BRIEF UPDATE Produksi BDS Alliance/ Kerjasama dengan MAKPI – Senin, 13 November 2023

POLITIK

1. Hakim Suhartoyo hari ini resmi menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) menggantikan Anwar Usman yang dicopot Majelis Kehormatan MK karena melakukan pelanggaran etik berat dalam memutuskan perkara No. 90/2023 yang membuka jalan bagi Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres. Namun dalam acara pelantikan Suhartoyo, Anwar yang juga adik ipar Presiden Jokowi itu tidak hadir. Dia mengaku sakit sehingga hanya 8 dari 9 hakim yang hadir, termasuk Suhartoyo. Ketua MK yang baru itu mengajak kerja sama semua hakim MK untuk memulihkan citra MK yang terpuruk akibat putusan No. 90 tersebut.

2. Massa yang tergabung dalam Aliansi Penyelamat Konstitusi (APK), hari ini menggelar aksi protes di depan kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakpus, menolak penetapan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon peserta Pilpres 2024. Mereka beralasan, pencalonan Gibran sebagai cawapres mendampingi Prabowo cacat secara moral dan politik karena menggunakan landasan hukum putusan MK No. 90 yang terbukti diproses dengan cara melanggar etik berat. Massa aksi juga menuntut KPU menjamin penyelenggaraan pemilu yang demokratis, jujur, adil, langsung, umum dan bebas.

3. Komisi I DPR hari ini bersepakat, Jenderal TNI Agus Subiyanto menjadi panglima TNI baru menggantikan Laksamana Yudo Margono, setelah menggelar uji kelayakan dan kepatutan terhadap Jenderal Agus. Untuk selanjutnya penetapan Jenderal Agus sebagai panglima TNI, akan dilakukan dalam sidang paripurna DPR pada 21 November 2023. Jenderal Agus Subiyanto menyatakan netralitas TNI dalam pemilu, adalah harga mati.

4. Ketua Fraksi PDIP DPR RI, Utut Adianto, ditunjuk sebagai ketua panitia kerja (Panja) netralitas TNI pada Pemilu 2024. Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid, mengungkapkan pembentukan Panja merupakan langkah nyata DPR untuk mengawasi profesionalitas TNI dalam kontestasi Pemilu 2024.

5. Menko Polhukam, Mahfud MD, mengatakan pemerintah akan semakin galak merampas aset para koruptor, dan jika perlu akan menyusun UU Pembuktian Terbalik yang progresif. Mahfud menyebut UU tersebut diberlakukan dengan melihat kekayaan individu. Apabila kekayaannya bertambah secara tidak wajar, maka orang tersebut akan diminta membuktikan sumber kekayaannya itu. Hal ini disampaikan Mahfud setelah menghadiri acara United Nations Convention Against Corruption (UNCAC) di Hotel Le Meridien, Jakarta, hari ini. Selain itu, Mahfud juga menyinggung DPR yang belum bisa diajak fokus menyelesaikan RUU Perampasan Aset, karena perkembangan situasi politik terkini. Meski demikian, Mahfud menegaskan bahwa tanpa UU Perampasan Aset, pemerintah selama ini telah melakukan perampasan aset secara luar biasa, contohnya merampas aset kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) sekitar Rp 34 triliun dalam waktu 1,5 tahun.

6. Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri, menyatakan bahwa putusan Majelis Kehormatan MK (MKMK) atas pelanggaran etik para hakim konstitusi menjadi bukti kekuatan moral, politik, kebenaran dan politik akal sehat berdiri kokoh, meski menghadapi upaya rekayasa konstitusi. Pernyataan Megawati itu disampaikan melalui pidato virtual kemarin, menanggapi putusan MKMK yang menetapkan Ketua MK Anwar Usman melakukan pelanggaran etik berat dalam menangani putusan No. 90/2023.

