Perintah Jokowi: Cegah Covid-19, Target Nol Kemiskinan, Prabowo Kampanye, dan Peningkatan Pencucian Uang

POLITIK

1. Presiden Jokowi sudah memerintahkan Menkes, Budi Gunadi Sadikin, untuk terus mengamati perkembangan kasus Covid-19 di tanah air, yang belakangan mulai meningkat kasusnya bertepatan dengan pergerakan masyarakat saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Namun, kata Presiden hari ini di Jakarta, masih belum diputuskan apakah perlu diterapkan wajib pakai masker kembali selama masa Nataru. Wakil Menteri Kesehatan RI, Prof. dr. Dante Saksono Harbuwono, mengatakan pihaknya telah menyiapkan fasilitas kesehatan di jalur Nataru untuk mengantisipasi lonjakan kasus.

2. Capres Ganjar Pranowo mengatakan, bahwa pencopotan baliho bergambar dirinya dan cawapres Mahfud MD adalah hal biasa. Ia lantas mencontohkan berbagai kejadian pencopotan baliho di sejumlah wilayah Indonesia, seperti di Bali dan Sumatera Utara. Hal ini disampaikan Ganjar di hadapan para relawan di Karawang, Jabar, hari ini. Namun, akibat dari pencopotan tersebut, kata Ganjar, justru menggugah masyarakat menyediakan rumahnya untuk ditempelkan stiker atau baliho Ganjar-Mahfud.

3. Pakar komunikasi politik Universitas Pelita Harapan (UPH), Emrus Sihombing, menilai citra gemoy yang dibangun capres Prabowo Subianto, luntur dalam debat perdana Pilpres 2024. Tampil emosional saat adu gagasan, menurut Emrus, Prabowo menunjukkan karakter aslinya. Gemoy berarti menggemaskan. Julukan itu lekat pada Prabowo karena kerap spontan berjoget atau menari ketika menghadapi keadaan ‘sulit’.

Citra gemoy sengaja dibangun oleh Prabowo dalam Pilpres 2024, yang bertolak belakang dengan citra dia dalam Pilpres 2019, yang dikenal publik sebagai sosok yang tegas dan cenderung emosional. Emrus meyakini terkuaknya sisi emosional Prabowo di debat perdana bakal punya dampak elektoral. Pendapat serupa juga disampaikan oleh dosen komunikasi politik Universitas Gadjah Mada (UGM), Nyarwi Ahmad, yang menilai, penampilan debat perdana Prabowo masih kurang gemoy.

4. Cawapres Mahfud MD, kemarin mengaku tidak melakukan persiapan diri secara khusus untuk menghadapi debat kedua pada Jumat, 22 Desember nanti, yang dikhususkan untuk debat tiga cawapres. Mahfud menilai, debat hanya akan melihat kemampuan pemahaman seseorang atas suatu persoalan. Cawapres Gibran Rakabuming Raka, hari ini mengaku tidak ada lawan yang berat dan ditakuti saat debat khusus cawapres minggu depan. Tema debat kedua, mengenai ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur dan perkotaan.

5. Wakil Ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Yusril Ihza Mahendra, hari ini mengatakan, yakin Prabowo-Gibran bisa memenangkan Pilpres 2024 dengan satu putaran meski lebih jarang kampanye dibandingkan dua pasangan capres cawapres lain. Pasangan Prabowo-Gibran terlihat hanya berkampanye saat akhir pekan. Jika dibandingkan dengan Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo yang berkampanye baik saat hari kerja maupun akhir pekan, Prabowo terhitung lebih jarang berkampanye. Yusril menjelaskan, intensitas kampanye Prabowo-Gibran akan lebih kencang pada Januari 2024.

6. Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Ivan Yustiavandana, kemarin menyebutkan laporan transaksi yang diduga berkaitan dengan tindak pidana pencucian uang dalam kampanye Pemilu 2024, meningkat lebih dari 100% pada semester II 2023. PPATK kini sedang mendalami hal tersebut. Atas paparan PPATK itu, peneliti Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Fadli Ramadhanil, meminta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI harus segera koordinasi dengan PPATK guna membahas temuan PPATK tersebut. Anggota Bawaslu RI, Lolly Suhenti, mengaku sudah mendapat laporan PPATK itu, dan sedang melakukan telaah.

PPATK juga mengabarkan telah menghentikan transaksi mencurigakan sebanyak Rp 530,23 miliar terkait dugaan pencucian uang dan terorisme. Kepala PPATK, Ivan Yustiavandana, memaparkan nilai transaksi itu merupakan akumulasi dari 1.914 rekening yang dibekukan sepanjang Januari-Oktober 2023.

EKONOMI

1. Pemerintah tetap menggunakan batas garis kemiskinan ekstrem USD 1,9 atau Rp 29.461 per hari demi mencapai target 0% kemiskinan ekstrem pada 2024, meskipun Bank Dunia (World Bank) telah mengubah ambang batas tersebut menjadi USD 2,15 atau Rp 32.0235 per hari. Kemiskinan ekstrem adalah kondisi ketidakmampuan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, air bersih, sanitasi layak, kesehatan, tempat tinggal, pendidikan, serta akses informasi terhadap pendapatan dan layanan sosial.

Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Sekretariat Wakil Presiden, Suprayoga Hadi, kemarin menuturkan pihaknya dan Badan Pusat Statistik (BPS) sepakat tetap menggunakan angka USD 1,9 untuk batas garis kemiskinan ekstrem. Berdasarkan data BPS, jumlah kemiskinan ekstrem di Indonesia mencapai 1,2% atau 3,1 juta orang per Maret 2023. Angka itu turun dibandingkan Maret 2022, yang mencapai 1,74% atau 4,79 juta orang. Suprayoga menuturkan jika pemerintah menggunakan acuan USD 2,15, maka jumlahnya bakal 2 kali lipat dari yang saat ini 3,1 juta orang.

Pemerintah tetap menggunakan acuan USD 1,9 dan menargetkan 0% kemiskinan ekstrem di 2024, menurut Direktur Ekonomi Digital Center of Economic and Law Studies (Celios), Nailul Huda, karena pemerintah ingin agar Presiden Jokowi meninggalkan citra positif, meskipun dengan cara ‘curang’. Selain itu, pengentasan kemiskinan ekstrem membutuhkan anggaran sekitar Rp 493 triliun untuk perlindungan sosial (perlinsos) dengan batasan lama. Kalau menggunakan batasan dari Bank Dunia, maka anggaran perlinsos akan membengkak dan jumlah orang miskin ekstrem bertambah, sehingga target 0% pada 2024 bakal tak tercapai.

2. Manager Humas dan Kelembagaan Bulog, Tomi Wijaya, mengatakan jumlah penerima bantuan pangan pada 2024 akan ditambah menjadi 22 juta keluarga, naik 8% dari sebelumnya 21,4 juta keluarga. Bantuan pangan beras 10 kg diperpanjang hingga Juni 2024 untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah. Selain itu juga untuk menekan harga beras di pasar. Tomi juga mengungkapkan, dengan 1,4 juta ton beras yang dikuasai Bulog saat ini, kebutuhan untuk libur Natal dan Tahun Baru akan terpenuhi. Per 14 Desember 2023 Bulog telah menyalurkan 1,1 juta ton lewat operasi pasar, dan akan berlanjut hingga harga stabil.

Sementara itu, Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Pudji Ismartini, mengungkapkan pada November 2023 pemerintah mengimpor beras 433.000 ton, meningkat dari 312.000 ton pada Oktober 2023. Nilainya USD 276,6 juta, naik 40,59% dari Oktober. Dengan begitu, selama 11 bulan berjalan di 2023, total impor beras 2,53 juta ton dengan total nilai USD 1,45 miliar.

