Kepala BRIN Imbau Capres Tidak Gimik, Pemukulan Pengantar Jenazah Oleh TNI, Hingga Cadangan Devisa Meningkat

POLITIK

1. Kepala Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Athiqah Nur Alami, mengimbau para Capres, Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo tidak menggunakan gimik dan singkatan teknis saat mengikuti debat capres pada Minggu besok di Istora Senayan, Jakarta. Debat besok mengambil tema Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, Geopolitik, Globalisasi dan Politik Luar Negeri. Athiqah mengatakan, pada debat Pilpres para capres mestinya menggali gagasan, bukan mempertanyakan hal-hal teknis.

Menurut prediksi Direktur Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs (Indostrategic), Ahmad Khoirul Umam, capres nomor urut 1, Anies Baswedan, dan capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, bakal banyak “menyerang” capres nomor urut 2, Prabowo Subianto dalam debat tersebut. Strategi tersebut, kata Umam, akan digunakan dua capres itu guna mengejar angka elektabilitas yang masih kalah dari pasangan Prabowo-Gibran.

2. Setelah Jumat malam kemarin, Presiden Jokowi makan malam berdua saja dengan capres nomor urut 2 yang juga Menhan Prabowo Subianto, di sebuah resto di Menteng, Jakpus, Sabtu pagi ini, Jokowi berolahraga dan sarapan bersama Ketum Partai Golkar yang juga Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto di Kebun Raya Bogor, Jabar. Airlangga mengaku, pertemuannya dengan Jokowi membahas ekonomi dan pemilu.

Pengamat politik dari Universitas Paramadina, yang juga Direktur Eksekutif Indostrategic, Ahmad Khoirul Umam, menilai Presiden Jokowi semakin vulgar dalam menunjukkan dukungannya kepada capres nomor urut 2, Prabowo Subianto. Menurut Umam, sikap Jokowi yang mendukung Prabowo, sebenarnya sudah bisa dipastikan saat Ketum Partai Gerindra itu memutuskan menggandeng putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka. Namun, dukungan Jokowi kepada Prabowo kini semakin tegas ketika keduanya makan malam bersama kemarin itu.

Umam mengatakan, langkah ini juga senada dengan pernyataan elit pendukung Prabowo yang mengklaim bahwa Jokowi berada di belakang mereka. Ia menilai, dukungan Jokowi yang semakin vulgar ini dapat berdampak pada keberpihakan aparat negara kepada calon yang dianggap didukung oleh Presiden. Dalam kondisi tersebut, ia menduga pelanggaran etik dan aturan pemilu akan dianggap sebagai hal lumrah dan laporan-laporannya pun tidak akan digubris oleh lembaga pengawas. Di situlah, kata Umam, esensi demokrasi yang adil dan transparan menjadi semakin layak dipertanyakan.

Menanggapi pertemuan Jokowi-Prabowo, Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar mengakui, pertemuan Presiden dengan menterinya adalah hal biasa, tapi ia mengingatkan Presiden Jokowi bahwa prestasinya selama ini bisa terganggu, jika tidak netral dalam Pilpres 2024. Ketua Bidang Kehormatan PDIP, Komarudin Watubun, pun mempertanyakan netralitas Presiden Jokowi pada Pilpres 2024. Presiden, kata Komarudin, sudah mengatakan dirinya netral, dan bahkan beberapa waktu lalu sudah mengumpulkan seluruh penjabat gubernur, bupati, wali kota, KPU, Bawaslu di setiap jenjang pusat daerah, kemudian TNI Polri, kepala desa seluruh Indonesia, supaya bersikap netral, tapi dirinya sendiri tidak menunjukkan kenetralannya.

3. Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan, ketidakpastian hukum merupakan salah satu alasan kemunduran di Indonesia. Dalam orasi ilmiahnya di acara Wisuda Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Sabtu hari ini, Mahfud menyebut kemunduran itu antara lain investasi dan pembangunan ekonomi yang tidak maksimal. Ia mencontohkan, prosedur bertele-tele, bahkan praktik suap, untuk mendapatkan izin usaha atau berinvestasi. Menurut dia, perbaikan di sektor penegakan hukum adalah solusinya. Itu harus dilakukan secara komprehensif, baik dari regulasi, implementasi, serta birokrasi penegakan hukumnya.

4. Ketua Pimpinan Daerah Perhimpunan Pergerakan Indonesia (PPI) Jawa Barat, Ahmad Baehaqi Abrori, akan menentang ide pasangan nomor urut 2 Prabowo-Gibran yang berencana mengimpor 1,5 juta sapi perah dari India untuk menjalankan program pemberian susu gratis, yang menjadi andalan kampanye paslon 2 itu. Menurut Ahmad yang juga peternak dan penggiat koperasi susu di Lembang, Jabar, tidak ada analisa jelas dari Prabowo terhadap persoalan susu dan tata niaganya. Program Prabowo itu juga dinilai tak sesuai dengan komitmen mendukung kepentingan rakyat Indonesia.

Ahmad bilang, secara kualitas bibit sapi perah India dan Brasil jauh lebih rendah kualitasnya dibanding di indonesia. Jika Prabowo Subianto memaksakan jutaan impor sapi perah dari India, kata Ahmad, peternakan lokal akan mundur beberapa dekade dan bisa mengalami kehancuran.

5. Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat menyatakan, partainya tidak masalah apabila Presiden Jokowi melakukan lawatan ke luar negeri saat PDIP memperingati ulang tahun ke-51 pada Rabu, 10 Januari 2024. Presiden Jokowi memang diundang hadir, tapi menurut Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, Presiden Jokowi tidak akan menghadiri peringatan HUT PDIP karena hendak melakukan lawatan ke beberapa negara anggota Asean.

