Zulhas Didemo, Firli akan Ditangkap Paksa Polda Metro Jaya, Hingga Perpres No. 82 Tahun 2023 Tentang SPBE

POLITIK

1. Sejumlah orang yang mengaku tergabung dalam Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) melakukan aksi unjuk rasa di depan Mabes Polri, Jaksel, hari ini. Mereka menuntut Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan (Zulhas), ditangkap karena diduga menistakan agama Islam. Ketum FUIB, Rahmat Himran, mengatakan, Zulhas telah menistakan agama Islam karena menyebut tak ada lagi jemaah salat yang mengucap kalimat ‘amin’ usai membaca surat Al-Fatihah. Selain itu, lanjut Rahmat, Zulhas juga menggunakan salah satu gerakan shalat sebagai candaan politik.

Pernyataan Zulhas yang diduga menodai agama Islam terkait bacaan surat Al Fatihah dan tahiyatul akhir disampaikan dalam acara Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) pada Selasa (19/12/2023). Dalam tayangan video yang viral, Zulhas mencoba menghibur peserta acara dengan mengatakan: “Saking cintanya kepada Prabowo Subianto, ada jemaah yang menggunakan dua jari saat tahiyatul akhir, karena berdasarkan nomor urut. Bahkan ketika imam usai membacakan Al Fatihah suasana bisa jadi diam.”

Waketum PAN Yandri Susanto mengatakan, video yang beredar yang seolah-olah menarasikan Zulhas melakukan candaan terhadap shalat adalah framing yang menyesatkan. Menurut dia, dalam acara tersebut, Zulhas bermaksud menegaskan bahwa jangan sampai karena adanya perbedaan pilihan dalam Pilpres kemudian menimbulkan perpecahan di masyarakat.

2. Keluarga korban pelanggaran HAM berat dalam kasus penculikan aktivis tahun 1997-1998, menyatakan akan menawarkan kontrak politik dengan ketiga pasangan capres-cawapres di Pilpres 2024. Paian Siahaan, ayah Ucok Munandar Siahaan, hari ini mengatakan, dalam naskah kontrak itu para keluarga korban penghilangan paksa akan meminta para capres-cawapres menandatangani surat yang berisi komitmen penuntasan kasus pelanggaran HAM berat.

Ucok Munandar Siahaan adalah aktivis yang diculik oleh Tim Mawar dari Komando Pasukan Khusus (Kopassus) pada 14 Mei 1998. Ucok adalah salah satu dari 13 aktivis yang diculik yang tidak diketahui nasibnya hingga detik ini. Menurut Paian, dengan meneken perjanjian tersebut, para keluarga korban bisa lebih gampang menagih kembali capres-cawapres terpilih untuk memenuhi isi kontraknya.

3. Presiden Jokowi menandatangani Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2023 yang mengatur pembentukan aplikasi super atau super apps tentang layanan pemerintahan. Perpres itu menyebut super apps layanan pemerintah dengan istilah “Aplikasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)”. Pasal 2 ayat (4) perpres itu menyebut aplikasi harus sudah terintegrasi dan diluncurkan terpadu pada triwulan III 2024. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Azwar Anas, hari ini mengatakan, Jokowi ingin SPBE menjadi cara pemerintah menekan korupsi di birokrasi.

4. Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) akan menggelar sidang pemeriksaan seluruh anggota komisioner KPU RI, besok, Jumat, 22 Desember 2023, karena memproses pencalonan putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, sebagai cawapres, tanpa lebih dulu merevisi aturan pilpres mengenai syarat capres-cawapres. Ada empat aduan terhadap seluruh komisioner KPU RI terkait perkara ini. Para pengadu, kata Sekretaris DKPP, David Yama, hari ini, menduga bahwa tindakan para teradu (komisioner KPU) yang membiarkan Gibran terus-menerus mengikuti tahapan pencalonan tersebut telah jelas-jelas melanggar prinsip berkepastian hukum.

Pada Rabu (25/10/2023), KPU telah menerima berkas pendaftaran pencalonan Gibran. Padahal berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) No. 19 Tahun 2023 yang ketika itu belum direvisi, Gibran tidak memenuhi syarat karena belum berusia 40 tahun. KPU berdalih, Putusan MK No. 90/PUU-XXI/2023 yang mengubah syarat usia capres-cawapres, sudah cukup untuk dijadikan dasar memproses pencalonan Wali Kota Solo berusia 36 tahun itu. Walau demikian, pada akhirnya KPU mengubah persyaratan capres-cawapres, dengan merevisi PKPU No. 19 Tahun 2023, yang dilakukan pada Jumat (3/11/2023), setelah KPU menerima pendaftaran Gibran.

