Pelanggaran Pemilu RI di Taiwan, Penangkapan Jubir AMIN, Subsidi KUR 47 T, Hingga Ricuh Pemakaman Lukas Enembe

POLITIK

1. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menilai, kesalahan jadwal pengiriman surat suara Pemilu 2024 melalui pos kepada WNI pemilih di Taiwan berpotensi melanggar ketentuan. Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja, hari ini menyebut, terdapat dugaan pelanggaran administratif pemilu yang dilakukan oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) Pos dan/atau Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Taipei, Taiwan.

Kasus surat suara yang sudah dikirim kepada pemilih itu, mencuat di media sosial. Ketua KPU, Hasyim Asy’ari, akhirnya mengakui bahwa terjadi kelalaian atau ketidakcermatan PPLN Taipei. Seharusnya surat suara itu dikirimkan ke masing-masing PPLN Taipei pada 2-11 Januari 2024, tapi PPLN Taipei sudah mengirimkan surat suara kepada pemilih secara bertahap sejak 18 Desember 2023 dan 25 Desember 2023. Total ada 31.276 surat suara yang sudah didistribusikan, yang oleh KPU kemudian dinyatakan rusak.

2. Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja, hari ini mengaku pihaknya masih menunggu tindak lanjut pihak kepolisian, atas laporan dugaan penistaan agama berupa pelecehan gerakan salat yang dilakukan Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan (Zulhas). Hasil penyidikan pihak kepolisian bakal menjadi rujukan Bawaslu untuk mengusut dugaan pelanggaran oleh Zulhas, yang merupakan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN).

Dugaan pelecehan gerakan salat yang dilakukan Zulhas dalam kapasitasnya sebagai Mendag, terjadi saat ia memberi sambutan dalam acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) di Semarang, Jawa Tengah, pada Selasa (19/12/2023). Dalam acara itu, Zulhas menyebut adanya fenomena masyarakat tak lagi mengucapkan kata “amin” saat salat maghrib. Menurutnya, “amin” tidak diucapkan saat salat dilatarbelakangi rasa cinta kepada calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto. “Amin” tidak diucapkan karena merujuk akronim pasangan capres-cawapres Anies-Muhaimin, sementara Zulhas berada di pihak Prabowo-Gibran.

3. Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D Fakhiri, dan Pj Gubernur Papua, M Ridwan Rumasukun, menjadi korban amukan massa dalam kericuhan yang terjadi saat berlangsung arak-arakan massa mengiring jenazah mantan Gubernur Papua, Lukas Enembe, hari ini. Kericuhan terjadi di antara ribuan orang yang mengiring jenazah Lukas dari Bandara Sentani ke tempat persemayaman di gedung STAKIN, Jayapura. Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo menjelaskan, kericuhan terjadi akibat provokasi. Sejumlah orang terluka akibat terkena lemparan batu dan sebuah mobil dibakar. Kapolda Papua, Irjen Mathius dan Pj Gubernur M Ridwan mengalami luka-luka.

Lukas Enembe meninggal dunia saat menjalani perawatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, pada Selasa (26 /12/2023). Ia dalam status terpidana kasus suap dan gratifikasi sebesar Rp 19,6 miliar. Pada November lalu, Lukas divonis 8 tahun penjara dan dicabut hak politik selama 5 tahun. Jenazahnya akan dimakamkan hari ini, di tempat pemakaman di Koya Tengah, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua.

4. Lembaga Centre for Strategic and International Studies (CSIS), kemarin merilis hasil survei terbaru terkait elektabilitas partai politik dan pasangan peserta Pilpres 2024. Survei ini digelar pada 13-18 Desember 2023, dengan sampel 1.300 responden yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia. Margin of error ± 2,7% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Ada 8 parpol yang elektabilitasnya di atas ambang batas parlemen 4% yaitu: PDIP 16,4%, Partai Gerindra 14,6%, Partai Golkar 11,9%, PKS 11,8%, PKB 9,2%, Partai Nasdem 6,4%, PAN 5,2%, Partai Demokrat 4,8%. Parpol dengan elektabilitas di bawah 4% yakni PPP 3,5%, Perindo 1,5%, PSI 1,3%, sedangkan Partai Hanura, Partai Gelora, Partai Bulan Bintang, Partai Kebangkitan Nusantara, Partai Garuda dan Partai Ummat mendapatkan elektabilitas di bawah 1%.

Hasil survei tentang elektabilitas pasangan capres-cawapres: Prabowo-Gibran 43,7%, Anies-Muhaimin 26,1% dan Ganjar-Mahfud 19,4%. Sebanyak 5,9% responden belum menentukan pilihan dan 6,4% responden tidak menjawab. Kepala Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS, Arya Fernandes menjelaskan, dukungan pemilih terhadap beberapa partai pada pasangan capres tertentu, belum sepenuhnya solid.

Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD, hari ini di Jawa Timur, menanggapi dengan santai hasil survei CSIS tersebut. Ia mengaku, elektabilitasnya masih bagus berdasarkan hasil survei yang dilakukan internal Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud. Selain itu, katanya, hasil survei CSIS pernah keliru saat Pilpres 2019, yang menempatkan Prabowo sebagai pemenang atas Jokowi.

5. Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo-Mahfud MD menyatakan, dari hasil gabungan survei konvensional, big data, analitik media dan kelompok diskusi terfokus (FGD) di beberapa kota, elektabilitas Ganjar-Mahfud menunjukkan peningkatan atau membaik secara signifikan. Hal itu disampaikan Deputi Politik 5.0 TPN Ganjar Mahfud, Andi Widjajanto, kemarin. Menurut Andi, dengan menggunakan mesin terpercaya yang digunakan sejak 2018, gabungan triangulasi data selama 7 hari terakhir menunjukkan elektabilitas Ganjar-Mahfud mencapai mencapai 35%. Sementara data dalam 24 jam terakhir, perolehan itu bahkan naik hingga 37%.

Pada periode yang sama suara Prabowo-Gibran sebesar 42,6% dan selama 24 jam terakhir berada di 41,1%, sedangkan suara Anies-Cak Imin di 22%, dan selama 24 jam terakhir di 21,7%. Dari perhitungan mesin tersebut, kata Andi, suara pasangan calon nomor urut 1, 2 dan 3 akan stabil di angka tersebut hingga 14 Februari 2024, kecuali jika ada kejadian dadakan atau faktor-faktor tak terduga itu misalnya kejadian signifikan seperti blunder pada debat ketiga, keempat dan kelima, atau skandal maupun kesalahan fatal yang dilakukan salah satu pasangan calon atau tim suksesnya.

6. Ketua Tim Hukum Timnas Amin, Ari Yusuf Amir mengatakan, sepanjang pelaksanaan pilpres, mereka telah melaporkan beberapa dugaan pelanggaran pemilu, namun belum ditindaklanjuti Bawaslu. Dalam beberapa kasus, Bawaslu dinilai bersikap berat sebelah. Laporan itu, antara lain dugaan pelanggaran dalam silaturahmi nasional Forum Desa Bersatu yang dihadiri cawapres Gibran Rakabuming Raka. Forum yang dihadiri 8 organisasi perangkat desa yang seharusnya netral tersebut, mayoritas pesertanya menggunakan logo paslon 02. Sementara Gibran diduga melakukan pelanggaran administrasi pemilu dengan kampanye di luar jadwal. Bahkan, kata Ari, diduga ada praktik money politics lewat pemberian uang transport.

7. Bawaslu batal memanggil cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, terkait dugaan pelanggaran bagi-bagi susu di Car Free Day di Bundaran HI, Jakarta, beberapa waktu lalu. Sedianya Bawaslu Jakarta Pusat menjadwalkan pemanggilan Gibran, hari ini atau besok. Anggota Bawaslu, Puadi mengatakan, Bawaslu RI bersama kejaksaan dan kepolisian sudah menetapkan kegiatan Gibran bukan pelanggaran pemilu, sehingga agenda pemanggilan Gibran hari ini oleh Bawaslu Jakarta Pusat tak dilanjutkan. Puadi menjelaskan, Bawaslu menilai tak ada pelanggaran dengan alasan pelapor tidak bisa membuktikan pelanggaran pemilu di acara itu. Larangan berkampanye di CFD Jakarta, menurut dia merupakan kewenangan pemerintah daerah, bukan Bawaslu.

HUKUM

1. Timnas Pemenangan Anies-Muhaimin (Amin) akan memberikan pendampingan hukum bagi salah satu juru bicaranya, Nurindra B Charismiadji, yang ditangkap Kejari Jakarta Timur, Selasa (26/12/2023). Ketua Tim Hukum Nasional Amin, Ari Yusuf Amir, mengatakan, kasus itu tengah ditangani Direktorat Jenderal Pajak dan dalam pembicaraan mencari solusi. Namun, tiba-tiba dilimpahkan ke kejaksaan yang langsung menangkapnya hari itu juga. Ia berharap proses hukum atas Indra berlangsung fair dan transparan.

Kejari Jakarta Timur menahan politisi Nasdem itu di Rutan Cipinang. Sementara tersangka lainnya, Ike Andriani, ditahan di Rutan Pondok Bambu. Keduanya ditahan selama 20 hari, terhitung dari 27 Desember 2023-15 Januari 2024.

Menanggapi penangkapan Indra, Capres Anies Baswedan, mengatakan ia dan tim menghormati proses hukum yang berlaku. Namun ia menekankan, hukum tak boleh tebang pilih. Siapapun yang melakukan pelanggaran harus diproses. Ia menyinggung banyaknya pejuang perubahan yang menghadapi tantangan, terutama terkait pemeriksaan pajak yang kerap tidak fair.

