KPU Tegur TKN Prabowo-Gibran, KPK Tahan Eddy, Penyaluran Solar Melebihi Kuota, Hingga Susi Usul Hapus Solar Subsidi

POLITIK

1. KPU akan menegur Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran soal aksi calon cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, yang dianggap memanas-manasi pendukungnya untuk bersorak saat debat capres perdana pada Selasa (12/12/2023) malam. Aksi itu dilakukan Gibran saat Prabowo menjawab pertanyaan Anies mengenai putusan MK No. 90 soal batas usia capres-cawapres, yang membuka jalan bagi Gibran ikut kontestasi pilpres meskipun umurnya belum 40 tahun. Menurut Ketua KPU, Hasyim Asy’ari, kemarin, ulah Gibran itu tidak sepatutnya dilakukan. Gibran hari ini mengaku minta maaf, dan akan melakukan evaluasi jika ada teguran dari KPU.

2. Pasangan nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, sudah menandatangani 13 poin pakta integritas dari forum Ijtima Ulama yang digelar oleh PA 212, dan GNPF Ulama, pada 1 Desember 2023. Kabar tersebut diakui oleh Co-captain Pemenangan Amin, Yusuf Martak; dan anggota Steering Committee Ijtima Ulama, Aziz Yanuar.

Salah satu poin, dalam pakta integritas ini adalah bersedia melakukan Revolusi Akhlak di semua sektor kehidupan. Caranya dengan menjaga masyarakat dari rongrongan gaya hidup serta paham-paham merusak, yang bertentangan dengan kesusilaan dan norma-norma lainnya yang berlaku di masyarakat Indonesia seperti LGBTQ+, prostitusi, perjudian, minuman keras, narkoba dan penyakit masyarakat lainnya. Dengan kesediaan Amin menandatangani pakta tersebut maka Ijtima Ulama dalam Pilpres 2024 akan mengarahkan dukungan kepada Amin, sedangkan dalam Pilpres 2019 Ijtima Ulama mendukung Prabowo-Sandiaga Uno.

3. Wakil Ketum Partai Nasdem, Ahmad Ali, hari ini membantah kabar yang dilontarkan Fahri Hamzah bahwa parpol pengusung pasangan nomor urut 1, Anies-Muhaimin, akan mundur dari kabinet Presiden Jokowi. Fahri Hamzah yang Wakil Ketum Partai Gelora, mencuit di X (Twitter) bahwa dia baru saja mendapat kabar seluruh partai pendukung Amin akan mundur dari kabinet pekan ini untuk memantapkan posisi mereka sebagai oposisi.

Parpol pengusung pasangan Amin adalah Nasdem, PKB dan PKS. Nasdem masih punya satu menteri di kabinet yakni Siti Nurbaya Bakar yang menjabat sebagai Menteri LHK, setelah dua menterinya masuk bui yakni Menkominfo, Johnny G Plate dan Mentan, Syahrul Yasin Limpo. PKB punya dua menteri yakni Menaker, Ida Fauziyah dan Mendes PDT, Abdul Halim Iskandar. PKS tidak berada di kabinet. Ahmad Ali memastikan bahwa Nasdem akan bersama Jokowi sampai akhir masa jabatan pada Oktober 2024. Sementara itu, Ketua DPP PKB, Daniel Johan, mengaku tak tahu menahu soal kabar dua menteri dari partainya akan mundur dari kabinet.

4. Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto, mendapat sentimen negatif tertinggi di medsos saat dan setelah debat perdana Pilpres 2024 pada Selasa (12/12/2023) lalu. Kesimpulan ini merujuk pada hasil analisis Drone Emprit terhadap pemberitaan dan kicauan warganet di X (Twitter) ketika debat berlangsung dan pascadebat, Rabu (13/12/2023) pukul 00.00-18.00. Menurut analisis Drone Emprit, masing-masing capres; Anies, Prabowo dan Ganjar, mendapat sentimen negatif dan sentimen positif.