3. APBN melanjutkan tren defisit per 12 Desember 2023, tercatat defisit Rp 35 triliun atau 0,17% dari PDB. Menkeu Sri Mulyani mengatakan, nilai defisit itu jauh lebih kecil dibanding target awal yang mencapai Rp 598,2 triliun atau 2,84% terhadap PDB. Keseimbangan primer APBN mencapai Rp 378,6 triliun. Ani merinci, pendapatan negara per 12 Desember 2023 sebesar Rp 2.553,2 triliun, atau 103,66% dari target APBN. Sementara belanja negara mencapai Rp 2.588,2 triliun, masih jauh dari target yang sudah direvisi di angka Rp 3.117,2 triliun.

4. BPS mencatat neraca perdagangan RI kembali surplus USD 2,41 miliar pada November 2023, turun USD 1,06 miliar dibanding bulan lalu. Menurut Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Pudji Ismartini, surplus neraca perdagangan November 2023 ini ditopang oleh surplus pada komoditas nonmigas, yaitu sebesar USD 4,62 miliar.

Nilai ekspor pada November tercatat USD 22 miliar, turun 0,67% dibandingkan Oktober. Sementara, secara tahunan nilai ekspor turun 8,56%. Ekspor non migas pada November 2023 tercatat USD 20,72 miliar, turun 0,29% dibanding bulan sebelumnya. Kemudian, nilai ekspor migas November 2023 tercatat USD 1,28 miliar, turun 6,39% secara bulanan.

Nilai impor November 2023 tercatat USD 19,59 miliar, naik 4,89% dibandingkan Oktober 2023. Secara tahunan impor naik 3,29% dibanding November 2022 yang USD 18,96 miliar. Impor migas senilai USD 3,49 miliar, naik 8,79% secara bulanan, sementara impor nonmigas senilai USD 16,10 miliar, naik 4,08% secara bulanan. Secara tahunan, impor Indonesia tercatat naik 3,29%. Nilai impor migas naik 24,41% secara tahunan, meski impor nonmigas turun 0,37% secara tahunan.

TRENDING MEDSOS

1. Nama Anies masih trending di X (Twitter) dari pendukung dan nonpendukung Anies mengenai rekam jejak dan program-program Anies ke depan. Nama Nasdem pun turut trending.

2. Tagar #KerjaB3rsamaGanjar, 17Program Prioritas PraGibs, dan PKSAMIN untukIndonesia diangkat buzzer untuk trending di X (Twitter) hari ini.

HIGHLIGHTS

1. Selama masa kampanye yang sudah berjalan, capres Prabowo lebih jarang berkampanye langsung ke masyarakat dibandingkan capres Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo. Alasannya karena Prabowo masih bertugas sebagai Menhan. Selain itu, faktor usia Prabowo yang sudah 72 tahun tentu menjadi pertimbangan tersendiri. Kampanye dimaksudkan untuk menarik hati masyarakat supaya mendukung sang kandidat. Kampanye juga dimaksudkan sebagai bentuk atensi sang kandidat kepada masyarakat, dan daerah yang dikunjunginya. Dengan demikian, sang kandidat tak hanya memperlakukan masyarakat sebagai objek untuk dukungan, tapi juga subjek yang perlu didengar dan diperhatikan.

2. Temuan PPATK tentang dugaan tindak pidana pencucian uang dalam kampanye Pemilu 2024 yang meningkat lebih dari 100% pada semester II 2023, tentu perlu ditindaklanjuti oleh para pihak yang terkait dengan hal itu, selain KPU, Bawaslu, juga aparat penegak hukum, termasuk KPK. Hanya saja, mengaca pada pengalaman beberapa kali pemilu, tak pernah ada kasus tindak pidana pencucian uang untuk keperluan kampanye yang sampai di meja pengadilan.

sumber

BRIEF UPDATE
Kerjasama MAKPI dengan BDS Alliance
Jumat, 15 Desember 2023

Makpi Support
Makpi Support
Articles: 187