2. Penyidik Polda Metro Jaya (PMJ), melakukan pemeriksaan lanjutan terhadap Ketua KPK nonaktif, Firli Bahuri, di Bareskrim Polri, kemarin. Kabid Humas PMJ, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, pemeriksaan difokuskan pada aset-aset Firli yang tidak terdaftar di LHKPN. Hingga kini, Firli belum ditahan. Firli Bahuri telah diperiksa sebanyak lima kali di Gedung Bareskrim Polri, dalam kasus dugaan pemerasan terhadap eks Mentan Syahrul Yasin Limpo. Dua diantaranya saat ia masih berstatus sebagai saksi, tiga pemeriksaan lainnya sebagai tersangka.

EKONOMI

1. Pemerintah menyiapkan anggaran subsidi untuk penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR), sebesar Rp 47,78 triliun pada 2024. Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian, Ferry Irawan mengatakan, alokasi anggaran tersebut akan digunakan untuk subsidi bunga/subsidi margin KUR tahun berjalan dan pembayaran carry over subsidi bunga/subsidi margin KUR periode sebelumnya. Hingga 30 November 2023, KUR telah disalurkan sebanyak Rp 229,95 triliun, atau 77,42% dari target 2023. Penyaluran KUR ini telah diberikan kepada 4,12 juta debitur.

2. BI memperkirakan transaksi berjalan Indonesia berpotensi membukukan surplus pada akhir 2023. Direktur Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI, Wahyu Agung Nugroho mengatakan, transaksi berjalan (current account) pada 2023 diperkirakan berkisar surplus 0,4% terhadap PDB hingga defisit 0,4% terhadap PDB. Sementara pada 2024, transaksi berjalan diperkirakan mengalami defisit yang melebar, dengan kisaran defisit 0,1% hingga 0,9% terhadap PDB.

Direktur Eksekutif Center of Reform on Economics (CORE), Mohammad Faisal menilai, penyumbang defisit transaksi berjalan paling besar hingga kuartal III-2023 adalah pendapatan primer dan sektor jasa. Sektor jasa belum pulih seperti kondisi prapandemi, berbeda dengan perdagangan barang. Penyebab lainnya, surplus perdagangan barang yang turun tajam sejalan dengan turunnya harga komoditas. Dengan penurunan surplus perdagangan barang dan defisit neraca jasa dan pendapatan primer, Faisal memperkirakan transaksi berjalan 2023 dan 2024 berpotensi defisit hingga 1% dari PDB.

3. Presiden Jokowi, hari ini meresmikan pengoperasian sinyal BTS 4G BAKTI dan akses internet di desa 3T, serta pengoperasian integrasi Satelit Satria-1 di Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara. Pada kesempatan itu, ia memberikan perintah khusus kepada Panglima TNI dan Kapolri mengamankan pembangunan 630 BTS di Papua. Hingga Selasa (26/12/2023), Kemenkominfo telah membangun 4.990 BTS 4G yang sebelumnya mangkrak karena dikorupsi. Namun, masih ada 630 BTS yang belum terbangun di Papua. Jokowi mengaku, disana medannya sangat sulit dan juga faktor keamanan. Sebelumnya, Menkominfo, Budi Arie mengatakan, 630 BTS 4G ini ditargetkan rampung pada semester I tahun depan.

TRENDING MEDSOS

1. Rohingya menjadi trending, hari ini dengan lebih 10.000 pencarian di Google. Pencarian itu terkait dengan pengusiran pengungsi Rohingya oleh mahasiswa di Aceh.

2. Tercatat lebih dari 5.000 pencarian, tentang penangkapan juru bicara Timnas Anies-Muhaimin, hari ini. Indra Charismiadji ditangkap petugas Kejari Jakarta Timur terkait dugaan penggelapan pajak senilai Rp 1,1 miliar.

HIGHLIGHTS

1. Penahanan yang dilakukan oleh Kejaksaan terhadap salah satu juru bicara Tim Pemenangan Anies-Muhaimin, Indra B Charismiadji, mengundang tanya. Orang ini memang sudah punya perkara mengenai perpajakan dan dugaan pencucian uang yang ditangani Ditjen Pajak sejak 2019. Namun, Ditjen Pajak melimpahkan kasusnya ke Kejaksaan yang lantas melakukan eksekusi penahanan. Tindakan Kejaksaan ini menguatkan dugaan bahwa penguasa melakukan berbagai cara, termasuk mengerahkan aparat hukum untuk melemahkan kubu lawan.

2. Bawaslu RI sudah menyatakan bahwa kesalahan jadwal pengiriman surat suara Pemilu 2024 melalui pos kepada WNI pemilih di Taiwan, berpotensi melanggar ketentuan. Masyarakat tentu menuntut langkah lebih lanjut dari Bawaslu untuk benar-benar mengusut kasus tersebut, sehingga pernyataannya itu menghasilkan bukti dan berlanjut pada tindakan terhadap KPU, supaya KPU benar-benar bekerja secara profesional.

sumber

BRIEF UPDATE
Kerjasama MAKPI dengan BDS Alliance
Kamis, 28 Desember 2023

Makpi Support
Makpi Support
Articles: 187