Pendiri Drone Emprit, Ismail Fahmi, melalui akun X (Twitter)-nya memaparkan bahwa saat debat berlangsung sentimen negatif tertinggi dicatatkan oleh Prabowo, menyusul kemudian Anies, lalu Ganjar. Sementara, sentimen positif Prabowo menjadi yang paling rendah, di bawah Anies dan Ganjar yang mencatatkan angka sama. Pascadebat, sentimen negatif terhadap ketiga capres naik. Namun, Prabowo tetap menduduki urutan tertinggi, disusul Ganjar, lalu Anies.

5. Pakar psikologi forensik, Reza Indrari Amriel, kemarin mengaku miris dengan gimik capres nomor urut 2, Prabowo Subianto, yang ditunjukkan dalam debat capres perdana, Selasa (12/12/2023) malam. Menurut Reza, joget berulang tanpa memperhatikan konteks acara, ditambah pernyataan-pernyataan yang serba mengambang dan terputus, bisa menjadi satu pertanda bahwa Prabowo sudah tidak lagi memiliki executive functioning yang mumpuni.

Executive functioning adalah kemampuan seseorang dalam mengelola informasi lalu membuat keputusan yang solid. Reza menilai, gimik gemoy jadi terkesan sebagai bentuk kompensasi, sekaligus pengalihan perhatian atas penurunan kemampuan Prabowo dalam berpikir strategis dan tuntas di level tertinggi pejabat negara.

6. Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, akan mengintensifkan pertemuan dengan masyarakat untuk meningkatkan dukungan. Berdasarkan hasil survei Litbang Kompas, elektabilitas Ganjar-Mahfud sebesar 15,3% kalah dari Anies-Muhaimin dengan elektabilitas sebesar 16,7%, dan Prabowo-Gibran 39.3%. Strategi lainnya, kata Ganjar hari ini, konsolidasi partai pengusung; PDIP, PPP, Hanura dan Perindo, serta relawan sudah mulai berjalan, dengan target dukungan suara meningkat.

7. Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror Polri, hari ini melakukan penangkapan terhadap sejumlah terduga teroris di daerah Solo Raya, Jawa Tengah. Kasatreskrim Polres Sragen, AKP Wikan Sri Kadiyono, membenarkan kabar tersebut namun dia mengaku belum mendapatkan informasi detail tentang penangkapan yang terjadi di wilayahnya itu. Penangkapan dikabarkan juga terjadi di Kabupaten Sukoharjo dan Kabupaten Boyolali, yang termasuk kawasan Solo Raya.

8. KPK bakal mengundang tiga capres 2024; Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo untuk berbicara khusus tentang isu antikorupsi. Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron, menjelaskan pihaknya akan membuat suatu forum untuk para capres menyampaikan visi dan misi mengenai pencegahan dan pemberantasan korupsi pada awal atau pertengahan Januari 2024. Menurut Ghufron, acara itu merupakan bentuk upaya KPK dalam memastikan komitmen para capres dalam pemberantasan korupsi.

9. Koalisi masyarakat sipil menanggapi pembahasan isu HAM oleh para capres dalam debat pertama, Selasa (12/12/2023). Terkait pelanggaran HAM di Papua, Direktur Imparsial, Ghufron Mabruri, menilai Anies dan Ganjar yang menawarkan solusi yang lebih progresif ketimbang Prabowo, yakni dengan jalan dialog. Menurutnya, dialog adalah jalan nonkekerasan, yang mereduksi pendekatan-pendekatan militeristik. Gagasan Prabowo, dinilainya memiliki kecenderungan untuk melanjutkan pendekatan selama ini yang dilakukan oleh pemerintah, yakni jalur militer.

Senada, Ketua Badan Pengurus Centra Initiative, Al Araf, berpendapat Prabowo tidak memahami konflik Papua secara komprehensif. Prabowo dinilai hanya melihat persoalan dari sudut pandang ekonomi dan eksternal. Padahal konflik Papua berakar dari faktor sejarah, pemerataan ekonomi, politik dan tiadanya keadilan. Terkait penghilangan orang secara paksa, dia menilai hanya Ganjar yang punya komitmen pencarian dan pembentukan pengadilan HAM. Dalam hal kebebasan berpendapat, hanya Anies dan Ganjar yang menjamin tidak akan ada intimidasi kekuasaan kepada para aktivis dan seniman.

