Relawan Ganjar VS TNI Dilaporkan ke Komnas HAM, Roy Suryo Dilaporkan Ke Bareskrim, dan Tanam Padi Awal Januari

POLITIK

1. Tim Pemenangan Nasional (TPN), Ganjar Pranowo-Mahfud MD, hari ini sudah melaporkan kasus penganiayaan relawan oleh oknum anggota TNI di Boyolali Jawa Tengah, kepada Komnas HAM. TPN Ganjar-Mahfud menilai peristiwa yang terjadi pada Sabtu, (30/12/2023) itu merupakan pelanggaran hak asasi manusia (HAM). Direktur Penegakan Hukum dan Advokasi Tim Hukum TPN Ganjar-Mahfud, Ifdhal Kasim mengatakan, pihaknya mendorong Komnas HAM untuk melakukan investigasi terhadap peristiwa tersebut. Dia yakin Komnas HAM sebagai lembaga independen tidak akan memihak, dan hasil kajian Komnas HAM akan dapat memperjelas kronologi peristiwa itu.

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, kemarin mendesak Panglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto, supaya mengusut tuntas peristiwa pengeroyokan aparat TNI terhadap relawan Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Boyolali, Jawa Tengah. Menurut Hasto, kasus tersebut menunjukkan adanya sikap tidak terpuji dari aparat keamanan. Penganiayaan itu terjadi pada Sabtu (30/12/2023) oleh sejumlah prajurit Batalion Infanteri Raider 408/Suhbrastha, terhadap sejumlah relawan Ganjar-Mahfud yang tengah melintas dengan sepeda motor berknalpot “brong” di depan markas batalion tersebut. Dari 7 korban penganiayaan, 2 orang masih dirawat di rumah sakit. Pihak TNI AD menyatakan, 6 prajurit penganiaya sudah ditahan untuk diproses hukum.

2. Viral di media sosial, rekaman video sejumlah lelaki dan perempuan anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Garut, Jabar, menyatakan dukungan kepada cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka. Penjabat (Pj) Gubernur Jabar, Bey Machmudin, hari ini mengatakan, 13 personel Satpol PP itu telah dikenai sanksi skors dan tidak digaji selama 3 bulan oleh atasannya, karena Satpol PP merupakan aparatur daerah, yang seharusnya netral dalam Pemilu 2024. Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI pun, sudah berkoordinasi dengan Bawaslu Jawa Barat dan Garut untuk menyelidiki rekaman tersebut. Menko Polhukam, Mahfud MD menilai, pernyataan dukungan oleh Satpol PP tersebut merupakan pelanggaran kode etik.

3. Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar (Cak Imin), hari ini membantah pernyataan Presiden Jokowi bahwa pemicu kelangkaan pupuk di Indonesia karena perang Rusia dan Ukraina. Saat berpidato dalam acara Pembinaan Petani se-Provinsi Jawa Tengah di Banyumas kemarin, Presiden Jokowi mengatakan bahwa kelangkaan pupuk yang menyebabkan harganya menjadi mahal karena bahan baku pupuk berasal dari Ukraina dan Rusia, yang sedang berperang. Penjelasan Jokowi ini mendapat reaksi sorakan “wooo” dari para hadirin. Menurut Cak Imin, petani Indonesia sudah mengalami kesengsaraan karena kelangkaan pupuk jauh sebelum perang dua negara itu meletus pada Februari 2022.

4. Menko Polhukam Mahfud MD, hari ini menyatakan masih aktif masuk kantor meski telah ikut serta dalam kontestasi Pilpres 2024. Dia menyatakan, kampanye untuk mendulang suara di pilpres hanya dilakukan pada Jumat, Sabtu, dan Minggu. Saat berkantor pun, dia mengaku tidak menggunakan atribut cawapres. Mahfud menyatakan, semua tugasnya sebagai Menteri Koordinator tetap berjalan sebagaimana mestinya. Ia mengklaim, tidak ada satu pun surat yang belum dia disposisi lebih dari tiga hari.

5. Kubu paslon nomor urut 1 dan 2 protes kepada KPU karena menunjuk MNC Group sebagai media penyelenggara siaran debat sesi ketiga pada Minggu, 7 Januari 2024. Alasannya, pemilih MNC Group adalah Hary Tanoesoedibjo, Ketum Partai Persatuan Indonesia (Perindo), yang tergabung dalam koalisi pendukung capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Dikhawatirkan, ada konflik kepentingan dalam acara tersebut.

Namun, Hary membantah ada konflik kepentingan karena MNC Group hanya berperan sebagai broadcaster atau media penyiar. Komisioner KPU RI, August Mellaz mengatakan, pihaknya tidak punya pretensi apapun terhadap pihak yang akan menjadi pelaksana debat, termasuk media penyelenggara. Menurut dia, entitas stasiun penyiaran terpisah dari partai politik. Hal yang sama juga diterapkan KPU pada stasiun televisi lain pada debat perdana capres dan cawapres.

HUKUM

1. Pengamat telematika, Roy Suryo, mengaku tim hukumnya tengah mengkaji pelaporan dirinya ke Bareskrim Polri oleh Relawan Pilar 08. Relawan Pilar 08 melaporkan Roy atas dugaan penyebaran hoaks dan ujaran kebencian, terkait tuduhannya bahwa Gibran Rakabuming Raka yang memakai 3 mikrofon saat debat cawapres. Roy belum mau menanggapi pelaporan tersebut. Ia mengatakan, besok atau lusa akan ada tanggapan resmi bersama tim hukumnya, IDCC & Associate.