Megawati juga menyatakan bahwa situasi politik jelang Pemilu 2024 semakin tidak kondusif. Dia melihat sudah mulai ada tanda-tanda kecurangan. Menanggapi pernyataan Megawati tersebut, hari ini Gibran Rakabuming Raka mempersilakan masyarakat melapor ke Bawaslu jika ada kecurangan terkait pemilu. Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran Rakabuming Raka, Nusron Wahid, mengatakan kecurangan itu tidak bisa diketahui karena kampanye belum dimulai.

7. Sejumlah tokoh sowan ke kediaman Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin Rembang, KH Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus), di Leteh, Rembang, Jawa Tengah, kemarin siang. Koordinator pertemuan, Alif Iman Nurlambang, mengungkapkan kedatangan para tokoh untuk menyampaikan kegelisahannya menjelang Pemilu 2024. Alif lalu mengutip puisi Gus Mus, “Kita tengah menghadapi satu materi dengan rasa yang berbeda, termasuk materi republik dengan rasa kerajaan”. Para tokoh itu antara lain mantan Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin; budayawan, Goenawan Mohamad; Romo Benny Susetyo; istri mendiang Nurcholish Madjid, Omi Komariah Madjid; mantan pimpinan KPK, Erry Riyana Hardjapamekas; dan tokoh perempuan Nong Darol Mahmada.

Bakal capres Ganjar Pranowo hari ini datang ke kediaman Gus Mus. Dia menyebut pertemuan tersebut membahas hal-hal yang receh hingga situasi kekinian, seperti kegelisahan para tokoh nasional yang diungkapkan di rumah Gus Mus kemarin.

HUKUM

1. Penjabat (Pj) Bupati Sorong, Yan Piet Mosso, terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK kemarin, karena diduga terlibat kasus suap terkait upaya pengkondisian temuan dalam pemeriksaan dengan tujuan tertentu (PDTT) tahun anggaran 2023 Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Papua Barat Daya (PBD). Jubir KPK, Ali Fikri, mengatakan pihaknya juga mengamankan 3 pejabat Kabupaten Sorong dan 2 orang pegawai BPK perwakilan Provinsi PBD. Kapolres Sorong, AKBP Yohanes Agustiandaru, menyebut Yan Piet langsung dibawa ke Polres Kota Sorong oleh KPK untuk dimintai keterangan.

2. Dewan Pengawas (Dewas) KPK akan memeriksa Ketua KPK, Firli Bahuri, hari ini. Anggota Dewas KPK, Albertina Ho menyebut, semula Dewas akan memeriksa Firli pada besok hari, namun pemeriksaan dimajukan hari ini karena besok Dewas KPK akan melaksanakan rapat kerja.

Albertina mengatakan, Dewas telah melayangkan pemberitahuan perubahan jadwal pemeriksaan kepada Firli sejak Jumat (10/11/2023). Dewas KPK belum bisa memastikan apakah Firli akan hadir hari ini. Sebelumnya Jubir KPK, Ali Fikri, mengatakan Firli akan mendatangi Dewas KPK besok, merujuk pada tanggal di surat panggilan Dewas KPK.

EKONOMI

1. Mentan, Amran Sulaiman, menjelaskan akibat El Nino produksi beras turun dari 31 juta ton tahun 2022 menjadi 30 juta ton pada 2023. Dalam raker bersama Komisi IV DPR, hari ini, Amran mengatakan impor beras tahun 2024 berpotensi menjadi 5 juta ton sehingga perlu percepatan peningkatan produksi. Amran mengaku tengah melakukan refocusing anggaran untuk percepatan peningkatan produksi.

2. Presiden menetapkan perubahan APBN 2023 melalui Perpres No. 75/2023 tertanggal 10 November 2023. Perubahan pertama berasal dari rincian penerimaan perpajakan. Target pendapatan pajak dalam negeri yang semula Rp 1.963,48 triliun, naik menjadi Rp 2.045,45 triliun. Sedangkan pendapatan cukai ditetapkan turun menjadi Rp 227,21 triliun dari sebelumnya Rp 245,44 triliun.