Direktur Eksekutif Migrant Care, Wahyu Susilo, menyoroti minimnya pembahasan mengenai isu ekosob (hak ekonomi, sosial dan budaya) oleh ketiga capres, yang juga bagian penting dari HAM. Menurut dia, hanya Ganjar yang membahas soal afirmasi dan kelompok rentan, meskipun tidak elaboratif juga, seperti hak atas pelayanan kesehatan dan no one left behind. Wahyu juga menyinggung topik yang luput dari debat pertama, yakni kejahatan terorganisasi.

HUKUM

1. KPK memastikan akan menahan mantan Wamenkumham, Edward Omar Sharif Hiariej (Eddy). Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, hari ini mengatakan upaya paksa itu akan dilakukan demi keadilan, mengingat pihak yang memberi suap/gratifikasi sudah ditahan sehingga pihak penerima (Eddy) juga harus ditahan. Namun, Alex mengatakan pimpinan KPK belum mengetahui waktu pemanggilan ulang untuk Eddy, karena kewenangan pemanggilan itu menjadi domain penyidik. Eddy sudah ditetapkan KPK sebagai tersangka penerima suap dan gratifikasi. Dia juga sudah mengundurkan diri dari kabinet.

2. Dewan Pengawas (Dewas) KPK, hari ini menunda sidang perdana dugaan pelanggaran etik Firli Bahuri, atas permintaan Firli dengan alasan masih menjalani sidang praperadilan soal penetapan status dirinya sebagai tersangka di PN Jaksel. Anggota Dewan Pengawas KPK, Syamsuddin Haris, menjelaskan bahwa sebagai pihak terlapor, Firli Bahuri harus datang dalam sidang dugaan pelanggaran etik tersebut, kecuali ketidakhadirannya untuk kesekian kali tanpa alasan yang jelas. Sidang Dewas KPK ini untuk memeriksa dugaan pelanggaran etik Firli dalam penanganan kasus dugaan korupsi dengan tersangka eks Mentan Syahrul Yasin Limpo.

EKONOMI

1. Dirjen Migas Kementerian ESDM , Tutuka Ariadji, memperkirakan penyaluran solar subsidi tahun ini akan melebihi kuota yang telah ditentukan. Namun, dia tak merinci berapa besar tambahan kuota yang dibutuhkan. Sebelumnya, Pertamina Patra Niaga telah mengusulkan penambahan kuota solar subsidi 2023. Penyesuaian kuota solar subsidi 2023 meningkat 7,8% dari kuota awal, dari 16,8 juta KL menjadi 18,1 juta KL. Selain solar, diusulkan penyesuaian kuota minyak tanah dari 500.000 KL menjadi 504.221 KL. Sementara itu Pertalite masih aman hingga akhir tahun diproyeksikan hanya mencapai 30,8 juta KL, di bawah kuota 32,6 juta KL.

Mantan Menteri KKP, Susi Pudjiastuti, mengusulkan solar subsidi dihapus karena banyak dinikmati nelayan tajir, sedangkan nelayan yang membutuhkan malah tidak kebagian. Menanggapi temuan Menteri KKP, Sakti Wahyu Trenggono, Susi mengatakan para pengusaha besar itu mengakali aturan demi mendapatkan BBM subsidi. Mereka melakukan markdown kapal supaya hanya perlu izin daerah, kemudian ‘main mata’ dengan oknum aparat. Dia menyebut, saat dirinya menjabat telah menghapus 1,2 juta KL solar subsidi. Masih ada separuh yang belum dihapus, yang seharusnya dihapus juga.