Djarot menjelaskan, peringatan HUT ke-51 PDIP akan digelar secara sederhana di semua Kantor Dewan Pimpinan Cabang dan Pengurus Anak Cabang se-Indonesia. Dalam acara tersebut, di masing-masing daerah akan dihadiri oleh tiga pilar partai, senior partai, dan tokoh masyarakat setempat. Acara akan diisi dengan mendengarkan pidato Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, secara daring.

HUKUM

1. Kapendam XIII/Merdeka, Kolonel Mujahidin mengatakan, pemukulan sejumlah anggota TNI terhadap rombongan pengantar jenazah di depan Markas Kodam XIII Manado, bermula dari keributan antarwarga. Dikatakan, ada warga yang merasa terganggu kemudian bereaksi. Pemukulan oleh sejumlah anggota TNI, terjadi setelah keributan antarwarga tersebut. Anggota TNI, kata Mujahidin, sudah menahan emosi. Pemukulan rombongan pengantar jenazah oleh anggota TNI itu terjadi Jumat kemarin, di depan Markas Kodam XIII/Merdeka di Teling Atas, Manado. Videonya beredar luas di media sosial. Belum lama sebelumnya, sejumlah anggota TNI di Boyolali juga memukuli relawan Ganjar-Mahfud.

EKONOMI

1. Cadangan devisa (cadev) diprediksi meningkat pada Desember 2023. Kepala Ekonom Bank Permata, Josua Pardede memperkirakan, cadev Desember sebanyak USD 140 miliar, naik dari US$ 138,1 miliar pada November. Sepanjang tahun lalu, investor asing membuka beli neto USD 497,1 juta di pasar saham, sementara di SBN juga meningkat USD 498,3 juta. Peningkatan aliran modal asing di pasar modal turut mendukung penguatan rata-rata nilai tukar rupiah pada akhir 2023. Josua optimis, cadev berpeluang kembali meningkat pada tahun 2024, diperkirakan akan berada di kisaran USD 142 miliar hingga USD 145 miliar.

2. Pemerintah telah menggelontorkan 2,76 juta ton Cadangan Beras Pemerintah (CBP) hingga 29 Desember 2023. Dari jumlah itu, 1,18 juta ton disalurkan untuk program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) dan 848.696 ton untuk bantuan pangan beras tahap kedua, September-Desember 2023. Pada bantuan pangan tahap pertama sudah disalurkan 640.590 ton, golongan anggaran 87.551 ton, dan tanggap darurat 2.302 ton. Kepala Bapanas, Arief Prasetyo Adi, menjamin stok CBP untuk pelaksanaan bantuan pangan beras 2024 aman dan mencukupi. Per 3 Januari 2024, sudah ada 1,4 juta ton stok beras di gudang Bulog.

Arief juga mengungkapkan, Kemenkeu telah menetapkan plafon pinjaman yang dapat diberikan subsidi bunga kepada BUMN pangan, yakni Perum Bulog dan ID Food, sebesar Rp 28,7 triliun. Pinjaman tersebut dalam rangka penyelenggaraan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP). Kemenkeu menetapkan besaran subsidi bunga untuk penguatan stok CPP di 2024 melalui dua skema, yakni dengan penjaminan dari pemerintah dan skema tanpa penjaminan. Besaran subsidi bunga dengan skema penjaminan berkisar antara 2%-3%, sedangkan tanpa penjaminan antara 3%-4%.

TRENDING MEDSOS

1. #Ganjar-Mahfud Menang trending di X (Twitter), melebihi tren SemangatBarisanRFG pendukung Prabowo-Gibran.

2. #nazarpemilu trending di X (Twitter), diramaikan oleh sumpah para pendukung capres nomor urut 1. Mereka bersumpah akan melakukan aksi yang baik, bila paslon nomor urut 1 menang dan paslon nomor urut 2 kalah dalam Pilpres 2024.

3. Nama Hary Tanoesoedibjo trending di X (Twitter) pada Jumat kemarin, setelah Partai Perindo yang diketuai Hary Tanoe menyelenggarakan Sholawat Persatuan Indonesia di Demak, yang dihadiri Mahfud MD dan ribuan warga.

HIGHLIGHTS

1. Presiden sudah berulang kali memerintahkan supaya aparat negara -TNI, Polri, gubernur dan sebagainya- bersikap netral dalam Pemilu 2024, tapi dia sendiri mengadakan pertemuan dengan cawapres Prabowo. Meskipun bisa menggunakan dalih pertemuan atasan (Presiden) dengan bawahan (menteri), tapi mengingat pertemuan itu dilakukan pada masa kampanye, dan berada di luar tempat kenegaraan, tentu banyak pihak mempertanyakan kenetralannya. Maka pendapat Direktur Eksekutif Indostrategic, Ahmad Khoirul Umam, bahwa dukungan Jokowi yang semakin vulgar kepada Prabowo ini dapat berdampak pada keberpihakan aparat negara kepada calon yang dianggap didukung oleh Presiden, harus menjadi perhatian.
2. Debat kali kedua capres 2024 besok, diharapkan akan dapat menjadi momen yang mampu menunjukkan kapasitas pada diri masing-masing capres.
3. Meskipun yang disampaikan oleh Menko Polhukam, Mahfud MD bahwa ketidakpastian hukum di Indonesia menjadi salah satu biang rendahnya investasi sudah menjadi pengetahuan umum, tapi masalah itu tetap harus terus disuarakan untuk menggugah semangat publik menuju upaya perbaikan.

sumber

BRIEF UPDATE
Kerjasama MAKPI dengan BDS Alliance
Sabtu, 6 Januari 2024

Makpi Support
Makpi Support
Articles: 187