Pada Jumat (22/12/2023), Roy Suryo mencuit di akun X-nya terkait pelaksanaan debat perdana cawapres. Ia mempertanyakan, mengapa Gibran sampai menggunakan tiga mikrofon sekaligus, yakni clip-on, hand-held, dan headset. Apa gunanya juga ada earphone? Siapa yang bisa feeding ke telinganya? Mengapa 2 calon yang lain beda? “Ambyar,” tulisnya. Ia juga menyebut, untuk menghindari cheating sebaiknya pada debat selanjutnya KPU bersikap adil.

2. Mantan Wamenkumham, Edward Omar Sharif Hiariej dan dua orang dekatnya, Yogi Arie Rukmana dan Yosi Andika Mulyadi, akan kembali mengajukan praperadilan ke PN Jakarta Selatan. Rencananya, praperadilan itu akan didaftarkan hari ini atau besok, 4 Januari 2024. Pengacara Eddy Hiariej, Ricky Sitohang mengatakan, dalam permohonan baru itu terdapat penyempurnaan substansi yang tidak bisa ia sampaikan secara detail.

Pada Rabu, (20/12/2023), hakim tunggal PN Jakarta Selatan, Estiono, telah mengabulkan permohonan pencabutan praperadilan Eddy Hiariej dkk. Keputusan tersebut diambil dengan mempertimbangkan sikap termohon, yaitu KPK yang menyetujui permohonan pencabutan praperadilan yang dilayangkan Eddy Hiariej dkk. Eddy dkk ditetapkan KPK sebagai tersangka dugaan suap Rp 8 miliar dari Dirut PT Citra Lampia Mandiri Helmut Hermawan.

EKONOMI

1. Presiden Jokowi meminta petani mulai melakukan tanam padi di awal Januari 2024, karena hujan mulai turun sehingga kebutuhan air dapat tercukupi. Saat meninjau tanam padi di Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas, ia berharap saat panen Maret-April nanti, hasil dapat meningkat. Ia juga sudah minta Menkeu Sri Mulyani, untuk menambah subsidi pupuk senilai Rp 14 triliun. Ia juga memastikan stok pupuk subsidi di semester I-2024 aman. Dari 1,7 juta ton stok pupuk, 1,2 juta ton di antaranya adalah pupuk bersubsidi.

Menkeu Sri Mulyani mengatakan, belanja untuk ketahanan pangan pada 2023 merupakan yang tertinggi dalam 5 tahun pemerintahan Jokowi. Realisasi belanja ketahanan pangan 2023 mencapai Rp 112,7 triliun, naik 26,9% dari 2022 senilai Rp 88,8 triliun. Belanja ketahanan pangan terbesar ialah untuk penyaluran subsidi pupuk 6,1 juta ton senilai Rp 42,1 triliun.

2. Kemenhan telah menyerap anggaran jumbo sepanjang tahun 2023. Total realisasi belanja Kemenhan tersebut mencapai Rp 70,9 triliun dari APBN 2023, meningkat 36% dibandingkan dengan total belanja 2022 yang mencapai Rp 52,1 triliun. Itu menempatkan Kemenhan menjadi kementerian/lembaga dengan belanja modal terbesar kedua di bawah Kementerian PUPR. Menkeu Sri Mulyani mengatakan, belanja itu digunakan untuk modernisasi alutsista dan non-alutsista, serta sarana dan prasarana pertahanan. Untuk 2024, pemerintah memutuskan menambah anggaran pertahanan. Ada perubahan alokasi anggaran belanja alutsista yang bersumber dari pinjaman luar negeri, di mana ada penambahan dari USD 20,75 miliar menjadi USD 25 miliar

3. Kemenkeu telah merealisasikan Rp 443,4 triliun dana APBN untuk perlindungan sosial (perlinsos) sepanjang 2023. Menkeu Sri Mulyani mengatakan, anggaran perlinsos ini dimanfaatkan untuk penyaluran bansos dalam rangka menjaga daya beli masyarakat. Rinciannya , belanja Kementerian/Lembaga (K/L) sebesar Rp 159,6 triliun, yang mencakup Program Keluarga Harapan Rp 44,5 triliun, penyaluran kartu sembako Rp 44,5 triliun, dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino Rp 7,5 triliun. Untuk belanja non K/L mencapai Rp 269,1 triliun, mencakup subsidi BBM Rp 21,3 triliun dan subsidi listrik Rp 68,7 triliun. Juga subsidi bunga KUR Rp 40,9 triliun dan bantuan pangan Rp 7,8 triliun, serta transfer ke daerah dalam bentuk BLT Desa Rp 10,4 triliun.

HIGHLIGHTS

1. Langkah Penjabat (Pj) Gubernur Jabar, Bey Machmudin, yang cepat merespons informasi 13 personel Satpol PP Garut, menyatakan dukungan kepada Gibran, merupakan sikap yang tepat. Bawaslu memang sudah menyatakan sedang menyelidiki kasus tersebut. Diharapkan Bawaslu Pusat dan Daerah (Garut dan Jabar) dapat pula menyelesaikan penyelidikannya dengan cepat, tidak selambat Bawaslu Jakarta dalam menyelidiki kasus bagi-bagi susu yang dilakukan Gibran di Jakarta yang sudah sebulan tanpa kejelasan hasilnya.

2. Cak Imin menyanggah pernyataan Presiden Jokowi, yang menyebut alasan kelangkaan pupuk akibat dari perang Ukraina dan Rusia. Memang benar bahwa masalah kelangkaan pupuk sudah terjadi jauh hari sebelum perang itu terjadi sejak 2 tahun lalu. Masalah itu sudah kerap dimunculkan, dan tak kunjung ada solusi sehingga menjadi salah satu sebab dari kegagalan program swasembada beras.

sumber

BRIEF UPDATE
Kerjasama MAKPI dengan BDS Alliance
Rabu, 3 Januari 2024

Makpi Support
Makpi Support
Articles: 187