5. Debat kedua Pilpres 2024 yang diselenggarakan KPU untuk tiga cawapres: Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD akan digelar besok, Jumat, 22 Desember 2023, di Jakarta Convention Center (JCC) mulai pukul 19.00 WIB. Debat ini bakal berjalan selama 120 menit, dipandu oleh Alfito Deannova dan Livian Cherlisa. Tema utama debat adalah ekonomi, dengan perincian ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, serta infrastruktur dan perkotaan.

6. Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Wakapolri), Komjen Agus Andrianto menyebut, tingkat kerawanan saat perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 tinggi, karena berbarengan dengan tahapan pemilu. Agus menyampaikan hal ini mewakili Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dalam acara Apel Gelar Pasukan dalam rangka pengamanan Hari Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Lapangan Silang Monas, Jakarta, hari ini. Berdasarkan survei Kementerian Perhubungan RI, kata Agus, potensi pergerakan masyarakat pada Natal dan Tahun Baru diperkirakan mencapai 107,63 juta orang. Jumlah itu meningkat sebesar 143,65% atau 63,46 juta orang dibandingkan tahun sebelumnya.

7. Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (BEM KM UGM) Gielbran Muhammad Noor mengaku sejak kerap mengkritik pemerintahan selama satu tahun ini, ia sering mendapat intimidasi dan fitnah. Salah satu fitnah itu, kata Gielbran hari ini di Yogyakarta, orang tuanya caleg sebuah parpol dan dia anggota parpol. Padahal, kata dia, orang tuanya adalah guru di salah satu kota di Jawa Tengah dan statusnya sebagai PNS, yang tidak mungkin terafiliasi dengan partai. Gielbran pun mengaku, dia mendapat intimidasi oleh oknum yang mengaku intel.

8. Putri Wapres Ma’ruf Amin, Siti Nur Azizah Ma’ruf Amin, menyatakan dukungan kepada pasangan calon nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Dalam acara peresmian Seknas Barisan Advokasi Keadilan Indonesia Ganjar-Mahfud (Baki Gama) 03, kemarin, Azizah yang berlatar belakang hukum berkeyakinan, Ganjar-Mahfud merupakan pasangan yang paling bisa memperjuangkan amanah reformasi, terutama soal supremasi hukum. Ganjar mengapresiasi dukungan Azizah. Ia mengaku dukungan Azizah merupakan bagian dari energi tim Ganjar-Mahfud.

HUKUM

1. Kapolda Metro Jaya, Irjen Karyoto menegaskan, pihaknya akan membawa paksa Ketua KPK nonaktif Firli Bahuri, yang mangkir dari pemeriksaan hari ini. Karyoto mengatakan akan berkoordinasi dengan Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Ade Safri Simanjuntak, untuk pemanggilan Firli selanjutnya. Polda telah mempersiapkan surat perintah membawa tersangka.

Hari ini Firli dijadwalkan diperiksa dalam kasus dugaan pemerasan terhadap Syahrul Yasin Limpo pukul 10.00 WIB. Namun kuasa hukum Firli, Ian Iskandar menjelaskan kliennya minta penundaan dengan alasan Firli harus menghadiri sidang etik Dewan Pengawas (Dewas) KPK. Namun, ternyata dia juga tidak hadir dalam sidang etik Dewas KPK. Anggota Dewas KPK, Syamsuddin Haris mengaku, telah mendapat konfirmasi bahwa Firli tidak menghadiri pemeriksaan hari ini.

Indonesia Police Watch (IPW), mendesak Polda Metro Jaya segera menahan Firli Bahuri, sehingga bisa mempercepat proses hukumnya. Selain menahan Firli, Ketua IPW, Sugeng Teguh Santoso berharap, penyidik juga segera menyatakan kasus tersebut telah lengkap atau P21.

2. Sejak 2020 hingga kini lebih dari 3.300 WNI menjadi korban tindak perdagangan orang dalam bisnis penipuan daring atau online scam. Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Judha Nugraha mengatakan, lonjakan angka korban paling tinggi terjadi antara 2021 dan 2022 di Myanmar. Selain di Myanmar, korban tersebar di Kamboja, Uni Emirat Arab (UEA), Vietnam, Thailand, Malaysia dan Filipina.

Dari 3.300 korban online scam sejak 2020, mayoritas berasal dari Generasi Z, golongan ekonomi menengah dan berpendidikan. Judha mengatakan, kemungkinan Gen-Z dari kelas menengah dan berpendidikan menjadi target karena dinilai pandai berteknologi dan menggunakan media sosial.