Untuk sisi belanja, Perpres No. 75/2023 menetapkan belanja program pelayanan umum naik menjadi Rp 155,04 triliun dari sebelumnya Rp 117,84 triliun. Belanja program ekonomi menjadi Rp 155,92 triliun dari sebelumnya Rp 137,12 triliun. Dengan demikian, total pengelolaan belanja lainnya pada bagian anggaran bendahara umum negara menjadi Rp 405,29 triliun, dari sebelumnya Rp 349,29 triliun.

Anggaran pendidikan melalui belanja pemerintah pusat naik menjadi Rp 249,15 triliun dari sebelumnya sebesar Rp 237,14 triliun, sedangkan yang melalui transfer ke daerah tetap. Demikian juga yang melalui pembiayaan. Dengan begitu, total anggaran pendidikan dalam Perpres No. 75/2023 menjadi sebesar Rp 624,25 triliun, naik dari sebelumnya Rp 612,23 triliun.

Pembiayaan anggaran dari utang diubah menjadi Rp 421,21 triliun, turun 39,50% dari target pembiayaan utang sebelumnya Rp 696,31 triliun. Penurunan karena penerbitan SBN turun menjadi Rp 437,83 triliun dari sebelumnya Rp 712,93 triliun. Lalu, untuk pembiayaan lainnya naik hingga 215,4% menjadi sebesar Rp 229,71 triliun dari sebelumnya Rp 72,83 triliun. Peningkatan tersebut terjadi pada penggunaan saldo anggaran lebih (SAL) Rp 226,88 triliun dari sebelumnya yang hanya Rp 70 triliun. Dengan demikian, total rincian pembiayaan anggaran dalam APBN 2023 menjadi sebesar Rp 479,92 triliun dari sebelumnya ditargetkan Rp 598,15 triliun.

TRENDING MEDSOS

1. Briptu trending di X (Twitter), setelah pemberitaan mengenai meninggalnya Briptu Heidar yang tewas disandera KKB Papua.

2. Gus Mus trending di X (Twitter), setelah hari Minggu kemarin, sejumlah kaum cendekia bangsa berkumpul di kediaman Gus Mus di Rembang mengkritisi pemerintah.

HIGHLIGHTS

1. Ketua MK yang baru, Suhartoyo, berharap dapat memulihkan kembali citra MK yang rusak akibat putusan MK No. 90/2023. Masyarakat pasti mendukung upaya tersebut. Tantangan terbesar citra MK terhampar tahun depan dalam menyelesaikan sengketa Pemilu 2024. UU Pemilu menetapkan bahwa penyelesaian sengketa pemilu berada di ranah MK. Mengingat proses menuju Pemilu 14 Februari 2024 sekarang ini sudah diwarnai dengan gejala tidak fair, besar kemungkinan akan muncul sengketa hukum yang banyak kelak.

2. Masalah pelanggaran etik berat dalam pembuatan putusan MK No. 90/2023, masih menjadi kegelisahan banyak pihak karena pelanggaran itu antara lain berupa intervensi penguasa (eksekutif) terhadap yudikatif, yang jelas-jelas menunjukkan abuse of power. Pihak berwenang seyogyanya menindaklanjuti temuan MKMK dengan mengusut intervensi tersebut.

3. DPR RI sudah menyepakati Jenderal TNI Agus Subiyanto menjadi panglima TNI baru menggantikan Laksamana Yudo Margono. Jenderal Agus menyatakan netralitas TNI dalam pemilu adalah harga mati. Janji tersebut perlu mendapat perhatian khusus di tengah kekhawatiran publik terkait potensi aparat negara tidak bisa berada pada posisi netral dalam pemilu mendatang. Kekhawatiran itu, bahkan juga direspons DPR RI dengan membentuk Panja netralitas TNI.

Sumber

BRIEF UPDATE
BDS Alliance
Senin, 13 November 2023

Makpi Support
Makpi Support
Articles: 187