2. Stafsus Menkop UKM bidang Pemberdayaan Ekonomi Kreatif, Fiki Satari, mengatakan akan berkoordinasi dengan Kemendag dan Kementerian Investasi/BKPM terkait TikTok Shop yang kembali dibuka kemarin. Pasalnya, TikTok Shop masih bisa beroperasi di TikTok sama seperti sebelum ditutup. Pengguna masih bisa belanja dan bertransaksi, padahal media sosial tidak boleh melakukan transaksi. Dia juga menegaskan, soal tahap uji coba yang disebut Mendag, Zulkifli Hasan, kemarin, seharusnya dilakukan hanya untuk internal dan tidak untuk dilempar ke publik.

Mendag, Zulkifli Hasan, mengatakan kelonggaran TikTok masih boleh bertransaksi di platform-nya sendiri, meski sudah bekerja sama dengan Tokopedia adalah agar UMKM bisa segera menjual produknya. Hal tersebut, kata Zulhas, menjadi peluang bagi pebisnis offline untuk ikut sehingga bisa menguasai pasar lokal. Jika tidak memanfaatkan platform digital, mereka bisa kalah bersaing dengan negara lain. Namun, seharusnya TikTok tidak boleh bertransaksi jual-beli secara langsung di platform-nya, melainkan harus lewat Tokopedia.

3. Kepala PPATK, Ivan Yustiavandana, mengatakan transaksi keuangan mencurigakan jelang Pemilu 2024 meningkat masif. Jumlah laporan terkait ini naik lebih dari 100% pada semester II-2023. Angkanya berjumlah triliunan rupiah dari ribuan nama, dan menyangkut semua parpol. Sebaliknya, transaksi pada Rekening Khusus Dana Kampanye (RKDK) justru cenderung datar. Transaksi justru bergerak dari rekening pihak lain. Terkait ini, PPATK sudah bersurat ke Bawaslu dan KPU.

Ivan menyebut, ada potensi penyaluran dana dari sumber-sumber ilegal dalam membantu kampanye. Salah satunya hasil dari tambang ilegal. Dia memastikan PPATK bakal memonitor aliran uang dalam pemilu, seperti yang dilakukan pada pemilu sebelumnya. Dia juga membenarkan adanya praktik politik uang yang disalurkan lewat uang elektronik seperti e-wallet.

TRENDING MEDSOS

1. Kubu Ganjar-Mahfud sedang menaikkan trending topik di X (Twitter) dengan tagar 1Desa1Faskes1Naskes

2. Kubu Prabowo-Gibran sedang dalam mode menyerang kubu Anies-Imin di X (Twitter), dengan tagar MasBowoGibran GakRetorika. Gaungan buzzer kepada Anies pun membuat nama Anies trending.

3. Kepri Butuh Wakil Baru trending di X (Twitter), setelah warganet mengeluhkan ketidakhadiran wakil rakyat di kasus Rempang.

HIGHLIGHTS

1. Pengakuan Co-captain Pemenangan Amin, Yusuf Martak; dan anggota Steering Committee Ijtima Ulama, Aziz Yanuar, bahwa Amin sudah menandatangani Pakta Integritas yang dihasilkan oleh Ijtima Ulama menandakan secara resmi bahwa kelompok yang diidentikan sebagai ‘kelompok kanan’ ini mendukung Amin dalam Pilpres 2024, beralih dari Prabowo pada Pilpres 2019.

2. Niat KPK untuk menggelar satu forum bagi tiga capres 2024 untuk membahas visi misi masing-masing, mengenai isu antikorupsi patut didukung. Mengingat forum debat yang digelar KPU, mencakup tema yang sangat luas maka niat KPK untuk khusus mengupas komitmen para kandidat mengenai isu tersebut menjadi sangat penting. Diharapkan forum tersebut juga melibatkan masyarakat sipil untuk ikut mengelaborasi komitmen para capres, dan juga disiarkan secara terbuka sehingga diketahui masyarakat luas.

sumber

BRIEF UPDATE
Kerjasama MAKPI dengan BDS Alliance
Kamis, 14 Desember 2023

Makpi Support
Makpi Support
Articles: 187