EKONOMI

1. Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI kembali mempertahankan suku bunga acuan BI 7 Days Reverse Repo Rate (BI7DRRR) di level 6%. Suku bunga Deposit Facility tetap di 5,25% dan Lending Facility di level 6,75%. Gubernur BI, Perry Warjiyo mengatakan, keputusan itu sejalan dengan arah kebijakan moneter yang pro stabilitas. Pro stabilitas yang dimaksud berkaitan dengan stabilitas nilai tukar rupiah. Perry juga menyebut, sejak hari ini penyebutan BI7DRRR diubah menjadi “BI Rate”.

Perry juga mengungkapkan, BI yakin pertumbuhan ekonomi tahun depan akan meningkat. Diperkirakan di kisaran 4,7% (yoy) hingga 5,5% (yoy), lebih tinggi dari outlook pertumbuhan 2023 yang 4,5%-5,3% yoy. Salah satu pendorongnya adalah perhelatan pemilu. Selain itu, belanja pemerintah akan meningkat pada tahun depan, seiring keberlanjutan pembangunan Proyek-proyek Strategis Nasional (PSN). Plus kinerja investasi yang meningkat sejalan keyakinan investor terhadap fundamental ekonomi dalam negeri.

2. Kemenkeu telah memberikan keringanan utang kepada ribuan debitur kecil sepanjang tahun ini. Direktur Perumusan Kebijakan Kekayaan Negara Kemenkeu Encep Sudarwan mengatakan, program keringanan utang berhasil menyelesaikan 2.821 Berkas Kasus Piutang Negara (BKPN) hingga Senin (18/12/2023), meningkat dari 493 BKPN tahun 2022. Encep memerinci, 2.821 debitur yang telah menerima manfaat ini berasal dari 1.354 piutang pasien rumah sakit, 6 piutang SPP mahasiswa, 766 piutang dengan sisa kewajiban sampai dengan Rp 8 juta dan 695 piutang lainnya.

Program keringanan utang ini ditujukan untuk mempercepat penurunan oustanding piutang negara dan jumlah BKPN. Program ini berupa insentif potongan utang pokok, bunga, denda, ongkos/biaya atau beban lain yang dibebankan kepada debitur. Nilai outstanding piutang negara yang berhasil diturunkan hingga Senin (18/12/2023), sebesar Rp 159,16 miliar dan pada tahun 2022 sebesar Rp 88,73 miliar.

TRENDING MEDSOS

1. Sebuah baliho pasangan Pilpres nomor urut 2 Prabowo-Gibran yang dipasang di atas Pos Pantau Polisi Lalu Lintas pertigaan Desa Pacing, Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojokerto, Jatim, yang viral, disebut oleh Humas Polda Jatim melalui X (Twitter), dipasang oleh Bawaslu Kabupaten Mojokerto. Pihak Bawaslu Kabupaten Mojokerto, melalui X (Twitter) pun kemarin membantah, dan menuntut Polda Jatim meminta maaf atas penyebaran keterangan yang tidak benar itu. Polda Jatim akhirnya meminta maaf, dan telah meralat pernyataannya. Menurut Polda Jatim, pemasangan baliho di atas pos polisi itu dilakukan oleh vendor.

2. Pak JK trending di X (Twitter), setelah menyatakan dukungannya kepada pasangan Amin.

HIGHLIGHTS

1. Perpres No. 82 Tahun 2023 yang mengatur pembentukan aplikasi super atau super apps, Aplikasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), yang ditargetkan selesai triwulan ketiga 2024, merupakan tekad pemerintah untuk mengatasi korupsi dan demi efisiensi dengan menggunakan teknologi informasi yang layak didukung. Namun, yang paling penting dalam penggunaan aplikasi TI adalah perawatan (maintenance) yang teratur dan pengamanan. Dua aspek ini yang kerap terabaikan, sehingga sering terjadi kebocoran data. Bahkan sampai hari ini, misalnya, hasil penyelidikan kebocoran data pemilih tak ada kabarnya.

2. Niat keluarga korban pelanggaran HAM berat, dalam kasus penculikan aktivis tahun 1997-1998 yang akan menawarkan kontrak politik dengan ketiga pasangan capres-cawapres di Pilpres 2024, perlu mendapat dukungan. Bagaimanapun, masalah ini harus diselesaikan tuntas demi keadilan bagi korban dan keluarga korban.

3. Kontroversi pemasangan baliho Prabowo-Gibran di atas pos polisi di Mojokerto, Jatim, harus menjadi perhatian bersama. Sempat saling tuding siapa pemasangnya dan saling lempar tanggung jawab. Baliho itu baru diturunkan setelah menjadi viral. Padahal sesuai aturan PKPU, lokasi tersebut termasuk yang dilarang dipasangi Alat Peraga Kampanye (APK). Kejadian itu menunjukkan lemahnya penegakan aturan pemilu dan perlu terus dipantau bersama agar pemilu dan seluruh tahapannya berjalan LUBER dan JURDIL.

Makpi Support
Makpi Support
Articles: 187