah momen dia bertemu khusus dengan Prabowo, Airlangga dan Zulkifli, berupa jawaban bahwa itu dilakukan di saat libur, justru mengonfirmasi keberpihakan dia. Sebab, para menteri yang dia temui itu, berkampanye pada hari libur atau mengambil cuti.

3. Putusan Majelis hakim PN Jakarta Timur yang memvonis bebas dua aktivis sipil Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti, dalam kasus pencemaran nama Menko Marves Luhut B Pandjaitan, merupakan angin segar dalam penegakan hukum, di saat kuat persepsi masyarakat tentang hukum yang berpihak pada penguasa.

SUMBER

BRIEF UPDATE
Kerjasama MAKPI dengan BDS Alliance
Senin, 8 Januari 2024

Makpi Support
Makpi Support
Articles: 187