BRIEF UPDATE Produksi BDS Alliance/ Kerjasama dengan MAKPI – Rabu, 29 November 2023

POLITIK

1. Data ratusan juta pemilih yang berada dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 diduga bocor. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asy’ari, mengatakan pihaknya sedang memeriksa kebenaran informasi tersebut dengan menggandeng tim dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Badan Intelijen Negara (BIN), Kemenkominfo, dan Cyber Crime Mabes Polri untuk memeriksa dugaan kebocoran itu.

‘Jimbo’ mengaku telah meretas situs kpu.go.id dan berhasil mendapatkan data pemilih. ‘Jimbo’ membagikan 500.000 data sebagai bukti, melalui unggahan di situs BreachForums yang kerap digunakan untuk jual-beli hasil peretasan. Di dalam data yang ‘bocor’ itu, dia mendapatkan data pribadi seperti NIK, nomor KTP, nama lengkap, jenis kelamin, tanggal lahir, tempat lahir, status pernikahan, alamat lengkap, RT, RW, sampai kode kelurahan, kecamatan dan kabupaten serta nomor TPS. Dia menawarkan data itu dengan harga sekitar Rp 1,2 miliar.

Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (Elsam) mendesak KPU segera melakukan investigasi internal, karena data yang diduga bocor itu merupakan bagian dari data pribadi yang harus dilindungi. Menko Polhukam, Mahfud MD, mengaku kaget dan prihatin dengan kebocoran data tersebut. Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Abdul Kharis Almasyhari, meminta pertanggungjawaban KPU atas kebocoran data pemilih, sesuai dengan UU Perlindungan Data Pribadi (PDP) yang mengatur bahwa lembaga pengelola secara sah harus menjamin keamanan data.

2. Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, hari ini mengungkap isi pertemuan Presiden Jokowi dengan Menhan Prabowo Subianto di Istana Kepresidenan, Bogor, Jabar, kemarin. Sri Mulyani mengaku turut hadir di dalam pertemuan tersebut. Rapat menyepakati kenaikan anggaran belanja alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang bersumber dari pinjaman luar negeri. Menkeu menjelaskan, sebelumnya sudah disetujui Presiden bahwa anggaran alutsista untuk tahun 2020-2024 sebesar USD 20,75 miliar. Dalam rapat kemarin, kata Sri Mulyani, ada perubahan alokasi menjadi USD 25 miliar sehingga mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

3. Presiden Jokowi melantik Letjen Maruli Simanjuntak (53 tahun) sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) di Istana Negara, Jakarta, hari ini. Maruli akan mendapat kenaikan pangkat menjadi jenderal. Sudah lama beredar kabar bahwa Pangkostrad itu akan menjadi KSAD mengisi kekosongan jabatan yang ditinggalkan Jenderal Agus Subiyanto yang sudah naik jabatan menjadi Panglima TNI.

Saat pelantikan Maruli, Menko Marves, Luhut Pandjaitan, yang sudah lebih dari satu bulan menjalani perawatan di Singapura, hadir di Istana. Maruli adalah menantu Luhut. Dia pernah bertugas sebagai komandan Grup A Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) pada 2014-2016 dengan pangkat kolonel.

4. Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengungkapkan ada sembilan gugatan terkait pencalonan putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, sebagai cawapres di Pilpres 2024. Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU RI, Mochammad Afifuddin, hari ini menjelaskan dari sembilan gugatan itu, dua gugatan dinyatakan tidak diterima, sisanya masih dalam proses pemeriksaan.

Gugatan-gugatan itu diajukan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, PN Surakarta dan PTUN Jakarta. Pangkal perkara gugatan adalah Putusan MK No. 90/2023 tentang batas usia capres-cawapres yang menambah persyaratan, sehingga memungkinkan Gibran yang baru berumur 36 tahun bisa maju sebagai cawapres karena punya pengalaman sebagai kepala daerah yang dipilih melalui pemilihan langsung.

5. Beredar kabar eks Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo, muncul pada acara wisuda prajurit Taruna Akmil dan Akpol di Lapangan Sapta Marga Kompleks Akademi Militer, Magelang, Jateng, pada Selasa (28/11/2023). Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham, hari ini menjelaskan Edhy Prabowo yang mantan politisi Partai Gerindra itu sudah mendapatkan Pembebasan Bersyarat (PB) pada Jumat (18/8/2023) lalu.

Edhy dipidana selama 5 tahun berdasarkan putusan Mahkamah Agung, pada Maret 2022 ditambah denda Rp 400 juta subsider 6 bulan kurungan, karena terbukti melakukan korupsi dan denda telah dibayar. Selain itu uang pengganti sekitar Rp 9,6 miliar dan USD 77.000 juga telah dibayar. Selama menjalani pidana di Lapas Kelas 1 A Tangerang, Edhy mendapat remisi sebanyak 7 bulan 15 hari karena dinilai berkelakuan baik.

6. Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) telah memberikan izin kegiatan munajat yang diselenggarakan Persaudaraan Alumni (PA) 212 di kawasan Monumen Nasional (Monas) pada Sabtu, 2 Desember 2023. Acara akan diisi dengan salat tahajud, munajat, dan tausiah dari sejumlah tokoh ulama. Habib Rizieq Shihab dikabarkan akan hadir.

HUKUM

1. Menko Polhukam sekaligus calon wakil presiden, Mahfud MD, mengungkapkan lebih dari 84% koruptor di Indonesia merupakan lulusan perguruan tinggi. Hal ini meluruskan data yang beredar yang menyatakan 84% lulusan perguruan tinggi adalah koruptor. Dalam ceramah di Universitas Budhi Dharma, Tangerang, hari ini, Mahfud menjelaskan bahwa angka itu didapat dari 1.250 koruptor yang telah menjalani hukum pidana. Mahfud mengaku sebagai Menko Polhukam tak pernah diam dalam memberantas kasus korupsi. Bahkan, menurut dia, di antara Menko Polhukam, dirinya paling lantang bicara soal kasus korupsi.

EKONOMI

1. Badan penyelesaian perselisihan WTO, kemarin, sepakat membentuk panel untuk meninjau bea masuk sebesar 8% hingga 18% yang dikenakan Uni Eropa (UE) terhadap impor biodiesel Indonesia. Indonesia meminta konsultasi sengketa WTO dengan UE mengenai pengenaan bea masuk atas impor biodiesel Agustus lalu. Ketua Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia, Paulus Tjakrawan, mengatakan bea masuk tersebut membebani eksportir biodiesel Indonesia dan berharap panel WTO dapat segera memulai proses hukumnya. UE merupakan tujuan terbesar ketiga bagi produk minyak kelapa sawit Indonesia dan pasar penting bagi biodiesel.

2. Presiden Jokowi meminta kementerian/lembaga (K/L) dan para kepala daerah menjaga iklim investasi, karena investasi merupakan kunci pertumbuhan ekonomi. Saat penyerahan DIPA dan Daftar Alokasi Transfer ke Daerah (TKD), Jokowi mengatakan APBN 2024 sebesar Rp 3.325,1 triliun terdiri atas belanja pemerintah pusat Rp 2.467,5 triliun dan TKD Rp 857,6 triliun. Dia meminta para menteri dan pejabat daerah menuntaskan pembangunan untuk membuat fondasi bagi pemerintahan yang akan datang. Oleh karena itu, sinergi dan harmonisasi daerah dan pemerintah pusat harus diperkuat.

3. Menkeu, Sri Mulyani Indrawati, mengungkapkan defisit APBN 2024 ditetapkan sebesar 2,29% dari PDB atau Rp 522,8 triliun. Dia berjanji pembiayaan defisit itu akan terus dijaga di tengah kondisi global yang menghadapi fenomena suku bunga tinggi lebih lama di negara maju. Dalam penyerahan Digital DIPA dan Daftar Alokasi TKD 2024, Sri Mulyani mengatakan akan menggunakan cash buffer pemerintah untuk meminimalkan risiko pembiayaan dan menjaga rasio utang di tingkat yang aman.

Kemenkeu menargetkan pendapatan negara dalam APBN 2024 sebesar Rp 2.802,3 triliun, meningkat 6,26% dari pendapatan negara dalam APBN 2023 yang sebesar Rp 2.637,2 triliun. Rinciannya, penerimaan pajak Rp 1.988,9 triliun, dari sebelumnya Rp 1.986,9 triliun. Sementara itu, target PNBP pada 2024 disepakati Rp 492 triliun.

TRENDING MEDSOS

1. Orde Baru trending di X (Twitter), setelah Megawati mengkritik pemerintahan yang saat ini berkuasa seperti Orde Baru.

HIGHLIGHTS

1. Jika kebocoran data pemilih dalam DPT itu benar berasal dari KPU, tentu saja ini sangat memprihatinkan dan mengkhawatirkan. Sebagai pemegang amanat penyimpan dan pengguna data, KPU harus bertanggung jawab. Kemungkinan yang lebih mengkhawatirkan, jika pengamanan data KPU tak kunjung prima, hasil Pemilu 2024 bisa berpotensi di- hack atau dikacaukan sehingga akan menimbulkan masalah besar.

2. Gugatan-gugatan hukum imbas dari putusan MK No. 90/2023 yang menyebabkan Gibran bisa ikut kontestasi Pilpres 2024 menunjukkan bahwa putusan MK yang mengandung cacat etika itu menggugah nurani masyarakat.

Sumber

BRIEF UPDATE
BDS Alliance
Rabu, 29 November 2023

Makpi Support
Makpi Support
Articles: 187